Menu
/
Ke Blitar, Yuk! 

Belajar tentang sejarah tentu akan lebih asyik jika dilakoni sembari liburan. Ya enggak sobs? Pasti akan lebih nempel di kepala dibanding belajar melalui duduk manis di kelas, sambil buka buku atau dengar bu/pak guru cuap-cuap di depan kelas kan? Hihi.

Nah, bicara tentang mempelajari sejarah sembari berlibur, Blitar adalah kota terbaik untuk menikmatinya. Di kota ini terdapat makam Bung Karno dan juga museum perjuangan bangsa yang terletak di kompleks makamnya. Selain itu, Blitar juga memiliki Candi Penataran yang megah dan Kampung Cokelat yang lezat. Wow! Menarik banget kan?

Sayangnya Blitar belum memiliki Bandara seperti Malang atau Surabaya. Jadi pilihan perjalanan ke sananya tuh hanya dengan menggunakan jalur darat, bisa dengan bus atau kereta api. Etapi, kalo dari Jakarta naik bus, rasanya duduk manis berjam-jam di dalam bus gitu, pegel juga yak? 😒 Belum lagi harga tiketnya, bus menarifkan harga tiket mulai dari 250 ribu untuk sekali jalan, lo!

Sementara tiket kereta api memiliki range harga yang beragam, tergantung kelas dan kereta apa yang kita tumpangi. Harga termurah adalah dengan menumpang Kereta Matarmaja yang tiketnya sekitar Rp 110 ribu sekali jalan.

Selain ada tiket murahnya, beberapa poin berikut juga menjadi bahan pertimbangan para traveller dalam menentukan moda transportasi, sih!


1. Kemudahan dan ketersediaan tiket/tempat duduk

Tak banyak bus yang melayani rute perjalanan Jakarta – Blitar, yang pada akhirnya membuat jumlah tiket yang dijual pun jadi terbatas. Dalam sekali perjalanan, satu bus hanya bisa membawa sekitar 34 orang saja, sehingga kemungkinan kehabisan tiket sangatlah besar.

Di sisi lain, kapasitas tempat duduk di kereta api jauh lebih banyak daripada bus. Sekali jalan, bisa mengangkut ratusan orang sekaligus. Dan untuk tujuan Blitar, ada beberapa kereta yang melewati kota ini, sehingga pilihan keretanya pun lebih banyak. Tak perlu khawatir pula kehabisan tiket, karena kita bisa membelinya sejak jauh hari secara online.

2. Perbedaan waktu tempuh

Dengan perhitungan normal, perjalanan dengan bus dari Jakarta ke Blitar memerlukan waktu sekitar 20 jam. Sementara untuk perjalanan dengan kereta api kelas ekonomi, perjalanan Jakarta – Blitar memerlukan waktu sekitar 14 jam. Beda jauh yak?

Ga heran deh jika akhirnya banyak traveller jadi lebih memilih naik kereta api daripada bus. Kebayang donk gimana lelahnya duduk terpaku selama 20-an jam di dalam bus? Jika ada yang lebih nyaman dan bisa memangkas waktu, kenapa harus pilih yang lama kan? 😀

3. Kepastian waktu berangkat/sampai

Di sini pula perbedaan antara naik kereta api dengan bus. Melakukan perjalanan melalui bus, sering menghadapkan kita pada kemungkinan molor  perjalanan dikarenakan si busnya masih menunggu penumpang yang belum datang sehingga waktu keberangkatan pun jadi bergeser dan akibatnya adalah, ketibaan kita di tempat tujuan pun jadi molor. Huft.

Belum lagi jika di tengah perjalanan terjadi kemacetan atau banyak penumpang yang naik turun. Lamanya waktu transit di satu tempat tidak bisa dipastikan jika kita naik bus. Berbeda dengan kereta api yang memiliki waktu terukur selama perjalanan.

Waktu berangkat sudah bisa dipastikan sesuai dengan jadwal, demikian pula waktu transit dan waktu sampai di tujuan. Biasanya, kalaupun terjadi keterlambatan, jedanya tidak sampai hitungan jam.
Dengan waktu perjalanan yang pasti, kita bisa merencanakan perjalanan yang berkesan dengan lebih nyaman. Tidak takut berantakan gara-gara kena macet di jalan.

Kenyamanan perjalanan itu penting banget!

Yes, tentu kita berharap untuk lakukan perjalanan yang nyaman, aman dan lancar. Bisa sampai ditujuan tepat waktu.

Nah, dibandingkan dengan naik bus, perjalanan jauh dengan kereta api terasa lebih nyaman. Kaki tidak terasa lelah karena tertekuk dalam waktu lama seperti di bus, karena selama di kereta kita bisa jalan-jalan kala mulai terasa lelah atau jenuh. Dan sebagai orang-orang jaman now, colokan charger adalah kebutuhan yang tak bisa dihindari. Tenang, di kereta api, colokan tersedia semua deretan kursinya, lo!  Sip banget kan?

Jadi sekarang udah tau pasti kan mau naik apa ke Blitar? Yup!😁

Al, Bandung, 31 Maret 2018
-->
-->
14 comments

Musim pemilu sering ya orang ke Blitar

Reply

Aih pasti milih naek kereta api mba Al karena emang jaraknya juga jadi lebih kerasa dekat dan nyaman ya

Reply

Iya mbak, naik bus ribet kudu gonta ganti dulu. Naik pesawat juga bandaranya kejauhan. Sekarang enak ada kereta eksekutif dari Jakarta langsung. Kakakku yang tinggal di Jakarta, sekarang lebih suka naik kereta ke Tulung Agung *tetangganya Blitar* kalau mudik :D

Reply

Jarang-jarang saya baca perbandingan bus dan KA, hehe. Kalau ditanya siapa yg jadi primadona, kebanyakan orang bakal milih KA, setahu saya. Apalagi untuk perjalanan jauh. Jakarta ke Jatim udah hampir kayak dari ujung ke ujung pulau Jawa ga sih mba? Tapi, kelebihan bus adalah, bagi yang mau pulang kampung, dan busnya melewati jalan depan rumahnya. Tinggal turun di depan rumah, sampai deh. Kalau KA kan mesti turun di stasiun ya. Hehe

Reply

Belum pernah ke Blitar, sepertinya akan jadi rekomendasi itu jelajah selanjutnya.

Reply

Sekarang ini emang kalo kemana mana enaknya naik kereta. Bebas macet, pelayanannya juga udah jauh lebih baik dibandingkan yang dulu-dulu..

Reply

Kemarin saya cuma sampai ke Solo. Padahal ingin sekali jalan-jalan sambil belajar sejarah. Apalagi bisa mewawancarai salah satu tokoh sejarah. Semoga suatu saat bisa tiba di Blitar

Reply

prefer naek kereta api karena lebih efisien dan harganya juga nggak jauh beda, apalagi klo beli tiketnya 2 jam sebelum kebrangkatan bisa dapet diskonan 50rb mbak :D

Reply

Rasanya aku juga lebih milih naik kereta api daripada naik bus deh, secara perjalanannya lama banget.

Reply

Kalau aku juga pasti milih naik kereta sih, lebih nyaman dan aman

Reply

Sy jg tim kereta api mb al. Hihi. Soalnya waktu tempuhnya emg lbh cepat. Lg pula sy suka pusing kalau dlm bus entah kenapa bawaannya travelling jd ga menyenangkan kalau pusing. Heu

Reply

Haha bener banget, kemana mana yang dicari mah colokan biar bisa santai sambil inet hehe

Reply

Iya, lebih nyaman naik Kereta daripada bus. Lebih cepat soalnya, ga pakai macet. Buat yang jatah liburnya terbatas cocok banget. Biar lebih puas explore Blitar.

Reply

semenjak naik kereta api pertama kali pas jaman SMA, aku malah jadi ketagihan Mbak. Diusahain kalo mau ke daerah jawa tengah ato jawa timur, pasti yang pertama dicari tiket kereta api. Gatau kenapa, tapi seneng aja naik transportasi yang satu ini. Apalagi sekarang, kenyamanan di kereta api lebih diutamakan.

Reply