Berbagi Cerita - Diah Kusumastuti | My Virtual Corner
Menu
/
Berbagi/sharing (hal-hal yang positif) pastinya akan sukses bikin hati happy. Merasa begitu juga kan, Sobs? Ada buncah bahagia manakala kita melihat sunggingan senyuman sebagai buah dari sesuatu yang kita bagikan pada seseorang? Yup, berbagi, selain bernilai ibadah yang pastinya beroleh pahala, efek langsungnya yang paling nyata kita rasakan adalah itu tadi, hadirnya bulir-bulir bahagia yang mengisi relung hati tatkala sesuatu yang kita bagikan itu bermanfaat bagi orang lain.

Dan..., bicara tentang berbagi, malam ini, sambil istirahat, aku ingin bercerita tentang seorang sahabat blogger, yang mendapat giliran untuk diulas sebagai buah dari Arisan Link yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network. Yup, pasti masih familiar kan, ya? Bahwa BP menyelenggarakan arisan link, yang terdiri dari 6 kelompok beranggotakan masing-masing kurang lebih 30 orang peserta. Setiap PIC masing-masing kelompok akan mengundi ke 30 nama peserta di kelompoknya setiap dua mingguan, dan nama yang muncul sebagai pemenang, akan mendapatkan satu atau lebih link menuju blognya dari peserta lainnya. Tak hanya link, namun peserta lainnya akan menuliskan tentang dirinya (si pemenang arisan) atau pun blognya sehingga akan menambah khasanah informasi tentang dirinya di dunia maya, yang tentunya akan memberi efek positif bagi blog yang dikelolanya maupun dirinya sendiri.

Well, back to the topic. Siang ini, aku ingin cerita tentang Mba Diah Kusumastuti, ibunya Faiq dan Fahima, yang hobi menulis dan mulai ngeblog sejak akhir 2012 yang lalu. Baginya, menulis adalah sebagai salah satu bentuk refreshing jiwa dan juga sebagai sarana untuk memacu otak agar tetap bekerja. Hm, cakep! Sepakat pake banget, Mba Diah. Saya juga meyakini hal yang sama, bahwa writing is a self-healing, juga sebagai sarana mencatat dan menuangkan apa yang terkandung di dalam pikiran, untuk bisa dilihat dengan jelas dan gamblang, dan membantu kita tetapkan langkah dalam mewujudkannya. *Hayyah, jadi panjang. Hihi.

Blogger perempuan yang berdomisili di Sidoarjo ini dengan low profile-nya bilang begini, Sobs, 'saya tuh masih belum pinter-pinter banget ngeblognya!'
Aku jelas ga percaya lah, ya! Bukan apa-apa, Sobs. Kalo belum pinter ngeblog masak bisa sering-sering gitu jadi juara blogging contest? Hehe. Lihat aja hasil screenshot di bawah ini, deh.
Diah Kusumastuti
Tuh khaaan? Gimana kita mau percaya bahwa dirinya newbie? Hehe.

Lalu, Mba Diah tuh suka nulis apa aja sih di blognya, Al? Sama seperti blog-blog lain ga? Atau blog ber-niche? 

Hm, baiklah. Bicara tentang blog content, yuk kita intips dan ulas blognya Mba Diah, yuk!

Diah Kusumastuti

Yup, seperti terlihat pada gambar di atas. Judul blognya Mba Diah, yang juga familiar dengan nama panggilan Deka ini adalah Berbagi Cerita. Jadi tanpa ditulis pun, sudah tersirat lah ya, jika Mba Diah menciptakan blog ini sebagai ajang baginya berbagi cerita, ya tentang apa saja, mulai dari pengalaman (kisah keseharian), kisah bersama ananda tercinta, mau pun topik-topik lain yang melintas di hati. Jadi bicara kategori, blog Berbagi Cerita masuk pada kategori Lifestyle lah, ya, Mba Diah? Campur-campur semua deh ada di sini, hehe. Sama atuh seperti blog saya www.alaikaabdullah.com yang adalah juga berkategori lifestyle. Hidup lifestyle!

Dan..., masuk ke statistic of the blog nih, Sobs. Yuk, kita lihat performa umum dari blognya Mba Diah ini, yuk!
Nah, based on the infographic above, secara keseluruhan bisa kita simpulkan bahwa blognya Mba Diah udah lumayan pake banget, ya, Sobs? Hanya kudu diet lagi agar Jeng Alexa meramping. Salah satu tips paling jitu adalah blogwalking ke blog/situs yang DA/PA nya sudah tinggi dan meninggalkan jejak di sana, deh, Mba. Katanya sih begitu. Dan salah satu blog yang udah tinggi DA/PA nya itu adalah blog saya, lho! Uhuk, langsung batuk-batuk. Hihi.

Masukan/Room for Improvement.

Hm, masukannya apa ya?
Ah iya, tadi waktu bicara template, aku tuh ingin ulas sedikit tentang pemilihan warna background baik outer background maupun main background-nya. Tentunya udah pada ngeh donk jika mata kita akan merasa nyaman untuk berlama-lama di sebuah web/blog yang menyajikan layout/template yang simple, dengan warna background secara umum adalah putih atau warna terang yang tidak mencolok, bentuk font yang ga neko-neko alias tidak alay, dan pernak-pernik/widget yang minimallis. Sepakat?

Nah, kalo aku yang jadi Mba Diah, agar visitor betah dan nyaman, aku akan pilih outer background berwarna broken white atau abu-abu muda banget, dan ga akan pakai image hutan dan pepohonan itu. Bukan apa-apa, suka sih go green, tapi entah karena mata tuaku yang gampang lelah, sehingga suka kurang nyaman kalo melirik ke outer background-nya yang menyajikan warna hijau tua dedaunan dan pepohonan ituh. Ini jika aku jadi Mba Diah, lho, ya. *angelsmile

Masukan lainnya...?
Hm, untuk menu navigasi, akan sangat membantu jika 'kategori' dari artikel di masukkan ke dalam tab menu, deh, Mba. Jadi visitor akan mudah untuk ngubek-ngubek content blognya Mba. Ini jika berkenan lho, ya. Take it easy, jangan dilakukan jika memberatkan. Hehe.

Masukan lainnya, kayaknya cukup dulu, deh! Semoga berkenan di hati ya, Mba Diah. Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika terkesan sok keceh, sama sekali ga ada maksud menggurui, lho. Hanya sekedar ingin mengulasnya versi Alaika Abdullah ajah! :) Happy Blogging and keep blogwalking, Mba Diah! Semoga blognya makin keceh! 
See you on the next post, dear Fellows!

Tertarik untuk membaca profile blogger lainnya?
Yuk, intips di sini, deh!
Liza A Prijanto
Meriska PW
Windy Ghemary
Afifah Mazaya
tulisan spesial arisan link, Diah Kusumastuti,
Al, Margonda - Depok, 10 July 2016







19 comments

Wah seru ya mbak , kalo nulis teman blogger gitu. Aku merasa bersyukur bisa gabung dalam arisan link ini, banyak teman baru :)

Reply

Ngeliat awardnya mbak Diah langsung mata langsung ijo-ijo deh sama kayak blognya. Ijo-ijo yang ngademin :)

Reply

Suka sama grafisnya yang dibuat Mbak Al tiap membahas pemenang arisan link. Jadi pengen juga nih gimana ya kalo blogku dianalisis gitu, hihi.

Reply

Mba Diah memang suka merendah Mba, suka bilang dirinya bukan apa-apa, padahal prestasinya udah banyak banget :)
senangnya bisa bergabung dengan arisan link, semakin banyak kenal dengan teman blogger :)

Reply

Mbak Al.... makasih banget yaa.. seneng deh blog saya diulas oleh blogger sekeren mbak Al :)
Untuk masukannya, saya sebenernya udah tau mbak kekurangan2 dari blog saya. Cumaaa...mau benerin/bagusin belum bisa.. ya itu tadi, ilmu ngeblog saya masih cetek. Mau ngubah background template jadi putih aja gak bisaaa -_-
Sekali lagi makasih ya, Mbak Al :)

Reply

Senangnya dengan arisan link ini, saya jadi kenal lagi dengan teman baru, salam kenal mba Deka.

Reply

Wah, prestasinya menulisnya bagus banget mbak Diah :)


Salam kenal mbak Diah :)

Reply

Bikin infografis gitu gimana mi? Bisa via hp ato kudu ke PC? Baguuus

Reply

hmm itu sih merendah mba diah, segitu banyaknya menang kontes eeaaa..
sukses selalu ya mbaa diaah

Reply

haiii mba al..
luar biasa memang mba diah ini. prestasinya buanyaaak :)
kemarin baru menang hadiah HP kan ya? kereen :)
oia, emang bw ke blog mba al itu pengaruh banget lho untuk diet alexa. hihi..
makasih sudah share ya mba al :)

Reply

Salut sama prestasinya ya, Mbak :)
Ohya, memang blog pake image, menurut saya juga kurang nyaman berlama-lama di mata.

Reply

Hmmm...sobatku yang satu ini emang low profile banget. Sering aku diskusi dengannya (lebih tepatnya nanya2 ke mbak diah hehehe...)
Semangat terus ya mbaaa.... dan kesuksesannya semoga nular ke akyuu...

Reply

wah...pingin deh dapet masukan juga untuk blogku dari mbak alaika :D

Reply

pingin ikutan arisan link gimana sih caranya (kudet tapi ngga pernah apdet)

Reply

Wah, aku baru kenal Mba Diah di sini nih. Salam kenal deh untuk Mba Diah, nanti ceki-ceki ke blog beliau.
Aih, serius bewe ke blog Mba Al bisa merampingkan alexa? Duh, harus rajin nih jalan2 kemari Mba :*

Reply

kalo dapat masukan gini aku paling suka sebenernya.. berguna bgt utk improvement ;)..

blog mba diah itu juga sering aku baca :)..Suka krn isinya macem2, trs font tulisan juga ga bikin sakit mata... pas gedenya :D..

Reply

Analisisnya oke badai, mbak. Nggak hanya sisi lebihnya, tapi yang kurang dan perlu dibenahi juga diulas. :)

Reply

Wah prestasinya banyak, kereeeenn :D

Reply

wahhh banyak prestasinya, jadi motivasi nih

Reply