#18: KEB di Mataku | My Virtual Corner
Menu
/



Aku yakin, hari ini, dunia maya, utamanya blogspheres akan dipenuhi oleh taburan artikel bertajuk #KEBdiMataku. Kok Bisa? Ya bisa donk! Hari ini kan KEB berulang tahun, Sobs! Btw, udah pada familiar dengan KEB kan ya? Kuyakin, Sahabatsku, para perempuan blogger yang sering singgah ke halaman maya ini, rata-rata pasti telah pula bergabung di grup keren ini, ya kan, Sobs? *lirikparamemberKEB.

Etapi, tentu ada juga donk yang mungkin belum tau apa itu KEB. Terutama kaum Adam, yang selama ini mungkin hanya singgah sejenak di halaman maya ini, dan sering melewatkan beberapa postinganku yang berbicara atau menyebut-nyebut KEB. Well, apa sih sebenarnya KEB itu?

Tentang KEB

KEB adalah singkatan dari Kumpulan Emak Blogger, merupakan sebuah komunitas yang dibentuk via facebook group pada tanggal 18 Januari 2012, oleh seorang blogger kreatif bernama Mira Sahid, dengan sasaran merangkul semua perempuan Indonesia yang hobby menulis di blog [blogger], baik yang berdomisili di dalam mau pun di luar negeri. Komunitas unik ini berkembang pesat dan kini di usianya dua tahun telah beranggotakan lebih dari 1,437 anggota, dipenuhi oleh semangat untuk saling berbagi tulisan, pengetahuan, spirit, motivasi dan berbagai hal positif lainnya, baik melalui dunia maya [postingan di blog, kultwit di twitter mau pun interaksi di KEB FB Group]. Juga tentunya berbagi tulisan dan pengalaman dalam sebuah media keroyokan online/blog berjudul Rumah Emak serta semangat berbagi yang senantiasa digaungkan dalam berbagai kegiatan di dunia nyata [offline].

KEB, bukanlah komunitas blogger biasa. Meskipun berjuluk Kumpulan 'Emak' Blogger, tidaklah berarti bahwa member komunitas ini harus sudah menjadi emak alias berumah tangga. KEB terbuka bagi seluruh blogger perempuan, baik yang sudah menikah mau pun yang masih melajang/single. Sebutan Emak sengaja dipilih untuk menciri-khaskan Indonesia. :) Digawangi oleh para Makmin [admin] yang lincah dan gesit serta boards yang kreatif dan berpengalaman, menjadikan komunitas yang masih berusia 'bayi' ini berhasil menorehkan banyak kegiatan positif penuh manfaat, terutama bagi para anggotanya dan pastinya juga berimbas bagi masyarakat luas lainnya, seperti: Kontes Menulis; Hijab Class; berpartisipasi di dalam setiap acara besar seperti Nova Ladies Fair, Kompasianival 2012; KEB Peduli Bencana; Antologi buku KEB "Ngeblog Terapi Jiwa"; Kelas Online di grup FB KEB tentang blogging, penulisan, editing; perayaan HUT KEB; dan Pemilihan Srikandi Blogger 2013, dan banyak lagi event-event penting lainnya, termasuk yang saat ini sedang digarap adalah Seleksi Srikandi Blogger 2014. 

KEB Di Mataku

Adalah Mira Sahid, sang founder KEB yang langsung menarikku ke dalam grup yang baru dibentuknya kala itu. Dasar hobby nulis dan memang aku blogger sejati *jiaaah, maka senang-senang aja donk aku ditariknya ke dalam komunitas ini. Apalagi dengan tagline KEB "Inspirasi Perempuan, Kami Ada untuk Berbagi", kok rasanya klop banget di hati. Berada di grup yang dari hari ke hari semakin bertambah anggotanya ini, memang terasa nyaman banget. Beda dengan beberapa grup lain yang aku ikuti. Berinteraksi di dalam grup KEB, menghadirkan rasa keakraban tak berbatas antar sesama anggota. Kami bebas berinteraksi, bersenda gurau, berbagi ilmu dalam suasana yang akrab dan hangat tanpa harus merasa sungkan apalagi terjebak dalam suasana kaku. Aku yakin, member-member KEB yang lain juga akan sependapat denganku tentang hal ini. Bahwa KEB adalah 'rumah' yang teramat nyaman untuk saling kongkow dan berbagi ilmu. Itu pula yang membuatku betah berada di grup ini seharian, sembari mengerjakan tugas-tugas utama pastinya. :) 

Adaaa saja informasi dan event keren bermanfaat yang digagas oleh KEB, salah satunya adalah ajang pemilihan Srikandi Blogger 2013. Sebuah ajang yang ditujukan untuk memberikan penghargaan kepada para perempuan blogger yang sepak terjangnya mampu menginspirasi perempuan-perempuan lainnya, untuk berkarya baik dalam dunia maya [online] mau pun di dunia nyata. Apresiasi untuk blogger perempuan ini, memang baru pertama kalinya diadakan, dan oleh KEB. Aku pun menjadi salah satu peserta seleksi ini. Bukan, bukan karena ingin banget menjadi srikandi, tapi lebih kepada rasa cintaku pada KEB, sehingga aku merasa wajib turut serta memeriahkan perhelatan akbar ini. Namun siapa sangka, jika kemudian justru diriku yang terpilih menjadi Srikandi Blogger 2013. Alhamdulillah ya Allah. Rasanya? Wow banget donk! Dan kini? Setahun setelah perhelatan pertama, kini KEB sedang menyelenggarakan Pemilihan Srikandi Blogger untuk tahun 2014. Siapakah yang akan menjadi Srikandi Blogger 2014? Aih, tak sabar rasanya menanti para Srikandi terpilih tahun ini, untuk menambah jejeran para Srikandi, yang akan bergerak dan beraktivitas mengharumkan nama KEB. 

Saran dan Masukan

Selaku sebuah komunitas, apalagi yang masih berusia belia, bahkan bisa dikatakan masih 'bayi' yang berumur dua tahun, maka adalah wajar jika KEB masih harus meluangkan waktunya untuk memonitor dan mengevaluasi aktivitas-aktivitasnya. Dalam banyak hal, bukankah Monitoring dan Evaluasi [M & E] itu sangat diperlukan dalam memastikan segala sesuatu dapat berjalan sebagaimana mestinya? 
Begitu juga dengan KEB, jika diibaratkan sebagai bayi yang berusia dua tahun, maka bayi KEB ini adalah bayi yang hyper aktif, sehingga membutuhkan emak yang super dalam rangka memastikan si bayi dapat bertumbuh dengan baik dan sehat serta terkendali. Artinya?

Artinya adalah bahwa Makmin dan Makboard serta tentu saja anggota-anggota KEB harus senantiasa membuka diri terhadap masukan-masukan, kritikan mau pun saran yang disampaikan demi kemajuan KEB itu sendiri. Masukan, saran dan kritik tersebut harus ditindaklanjuti dengan tangan terbuka, hati yang lapang dan kepala dingin, demi terwujudnya KEB yang sehat dan senantiasa menaungi anggota-anggotanya. Dalam event-event lomba, atau pemberian penghargaan, semisal Emak Of The Month, Seleksi Srikandi Blogger misalnya, hendaknya para juri atau penilai, mampu memberikan kriteria yang jelas sebagai dasar penilaian, sehingga tercipta transparansi yang jelas bagi para member KEB. 

Well, Sobs, berbicara tentang KEB memang tak akan ada habisnya. Soalnya KEB ini tak hanya di mata, tapi selalu di hatiku sih! Hehe. Jadi jika sudah bicara tentang Kumpulan Emak Blogger, rasanya susah berhenti deh! Habis, komunitas yang satu ini, telah banyak sekali memberikan manfaat bagiku, ya mulai dari teman-teman yang semakin banyak, networking juga bertambah, wawasan yang semakin luas, juga KEB telah mengantarkanku menjadi seorang Srikandi Blogger 2013, pada ajang pemilihan tahun 2013 kemarin. Alhamdulillah, banyak sekali manfaat yang telah aku petik dari perjalanan kehidupanku bersama KEB. Terima kasih KEB, bersamamu, aku merasa bahagia dan nyaman sekali. 

Selamat Berulang Tahun, KEB!
Semoga di usia dua tahun ini, KEB semakin jaya dan menjadi rumah 
yang semakin nyaman bagi kami semua.



Postingan serentak 
dalam rangka merayakan 
Ulang Tahun Kumpulan Emak Blogger yang Kedua,
Al, Bandung, 18 Januari 2014
31 comments

Terima kasih untuk kado cintanya, mak Alaika. Terima kasih telah menjadi bagian dari KEB dan turut menjaga serta merawat KEB. Love u... love u all KEB

Reply

Selamat memperingati  dan mensyukuri 2 Tahun Berdirinya KEB
Semoga kedepan kegiatannya semakin menarik dan bermanfaat
serta mampu mendorong anggotanya untuk menjadi
blogger profesional dan bermoral
Amin

Saam hangat dari Surabaya

Reply

lengkap dan detail hihihi..kita makin di akrabkan semenjak ada KEB ya mbak. Love u...love u all KEB (copy ya dichan kuh)

Reply

KEB juga sangat berkontribusi pd kehidupan menulisku,,terutama di blogku,,ada semangat trsendiri, klo share di keb aku nyaman krn memang isinya ibu2 smua he he met ultah keb moga makin jaya,,makin menginspirasi,,

Reply

happy birthday KEB...dan Srikandi Blogger yang satu ini memang mantaaap...

Reply

Lengkaaap bener kalau mak Alaika cerita tentang KEB. Dan aku setuju dengan "...jika diibaratkan sebagai bayi yang berusia dua tahun, maka bayi KEB ini adalah bayi yang hyper aktif, sehingga membutuhkan emak yang super dalam rangka memastikan si bayi dapat bertumbuh dengan baik dan sehat serta terkendali..." KEB emang keren meski baru 2 tahun!

Reply

panjang sekali postingannya, lengkap liputannya, kelihatan sekali bedanya yang bakat menulis. senang sekali kenal denganmu mak...pernah dpt gratisan bukunya hehe

Reply

Wow, paket lengkap. Senang banget dapat saran yang keren dari Srikandi Blogger 2013.
Terima kasih sudah menjadi bagian dari KEB ya, Mak Alaika.
Semoga selalu betah menjadi member KEB.
I love you :*

Reply

tulisan mak Alaika bagus ^^
salam kenal ya mak srikandi.. hehe

Reply

mak alaika salah satu idola saya loh....tulisannya sering saya intip...

Reply

KEB memang mantaaabbsss.... :)

Reply

Semakin tingi pohon, anginnya makin kencang, ya, mak. Semoga Makmin dan Emak-emak anggota lainnya selalu punya hati yang lapang untuk berbagi dan menerima kritik, masukan atau apapun itu untuk kebaikan semua.

Reply

Lengkap kadonya, mak Alaika. Tak heran, soalnya tulisan ini dibuat oleh Srikandi Blogger 2013. Keren dan sangat manfaat.
Senang mengenalmu, mak, meski baru di dumay

Reply

selamat hari lahir untuk Kumpulan Emak Blogger..semoga emak-emak yang tergabung di dalamnya semakin memperoleh kesuksesan di dunia maya dan dunia nyata.....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Reply

Percaya deh kalau mbak Al yang menulis, makanya terpilih jadi Srikandi Blogger 2013 ;)

Reply

Mantep dan mbak Al juga sikandi blogger 2013 ya :)

semoga sukses selalu KEB ^^

Reply

wah.. anggotanya udah banyak juga ya.. seribu lebih!
salut dey, dan maju terus..
hehehe

Reply

Happy Bday buat kita semua!
Yayyy...

Reply

semoga kritikan dan saran yangaauk ditanggapi dengan bijak dan lapang dada, menepiskan keakuan dan peka yang tak perlu..

sukses selalu untuk KEB, semangat untuk para admin :)

Reply

duh itu typo. maksudnya saran dan kritikan yang masuk...

Reply

Sami-2, MakPon cantik! Yuk kita jaga, rawat dan besarkan KEB dengan penuh cinta dan kehangatan. :) I love you, too, Mak. I love u all KEB.

Reply

Trimakasih untuk ucapan selamat dan doanya, Pakdhe. Aamiin. Trimakasih juga sudah setia berkunjung ke halaman rumah maya ini. :)
Salam adem dari Bandung.

Reply

Hihi, seperti biasa. Iya, Mi, kita semakin akrab sejak sama2 berada di KEB yaaaa. Love you too, a lots! Tq Mi.

Reply

Mantaaaap cyyynnn,, kereen banget ,,

Reply

Wih lengkap sekali Mbak Al. Srikandi Blogger ini memang nggak ada duanya. Selamat ulang tahun KEB. Semoga selalu menjadi tempat yang nyaman bagi para Emak :)

Reply

Salut sama KEB
Met ULTAH yg kedua ya
Salut juga sama mbak Alaika :)

Reply

timbel kompliit deh postingannya..
setuju dengan saran dan kritikannya,..
demi kemajuan KEB :D

karena KEB aku bisa mengenalmu lebih dekat mbayukuu :D
sukses yaaa!!

Reply

dah mampir mak Al... sukses yaa

Reply

Lengkap ..kap ..kap,gak salah dah milih mak Alaika jadi Srikandi blogger 2013..:)

Reply

Mak Al, senang bisa mengenalmu di KEB. Terima kasih saran dan masukannya. Semoga KEB selalu amanah. aamiin. *peluk erat*

Reply

Vani ketinggalan berita KEB nih, pengin ngikut juga sih sebenarnya..

Reply