Solitaire dan Sendiri | My Virtual Corner
Menu
/

Aku yakin sobats semua tentu sudah sangat tidak asing lagi dengan judul di atas, karena kuyakin judul yang sama telah menghiasi halaman rumah maya sobats yang turut serta dalam perhelatan/giveaway yang diselenggarakan oleh mba Nique, berduet dengan mba Imelda..

Sesuai dengan niat awal dan jejak yang pernah aku tinggalkan di rumah mayanya mba Nique, bahwa aku akan turut serta, plus sebuah email cantik dari mba Nique saat aku masih sedang liburan di Solo kemarin, mengingatkanku akan deadline GA ini... (Hiks..hiks.. It is today!)

Maka hari ini, aku coba deh nge-draft artikelnya, ga tanggung-2 sobs! Draftingnya di dalam bus kota Mayasari 29 (Bekasi - Grogol)! Whaaat??

Yup, drafting di BB doank sobs.. Mudah2an ntar kalo udah sempat konek ke laptop bisa langsung posting. Insyaallah..

Sebenarnya, keikutsertaanku dalam berbagai GA sih bukan untuk mengejar kemenangan, karena kuyakin tulisan-tulisanku banyak yang memang belum layak menang..

Terbukti dari beberapa GA yang aku ikuti, lebih besar prosentase ga menangnya kok sobs.. Hihi..

Tapi ya gitu deh, teteup aja ikutan... Kenapa?
Karena tujuan utama adalah untuk berpartisipasi dalam menyukseskan acara para sahabat itu sih sobs..

Kebayangkan sobs.. Jika suatu perhelatan yang digelar, partisipannya ga rame (karena partisipans enggan ikutan, takut ga menang...), maka GAnya pun akan garing.. Ya ngga?

Apalagi jika yang ngadain GA itu adalah teman yang memang sering bersilaturahmi, tentu makin besar dunk keinginan kita untuk menyukseskan acaranya..?

Maka dari itu sobs.. Sambil duduk manis SENDIRIan di dlm bis, aku mulai deh pencat pencet tombol mungil di smartphone ini..

Oke, cukup intronya, let's start the main topic.

Solitaire.

Membaca sembilan rangkaian huruf membentuk kata 'solitaire' itu, membuat ingatanku lari pada mantan suami yang memang hobby banget main permainan kartu yang dimainkan sendirian, berhadapan dengan komputer ini..

Aku sendiri sih sama sekali tidak tertarik dengan apapun permainan menggunakan media kartu, baik virtual card or the real card. Kenapa? Aku juga ga tau sih sebabnya apa sobs.

Mungkin karena waktu kecil aku sering kalah kalo maiin kartu dengan kakak2 sepupu dan kena hukuman jongkok! Hih.. Huft!
Padahal mainnya cuma main 'cangkul' atau 4-1 sobs. Haha..

Sendiri.

Nah.. Ini..

Jika dirunut lagi ke masa kecil.. Sebagai anak yang baru di usia ke 5 tahun beroleh adik.. Aku paling sering main sendiri sih.. Itu juga kata umi dan ayah. Karena masih tinggal di desa kala itu, aku jarang dibiarkan main di luar rumah bersama anak-anak lainnya.

Umiku yangg perfectionist ogah anaknya ini ikutan main tanah atau debu di halaman rumah, seperti anak2 kecil lainnya yang dibiarkan bebas bermain oleh ibu mereka. (Herannya anak2 itu sehat-sehat aja tuh, padahal mainnya jorok..).

Jadilah aku anak kecil yang kesepian.. (Emang umur balita udah ngerti kesepian? Haha).

Beranjak memasuki usia sekolah, aku mulai punya banyak teman, walau di hari2 pertama sekolah ribet banget. Benar-benar menyulitkan. Kisah memalukan ini pernah aku posting disini nih sobs.

Karakterku yang pemalu dan pendiam, berhasil juga improved. Aku menjadi lebih ceria, dan mulai berkelompok..bersahabat dan pemberani bahkan temperamental... Walau terkadang dalam beberapa waktu sifat pemalu yang malu2in muncul dadakan.

Sifat ini terus membentuk kepribadianku menjadi pribadi yang menurut teman2 sih cukup hangat. Namun dalam beberapa hal, jika teman sekitar aku rasa kurang klop, aku akan lebih senang untuk beraktivitas sendiri saja.

Beberapa contoh kasus..
Saat masih bekerja di Medan, di sektor industri.. Rata-rata temanku adalah chinese.. Dan chinese di Medan hampir selalu berbahasa hokkian kan sesamanya? Dan jelas aku tidak mengerti.

Aku sih positive thinking aja bahwa mereka bukan sedang menggosipkan aku, dan aku ga mau ikut campur.. Jadi saat ngumpul makan bareng misalnya.. Aku hanya ngobrol seadanya aja sebentar, lalu baca buku deh sambil makan dan menhabiskan masa istirahat. Trying to enjoy my time Sendirian.
Kasus lain, di tempat kerjaku yang lain.. Aku kurang klop dengan teman-teman yang ini...(Soalnya sukanya ngebahas si A yang anu, si B yang gini, dan semacam itu deh), maka perlahan aku tarik diri untuk tidak bergabung di setiap acara makan siang/jam istirahat.

Aku lebih memilih untuk makan bareng dengan teman-teman lain dari kantor sebelumnya, atau habiskan masa istirahat dengan internetan.

Semakin diperhatikan sih, sebenarnya aku lebih senang berkesendirian.. Melakukan segala sesuatu sendiri. Misalnya, di hari libur, suka driving sendirian, terutama selesai drop Intan di sekolahnya, aku pasti akan driving keliling kota, atau ke arah pantai.. Rasanya gimanaaa gitu... Lega dan happy gitu deh sobs...

Apa karena tinggal jauh dari suami ya? Membuat kesendirian itu menjadi begitu nikmat kurasakan..?

Bicara tentang Sendiri dan Mandiri, tentu erat hubungannya...

Sebagai anak pertama dan satu-satunya perempuan, sejak lepas sekolah dasar, ayah sudah mempercayakan aku mengurus sendiri keperluanku untuk masuk SMP..

Ayah hanya mengarahkan aku langkah-langkah apa yang harus aku persiapkan dan lakukan. Dan beliau akan memback up in case aku butuh bantuan.

Kemandirian ini pula yang semakin menguatkan aku saat hidup dalam masa pengasingan (hah, masa apa pula itu? Panjang ceritanya sobs..), pokoknya mandiri deh..

Kebersamaan bersama suami tentu mengasyikkan dunk, juga bersama Intan, sudah pasti!

Namun, kesendirian, terkadang memang sangat aku rindukan sobs.. Dan aku sangat-sangat menikmatinya.. Seperti saat ini nih sobs.. Bersendirian, menikmati perjalanan dari Bekasi ke Central Park, di dalam bis kota yang penuh dengan berbagai karakter penumpang, yang berasal dari berbagai asal usul, tentu hal yang sungguh menyenangkan (mungkin karena jarang2 ya sobs? Kalo keseringan kuyakin juga akan jenuh, hehe).

Tulisan ini bisa mengalir deras mengisi kesendirianku, enjoying kesendirianku setelah seminggu penuh berduaan terus dengan sang suami.. Hehe.

Aku juga menikmati banget moment-moment 'numpang tanya' pada petugas di terminal, atau di mall, menanyakan arah ini dan itu di tengah belantara kota super macet ini.

Ada kebahagiaan tersendiri di saat pengembaraan di tengah belantara ini berhasil aku akhiri dengan selamat.. :)

Sobats,

Jika kemarin, aku Sendirian main ke Semanggi Plaza, ketemuan dengan beberapa teman kerja, dan juga sempat Kopdar lho dengan mas Seagate, nah hari ini, aku sendirian menuju meeting point yang telah kami tetapkan.

Agenda penting har ini adalah... Ketemuan dengan Una, dan mas Stupid Monkey lho sobs! Hehe

I am so exciting... !!
Agenda kesendirianku hari ini akan lanjut ke gedung Wisma GKBI, ada agenda penting menyangkut masa depan (jiaaaah) yang perlu aku ikuti disana sobs.

Well, aku sudah sampai di depan Central Park nih, mau turun bis dulu ya sobs.. Barusan dapat sms dari Una bahwa dia sudah sampai.. :)

A little note for this post:

Bahwa kesendirian bukanlah sebuah momok, sejauh kita mampu menjadikannya menyenangkan dan mencoba bersikap positif terhadapnya.

Namun sebagai makhluk sosial, kebersamaan juga sangat diperlukan. Mutlak!

Jadi, yuk seimbangkan antara kesendirian dan kemandirian serta kebersamaan.

Tulisan ini diikutkan pada perhelatan GIVEAWAY : PRIBADI MANDIRI yang diselenggarakan oleh Imelda Coutrier dan Nicamperenique


70 comments

huaaa terharu sayaaaa!!!
di bis lhooo bikin tulisannya
MAKASI ya mba Al, salam saya buat Mo dan Una.
Khusus buat Mo, cubitkanlah sikit yah
dia gak nakal sih, cuma yaaaa ... pokoknya cubitlah yaaa xixixi

Reply

Setuju mbak, kalo gak banyak yang ikutan GA akan garing xixixi...
Sayangnya aku sendiri kalo suruh bikin artikel yang serius susah banget mbak, jadi emang belum diniati ikutan kontes hehehe...

Semoga sukses ya mbak :)

Reply

eksis any where, salut buat MBak AL..OTW pun masih bisa ngejar DL GA. Bener Mbak, sometime we need a space to be alone (not lonely)..

Kalau soal 'numpang' tanya itu sdh jadi bagian penting dari diriku Mbak, maklum sebagai orang yang 'misoriented' senjatanya ya harus hobi bertanya biar tidak tersesat. Bahkan di Tunjungan Plasa yg sdh ta terhitung aku kunjungi, masih saja kadang 'bingung' menemukan lokasi 21 bioskop. Wkwkwkwkkk...#Payahh

Reply

Saleum,
Saat saat sendiriku sering dimalam hari disaat aku keluar rumah. santai banget kalau lagi sendiri apalagi sedang makan mie aceh, hmmm.... puas pokoknya. hahaha...
semoga sukses GA nya kak \saleum hangat dari bumo serambi...

Reply

Wah salut mbak..masih sempat-sempatnya ikutan give away di saat banyak acara di jakarta hehe

Jujur aja kemarin itu saya masih khawatir sama sampeyan mbak, disamping waktunya udah malam, nunggu bisnya juga lumayan lama, aku lihat didalam juga udah mau penuh bis nya..makanya kemarin stelah pamitan itu, aku masih ikutin sampeyan lagi, memastikan udah masuk ke bis, takutnya udah ga bs masuk karena saking penuhnya, setelah dipastikan masuk bis, baru deh aku pulang juga hehehe alhamdulilah bisa selamat sampe tujuan ya :)

Oh ya..Good luck ya buat acara give away nya :)

Reply

Menyeimbangkan antara kesendirian, kemandirian dan kebersamaan
benar benar seruan yang menarik Mbak..
Sukses ya :)

Reply

yang lagi kopdaran,wee mantaff

sukses mbak:)

Reply

lah mba Alaika lagi di Jakarta? atau pas bikin ini sedang di jakarta? ko ndak bilang2? *lha ko malah nanya2 ga jelas, ckckckc. setuju mba, GA bukan perkara menang atau engga, yang penting kita menulis sesuai dengan hati, ada atau tidak ada GA pun.. menulis merupakan ungkapan keseharian yang mampu membuat kita menjadi pribadi yang kreatif (*soktau) ckckck

Reply

Keren lho mbak.
Kesendiran dan kebersamaan harus seimbang.
Salut aku. Di bis sempet sempetnya ngeblog!
Aku sudah sampai rumah nih xD

Reply

di momen2 tertentu sendiri memang kadang menyenangkan ya mbak...tapi di momen lain ada juga yang ternyata lebih menyenangkan saat bisa di lakukan bersama teman2....jadi masing2 sudah ada waktunya sendiri-sendiri ya mbak.

Reply

klo urusan jalan, saya sepertinya lebih senang sendiri Mbak, wlo saya sering nyasar but I enjoy it. yaa daripada jalan ma orang terus saya jadi ngerepotin orang lain jadi keknya mendingan jalan sendiri aja, heheh

ehh iya, asyik banget nih yg abis kopdar, menunggu cerita kopdarnya ya Mbak ;)

Reply

Kalau sekedar main solitaire sih bisa. Tapi untuk bisa menang? Nggak tau deh. Wah perjuangan yang hebat, di dalam bis mayasari sempat bikin draft postingan. Nggak kepanasan apa? Kan jarang bis mayasari yang memakai Ac. Tapi sungguh bagus partisipasinya. Bukan menang tujuan utamanya, tapi ikut meramaikan acara yang diadakan para sahabat blogger.

Reply

@nicamperenique

sama2 mba Nique.... senang akhirnya bisa melunasi 'utang' :)

Mo nya ga mau dicubitin tuh tadi mba... cuma cengar cengir doank dianya... dan juga ga mau di photo lho.. hihi...

btw, seru banget lho tadi kopdarnya.... :)

Reply

@Anak Rantau ga harus serius2 banget kok mas... tapi bener, harus di niatin dulu, itu modal utamaaa...

makasih yaaa... :)

Reply

@Ririe Khayan

Hehe.... kan udah janji sama mba Nique nya untuk ikutan Rie... jadi teteup harus ditunaikan donk...

aku juga sama pelupanya dengan kamu kok Rie... berkali-kali pun berkunjung ke suatu tempat, pasti susah ngingatnyaa.... hihi...

tapi teteup, harus berani bertanya, kan juga itu adalah kiat mengoptimalkan fungsi mulut... hihi, #ngeles...

Reply

@dmilano

Saleum bang....
wah ketauan ya suka makan mie sendirian yaa? ayo ajak saya sekali waktu, hehe....

saleum hangat juga dari belantara jakarta nih.... dh kangen bumo serambi lon sayang.... :)

Reply

@Seagate

hehe...maklum blogging addicted mas...

makasih banget lho udah ditungguin... aku sempat berdiri sekitar 20 menitan lho di dalam bis itu... tapi ga pa2, seru malah... hehe. Jarang-jarangkan seperti itu...

thanks again yaaa.. juga buat doanyaa... :)

Reply

@Prit Punya Cerita

makasih atas kunjungan dan doanya yaaa.. :)

Reply

@@yankmira

Raaa.... aku sedang di Jakarta sejak kemarin.... maaf belum sempat ngasih tau..besok ada rencana mau ketemu Irien di Oriflame... yuk ketemuan disana....

thanks for komennya... bener banget, menulis adalah merupakan ungkapan hati.... ga peduli untuk GA atau tujuan lainnya... yang penting menulis sesuai kata hati... :)

Reply

@Una

Halo Unaaa..... aku sampe rumah jam 9 lebih tadi tuh...trainingnya sp jam 7.40 sih.... untung ga terlalu lama nunggu busnya....

glad to meet you Unaaaa.... :)

Reply

@Mami Zidane

yup mba... semua ada momentnya... harus sesuai dengan kebutuhan. Kapan harus sendiri kapan harus bersama.... begitukan? :)

Reply

@.:diah:.

kalo saya lihat momen mba, terkadang suka jalan sendiri, tapi terkadang suka juga jalannya bareng keluarga, kadang bareng teman... tergantung sikon dan kebutuhan....

yang penting enjoy it... :)

wah kopdar tadi seru abis lho mbaaa..... ok, ditunggu ceritanya yaaa....

Reply

@HP Yitno

masih mending bisa memainkannya sob.. saya memang ga bisa sama sekali tuh...

kebetulan sudah 4 kali naik bus mayasari kebagian yang full AC tuh, jadi nyantai aja.. apalagi emang sedang liburan, jadi setiap momen sih saya enjoy aja...

drafting artikel via BB sih udah biasa sob... terkadang kalo sedang diperjalanan malah suka bikin cerpen di notenya BB tuh...

#dasar nulis addicted saya mah, apa aja ditulis deh...walau ga mutu. hehe...

Reply

@nicampereniquewew, mainnya cubit-cubitan, saya kan gak nakal ya mba Al, mba Niq kali yg nakal :D

Reply

memang harus seimbang ya, kasian pulang nya pada jauh ya, hehe, maaf dah bikin nunggu, :D

Reply

Akhirnya mba Alaika ikutan juga give awaynya hehehehe.....tp ada yg sedikit bingung sih bacanya. Itu yg suka main game solitaire mantan pacar alias suami kah maksudnya? Anyway sayang aku kmrn batal ke jkt, kalo nggak bisa janjian ketemu mb Alaika niih

Reply

panajang ceritanya, akhirnya sampe yang terakhir bahas kompdar dengan una dan stumong, mantap. dari artikelnya si stumong ke una, eh ke sini juga. ya blogwlaking anak baru ni mba. pengen kopdar spt mba, salam kenal.

Reply

Asyik ya mbak Alaika, bisa menikmati kesendirian :)
Sy juga kalau dlm kasus2 yang mbak memilih 'sendiri' juga akan memilih itu. Daripada nambah2 dosa atau mendongkol?

Sukses ya mbak :)

Oya, sy baru dari blognya Una. Asyik ya bisa kopadaran ...cerita Una seru dan lucu :)

Reply

Mbak, belum posting kopdaran ama Una en Mas Stumon yah,,, ;)

Reply

aku kapok + trauma main solitaire mba,soalnya aku pernah di pukul kepala aku dulu waktu SMP sama guru aku
soalnya pas waktu lengang,aku iseng main game tsb tapi tiba2 dari belakang langsung ada tangan melayang dengan keras,aduh
kapok dah intinya

Reply

@Stupid monkey

hehe... makasih yaa...
pulang kejauhan mah ga apa2 mas, cuma nunggu yang kelamaan ini nih yang bikin aku ingin menjambak rambut gondrongmu, wkwkwkwk... Oops!

Pasti udah di gunung nih ya? hati-hati ya mas Stumon....

Reply

@Cut Maha Ratu

iya, ikutan at the last minute tuh kak cut... bikinnya juga di dalam bis tuh draftnya, sampai di tempat baru buka laptop dan posting deh... hehe.

ga salah tulis kok, memang mantan suami tuh.... :)

Iya.. kapan kita ketemuan? btw, udah jadi pindah ke Medan?

Reply

@cerita anak kost

makasih ya udah sampai juga kesini... salam kenal kembali, dan makasih juga atas komennya... :)

Reply

@Mugniar

Mba... makasih yaa atas komen, doa dan perhatiannya...

iya seru banget kopdar dengan Una dan mas stupid monkey....

aku belum sempat posting mba... ditunggu yaaa... hehe...

Reply

@Samaranji

Belum sempat mas, seharian ini jalan terus, maklum udah mau blaik ke aceh SEnin nanti, jadi kudu cari oleh-oleh dulu untuk Intan... :)

Reply

@Andy

hahaha... mas Andy... kok bisa sampai diketok palanya oleh pak guru sih... cengar cengir sendiri deh aku baca ceritamu ini... hihi...

Reply

Mbak.., kopdar dengan mas Seagate kok gak diposting? Apa aku yg kelewatan baca ya?
Rupanya acara mbak selama di Jakarta padet juga ya? Goodluck deh dg proyek masa depannya :)

Reply

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

Reply

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

Reply

Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

Reply

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Reply

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Reply

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

Reply

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Reply

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

Reply

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Reply

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Reply

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Reply

Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

Reply

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

Reply

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Reply

Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

Reply

Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

Reply

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

Reply

Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

Reply

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Reply

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Reply

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Reply

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Reply

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Reply

Informasinya keren sekali, sangat bermanfaat.sukses selalu

Reply

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

Reply

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

Reply

Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

Reply

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Reply

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

Reply

Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

Reply

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Reply

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

Reply