5 Manfaat Bawa Buku Saat Traveling

Dulu banget, aku ga pernah lepas dari buku saat traveling! Baik itu traveling dalam rangka mission/dinas ke luar daerah atau pun luar negeri, mau pun saat traveling dalam rangka leisure atau jalan-jalan saja. 

Namun makin ke sini, seiring dengan semakin mudahnya koneksi internet melalui genggaman tangan, atau ipad kesayangan, dan kemudahan mengakses beraneka-ragam movies yang tersedia di dalam gadget tersebut, dengan hanya berlangganan Netflix, Disney, atau aplikasi penyedia film lainnya, maka kebiasaan membawa buku ketika sedang traveling pun, bagiku, terkesampingkan. Audio visual menjadi begitu menarik dan menghibur. 

Bahkan, dengan kecanggihan teknologi masa kini, kebiasaan membaca buku pun kini teralihkan ke dalam bentuk audio gak sih? Kalian termasuk ke dalam golongan yang suka mendengarkan audio book, atau masih berada dalam tim baca buku? 

Dan bagi yang suka membaca buku, kalian termasuk ke dalam tim baca buku fisik atau sudah beralih juga ke dalam bentuk ebook? Hehe. 


Namun...., secanggih apa pun teknologi, jika koneksi sedang bermasalah, atau ketika kita sedang dalam perjalanan ke daerah yang poor connection, atau ke daerah yang justru no connection sama sekali, maka kehadiran buku sebagai teman perjalanan tentu akan sangat membantu, ye khan bestie? Terutama bagi para book reviewer nih, ga mungkin banget lah ya pisah dari yang namanya buku? Hehe. 

5 Manfaat Bawa Buku Saat Traveling

Nah, bicara tentang buku, berikut aku ingin mengingatkan diriku sendiri lagi nih, tentang manfaat membawa buku dan membacanya saat sedang traveling. Yuk, simak, yuk, siapa tau kan jadi menambah semangat kamu juga nih, bestie, untuk menggalakkan kembali hobi membaca kamu yang sempat tergantikan oleh nonton movies, misalnya, atau tergantikan oleh hobi-hobi lainnya.

1. Buku, adalah teman perjalanan terbaik bagi para solo traveler. 

Baik kamu adalah seorang blogger traveler, atau seseorang yang sedang dalam perjalanan ke suatu tempat sendirian, maka buku adalah sahabat terbaik dalam mengatasi rasa jenuh. Membaca buku akan membuat rasa bosan terobati, karena pikiran kita teralihkan ke dalam bacaan yang sedang kita lahap. Jadi nambah insight juga kan? 

2. Sebagai Pengganti HP, sehingga HP-nya bisa istirahat sejenak.

Yup, semakin ke sini, kita semakin sulit deh untuk lepas dari yang namanya gadget kan? Ada aja alasan agar kita tetap buka HP dan melakukan check and recheck. Cek email lah, buka Media Sosial lah, dan lain sebagainya. Yang pasti, kita terpapar radiasi yang dihasilkan HP sehingga berpotensi merusak otak bahkan tubuh kita. 

Nah, dengan adanya buku, maka peralatan yang selalu dalam genggaman itu bisa rehat sejenak, menjauhkan kita dari pengaruh radiasi tadi, juga membantu kita untuk mengurangi kecanduan terhadap penggunaan HP. Juga pastinya bisa menjaga keawetan HP khaaan?

3. Menenangkan Hati

Yes, membaca buku, menurutku bisa banget bikin hati dan pikiran rileks. Kerasa ga, sih, bestie? Tapi balik lagi ke materi/genre yang kita baca, sih, ya? Makanya, jika memang tujuannya adalah untuk relaksasi, maka bacalah buku-buku yang bergenre demikian, jangan baca yang tentang peperangan, gossip, atau hal-hal negatif lainnya, ya! Hehe. 

4. Menambah Pengetahuan

Sudah pasti, donk! Membaca buku pasti akan menambah pengetahuan, karena buku adalah gudangnya ilmu. Asalkan membaca bukunya dengan serius loh, ya, bukannya lompat sana turun sini. Hehe. 

5. Menambah Pengetahuan

Yup. Terkadang pengetahuan kita mentok akan sesuatu. Misalnya tentang bagaimana melakukan trading forex. Bisa saja sih kita mendapatkan ilmu dari internet, namun biasanya tersedia dalam potongan-potongan yang tidak lengkap kan? Atau yang memang ujung-ujung artikel/videonya mengarahkan kita untuk mengikuti kursus atau membeli buku panduan lengkapnya. 

Nah, belajar dari buku khusus yang memang ditulis untuk hal-hal spesifik tersebut, tentu saja akan memperkaya pengetahuan kita. 

Dan, selain dari lima poin di atas, ada banyak lagi loh manfaat membaca buku. Yuk, bestie, tambahin poin lainnya di kolom komentar, yuk! 

Al, Jakarta -15 November 2022

2 comments

  1. Bener banget kalau baca buku itu membawa banyak manfaat, apalagi di masa-masa refreshing pasti sangat membantu. Bisa jadi terapi healing tersendiri saat dibawa travelling, jadi enggak gabut dan bisa mengurangi penggunaan ponsel. Lebih fresh malah kalau liburan bawa buku tanpa megang ponsel. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
  2. Saya juga loh. Kemana-mana tuh selalu bawa buku. Jadi jika terpaksa harus menunggu dalam waktu yang lama atau ada waktu lowong karena tidak mengerjakan sesuatu secara fisik, buku selalu jadi penyelamat.

    Makasih untuk backlink nya Al. Semoga berkah untuk kita semua.

    ReplyDelete