Telegram, idola baru chatting messenger! | My Virtual Corner
Menu
/

aplikasi chatting

Telegram sebenarnya sih bukanlah aplikasi baru, melainkan sebuah aplikasi chating yang sudah lumayan lama dikembangkan. Aku sendiri pada awalnya ga ngeh akan aplikasi telegram ini, sih, sampai suatu ketika, teman-teman di grup buzzing, ngajak pindahan dari WA ke telegram. Nah, akhirnya duduk manis lah si telegram di hapeku yang saat itu masih menggunakan Oppi [OPPO find 5 mini] kesayangan. Sibuklah kami berinteraksi di telegram, namun karena tak banyak yang menggunakannya dan juga kapasitas hape masih cetek banget, akhirnya aku memilih untuk meng-uninstalling aplikasi ini, dan memaksimalkan 4 aplikasi chat yang aku benamkan di my smartOppi. Ke 4 aplikasi chatting yang aku pakai adalah whatsapp, line, FB messenger dan BBM. Cukup. Sekali2 online di skype kalo lagi perlu ngobrol dan video call.

Terus pindah hape, ganti ke yang kapasitasnya lebih gede, aku masih belum tertarik untuk re-install si telegram, karena masih asyik dengan whatsapp dan line. BBM kadang-kadang, juga FB messenger. Hm. But...? Tadi pagi, baca info dari MakPon Mira Sahid, bahwa whatsapp grup KEB akan ditiadakan dan mandah [pindah] ke telegram, karena bisa memuat kapasitas anggota yang lebih banyak, juga memiliki fitur2 yang lebih ok punya. Wow! Plus pula, tadi pagi dicolek oleh Neng Efi Fitriyah jika aku ingin bergabung ke grup baru itu atau tidak. Ya, pasti mau banget lah! Maka, sambil nongkrong di toilet, hihi, sambil installing si telegram deh ke my smartAndro, yang ternyata sekarang udah berkembang jauh lebih oke lho!

Apaan sih Telegram itu, Al? 

Masih ada yang nanya? Hihi. Yang udah mastah/mastih, postingan ini boleh langsung di skip yaa, bagi yang masih baru dengar, yuk, kita obrolin di sini yuk!

Jadi, Telegram adalah aplikasi chatting/messenger yang pada dasarnya hampir sama dengan messenger lainnya, digunakan untuk berkirim pesan, gambar-2, video dan juga dokumen. Iya, dokumen. Tapi..., lebih dari itu, telegram punya beberapa kelebihan lain yang bikin wow, lho! Salah satunya adalah bisa digunakan untuk melakukan kirim pesan rahasia, lho! Ho oh! Nah, ini yang kudu dicatet, terutama untuk yang punya banyak rahasia dan suka rahasia-rahasiaan, bisa nih, lirik telegram. Hehe.

Untuk lebih detilnya, perhatikan deh gambar di bawah ini, untuk tau lebih jauh bisa ngapain aja kita di telegram ini.


See? Banyak juga ya? Bisa untuk saling terhubung walo berada pada jarak yang jauh sekalipun, berkoordinasi di dalam big group [member sebuah grup bisa menampung 1000 member lho!], sinkronisasinya asyik, bisa dari device manapun, bisa kirim dokumen dalam tipe apa pun, bisa kirim pesan rahasia [enkripsi], bisa memusnahkan dengan sendirinya pesan rahasia tersebut dalam waktu yang telah kita atur, data kita disimpan di dalam cloud, bisa bikin tool sendiri/stikers, bisa mendapatkan feedback dari customers.

Seru banget, ya? Pantesan telegram saat ini ditengarai sebagai aplikasi paling seru di dalam per-chattingan karena dapat melakukan transfer data dengan ringan, cepat dan mudah serta TIDAK ada iklan. Semoga untuk seterusnya juga tidak ada iklan yaa. Hihi.

Gimana? Tertarik? Atau masih ingin tau kenapa sih kita harus nyoba ini aplikasi? Look at this image deh!


Gimana? Mulai kepo dan pengen segera install? Hehe.

Telegram, ambil dari mana? 

Untuk pengguna android, you may go to playstore and download + install the Telegram. Untuk pengguna ipad/iphone, bisa banget ambil dari sini deh.

playstore


Setelah installing, kita akan diminta untuk memasukkan kode negara dan nomor telepon yang akan kita pake untuk telegram kita. Lalu, sebuah sms akan masuk ke nomor yang kita daftarkan itu, dan jika confirmed, maka automatically, si tele alias telegram will take us in the telegram. 

Masukkan nama depan dan belakang [opsional] untuk profile kita, dan saranku sih, samain dengan nama akun sosmed kita yang lainnya juga, biar seragam, kan branding! Hehe.

Cara Menggunakannya?

Gampil pake bingits! Cari teman2 yang telah menggunakan telegram pada contact list hape kita, dengan cara klik tanpa pinsil pada bagian bawah telegram [lihat gambar di bawah].

Pilih teman mana yang akan kita ajak chat, caranya hampir sama kok dengan aplikasi chatting lainnya.

Opsi Reply untuk copy-paste chat teman

Nah, ini nih yang menarik. Ada banyak fitur kece lho di telegram ini. Yang paling aku suka tuh adalah fitur reply jika kita sedang ngobrol di grup nih, dan deretan chat sudah banyak berderet-deret, sementara kita belum sempat menjawab pertanyaan seorang anggota grup yang ditujukan ke kita, maka kita tinggal balik ke kalimat [chat] si teman itu, kita klik dan pilih opsi 'reply', maka seluruh pertanyaan akan ter-copy [mirip opsi quote pada twitter], sehingga jawaban kita akan jelas untuk pertanyaan yang mana dan dari siapa. Sip kan?


Hal ini juga berlaku untuk chat perorangan ya, jadi ga usah bingung dan penasaran melihat teman-teman di grup kok begitu easy mengcopy dan paste kan kalimat chat seseorang, tanpa harus mengetik ulang, yup, pake opsi reply ajah.

Kirim foto dan data lainnya

Ini juga fitur paling asyik di telegram nih, Sobs! Jika messenger lainnya kita kewalahan kalo ingin mengirimkan file/dokumen, maka melalui telegram kita bisa dengan leluasa mengirimkan aneka info, Cukup dengan menekan tanda file [itu lho, yang seperti clipper kertas ituh] di dekat kolom chat/teks, lalu kita akan diberi ruang untuk mengunggah foto, video, file/dokumen bahkan lokasi keberadaan kita pada lawan bicara kita. Selain itu, telegram juga menyediakan opsi search web image lho! Keren bingit, deh!



SECRET CHAT alias Chat RAHASIA

Aha! Ini dia, nih! Terkadang, kita memang butuh private chat yang tidak bisa dibongkar oleh siapapun, kecuali emang hacker kelas wahid, kali, ya? Hihi.

Untuk memulainya juga gampil banget, kok.

Pada menu telegramnya, pilih New Secret Chat, lalu pilih teman yang akan kita ajak chat. Jika kita ingin mengatur opsi self-destruct timer, juga bisa lho, sehingga pada waktu yang kita tentukan nanti, seluruh percakapan akan didelete sendiri by system/telegram. Jadi aman banget. Caranya juga gampang.



Setting Self-Destruct Timer

Nah, untuk melakukan chat rahasia,
Mulai chat Rahasia. Dari tab Kontak, pilih opsi New Secret Chat kemudian pilih nama teman anda. Setiap pesan yang dikirim di jendela ini akan dienkripsi, yang berarti bahwa tidak ada orang lain akan memiliki akses ke chatting ini. Anda dapat mengirim teks, media dan dokumen seperti chat biasa.
self destruct timer

Ganti Background? BISA banget!
Jika bosan dengan background default si tele, kita bisa banget tuh mengganti tampilan backgroundnya, baik dengan yang sudah disediakan maupun yang mau kita pasang sendiri. Caranya gampang, tinggal main ke 'setting' dan pilih background, lalu pilah pilih deh di situ sesuka kita. Bosen? Upload punya sendiri juga boleh.

Konek Telegram via Web

Terus, apakah telegram juga semudah aplikasi chatting lainnya, Al? Bisa digunakan juga ke PC/web?
BISA BANGET! Caranya juga gampang. Kita tinggal main ke http://web.telegram.org, lalu kita akan diminta untuk memasukkan nomor kode negara dan nomor hape yang kita di mana telegram kita daftarkan. Sebuah code akan dikirimkan ke telegram di hape kita, untuk kita masukkan sebagai password bagi telegram di web. Jika kode yang kita masukkan cocok, maka telegram akan connected, dan kita pun bisa chatting happily, deh! 

Gampang ya? 

Selain di web, telegram juga bisa banget didownload ke kompi, baik yang berbasis windows, mac, atau pun device seperti ipad dan iphone. So, telegram memang dirancang lengkap untuk semua perangkat, deh! Asyiknya!

Well, tutorial ini sudah begitu panjang, semoga dapat dipahami dan bermanfaat ya. Yuk, ah, kita bermain-main dengan telegram! Aku tuh paling suka dengan stiker2 bikinan sendiri yang lucu2, pake foto sendiri, jadi berasa kayak artes deh, ah! Hehe. 

catatan tentang telegram,
Al, 4 February 2016


47 comments

aku udah lama pakai mba Al...tapi masih dikit yang makek sih..

Reply

Wooo menarik bgt ini, Mah

nanti dicoba kalo dah beli gadget

Reply

Wih ganti background? Keren euy, jadi lucu kayaknya, ya. Aku belum bisa bikin stickernya, euy. Sayangnya ga bisa dipake buat nelpon, ya? Dan btw, aku malu ada dp telegramku di sana hihi :)

Reply

whuaaa..teringat waktu acara festik niy ribuutnya di telegram.

Iya, ok deh cyiin , ntar aku install lagi ya telegramnya, biar bisa seru2an..

Reply

Saya malah bingung banyak aplikasi chat krn gk kepake semua, palng teman itu-itu aja :)

Reply

Belum install ini. Sepertinya seru. Tapi kalau aplikasi chat ini tergantung banyaknya teman yg makai juga :D

Reply

infohnya kumplit bgt Mb, kudu dibaca berulang kali ni biar paham baru dicobain, ma kasih ya Mb

Reply

Aku masih bingung nih dengan telegram. Mb Al, request dong, tutorial bikin stickernya gimana? penasaran.

Reply

Saya belum coba pake telegram ini, Mbak Al. Soalnya temen2 juga belum banyak yg pake. Nunggu temen2 :D

Reply

Menarik ni aplikasi ini. Install ah ...

Reply

Mau instal di tab ga bisa2 mb Al...akhirnya aku buka lewat laptop..hehe :)

Reply

Aku tahunya dikasih tahu si sulung, kalo dia udah pake telegram krn HMJ kampus banyak yg udah duluan pake. Asik katanya, lebih cepat kirim data kalo rapat pengurus

Reply

Kalau di kantor atau lagi buka lappy saya suka online via pc juga heheh :D asik sih telegram dan lebih cepat dari chat biasanya

Reply

Mau nyoba pake telegram juga ah Mbak Al ^^

Reply

Keren euy :) ...

Sayank hpnya belum memadai untuk telegram :v ...

Semoga aja nanti bisa pake telegram

Reply

Sekarang Nyman pake telegram

Reply

Seru juga ya mbak, kalau ganti nomor telpon bikin akun baru dong mbak?
Asal pesan rahasia gak dipake buat yang macem-macem asik sih

Reply

kemarin sdh coba dunlut, tapi masih belum sukses...*kudu segera dicobain lagi neh*

Reply

Huaaa ... Ini aplikasi baru yang keren. Etapi saya sudah kebanyakan aplikasi, takutnya nggak tercover semua, hiks :(

Reply

masih anteng di WA, chat aktif saya cuman itu sih.. hehe

Reply

Layoutnya sekilas kayak WA ya. Penasaran sama appnya nih tapi sayangnya aku belom download soalnya harus bebersih hape dulu, udah kebanyakan app. Nanti add aku ya mbak Al kalo udh punya akunnya :)

Reply

ini emang canggeh banget mba al
dan yang paling seru adalah stiker nyaa
bisa branding blog juga nih pake stiker telegram haha

Reply

Boleh dicoba nih :D Penasaran pingin baca ini dari kemarin.

Reply

Kalo begitu ayo join BP telegroup yuk.

Reply

Yoi.... makanya, asyik kan?

Reply

Yoi.... makanya, asyik kan?

Reply

Ternyata samaa.. Aku duluuu banget udah pernah install Mba Al.. Tapi belum ada yang pake jadi uninstall.. Mau download lagi, ah.. :D

Reply

Wahahaha.. Gegara telegram, jadi serin lagi ini smartphone seharian :D

Reply

belum make mbk al, ntar deh kalo emang udah darurat hehhe

Reply

Iyaa, telegram seru. Tapi kontakku baru sedikit. Blm banyak yg pakai.

Reply

kalau saya sendiri sebagai pengguna telegram , memang bagus banget untuk layanan chating ya super cepat haha..
tanpa menunggu dan hal ini tentunya cocok sekali untuk meeting dan lain sebagainya..

Reply

Lagi nyoba nyoba menyelami telegram kak Al...tutorialnya sangat keren

Reply

Asyik juga nih mbak, tp belum saya pakai secara optimal

Reply

Tutorialnya lengkaaappp... TFS ya, jadi lebih paham sekarang

Reply

terimakasih informasinya gan,,tutorial nya..sangat lengkap sekali..kita tidak kesulitan lagi deh..

Reply

iya bener adanya aplikasi telegram semakin mengasyikkan ya

Reply

wah ini info yg saya cari, temen2 saya udh mulai beralih dr whasap ke telegram, tapi saya pribadi masih setia sama whasap hehe

Reply

baru tau ada aplikasi kayak gtu, boleh nih di coba

Reply

Aku suka fitur private messege dari telegram. jadi begitu selesai chatt, semua pesan bisa terhapus :D

Reply

setuju gan, kalau gak salah itu juga bisa chat grup secret kan

Reply

Aplikasi yang cocok untuk programmer , dan memiliki tingkat enkripsi yang cukup kuat juga, setiap pesan yang dikirim akan di enkrip terlebih dahulu :3 , huhuhuy

Reply

Aduuh, kudet banget aku, baru tahy ada aplikasi keren gitu. Ke TKP aahh, 😘😘

Reply

Saya udah lama tau tapi belum pada pake telegram jadi masih hold buat donlod. tertariknya sih sama chat rahasia itu, wuahahaha

Reply

bisa digunakan untuk video call gak itu ?

Reply