Selamat Hari Ibu, Wanita Indonesia! | My Virtual Corner
Menu
/
"Hari Ibu? Pernah dan sering dengar sih. Tapi saya pikir, itu hanyalah untuk wanita-wanita kantoran, ibu-ibu yang hidupnya tidak seperti kami. Kami ini apalah, hanya rakyat kecil. Bisa sehat saja sudah syukur, jadi bisa mulung dan ngais rezeki di sini. Di tengah-tengah kotoran seperti ini. ☺" Jawabnya ketika kutanya makna hari ibu padanya, seorang wanita pemulung [foto di samping] di Banda Aceh, beberapa tahun yang lalu.

"Hari Ibu? Ndak ada tuh yang mengucapkannya pada saya. Hehe. Saya ini apalah. Hanya pemulung, Kak. Bukan siapa-siapa. Seharian tenggelam di dalam tempat sampah. Mana sempat mikirin hari Ibu." Lanjutnya lagi.

"Hari Ibu menurut saya? Ndak tau, Kak, dan saya ga peduli. Hari Ibu bukan untuk kami-kami yang seperti ini. Ga ada untungnya bagi kami untuk tau lebih dalam juga kan? Bagi saya, dan teman-teman sekitar sini, bisa terus sehat, bergerak, bekerja dan mencari nafkah seperti ini saja, sudah sebuah anugerah yang luar biasa." Imbuhnya lagi menjawab pertanyaanku.

Kalimat terakhir ini, sungguh bikin aku tertohok dan lupa untuk melanjutkan kalimat2ku. Rasa syukur yang dimilikinya luar biasa! Sementara aku? *ambil cermin Begitu gampang berkeluh kesah hanya karena tragedi kecil yang muncul tidak sesuai harapan. Oh, oh! Sementara mereka? Ibu-ibu sekitar sini? Mampu memliki rasa syukur yang seluas samudera. Subhanallah.

"Ibu, terima kasih telah memberi saya pelajaran yang sangat berharga. Selamat Hari Ibu, ya. Percayalah, Hari Ibu adalah hari istimewa bagi semua perempuan Indonesia. Termasuk Ibu. Ibu hebat lho. Bisa membuat putra putri ibu tersenyum manis tuh, mereka bisa seperti ini karena kehebatan ibunya kan? ☺" 

See? Bahkan pembelajaran berharga pun bisa kita dapat dari seorang wanita pemulung. Trimakasih, Ibu. Daku melangkah menjauh, meninggalkannya dalam senyuman manis. Bersamaku kini, sebuah pembelajaran tersemai indah. Selamat Hari Ibu, Wanita Indonesia!

Happy Mother's Day 2014


Sebuah catatan kecil,
published on schedule,
Al, Bandung, 22 Desember 2014
27 comments

Subhanallah ya mak Alaika, kita harus banyak belajar ttg keikhlasan dari mereka :-)

Reply

setuju mak, pelajaran baik berserakan di mana saja. nice share, selamat hari ibu ya mak :)

Reply

Pelajaran nggak jauh2 ya Mak...kejadian paling dekat sdh menasehati klw mau memperhatikan . Selamat Hari Ibu yaa..:)

Reply

lebih dari sekedar kata-kata...

Reply

Dan, selamat hari Ibu buat mak Al, mak Al adl wanita hebat :)

Reply

jawaban yang sangat sederhana, polos tapi mengena ya mak....

Reply

Subhanallah Luar biasa pencerahan hari ini.
Selamat Hari Ibu se Indonesia

Reply

Waah..luar biasa, mak :) makjleb banget!

Reply

subhanallah, inspiring sekali artikelnya :'(
mampir juga ya mbak :)
http://robofics.wordpress.com/2014/12/22/selamat-hari-ibu-jadi-hanya-satu-hari-untuk-menghargai-ibu/

Reply

Bener, Mak Leyla. Pembelajaran bisa kita dapatkan dari mana saja yaaa? :)

Reply

Betul, Mak. :) Slmt hari ibu juga untukmu yaaa.

Reply

Pelajaran berharga dari sesuatu yang kebanyakan orang mengabaikan dan kadang memandang sebelah mata....

:)

Reply

Subhanaallah...Inspirasi tenyata datangnya dari orang yang hatinya seluas samudera

Reply

semua wanita itu hebat mbak... apalagi wanita yang sholehah.. pasti akan jadi ibu yg terbaik sepanjang masa.... alhamdulillah mksih mbak alaika sudah mampir....

Reply

Bener sekali, Mak Mutia. Slmt Hari Ibu ya!

Reply

Slmt Hari Ibu juga Mak Dwiex'z! Trimakasih pujiannya, aamiin. Mudah2an kita selalu mampu menjadi wanita [ibu] hebat bagi anak2 kita ya

Reply

Iya, bener, Mak Santi. :)

Reply

Selamat Hari Ibu, ibu hebat bernama Alaika Abdullah :)) Senang bisa mengenalmu, Mak walau masih sebatas di dunia maya :))

Reply

Tiap hari ya hari ibu ya mak, saya juga baru2 aja sih suka ngucapin met hari ibu ini, dulu2 ngga pernah hehe

Reply

iya selamat hari ibu yaaa .. ibu adalah segalanya :)

Reply

Sampai terharu membacanya :( Dari bacaan diatas saya dapat pembelajaran bahwa segala sesuatu itu harus kita syukuri ,, Selamat hari ibu

Reply

Perjuangan seorang Ibu agar anak2nya tetap bisa bertahan hidup, subhanallah bangeet..
Hari Ibu sangat laya untuk beliau2 yg seperti ini yaa mak..

Reply