Manusia Pertama, Manusia Purba atau Nabi Adam ya?

Alhamdulillah, artikel ini terpilih sebagai artikel dengan penilaian terbaik dalam kontes yang diselenggarakan oleh Falcon Pictures dan berhak untuk mendapatkan sebuah Samsung Galaxy Tab. 


Artikel ini sebenarnya sudah lama tersimpan tak berdaya di dalam draft box in my folder. Entah mengapa, selalu ada saja kendala dalam menuntaskan kisah perjalanan wisata ke sebuah tempat legendaris bernama Situs Manusia Purba Sangiran, The Home Land of Java Man ini.
Ga tau deh, kok rasanya hati ini sulit untuk menerima bahwa ada ‘manusia’ lain yang hidup jutaan tahun sebelum Nabi Adam (kan Nabi Adam manusia pertama di muka bumi?). Rasanya sulit aja sih untuk mengakui kebenaran teori evolusi Darwin dan berbagai tulisan yang terpampang di dalam situs keren ini. Kunjungan ini bagiku malah menghasilkan pertentangan batin yang membuatku semakin sulit dalam menuntaskan tulisan yang tadinya ingin mengulas tentang museum megah dengan isi legendaris ini. Haha… Untung ga sakit jiwa ya, Sobs? Hihi.
Namun, Sobs, apa yang telah dimulai, tentu harus diselesaikan dengan baik dan bertanggung jawab kan, ya? (Jiaaaah!), terutama demi menentramkan jiwa yang sedikit ‘terganggu’ oleh opini dan perang batin sebagai buah dari perjalanan wisata ini. Terlebih dengan adanya undangan dari seorang teman blogger untuk ikut kompetisi yang sedang diadakan Falcon Pictures dengan tema Manusia pertama berdasarkan Teori Evolusi Darwin atau Nabi Adam, menurut loe? Maka..., pucuk dicinta ulampun tiba nih, Sobs! :) Saatnya menuntaskan artikel terbengkalai dan ikut lomba, yeayyy!!
Baiklah, in the name of God, Bismillahirrahmanirrahim, mari kita mulai….
Ide awal berkunjung ke museum Sangiran adalah usulan dari si Mbah Google,lho,  Sobs. Kala itu, aku dan suami, baru dua hari tiba di Solo, bingung ingin jalan kemana. Inginnya sih berwisata ke tempat yang tidak menghabiskan banyak rupiah, hehe.  Maklum, Sobs, sedang penghematan, euy!
Maka…, malam itu, berkunjunglah aku ke rumah si Mbah yang baik hati dan tidak sombong, dan setelah minum secangkir teh jahe hangat dan ngobrol ngalor ngidul, akupun bertanya pada si Mbah kece karismatik itu.
“Mbah, enaknya di Kota Solo ini main kemana ya, Mbah? Tapi yang ga membutuhkan biaya banyak, lho. Aku kan sedang berhemat nih, Mbah….”.
Si Mbah pun manggut-manggut seraya tangannya mengelus janggutnya yang memutih, keningnya sedikit bertaut (lagi mikir serius nih kayaknya…). Lalu Mbah pun menjawab.
“Nduk, kamu pernah dengar tentang museum situs manusia purba Sangiran ga?”
Aku menggeleng.
“Mending kamu ke sana, deh, situs yang konon memakan biaya sekitar 47 milyar rupiah ini, baru saja diresmikan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bidang Kebudayaan, Prof. Dr. Windu Nurayati, PHD, pada tanggal 15 Desember 2011. Banyak sekali informasi menarik tentang kehidupan manusia purba dan lingkungannya dipamerkan di sana. Kamu pasti akan senang, dan yang lebih penting lagi nih…, sesuai dengan harapanmu lho, Nduk, murah meriah. Hanya perlu bayar 3000 rupiah per orang untuk pribumi.”
“Oya? Murah banget!! Oke, Mbah, saya akan ke sana deh besok pagi..., terus untuk ke sananya naik apa ya, Mbah?”
“Gampang, sewa mobil aja, pasti dianter sampai tempat deh!”
“Yee si Mbah… kan saya udah bilang tadi, saya sedang ngirit. Rental kan mahal, Mbah. Maunya naik bis… coba tolong Mbah terawang dulu donk, bagusnya naik bus apa ke Sangiran itu?”
Maka menerawanglah si Mbah Google yang baik hati. Tapi kalo dilihat-lihat nih, Sobs, si Mbah itu kok ya ganteng yo walau rambutnya udah memutih dan jenggotan begitu… (#Ngawur dot com).
“Ok, Nduk, besok pagi, kamu ke terminal bus Tirtonadi, inget lho, terminal Tirtonadi yo…, terus naik bus ke arah Purwodadi, bilang sama kondekturnya kamu akan turun di Kalijambe, mau ke Museum Sangiran! Ngono yo! Mereka udah pada tau kok Museum Sangiran. Nah, begitu turun di Kalijambe itu, banyak ojek yang sudah menanti untuk mengantarkan para wisatawan ke Museumnya. Agak jauh ke dalam masuknya, tapi masih murah kok, paling ojeknya dikenai biaya 10 ribu perorang. Coba kamu tawar aja 5 ribu perak mau ndak? Gitu ya, Nduk.”
Wih, emang Mbah Google top banget ih. Keren. Serba tau nih si Mbah. Pasti si Mbah berteman baik dengan Mbah Wikipedia y, Mbah? (Hush…). Btw, kok Mbah Google ngerti bahasa Jawa juga ya? apa dia juga pakai Google Translate? Atau memang dia yang mengelola Google translate juga? (#Makin ngawur deh! Hehe).

Dan, Sobs, akhirnya..., dengan mengikuti petunjuk si Mbah, tibalah kami di situs megah nan bersejarah ini. Aku begitu terpesona menatap gapura gagah yang menyambut kehadiran kami.

Bergetar hati ini membayangkan sebentar lagi aku akan menjelajah tanah yang penuh dengan jejak-jejak manusia purba. Tanah yang merekam aneka kegiatan dan peradaban si manusia purba.  

Lihat aja tulisan yang tertera pada gambar di bawah ini: 
Wow! Jadi ga sabar deh ingin segera menjelajah ke dalamnya..
Situs/museum purbakala yang terletak di sekitar 17 kilometer arah Utara Kota Solo, tepatnya di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia  ini dianugerahi sebuah nama mentereng seperti yang tercantum jelas di batu prasasti tepat dibawah patung kepala manusia purba yang terletak pada halaman depan situs. Tulisan mentereng itu bertuliskan ‘Situs Manusia Purba Sangiran, The Home Land of Java Man’. Keren ya, Sobs? 

Memang sih, berbicara tentang manusia purba, banyak sudah tertulis di dalam buku sejarah maupun pemberitaan pemberitaan, bahwa tanah Jawa dikenal sebagai salah satu tempat hunian manusia purba. Terbukti dengan ditemukannya fosil-fosil manusia purba di berbagai tempat di Jawa, seperti di Pati Ayam, Sangiran, Ngandong, dan Sambungmacan (Jawa Tengah), serta di daerah Trinil dan Perning (Jawa Timur). Temuan pertama yang dicatat sejarah adalah ekskavasi yang dilakukan Eugene Dubois di Desa Ngandong, Trinil, Mojokerto, Jawa Timur, yang berhasil menemukan fosil Pithecanthropus Erectus pada tahun 1893. Sekitar 40 tahun kemudian, terungkap bahwa selain di Trinil dan Perning, banyak fosil manusia purba dan peralatannya ditemukan di daerah Sangiran, Kabupaten Sragen.


Tapi kok ya hatiku kayaknya ga rela deh dengan sebutan
 “the Home land of Java Man” ini….
Masak sih Manusia Purba ini dianggap leluhur the Java Man? 
Aku aja yang bukan orang Jawa, rasanya keberatan deh, Sobs. 
Gimana dengan Sobats semua? Rela? Hihi


Para arkeolog dalam dan luar negeri terus berupaya melakukan ekskavasi hingga kini terungkap bahwa sekitar 65 persen fosil manusia purba di Indonesia ditemukan di lokasi ekskavasi Sangiran. Jumlah tersebut ternyata mencakup sekitar 50 persen dari populasi takson homo erectus di dunia. Itulah mengapa banyak para peneliti asing tertarik untuk mengunjungi dan meneliti situs terkemuka ini. Menariknya, kawasan kubah Sangiran (Sangiran Dome) yang memiliki luas sekitar 56 kilometer persegi, meliputi tiga kecamatan di Kabupaten Sragen, ternyata merupakan situs yang sangat kaya akan peninggalan kepurbakalaan ini sobs.
Kawasan ini tidak saja menjadi tempat ditemukannya berbagai fosil manusia purba, melainkan juga berbagai fosil makhluk hidup dan tumbuhan yang beraneka, serta lapisan-lapisan tanah yang “terbuka” secara alami yang sangat bermanfaat bagi penelitian-penelitian geologis. Dan untuk melindungi situs purbakala ini, pemerintah menetapkan kawasan Sangiran sebagai cagar budaya ditandai dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 070/0/1977, tanggal 5 Maret 1977.
Antusiasme dunia internasional juga terlihat dengan dikukuhkannya situs Sangiran sebagai salah satu warisan dunia (world heritage) pada tahun 1996. Penetapan ini dilakukan oleh Komite World Heritage UNESCO pada ulang tahun ke-20 organisasi ini di Kota Merida, Meksiko, dengan nomor urut 593 (http://www.lintasdaerah.com).


Memasuki gedung, hatiku dibikin takjub.
Penataannya sungguh bikin kita serasa berada di suatu peradaban lain.
Peradaban masa lampau yang bikin hati gimanaaaa gitu ya?
Terus terang aku salut dengan design interior dan cara mereka memajang displaynya….


Aneka fosil baik dari hewan purba hingga ke ‘manusia purba’ dipajang, lengkap dengan keterangannya, yang dicatat dengan serius oleh beberapa rombongan pelajar yang sedang berkunjung di sana.
Maju Tak Gentar.... Membela Yang Besar... Eh salah! Upps! 
Hiiii.......

Masih banyak lagi gambar, fosil dan patung yang ditata sedemikian rupa untuk menggambarkan kehidupan dan peradaban masa purbakala sobs, dan mengelilingi gedung yang luas ini, jujur, mengingatkan kembali aku pada pelajaran Sejarah yang pernah diajarkan pada kita saat kita duduk di bangku SMP dan SMA..... Salah satu petugas disana malah menginfokan bahwa museum ini menyimpan fosil dan benda-benda kepurbakalaan yang mencapai 13.809 koleksi, sehingga dianggap sebagai museum purbakala terlengkap di Indonesia. Dari ribuan fosil tersebut, sekitar 2.934 fosil disimpan di ruang pameran Museum Sangiran, sementara 10.875 fosil lainnya disimpan di dalam gudang penyimpanan. Wow!!




Siapa coba yang rela punya nenek moyang seperti ini? hehe

Setuju sih jika dikatakan bahwa museum ini sangat bermanfaat untuk mengetahui atau memperdalam pengetahuan kita akan ilmu yang berkaitan dengan teori evolusi, antropologi, arkeologi, geologi serta paleoantroplogi. Sengaja aku mencoret teori evolusi karena rasanya kok teori itu sudah ga sinkron lagi di zaman sekarang ini ya? Bukankah teori evolusi Darwin sendiri telah dipatahkan? Tentang hal ini akan diulas pada bagian akhir aja ya, Sobs….
Terus terang, mengunjungi museum Sangiran, jelas membuka wawasan kita akan kisah kehidupan dan peradaban masa purbakala, namun  tak urung dan aku yakin sekali, bahwa setiap pengunjung dengan nilai keimanan yang oke, akan diusik dengan pertanyaan-pertanyaaan seperti ini;
Pithecanthropis erectus, Homo Sapiens, Manusia Purba, mereka itu manusia bukan sih? Jika mereka hidup  jutaan tahun yang lalu, berarti  mereka lebih dulu ada donk dibandingkan dengan Nabi Adam yang baru diciptakan sebelum 8000 tahun yang lalu? Jika mereka adalah nenek moyang manusia? Lalu nabi Adam yang tampan dan sempurna (iya donk, kan Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya?) itu siapa? Dan mengapa mereka (manusia purba) begitu buruk rupa? Dan berbagai pertanyaan lainnya yang bertentangan dengan ilmu agama manapun yang pernah ada di dunia ini.
Hal ini juga yang menghantui pikiranku sepanjang malam sekembalinya aku dari kunjungan wisata itu, Sobs. Maka demi menenangkan hati dan pikiran, kembalilah aku pada si Mbah, yang menerimaku dalam keadaan yang sudah mengantuk. Jelas donk, wong aku berkunjung sudah larut malam jeh. Hehe.
Setelah mendengar keluhanku, bahwa aku sangat keberatan dan ga rela jika nenek moyang manusia itu adalah ‘kera besar yang berjalan tegak’ yang kerennya disebut dengan Pithecanthropus Erectus, akhirnya Mbah Google memberi beberapa link untuk pencerahan pikiranku.
Hasil baca-baca dari link yang diberikan si Mbah menunjukkan bahwa ternyata bukan aku saja yang mengalami pertentangan batin tentang asal usul manusia ini, Sobs. Bahwa rasanya rancu sekali jika dikatakan bahwa manusia purba adalah nenek moyang manusia. Jika dia nenek moyang manusia, berarti dia Nabi Adam donk? Dan masak buruk sekali rupanya? Nah Loe!! Juga, jelas-jelas dalam Al-Quran dan Alkitab disebutkan bahwa Adam diciptakan sebagai manusia pertama di muka bumi, dilengkapi dengan naluri, akal pikiran dan nalar yang kuat serta bentuk yang sempurna. Nah, manusia purba? Jauuuuh euy!
Bahkan ada yang tegas berpendapat bahwa sebenarnya manusia purba itu tidak pernah ada. Yang ada adalah kebohongan para arkeolog terhadap publik seperti yang dikisahkan berikut ini;
Pada tahun 1912, seorang pengacara yang tinggal di Inggris Selatan, dekat Sussex, yang adalah juga seorang ahli paleontology amatir yang antusias, bernama Charles Dawson, bekerja sama dengan partnernya Arthur Smith Woodward (seorang penjaga Departemen Geologi Museum Inggris, menemukan sebuah tulang rahang dan fragmen tengkorak di sebuah lubang dekat Piltdown, Inggris. Tulang itu mirip tulang rahang hewan namun gigi dan tengkoraknya seperti milik manusia. Spesimen ini dinamakan Manusia  Piltdown dan diduga berumur 500.000 tahun. --> 
sumber :  http://kidsgen.blogspot.com/2011/07/manusia-piltdown-atau-eoanthropus.html 

Rekonstruksi terhadap manusia Pildown pun dilakukan dan dipajang di berbagai museum sebagai bukti nyata evolusi manusia. Selama lebih dari 40 tahun sejumlah penafsiran dan gambar dibuat. Banyak artikel ilmiah tentang manusia Piltdown ini, termasuk 500 tesis doctor tentangnya.
Namun pada tahun 1953, hasil pengujian secara menyeluruh terhadap fosil tersebut menunjukkan kepalsuannya. Tengkorak tersebut berasal dari manusia yang hidup beberapa ribu tahun yang lalu, sedangkan tulang rahangnya berasal dari bangkai kera yang baru terkubur beberapa tahun. Gigi-giginya ditambahkan kemudian agar terlihat mirip manusia, lalu persendiannya disumpal. Setelah itu seluruh fosil diwarnai dengan potassium dokromat agar tampak kuno.
(Sumber: Ustz.H.Ahmad Sarwat di website:

Maka patahlah berbagai teori sebelumnya yang mengatakan bahwa manusia masa kini berasal dari manusia purba atau pithecanthropus erectus atau homo sapiens atau apalah namanya itu.

Beberapa pendapat lainnya juga mengarah pada bantahan dan ketidaksetujuan mereka akan pernyataan bahwa manusia purba adalah nenek moyang manusia.

Sebuah informasi dari Mbah Wikipedia tentang Adam, juga turut andil dalam memberi pencerahan bagiku, Sobs, hingga akhirnya aku menemukan seberkas cahaya terang, yang membantuku membuat kesimpulan dari pertentangan batin yang berkecamuk dan menghantui jiwa. Juga untuk menjawab pertanyaan Falcon Pitures tentang Manusia pertama berdasarkan Teori Evolusi Darwin atau Nabi Adam , menurut loe ?

Maka… Menurut aku nih sobs…..jreng jreng!....



Manusia pertama di muka bumi adalah Nabi Adam sedangkan manusia purba adalah suatu makhluk yang menyerupai manusia, yang berjalan tegak tapi tidak memiliki kecerdasan seperti manusia. Hidupnya jauuuuh sebelum Nabi Adam diciptakan dan diturunkan ke bumi. Archeolog yang menemukannya menamakan manusia purba ini  sebagai manusia kera yang berjalan tegak (pithecanthropus erectus). Harusnya sih disebut sebagai 'makhluk' yang menyerupai manusia yang berjalan tegak ya? :)


Untuk meyakinkan diri, aku merujuk pada beberapa ayat di dalam Al-Quranul Karim berikut;

Surah Al-Baqarah 30), berbunyi ;
Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat, “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi”. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata); “Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu ORANG yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan) padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu dan mensucikan-Mu?”. Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya”.
Kalimat “…… ORANG yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan)….” Menurutku nih sobs…, kalimat ini menggambarkan bahwa para malaikat telah pernah menyaksikan sebuah kehidupan makhluk yang menyerupai ‘orang’ jauh sebelumnya, yang memiliki peradaban rendah, tidak cerdas dan suka berbunuh-bunuhan/bermusuhan, sehingga pertanyaan ini langsung tercetus saat Allah berfirman akan menjadikan manusia (Adam) sebagai khalifah di muka bumi.
Di dalam Al-Quran memang disebutkan tiga jenis makhluk berakal yang diciptakan Allah yaitu manusia, jin dan malaikat. Manusia dan Jin memiliki tujuan penciptaan yang sama, dan oleh karenanya sama-sama memiliki akal yang dinamis dan nafsu, namun hidup pada dimensi yang berbeda. Sedangkan malaikat hanya memiliki akal yang statis dan tidak memiliki nafsu karena tujuan penciptaannya sebagai pesuruh Allah. Nah, Sobs… tidak tertutup kemungkinankan bahwa ada makhluk ‘berakal’ lain selain ketiga makhluk ini?
Dalam Arkeologi, berdasarkan fosil yang ditemukan, memang ada makhluk lain yang menyerupai manusia, tetapi memiliki karakteristik yang primitive dan tidak berbudaya. Volume otak mereka lebih kecil dari manusia, sehingga kemampuan berbicara mereka sangat terbatas, akibat banyak suara vowel yang tidak mampu mereka bunyikan.
Sebagai contoh, Pithecanthropus Erectus, memiliki volume otak sekitar 900 cc, sementara Homo Sapiens memiliki volume otak di atas 1000 cc (otak kera maksimal sebesar 600 cc).  Maka para ahli menyimpulkan bahwa semenjak 20.000 tahun yang lalu, telah ada sosok makhluk yang memiliki kemampuan akal yang mendekati kemampuan berfikir manusia pada masa sebelum kedatangan Adam.

Nah sobs…, dari uraian di atas, hatiku akan tentram jika mengulang kembali pernyataan berhuruf merah, paragraph di atas, yaitu;
Manusia pertama di muka bumi adalah Nabi Adam sedangkan manusia purba adalah sebuah makhluk yang menyerupai manusia, yang berjalan tegak tapi tidak memiliki kecerdasan seperti manusia. Hidupnya jauuuuh sebelum Nabi Adam diciptakan dan diturunkan ke bumi. Archeolog yang menemukannya menamakan manusia purba ini  sebagai manusia kera yang berjalan tegak (pithecanthropus erectus).

Bagaimana pendapatmu? 

Telaah, Al, Bandung, 19 July 2012

259 comments

  1. menurut alkquran, ketika manusia dicptakan oleh Allah kala itu, malaikat bertanya kepada Allah, kata malaikat meminta penjelasan kepada Allah, " ya Allah kenapa engkau ciptakan mereka, bukankah mereka perusak bumi dan suka menumpahkan darah" nah pertanyaan inilah yang sebenarnya menguatkan bahwa manusia purba memang ada,alasanya kenapa malaikat bertanya demikian artinya sebelum nabi adam diciptakan sudah ada manusia purba yang dipunahkan Oleh Allah. dan kita manusia sekarang ini bukan keturunan manusia purba, tapi nabi adam. nah benar atau tidaknya kita serahkan saja kepada para ahlinya dan kepada Allah yang pastinya suatu saat akan menjawab teka-teki ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget mas Budi, dan surah Al-Quran tersebut adalah Al-Baqarah ayat 30, seperti tercantum pada postingan di atas.

      Bahwa makhluk menyerupai manusia, disebut manusia purba pernah ada jauuuuh sebelum Nabi Adam diciptakan, dan manusia yang sebenarnya adalah Nabi Adam sebagai manusia pertama di muka bumi... :)

      Delete
    2. aq malah bingung mbak..
      jadi dinosaurus ada dunk???

      kayaknya sih iya :D

      Delete
  2. Saya mempercayai apa yang difirmankan oleh Allah swt yang dijamin kebenarannya.

    Teori manusia bisa saja salah atau bertendensi tertentu. Bukankah manusia tak pernah sepi dari salah dan lupa.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Pakdhe, saya juga demikian, terutama merujuk pada surah al-Baqarah 30 di atas. :)

      trims atas kunjungannya ya Pakdhe...

      Saleum,

      Delete
  3. saya tetap berpedoman akan islam ^ ^ semuanya hanya allah yang tau wallahua'lam bissoaf ..

    share yang menarik juga mengasah ilmu pengetahuan nih keren ^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas, saya juga sangat percaya akan firman-firman Allah dalam al-Quran, dan mengenyampingkan teori2 yang disaimpaikan oleh manusia, yang ternyata terbukti puluhan tahun kemudian bahwa hipotesanya ternyata tidak benar. hehe...

      Delete
  4. wah sebelumnya aku gag pernah terpikirkan akan hal ini sampai sejauh ini tante. pas udah baca ini jadi galau deh. hho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan galau Syifa sayang, coba deh baca sampai habis, maka kamu akan menemukan pencerahan yang menenteramkan jiwa. Kita merujuk pada al-Quran saja.. dan percaya penuh bahwa manusia pertama itu adalah Nabi Adam, sementara manusia purba, bukanlah the real human being, mereka hanyalah makhluk yang menyerupai manusia, bahkan dinamakan sebagai 'manusi kera' yang berjalan tegak, pithecanthropus erectus, ya kan? Jadi sudah pasti mereka bukan manusia yang diciptakan dengan bentuk yang sebaik-baiknya....

      Delete
  5. posingannya sangat berkualitas.. izin blogwalking..

    Senantiasa mengundang rekan blogger
    Kumpul di Lounge Event Tempat Makan Favorit

    Salam Bahagia

    ReplyDelete
  6. wuah.....selama ini aku malah ngga pernah terpikir soal ini ya....mungkin karena aku belum pernah datang ke museum manusia purba kali ya....hehe.....tapi sesekali pengen juga deh berkunjunng ke sana, pasti akan jadi sebuah pengalaman yang cukup unik ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya pemikiran ini mulai mengganggu ku sejak belajar zaman prasejarah dulu di SMP mba... tentang manusia purba. Bikin galau dan bingung tingkat tinggi deh. Perang batinku berakhir dengan penjelasan ayahku, bahwa kita harus percaya pada kalam Ilahi, banyak ayat di dalam al-Quran yang menceritakan tentang nabi Adam dan tujuan penciptaannya.

      Tapi saat berkunjung ke museum, melihat pajangan2 fosil, gambar dan berbagai bukti lainnya, jadi galau lagi deh, terpaksa lari ke Google, browsing cari pencerahan.... hehe. Dan pencerahannya seperti yang tertulis di postingan deh... :)

      Delete
  7. Buzzz Buzzz Buzzz
    Asallam Mualikum, lam kenal

    Sebenarnya kita mesti sepakat dolo apa yg di maksud manusia, Nabi adam adalah manusia pertama yg sama seperti kita saat ini, sedangkan homo erctus hanya menyerupai manusia.

    Salam Madu juga Sengat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, persis. Dalam postingan di atas, jelas tertulis toh? Bahwa manusia purba adalah sejenis makhluk yang menyerupai manusia, berjalan tegak dan belum cerdas dan belum berbudaya tinggi. Sementara manusia/Nabi Adam, digambarkan sebagai sosok yang tampan, cerdas, sangat beradap,......lihat deh ke postingan di atas.. :)

      Jadi sepakat dengan sobat, bahwa Nabi Adam adalah manusia pertama. :)

      trims atas kunjungannya yaaa...

      Delete
  8. Adam aja deh ! Tanpa mengurangi rasa hormat sama sang peneliti.

    ReplyDelete
  9. hmmm.... tulisan panjang dg kesimpulan sebuah pertanyaan! mesti dijawab cukup panjang nih hehehhe...
    science adlah pengetahuan yg sejati artinya berdasarkan fakta dan bukti.
    dalam Kitab Suci mengatakan Allah menciptakan Adam sbgai makhluk pertama. ketika science dg segala pengetahuan dan bukti berkata, makhluk ini adlh makhluk sblm Adam ada, maka kita perlu bertanya donk, apakah Kitab Suci mrupakan interprestasi subyektif? nah, disini kita butuh IMAN yg tidak berlawanan dg logika yakni kepercayaan.
    Allah itu disebut Benar ato Kebenaran sdgkn manusia adalah mahluk yg mengerti kebenaran. itulah makanya manusia memiliki perbedaan dg hewan yg gak punya rasio. so, gak melawan logika khan!
    kedua, ketika ada yg bertanya kepada kita "siapa yang menciptakan Dunia ini?"... jawabnya pasti Tuhan. sedangkan ketika ditanyakan lagi "Siapa yang menciptakan Tuhan?"... nah yang ini ada gak yg bisa jawab..???
    Bagi orang yg memiliki rasio, dunia itu tidak mungkin ada pada sendirinya, harus ada yang mencipta. Kalau ada ilmuan yang mengatakan dunia ini berasal dari kumpulan batu, tanah yang menyatu atau apalah yg kemudian membentuk sebuah dunia, maka mulai hari ini ketika ada yg mo bikin kue, taruh aza bahan dan alatnya jangan digerakkan dan tunggu apakah akan menjadi sebuah kue dengan sendirinya? hehhehe...

    oke, cukup panjang ya hihihii...
    Kesimpulannya mbak, ketika dalam Kitab Suci tertulis Allah menciptakan Adam sebagai manusia pertama, maka itulah kebenaran, karena KEBENARAN gak perlu diciptakan dan tak perlu adanya sebuah permulaan. contoh simplenya, sejak abad keberapa 3 + 2 = 5? kebenaran seperti ini gak perlu permulaan, ato mungkinkah nantinya 3+5 = 1? (hancur dah duniaaa).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weiss, bisa jadi satu postingan nih bung. hehe. Trims lho. Senang mendapat response anda.

      Jika dibaca lagi dengan lebih teliti postingan saya, sebenarnya apa yang bung Penho katakan sudah terangkum disana. Bahwa, Allah dan firmanNya adalah kebenaran yang paling hakiki. No Doubt about that alias tak ada keraguan tentangnya.

      Namun sebagai manusia yang diberi logika, kecerdasan untuk berfikir, tak munafik, bagi orang yang imannya masih sedang-sedang saja seperti saya, otomatis akan menimbulkan pertanyaan, ini para ahli gila apa apa ya? kayak ga pernah baca al-kitab aja (kan mereka non muslim tuh kebanyakan, jadi rujukannya pasti al-kitab kan?, dan di dalam alkitab juga diceritakan lho tentang penciptaan Adam dan Eva....

      Nah, kemudian, tentu manusia yang imannya sedang-sedang saja, seperti saya, dan kebanyakan pelajar yang berkunjung ke situs manusia purba itu, saya yakin, menyaksikan penataan dan sajian pengetahuan yang dikemas spektakuler itu, akan bertanya lagi, teori Darwin... manusia purba, nabi adam.... hubungannya gimana ya...?

      Makanya saya coba mencari pencerahan lagi, walau dulu semasa mendapatkan kegalauan di waktu pertama belajar ttg manusia purba, ayah saya telah pernah mencerahkan pemikiran saya, tapi pulang dari situs itu, jadi mikir lagi. Bukan ragu sih, tapi saya mengkuatirkan nasib anak2 pelajar akan kegalauan spt yang dulu pernah saya alami.

      Makanya saya coba menuliskan opini tentang ini, merujuk kembali pada al-quran dan hadits, serta keyakinan saya sendiri.

      Bahwa, seperti kalam Allah dalam al-Baqarah 30 di atas, bahwa memang telah pernah diciptakan 'orang' yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan)…...", maka persepsiku adalah bahwa ya si manusa purba itu lah makhluk yang dimaksud oleh malaikat, Karenanya Allah akan menciptakan manusia yang seutuhnya untuk menjadi kalifah di muka bumi..,

      Berfikir seperti itu, sungguh membuatku tenang, yakin. Karena antara logika dan agama menjadi nyambung. Hehe....

      Walah.... jadi ikut panjang juga deh jawabnya nih...

      Udah aaaah... makasih ya bung Penho...

      Delete
  10. lanjut mbak... kalau mengenai tafsir tentang kemungkinan adanya mahluk purba yg identik dg kata ORANG di beberapa ayat, mending gue diem aza, takutnya kalo salah tafsir malah bikin dosa hehehhe...!

    ReplyDelete
  11. cara penyampaiannya (melalui tulisan) keren, mbak.. bikin materi yg cukup berat dan serius jadi santai dan mudah dicerna.

    aku pribadi sih gak pernah mempertanyakan lebih dulu mana manusia purba dan nabi adam, karena gak punya kemampuan untuk itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... makasih mba Sari.... kebetulan pikiran ini sudah pernah membuatku galau waktu duduk di SMP puluhan tahun lalu... tapi sudah sempat dicerahkan oleh ayahku sih... nah berkunjung ke museum, kok muncul lagi kegalauannya, sebenarnya kekhawatiran sih tepatnya, melihat banyak sekali anak2 SMP-SMA yang berkunjung, dan dengan serius mencatat dan menonton visualisasi yang ditayangkan tentang terciptanya alam semesta, yang tinjauannya hanya menurut science belaka tanpa sentuhan pada kepercayaan manapun juga.

      Jadi mikir deh untuk mengulasnya, tapi karena berat, jadinya hanya stay in my draft box selama beberapa bulan tuh mba.. karena ada lomba, jadi diselesaikan deh dengan seadanya.

      Harapanku sih tetap.. agar postingan ini bermanfaat adanya... :)

      Trims atas kunjungannya ya mba....

      Delete
  12. btw, ini like artikel-nya di mana, mbak? cuma ada button share aja ke fb, twitter dsb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya likenya di fanpagenya mereka deh mba... inilah yang bikin aku malas jika kategori lomba harus via like fb. ribet! Ga papa deh mba, ikut kategori satu aja, lomba blog/artikel aja....

      Makasih doa dan dukungannya yaaa....

      Delete
  13. Saya pernah baca memang ada rantai yang terputus anatara manusia purba dengan manusia modern. Jadi memang tidak ada hubungannya antara manusia purba dan manusia yang diciptakan sejak Nabi Adam AS.

    Ikut mendukung mbak, semoga menang kontesnya :)

    ReplyDelete
  14. @Syifa Azz
    Jangan galau Syifa sayang, coba deh baca sampai habis, maka kamu akan menemukan pencerahan yang menenteramkan jiwa. Kita merujuk pada al-Quran saja.. dan percaya penuh bahwa manusia pertama itu adalah Nabi Adam, sementara manusia purba, bukanlah the real human being, mereka hanyalah makhluk yang menyerupai manusia, bahkan dinamakan sebagai 'manusi kera' yang berjalan tegak, pithecanthropus erectus, ya kan? Jadi sudah pasti mereka bukan manusia yang diciptakan dengan bentuk yang sebaik-baiknya....

    ReplyDelete
  15. @Mami Zidane
    Sebenarnya pemikiran ini mulai mengganggu ku sejak belajar zaman prasejarah dulu di SMP mba... tentang manusia purba. Bikin galau dan bingung tingkat tinggi deh. Perang batinku berakhir dengan penjelasan ayahku, bahwa kita harus percaya pada kalam Ilahi, banyak ayat di dalam al-Quran yang menceritakan tentang nabi Adam dan tujuan penciptaannya.

    Tapi saat berkunjung ke museum, melihat pajangan2 fosil, gambar dan berbagai bukti lainnya, jadi galau lagi deh, terpaksa lari ke Google, browsing cari pencerahan.... hehe. Dan pencerahannya seperti yang tertulis di postingan deh... :)

    ReplyDelete
  16. @lebah Jakarta
    Yup, persis. Dalam postingan di atas, jelas tertulis toh? Bahwa manusia purba adalah sejenis makhluk yang menyerupai manusia, berjalan tegak dan belum cerdas dan belum berbudaya tinggi. Sementara manusia/Nabi Adam, digambarkan sebagai sosok yang tampan, cerdas, sangat beradap,......lihat deh ke postingan di atas.. :)

    Jadi sepakat dengan sobat, bahwa Nabi Adam adalah manusia pertama. :)

    trims atas kunjungannya yaaa...

    ReplyDelete
  17. memang saya juga bingung..
    di buku sejarah saya kelas satu SMA disebutkan kalau ada manusia purba yang ditemukan di indonesia dan diberi nama Pithecantrophus erectus..
    tetapi soal asal-usul manusia masih pro dan kontra mengingat di dalam kitab suci alquran sendiri tertulis manusia pertama adalah nabi adam as.

    ReplyDelete
  18. @Anak Rantau
    Setuju banget mas! :)

    Trims atau dukungan dan doanya...

    ReplyDelete
  19. @socafahreza's blog
    Yup, itu juga yang saya rasakan dan saya yakin juga dirasakan oleh banyak orang lainnya. Makanya saya mencoba menuliskan artikel ini dengan merujuk pada beberapa surah di dalam al-Quran, hadist dan juga pendapat-pendapat lainnya....

    trims atas kunjungannya, semoga postingan ini bermanfaat yaaa... :)

    ReplyDelete
  20. Baca kata Terminal Tirtonadi aku langsung nyanyi Terminal Tirtonadi...
    Aku pengen euy ke Sangiran, belum kesampaian T.T
    Kalau menurutku sih mbak,
    manusia purba itu nantinya evolusi jadi manusia sekarang (homo sapiens) dan menurutku nabi adam itu bukan benar benar manusia pertama melainkan manusia pertama yang pandai dan berbudaya, makanya dia jadi nabi pertama.
    Tapi gatau yang bener yang mana. Wallahu a lam lah ya hehe :D
    Itu foto patung di atas kok mirip Mas Monyet ya mbak @_@

    ReplyDelete
  21. Meski banyak bukti/temuan tentyang manusia purba. Aku tentu lebih percaya Al Qur'an, kan sama kayak Mbak Al :)

    ReplyDelete
  22. Hayyyoo kaka ikut kontes yaa??
    Banci Kuis yaa!!
    aahhh aq kangen ngontes juga, meski ga pernah menang..
    Hehhehe..

    Miss you kk al, lama ga maen ksini..
    Kangen ditingkat mencekam -____-

    ReplyDelete
  23. @Tebak Ini Siapa
    Ayo Na...segera ke Sangiran...pasti akan sangat menyenangkan lho...

    setiap orang tentu punya pendapat masing-masing tentang hal itu ya, hanya Allahu Rabbi yang Maha Mengetahui yang sesungguhnya....

    ReplyDelete
  24. @Yunda Hamasah
    Tos dulu kalo begitu mba... hehehe...
    Al-Quran lebih terpercaya ya mba... :)

    ReplyDelete
  25. @Hana Ester
    hehehe, iya udah jadi banci kontes nih.... hihi
    iya nih, kk juga kangen sama kamu dek.... *peluk-peluk

    ReplyDelete
  26. thx mbak, sdkt byk jd menjawab rasa penasaran sy.. Sy sebenernya yakin kl nabi Adam adlh manusia pertama krn jelas tertulis di Al-qur'an.. Tp menghubungkan dg manusia purba itu yg saya bingung.. ^^

    ReplyDelete
  27. gila tuh si darwin, manusia di kate keterunan monyet
    Nenek moyang si darwin aja kali tuh yg monyet. Kita enggak
    Gak pernah ngaji tuh darwin

    ReplyDelete
  28. @ke2nai
    Kebanyakan kita memang merasa seperti itu mba, yakin akan itu, tapi mengaitkannya dengan keberadaan manusia purba itu yang bikin bingung ya mba...

    semoga postingan ini bermanfaat ya mba.... :)

    ReplyDelete
  29. @Istighfarin.com
    hehehe... bukan gila lagi kayaknya sob, tapi udah sarap kali ye? hihi.

    Bener sob, mana rela coba... punya nenek moyang monyet, saya mah ogah, biar si Darwin aja deh... hehe

    ReplyDelete
  30. wiiih manteb nih mba penjelasannya, kumplit euy. Aku pun di kantor pernah memperdebatkan hal ini (dengan mengacu pada firman Allah dalam Al Qur'an) dan kesimpulannya seperti yang mba uraikan diatas.. Manusia purba atau istilah kerennya Neanderthal memang sudah ada dari berjuta tahun lalu tapi yang sekarang hidup bukanlah keturunannya melainkan keturunan Nabi Adam, Wallahu'alam :)

    ReplyDelete
  31. mbak alaika, mbah guugle e bisa bahasa jowo toh panggil nduk barang, xixixixi.........


    bedeway niar yakin sama firman allah ajah mbak dijamin kebenerannya :D

    ReplyDelete
  32. Harusnya semua kembalikan ke Al-Qur'an yah ka, jadi ngga akan ada pertanyaan - pertanyaan yang bikin gregetan =)

    ReplyDelete
  33. @alaika abdullah
    Semoga menang tapi jangan lupa fee buatku :D

    ReplyDelete
  34. Wow panjang sekali pembahasannya kak Al. Saya pingin ikut kontes ini tapi masih bingung nih cara nulisnya, juga bahannya :D

    Sukses ya kaka :)

    ReplyDelete
  35. Aku pernah pertanyaan serupa mbak, tapi sebagi muslim, aku tidak punya keraguan akan kebenaran Al-Qur'an. sepandai apapun manusia, tetap tak akan menandingi ilmu Allah, subhanallah!!! Tapi ini postingan yang menarik, diskusinya seru pula!!!

    ReplyDelete
  36. Wah Mbak AL ikutan GA ini ya? barusan kemarin saya bahas hal ini dengan seseorang, awalnya ya ngomongin tema GAnya, akhirnya jd bahasan yang super duper panjang deh dan kesamaannya adalah bahwa evolusi darwin itu gak relevan. Kalau ada revolusi tersebut , maka kita [manusia saat ini] sekiaan ribu tahun lagi akan berubah jadi apa hayoooo...#eh kok ?

    Btw, maaf mbak, gak bisa lht gambar-gambarnya. BIasa modem LoLa lagi kumat.

    Sukses ya Mbak utk GAnya....

    ReplyDelete
  37. Saya sepakat dan sependapat dengan Mas Budi Prasetyo, Pakdhe Cholik dan tentu saja kesimpulan Mbak Alaika.

    ReplyDelete
  38. ini adalah jawaban dari orang awam, bahwasanya benar ADAM adalah nabiullah pertama dan manusia ciptaan TUHAN yang pertama,..lalu ketika kita mengkaitkan dengan keberadaan MANUSIA PURBA, tentunya itu bukan hal yang logis, karena kita menggunakan bahasa Al Qur'an, sedangkan Manusia Purba itu tidak ada dalam bahasa Al Qur'an.
    Sebagai manusia yang mengaku beriman kepada ALLAH, tentunya panutan kita hanyalah kepada tuntunan AL Qur'an, selain itu TIDAK. Dan bila kita ingin mengetahi tentang MANUSIA PURBA, itu hanyalah sebatas pengetahuan saja..yang sampai saat ini-pun belum ditahu kejelasan-nya...salam :)

    ReplyDelete
  39. Postingan yang keren, mbak Alaika. Aku sendiri juga ngga setuju dengan teori evolusi Darwin. Teori mereka dipatahkan oleh "penelitian" mereka sendiri. Harun Yahya dalam film-filmnya adalah salah satu yang membuktikan keguguran teori tersebut.

    Manusia pertama ya nabi Adam, dong. Tapi aku baru tau ni soal teori mahluk yang menyerupai manusia. Yang aku tahu selama ini "mereka" itu "ciptaan" manusia yang mempunyai tendensi tertentu

    Keep share, mbak.

    ReplyDelete
  40. Pemikiran yang selama ini aku pendam, sudah mbak jabarkan semua ;P

    Jadi kalau ada yang bilang manusia itu adalah evolusi dari manusia purba, aku selalu ngeles, iya, itu nenek moyang kamu, klo nenek moyangku ya Nabi Adam hehehe...

    I wish u luck for the competition!

    ReplyDelete
  41. @Faizal Indra kusuma
    hehe, harus detail biar ga missing link, biar ga salah kaprah ntar Sal.. :)

    ReplyDelete
  42. @NF
    Yup, persis dan sependapat denganmu mba Fadhillah... :)
    trims untuk kunjungan dan sharingnya.

    ReplyDelete
  43. @Niar Ci Luk Baa
    hehe, baru tau toh dek kalo mbah Google tuh jago bahasa Jawa? hihi. Dia kan kakaknya mba Google translate, udah pasti bisa bahasa Jawa juga dunk. wkwkwkwk....

    Yup, sebagai muslim, tentu kita percaya penuh akan kebenaran al-Quran dan berdasarkan itulah aku mencoba menguraikan pendapatku akan banyaknya kesimpangsiuran pemahaman tentang manusia pertama, manusia purba dan nabi Adam. karena setelah dipelajari dan direnungkan secara mendalam, semuanya sinkron kok, bahwa manusia purba itu, memang pernah ada. Tapi jelas, manusia purba bukanlah manusia yang sebenarnya manusia. Harus jelas dulu di pemikiran kita, manusia yang sebenarnya itu spt apa. Kalo menurut logika dan keyakinan mba nih, manusia yang sebenarnya adalah manusia yang diciptakan Allah dalam bentuk yang sebaik-baiknya, berakal cerdas, beradap dan bermoral, dan manusia ini adalah Nabi Adam beserta keturunannya yaitu kita. Sementara manusia purba, adalah makhluk yang menyerupai manusia tapi persisnya kera, berjalan tegak, tidak cerdas dan berperadaban masih rendah. Begitu....

    Jadi sesuai kan dengan al-Quran bahwa manusia pertama adalah Nabi Adam sebagai khalifah di muka bumi?:)

    ReplyDelete
  44. @Uzay ^,^
    Benar banget Zay.... kembalikan ke Al-Quran, telaah dengan seksama maka kita akan menemukan jalan terang, dan melihat hubungan keduanya....

    ReplyDelete
  45. @Mugniar
    ayo mba, ikutan... :)

    materi yang berat, penuh pertentangan pendapat, mungkin jika disampaikan dengan bahasa yang santai akan lebih mengena, gampang dipahami dan membuat pembaca tidak disuguhkan pemikiran yang membuat mereka menautkan kening. :)

    Ditunggu artikelnya ya mba... :)

    ReplyDelete
  46. @Hany Von Gillern
    Yup, bener banget mba, hanya ilmu Allah lah yang tak tertandingi, Maha Benar. Itu yang selalu juga aku yakini selaku seorang muslim sejati. :)

    trims atas kunjungan dan opininya mba. :)

    ReplyDelete
  47. @Ririe Khayan
    Hehe, kebetulan draft artikel ini sudah lama terpendam dan aku malaaas banget untuk menuntaskannya Rie. Oleh-oleh dari liburan ke Solo Februari lalu sih. Yang bikin aku jadi sedikit gregetan dan malas untuk finalize postingan tentang hal ini. Eh ada GA, maka jadi deh aku seriusin finalisasinya. Dan jadilah seperti itu. Mencoba menulisnya dengan santai agar tidak terlalu membebani pembaca setia... :)

    Semoga bermanfaat ya sist!

    ReplyDelete
  48. @Ririe Khayan
    hehe, kita sependapat ya Rie, bahwa teori evolusinya Oom Darwin tuh ga relevan lagi, malah sudah dipatahkan oleh para ahli lainnya kok. Bener, jika masih terus ber-evolusi, manusia yang akan datang akan berbentuk seperti apa ya? hihi

    ReplyDelete
  49. @Abi Sabila
    TOS dulu kalo begitu donk Abi. kita sependapat yaaaa! :)

    ReplyDelete
  50. @BlogS of Hariyanto
    Tims atas kunjungan dan opininya mas Harry... benar, sebagai orang awam, kita taunya nabi Adam itu adalah manusia pertama. Dan seperti itulah yang saya yakini. Terutama merujuk kepada surah-2 di dalam Al-Quran, bahwa Nabi Adam diciptakan untuk menjadi khalifah di muka bumi. Nah tentu kita berkeyakinan bahwa beliau lah manusia pertama di muka bumi kan? tapi pertanyaaan malaikat (seperti yang tercantum dalam postingan saya di atas)....., memberi kita pencerahan, bahwa telah pernah ada makhluk sebelum nabi Adam, yang menyerupai manusia, tapi tidak berakal cerdas, belum berperadaban dan kerjanya hanya menimbulkan kerusakan di muka bumi, sehingga dipunahkan oleh Allah.... membuat kita berkesimpulan, itulah si manusia purba. Penggunaan kata manusia disini yang bikin kita bingung sebenarnya. Seharusnya kita merujuk pada terjemahan yang sebenarnya saja kali ya? yaitu manusia kera yang berjalan tegak alias pithecanthropus erecturs. Hehe. Begitu saya kira mas...

    ReplyDelete
  51. @Lizanovia M. Hadi
    makasih atas pujiannya Liza... ehem...ehem, jadi batuk-batuk sendiri nih. :D.

    jadi ingin nonton salah satu karya filmnya Harun Yahya ah....

    aku sendiri juga baru ngeh setelah mengubek-ngubek link yang diberikan oleh mbah Google tuh, membaca dan merenungkannya. Membanding-bandingkannya, menghubungkannya dan akhirnya mencoba menyimpulkan... jadilah seperti itu kesimpulanku, dan membuat hatiku sedikit lebih tentram daripada sebelumnya, hehe.

    ReplyDelete
  52. @Mayya
    Setuju banget May... bagi yang meyakini teori Darwin, biarkan mereka bernenek moyangkan manusia kera, hehe. Kita mah emoh atuh! hihi...

    Thank you for the wishes sist! :)

    ReplyDelete
  53. Selama ini saya hanya berpendapat bahwa nabi Adam disebut manusia pertama karena nabi Adam adalah manusia pertama yang diberi akal dan budi oleh Allah swt, sedangkan makhluk purba itu hanya 'manusia' mirip manusia. Setelah membaca artikel ini, makin mantap bahwa nabi Adam adalah manusia pertama di bumi ini.
    trima kasih artikelnya ya, semoga sukses dalam kompetisi ini

    ReplyDelete
  54. halo mbak, maaf ya aku baru bisa mampir

    ReplyDelete
  55. hai mb apa kabar? lama ga mampir disini..

    ReplyDelete
  56. Nyimak mba,, mampir ke tempatku ya.. aq minta follownya trims...

    ReplyDelete
  57. manusia pertama ? aku juga bingung tapi aku kagak mau pusing mikirin hal tsb
    karena yg terpenting adalah taat kepada Tuhan dimana pun & kapan pun,supaya hidup tenang & tentram

    ReplyDelete
  58. blog ini dah aq follow follbek ya.. trims.. didin pencari dollar..

    ReplyDelete
  59. wuiih keren postingannya he he kalah ma aku yg rumahnya deket solo aja malah belum pernah ke sono mb

    ReplyDelete
  60. kalau manusia ya manusia, anak cucu ari nabi adam. tapi kalo manusia purba ya menurut saya serupa mahluk yg sudah binasa di makan zaman seperti halnya dinosaurus... kalau sekarang kan ada juga tuh orang utan, apakah itu bsa di sebut sbg manusia hehhe kalau iya marah tuh mbak alaika karena harus menjadi cucu dari org yg gak pakai baju :D

    intinya sangat yakin bahwa manusia pertama tetaplah nabi adam alahi salam :)

    ReplyDelete
  61. insya alloh Adam, karena berdasarkan keyakinan.. mungkin memang teori evolusi bilang seperti itu, tapi kan baru teori, dukungan penemuan hanya untuk menguatkan aja..

    saya pernah ke sangiran juga loh! :)

    ReplyDelete
  62. Manusia pertama di muka bumi adalah Nabi Adam sedangkan manusia purba adalah suatu makhluk yang menyerupai manusia, yang berjalan tegak tapi tidak memiliki kecerdasan seperti manusia. Hidupnya jauuuuh sebelum Nabi Adam diciptakan dan diturunkan ke bumi.<---nah ini benar adanya mbak,, karena yg namanya evolusi itu tdk ada,, gen manusia ya tetap aja sampai kapanpun akan tetap jd manusia,, gen kera ya tetap aja sampai kapanpun terlahir jd kera..

    ReplyDelete
  63. berbagi Kata Kata Motivasi gan
    Tak peduli seperti apa penampi lan kamu, percayalah, ada seseorang di luar sana yg akan mencintai kamu, JustTheWayYouAre!
    =========================================
    semoga bermanfaat dah , dan salam kenal

    ReplyDelete
  64. Kalau menurut Madjongke nabi Adam memang manusia pertama. Tapi sebelum itu ada maklhuk ciptaan tuhan lain yang wujudnya seperti manusia dan kita menyebutnya manusia purba karena dari tulang-tulang yang di temukan mirip dengan tulang yang ada pada manusia sekarang. Jadi mungkin saja ada kehidupan lain sebelum manusia pertama dan selanjutnya.

    ReplyDelete
  65. WAHH.. sang penulis ikut kontes mama cake juga rupanya.. saya gak jadi ikutan deh,, ngalah ajha..selamat 4 the winnernya ..:P

    ReplyDelete
  66. saya sering ke Lawu tapi baru kali ini tahu bahwa ada lahar gunung lawu berikut museumnya mba, jadi penasaran nih, kl ke sono lg mau mampir ah :D

    weiit, manusia pertama jelas Nabi Adam ah, yg lain, bokisss, hihihiy, wew :p

    ReplyDelete
  67. Pertanyaan yang sama saat belajar sejarah waktu jaman SMP dulu,namun saya lebih memegang teguh apa yang disampaikan di Alquran mbak, kalo teori evolusi itu kan ciptaan manusia, si Charles Darwin, bisa juga salah..namanya manusia.

    Saya sepakat dengan kesimpulan akhir tulisan ini
    "Manusia pertama di muka bumi adalah Nabi Adam sedangkan manusia purba adalah sebuah makhluk yang menyerupai manusia, yang berjalan tegak tapi tidak memiliki kecerdasan seperti manusia" :)

    ReplyDelete
  68. ah waktu SMA saya juga ke sana! ke Sangiran! keren!!! :)

    ReplyDelete
  69. mbak Alaikaa... kangen deh dah lama gak mampir kemari..

    apa kabar mbak? semoga sehat selalu ya...

    ohya, mbak Alaika pernah liat VCD nya Harun Yahya yg berjudul "runtuhnya Teori Evolusi" nggak? bagus banget loh...

    ya memang, itu adalah akal2an sebagian orang ateis untuk menentang keberadaan Tuhan...

    ReplyDelete
  70. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi .,.
    jangan pernah mengeluh dengan apapun .,.
    tetaplah semangat dan nikmati semua.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    ReplyDelete
  71. Wawww...paparannya menarik. Saya berani jagokan tulisan ini bakalan jadi salah satu pemenang di kontes film Mama Cake..

    ReplyDelete
  72. wah komplit penjelasanya bhak, seneng banget bisa selalu mampir disini

    ReplyDelete
  73. @Ati Sri
    syukur deh kalo artikel ini dapat lebih menguatkan keyakinan mba Ati... :)
    Glad to hear that... dan makasih atas kunjungannya ya mba...

    ReplyDelete
  74. Saya nggak rela kalau nenek moyang saya monyet mbak.. hehe :D

    Sukses buat mbak :D

    ReplyDelete
  75. @Meidy
    Hai juga Meidy... kabarku baik, kamu pakabar nih? sehat kan?

    ReplyDelete
  76. @I Love Indonesia
    Ok, makasih atas kunjungan dan follownya yaaa.... akan follow back soon... :)

    ReplyDelete
  77. @Andy
    adakalanya seorang anak manusia tidak hanya akan tinggal diam saja menghadapi kebingungannya... ketaatan pada Tuhannya adalah suatu keharusan dan akan semakin kuat jika kemudian bisa mencari pencerahan untuk menguatkan keyakinannya.

    Aku juga percaya penuh bahwa manusia pertama itu adalah Adam, dan aku yakin banyak ayat di dalam al-Quran yang menjelaskan itu. Karenanya lah maka aku ngubek-ngubek dunia maya, memainstream aneka pendapat dan masukan untuk pencerahan lebih lanjut dan memantapkan keyakinan itu. trims atas kunjungannya Andy... :)

    ReplyDelete
  78. @Ndear
    hehe... makasih mba....
    jadi dirimu belum pernah ke Sangiran? ayo mba, mumpung masih murah tuh tiket masuknya..... :D

    ReplyDelete
  79. @Yayack Faqih
    hehehe.... wong saya juga ga mengakui bahwa nenek moyang saya manusia purba kok mas... emoh aku!!

    berarti mas Yayack sependapat donk dengan summary saya yang ini:

    Manusia pertama di muka bumi adalah Nabi Adam sedangkan manusia purba adalah sebuah makhluk yang menyerupai manusia, yang berjalan tegak tapi tidak memiliki kecerdasan seperti manusia. Hidupnya jauuuuh sebelum Nabi Adam diciptakan dan diturunkan ke bumi. Archeolog yang menemukannya menamakan manusia purba ini sebagai manusia kera yang berjalan tegak (pithecanthropus erectus).

    ReplyDelete
  80. @Gaphe
    artinya..kita sependapat donk mas! :D
    dan TOS!! kita sama2 pernah ke Sangiran, hehe

    ReplyDelete
  81. @Dua Tahun Gak Lihat Polisi
    hehehe.... makasih atas supportnya yaaa.... apa kabar nih?

    ReplyDelete
  82. @Stupid monkey
    lho, jadi baru tau toh? ckckck.... yo wes, jangan lupa mampir tuh kalo kesono lagi yo!

    hehe..setuju mas, manusia pertama mah Nabi Adam toh?

    ReplyDelete
  83. @Seagate
    Yup... dan aku yakin pertanyaan serupa juga sering dan akan terus hinggap di setiap pikiran anak SMP/SMA yang belajar topik ini di sekolah.....

    dan aku sependapat denganmu mas as I wrote above..

    ReplyDelete
  84. @Annesya
    Bagus donk kalo udah pernah... emang keren yaaa? :D

    ReplyDelete
  85. @Lyliana Thia
    halo mba Thia..... aku juga kangen denganmu lho! suer!! :)

    pernah mba, bagus banget ya....

    sependapat denganmu mba... thanks for visiting and your input. :)

    ReplyDelete
  86. @outbound malang
    trims atas kunjungan dan motivasinya ya Gan!

    ReplyDelete
  87. @pengobatan vertigo
    trims atas motivasinya mas, sangat bermanfaat lho!

    ReplyDelete
  88. @Trica Jus
    trims atas motivasi dan kunjungannya yaaa.... :)

    ReplyDelete
  89. @yoszca
    duh, trims atas pujiannya.... amiiiin YRA.... semoga yaa.. :)

    ReplyDelete
  90. @BUDI PRASETYO
    trims atas kunjungannya mas Budhi.... senang banget mendapat kunjungan darimu lho! :)

    ReplyDelete
  91. @Fajar Kurniawan Januar Efendi

    hehehe... saya juga emoh mas! gak mauuu....

    makasih dukungannya yaa...

    ReplyDelete
  92. *manggut-manggut* ...☑
    dan sepertinya setuju dengan "kutipan" :
    Manusia pertama di muka bumi adalah Nabi Adam sedangkan manusia purba adalah sebuah makhluk yang menyerupai manusia, yang berjalan tegak tapi tidak memiliki kecerdasan seperti manusia. Hidupnya jauuuuh sebelum Nabi Adam diciptakan dan diturunkan ke bumi. ... ☑

    ReplyDelete
  93. kok 'sepertinya'? hehe...
    masih kurang yakin yaaaa?
    apa kabar Yans? makasih atas kunjungan dan komennya lho! :)

    ReplyDelete
  94. Sebenarnya jawaban ada di Al-Baqarah ayat 30:

    Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi". Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): "Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan), padahal kami sentiasa bertasbih dengan memujiMu dan mensucikanMu?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya".

    Saya 2x menanyakan hal ini. Saat audience pembukaan museum dengan kepala museum sangiran dan yang ke-2 baru saja di pengajian masjid saya.

    Ada banyak jawaban dan keduanya berbeda pandangan (kebetulan pembicara dari sangiran juga seorang ahli agama juga)

    Saya coba jawaban saya sendiri:

    Menurut ayat diatas, benar bahwa sebelum diciptakan, malaikat bertanya seperti di ayat atas. Dan saya menganggap bahwa subjek orang/manusia yang disebut malaikat "yg membuat kerusakan dll" adalah manusia purba itu (meskipun pemberian nama "manusia" utk manusia purba adalah dari sebutan peneliti. Saya lebih suka menyebut mahkluk purba)

    Kenapa saya bisa berkata begitu? Apakah malaikat ahli nujum? Sehingga tahu bahwa manusia yg akan diciptakan (keturunan adam) akan bunuh2an, merusak bumi dll? 
    Saya berpendapat bahwa malaikat mengira bahwa "manusia" yang disebut Allah adalah si mahkluk purba tersebut. Hal ini karena bentuk dan rupa "hampir" sama.
    Dan malaikat tahu bahwa makhluk purba tidak memiliki akal,sehingga liar dan saling bunuh (kalo jaman sekarang disebut "hewan" krn membunuh utk dpt makanan)

    Jadi kesimpulan saya:
    1. Manusia purba harusnya disebut mahkluk purba.
    2. Benar adanya bahwa makhluk purba ada jauh sebelum adam diciptakan.
    3. Makhluk purba tdk memiliki akal,sehingga mereka saling membunuh dan punah
    4. Manusia sekarang adalah keturunan adam. Dan makhluk purba sudah punah saat adam ada.
    5. Teori yang mengatakan makhluk purba mempunyai volume otak yg lebih besar dr waktu ke waktu,tidak bs didasarkan mereka memiliki akal dan kecerdasan yg bertambah.
    Bandingkan ayam dengan sapi. Otak lebih besar sapi dr pd ayam, namun kelakukan (akal) sapi sama dengan ayam, hanya tahu makan,buang air,kawin dan tidur.
    6. Meski menyerupai manusia secara fisik, makhluk purba bs disebut juga dengan hewan


    Jika ada bantahan, atau masukan mohon saya diberitahu lewat facebook:
    Fachri Herkusuma

    Saya jarang buka blog. Dan kebetulan saja saya mencari karna habis pengajian.

    -indahnya perbedaan-

    ReplyDelete
  95. @Anonim
    trims atas kunjungannya bung Fachri... dan trims pula atas komentar dan input berharganya.

    Tidak ada bantahan sama sekali karena apa yang bung Fachri sampaikan adalah benar adanya (menurut keyakinan saya), seperti ulasan saya di dalam artikel diatas. Baik tentang surah Al-Baqarah 30 nya maupun penafsiran versi saya sendiri. Setelah membaca dengan seksama, saya menyimpulkan bahwa apa yang bung Fachri tulis, adalah sepaham benar dengan yang saya ulas.

    Sudahkah bung Fachri membaca artikel saya sampai tuntas? lihat deh summarynya, dan lihat yang bung Fachri tulis. Serupa kan? TOS dulu donk kalo begitu.

    Trims atas kunjungannya yaaaa....

    ReplyDelete
  96. kalau masalah postingan saya bingung komentar apa lagi, krn sdh diwakili koment2 diatas, tp aku melihat dari sisi penulisannya atau cara menyajikan materi tulisan, walau ini tergolong materi yg bisa dibilang berat tp si penulis bisa menyajikan dgn cara yg santai diselingi dgn joke2 ringan, utk menghilangkan boring, maka tdk berlebihan bila saya katakan mbak Alika sbg penulis berhasil menyajikan tulisan dgn caranya sendiri.

    selamat ya mbak Al...

    ReplyDelete
  97. wah ke sangiran ya.. dah lama pengen kesana. Bukan mo nengokin nenek moyang ya.. hahaha..

    ReplyDelete
  98. waduh...
    penjabaran yang sangat keren sekali mba Alaika...
    Menurut aku sih...ilmu pengetahuan dan ilmu agama atau ke Tuhan an...memang agak sulit untuk dipersandingkan...

    Mungkin juga karena ilmu kita yang masih secuil inih dan masih belum sampe ke ilmunya Tuhan...

    *Aku bingung sendiri baca komenku yang gak jelas inih...hihihi...*

    ReplyDelete
  99. yapz.... memang opini seseorang beda2, tapi di zaman sekarang memang teori ttg manusia purba sudah tak layak lagi....
    nie opini ku
    My Opini

    ReplyDelete
  100. "Pada tahun 1912, Darwin mengclaim telah menemukan sebuah tulang rahang dan fragmen tengkorak di sebuah lubang dekat Piltdown, Inggris."

    ini beneran, mbak? Darwin meninggal dunia tahun 1882 loh.

    ReplyDelete
  101. @kopipakegula
    trims atas kunjungan dan komentarnya sobs. Bener, Charles Darwin meninggal di 1882. :D
    telah terjadi kesalahan tulis nama, dan sudah saya perbaiki setelah menyelam kembali ke Samudera alam maya, mencari informasi yang lebih akurat.

    Nama yang seharusnya tertulis pada paragraf tersebut harusnya adalah Charles Dawson, bukan C. Darwin, sudah saya ralat beserta link informasi lengkap tentangnya telah saya lampirkan.

    Sekali lagi, trims atas masukannya ya sob! Salam.

    ReplyDelete
  102. @JeQ
    Bener banget sob, opini setiap orang memang berbeda-beda. Trims juga atas opininya yaaa... :)

    ReplyDelete
  103. @Bibi Titi Teliti
    Bibi.... makasih sudah berkunjung dan meninggalkan komentarnya lho....
    jelas dan masuk akal kok komentarmu BI... :) trims again yaaa.

    ReplyDelete
  104. @covalimawati
    hahahahaha... ayo mba, kesana, lihat nenek moyangnya si charles darwin. bukan nenek moyang kita, hihi

    ReplyDelete
  105. @Insan Robbani
    Duh... bahagia banget membaca komentarmu mas Insan... jadi blushing dot com deh diriku... :)

    semoga tulisan ini bisa dinikmati tanpa rasa boring hingga ke ujung artikel ya mas...

    ReplyDelete
  106. selamat ya atas terpilihnya artikel kakak versi mamacake..
    saya harus puas dgn kaos mamacake aja ni..hehehe..mantep artikelnya..
    saya di banda aceh juga lo..salam kenal..

    ReplyDelete
  107. selamat ya atas terpilihnya artikel kakak versi mamacake..
    saya harus puas dgn kaos mamacake aja ni..hehehe..mantep artikelnya..
    saya di banda aceh juga lo..salam kenal..

    ReplyDelete
  108. Yahh.. Dapat Tabnya Kan.. g salah dugaan saya.. BCA dapat Ipad lagi.. haha.. selamat Alaika

    ReplyDelete
  109. Selamat Galaxy Tab nya ya mbak :)

    ReplyDelete
  110. selamat mbak udah menang..... yah si mbak emang pantes menang sih dilihat dari tulisannya..... ^^

    ReplyDelete
  111. slamat udah menang, mba. ^^ barakallah ya. terbukti islam itu benar. seneng banget denger kabar ini, hehe :D

    ReplyDelete
  112. @Ila Rizky Nidiana
    Alhamdulillah Ila..... rezeki menjelang Ramadhan....
    Yup, Islam adalah kebenaran! :)

    ReplyDelete
  113. @1mmanuel'Z-Note5
    Trims atas kunjungan dan ucapan selamatnya Noel... :)

    ReplyDelete
  114. dasar Al-Quran yang benar2 masuk akal..

    tpi.. ada sedikit tambahan dari Al-Quran juga..

    "Dan ingatlah ketika kami mengambil janji kamu dan kami angkat gunung (sinai) di atasmu (seraya berfirman) "pegang teguhlah apa yang telah kami berikan kepadamu dan ingatlah apa yang ada di dalamnya, agar kamu bertaqwa, kemudian setelah itu kamu berpaling. maka sekiranya bukan karena karunia Allah dan rahmatNya kepadamu, pasti kamu termasuk orang yang merugi, Dan sungguh, kamu telah mengetahui orang - orang-yang telah melakukan pelanggaran di antara kamu pada hari sabat ( yaitu hari sabtu, hri khusus bagi orang yahudi untuk beribadah) lalu kami katakan kepada mereka " jadilah kamu kera yang hina" kera (betul - betul menjadi kera sebagai kutukan Allah. Sebagian mufasir mengartikan memiliki sifat-sifat seperti kera). Maka kami jadikan yang demikian itu peringatan bagi orang - orang pada masa itu dan bgi mereka yang datang kemudian, serta menjadi pelajaran bagi orang -orang yang bertaqwa. ( Qs. al-baqarah 63:66 )

    Sumber: id.shvoong.com/writing-and-speaking/public-speaking/2300643-manusia-monyet-versi-quran/#ixzz21Mj99MH0

    pikirku manusia kera itu berasal dari kutukan dan menyebar ke berbagai belahan dunia dan sedikit demi sedikit berubah kembali ke manusia seperti halnya orang papua, dll..

    maaf klo salah..

    ReplyDelete
  115. wah ini nih pertanyaan yg selalu ada di otak saya..heheeee
    saya pernah berkunjung ke museum sangiran sebelumnya, dan saya pun bingung ttg kebenaran yg terjadi . . gud info mba, thnks yaa

    ReplyDelete
  116. @Noa SalfhaliMakasih Noa..... kaosnya juga keren kan? :)

    ReplyDelete
  117. @Noa SalfhaliSalam kenal kembali yaaa... yuk saling berkunjung yuk... pererat silaturrahmi....

    ReplyDelete
  118. @TreTans.com
    trims atas masukan (tambahan ayat al_Quran) nya ya mas... :)

    setiap kita bebas beropini kok, yang penting nyaman di hati... :)

    ReplyDelete
  119. Wah slmt y mb ..brhasil prstasi luar bysa mb..:)

    ReplyDelete
  120. Mbak Al... artikelnya keren banget.. pantas aja menang. Selamat ya?

    Aku sepaham dg apa yg mbak sampaikan di atas. BTW, sudah berapa kali menang kontes mbak? Itu BCA juga menang to? Hebat euy... :)

    Untung hari ini aku bisa akses blog.. tp tetap aja blogger.com di blokir :(

    ReplyDelete
  121. Ada yang pro-evolusi ada yang kontra, semuanya menyodorkan ilmuwan yang sesuai.

    Beberapa hal yang bisa dicermati dari perang opini ini:
    Yang kontra evolusi
    * Umumnya opini pribadi ilmuwan yang namanya tidak begitu terkenal dibidang antropologi.
    * Mengambil kesimpulan dari beberapa hoax yg terjadi di bukti evolusi
    * Dimuat dalam situs yang berhubungan dengan agama
    Yang pro evolusi
    * Berasal dari lembaga riset utama dunia, bukan opini individu
    * Berdasarkan riset terpadu di bidang antropologi, studi DNA
    * Hanya berbasis fakta, tidak perduli agama
    * Dimuat dalam situs resmi lembaga sains, jurnal ilmiah dan publikasi ilmiah

    Untuk alternatif bacaan:
    Adam, Sebuah Cerita Manusia

    ReplyDelete
  122. mantap mbak artikelnya..benar benar total dalam menulis.

    Btw mbak hanya mo share info nih..carmall lg ngadain kontes dengan total hadiah
    12 juta, syarat gampang. Ikutan ya mbak di
    http://id.carmall.com/id/main/contest

    O iya mbak..tulung bantu share ya di akun mbak, sapa tau temen mbak ada
    yang minat ikutan.

    Thanks and respect

    ReplyDelete
  123. hhhhmmm...sejak tahun 1990-an saya sudah punya teori seperti ini mbak...tapi cuma sebatas ngobrol2 doang sama orang tua saya, dan itu pun sempat terjadi debat akan tetapi selanjutnya fakum sendiri dan tersimpan dibenak saya sampai saya berkeluarga sekarang ini, dan saya sampai saat ini masih tukar pikiran sama istri tentang rahasia firman Allah dalam Surat Al-Baqarah ayat 30...begitu baca artikel ini eh ternyata ada juga yang sejalan dengan alam pikiraan saya...hehehehe

    ReplyDelete
  124. Manusia diberikan akal dan fikiran
    sebuah karunia istimewa yang membedakan manusia dengan mahluk hidup lainnya di muka bumi

    Dengan akal dan fikiran manusia akan berantanya bahkan membuat begitu banyak pertanyaannya

    begitu banyak pertanyaan dari mulai awal kehidupan hinggan misteri kehidupan

    begitu banyak pertanyaan dari awal keberadaan manusia hingga keberadaan Sang Pencipta nya sendiri

    Dengan akal dan fikiran manusia akan mencoba berfikir untuk menjawab pertanyaannya sendiri

    Dengan akal dan fikiran manusia akan mencoba belajar untuk menjawab pertanyaannya sendiri

    Dengan akal dan fikiran manusia menjadi tidak pernah bisa puas dengan jawabannya sendiri

    karena memang akal dan fikiran manusia begitu terbatas, hanya sebatas yang di inginkan Sang Pencipta nya

    dan Keterbatasan itulah yang terkadang membuat manusia mungkin menjadi salah dalam pemikiran dan pemahaman

    Keterbatasan itu pula yang dapat membuat sain dan agama seakan saling bertolak belakang.

    Sang Pencipta sudah pasti tahu akan hal tersebut

    Maka diturunkannya begitu banyak nabi dan rasul dengan berbagai kitab sebagai pedoman untuk membantu manusia berfikir dan menjawab pertanyaanya sendiri

    Namun pada akhirnya nabi, rasul dan kitab pun menjadi awal ribuan pertanyaan.

    Sang Pencipta pun tersenyum geli sambil berkata pada para malaikatnya ....

    KU ciptakan MONYET dengan struktur yang MIRIP untuk hidup berdampingan dengan MANUSIA sebagai sebuah TEKA-TEKI.

    Itulah manusia hasil Mahakarya KU yang paling sempurna dengan dengan segala kemampuan akal dan fikiran yang kuberikan pada mereka

    Mereka akan bertanya dan berfikir untuk mencoba menjawab teka-teki tersebut sebatas kemampuan akal dan fikirannya

    Apapun jawaban TEKA-TEKI tersebut sebenarnya hanya sebatas izin-NYA sesuai akal dan fikiran yang diberikan untuk kemudian menjadi ilmu sebatas yang DIA inginkan.

    JUST OPEN YOUR MIND TO FIND THE TRUTH...

    Salam Perkenalan ya Kak

    ReplyDelete
  125. makasih ya mba, setelah saya membaca blog mba,
    saya jadi mengerti
    selama ini pertanyaan saya selalu bertanya tanya
    apakah manusia pertama itu adam dan hawa lantas manusia purba itu apa?

    hmmm ia aku jg gk yakin sm teori darwin, dan aku gk suka di samaain manusia itu dari monyet emangnya mau apa kita manusia sempurna di samaiin sama monyet

    dan pertanyaan lain di benaku lagi adalah
    apakah alien itu ada jika ada buat apa ya dia ke bumi? hahaha :))
    media asing , khususnya amerika kadang suka gk jelas sih mendoktrin orang-orang ada banyak kebohongan publik mereka semua

    ReplyDelete
  126. @catatan kecilkuAlhamdulillah mba Ren.... makasih.
    Sayangnya BCA aku ga menang... hiks..hiks...

    ReplyDelete
  127. @Niken
    Alhamdulillah mba Niken.... makasih atas pujiannya...
    Baik, akan dibantu share nanti. :)

    ReplyDelete
  128. @BURMAN
    Syukurlah kalo artikel ini dapat membantu ya mas... :)

    ReplyDelete
  129. @Daryl HavizTrims atas renungannya yang sangat bermanfaat ini ya...salam kenal kembali... :)

    ReplyDelete
  130. @Riza Firliansah
    makasih juga atas kunjungannya....
    dan kita sependapat donk, ga mau disamakan dengan monyet... hehe.

    America kan senang sekali berfantasi... tentang allien, juga menjadi pemikiran and membuat penasaran sih....
    saat ini jawaban saya paling Wallahualam... ;D

    ReplyDelete
  131. Pertentangan Batin nih.

    Hihihi Manusia adalah Manusia, Monyet ya tetap monyet.

    Allah menciptakan Jagad Raya beserta isinya saja memerlukan Proses.

    Pertanyaannya : Apakah Nabi Adam Diciptakan Lansung menjadi Manusia Dewasa atau dari Bayi?

    Tidak ada satu manusia pun yang tahu, kita hanya bisa menganalisa, dan mentafsirkan isi Al-Qur'an. Cara mentafsirkannya pun pasti berbeda pada setiap umat.

    Tipikal manusia zaman dahulu adalah suka hidup dalam kelompok-kelompok, Ras manusia pun berbeda-beda. China, Arab, Melayu, India, Negro, Bule dll. Kalo kita tidak percaya teori evolusi nya darwin tentunya ras pun tidak akan berevolusi.

    Contoh:
    Di suatu kelompok Ras China yang ditempatkan pada suatu wilayah dan kelompok tersebut tidak bersosialisasi dengan kelompok lain, mustahil ada keturunan negro disitu. Bahkan sampai jutaan tahun.

    Seandainya orang-orang China pindah ke Afrika yg konon cuacanya berbeda, dan tidak kawin dengan orang negro kecuali kawin dengan rasnya sendiri, tidak akan ada keturunan negro. Begitu pula sebaliknya.

    Pertentangan Batin Lagi. Pertanyaannya, Apakah Nabi Adam adalah Manusia Pertama di Bumi ini?

    Tidak ada dalam satu ayat di Al-Qur'an pun yang menyebutkan secara jelas bahwa nabi Adam adalah Manusia Pertama di Bumi ini.

    Hehehe
    Saya tidak setuju dengan teori evolusi Darwin yang mengatakan manusia berevolusi dari mahluk lain. Kalau Berevolusi bukan tidak mungkin nanti di dada manusia ada Layar Touch Screen atau sejenisnya, hahahaha

    ReplyDelete
  132. artikel nya bagus...

    sy mo nanya,kenapa manusia berbeda-beda jenis kulit,rambut dan gen dll..

    mohon penjelasannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims atas pertanyaannya, untuk menjawab pertanyaan yang ini, saya yakin tidak akan cukup satu atau dua paragraf, dan saya bukan orang yang ahli untuk menjawabnya. Akan butuh data dan informasi yang akurat untuk jawaban yang baik dan benar. Nanti ya kalo ada waktu akan saya coba mencari jawabannya. Atau silahkan saja browsing jawaban di internet, saya yakin banyak penjelasannya. Sayangnya saya belum punya waktu akhir2 ini.

      Trims again untuk pertanyaannya. :)

      Delete
  133. yahudi selalu memusuhi Islam sampai hari kiamat,,,,itu sudah tercantum dalam Al-Quran,sedangkan populasi yahudi terbesar adalah amerika serikat,,,,teori evolusi dicetuskan oleh kaum yahudi,,,yg otomatis gak akan pernah sepaham dengan ajaran Islam,,,,pidahal sudah terbukti bahwa Agama Islam adalah Agama yg penuh dg logika dan termasuk agama bagi orang yg mau berfikir,,,,,,,,,,,sedangkan teori evolusi sampai sekarang tidak ada bukti bahwa teori itu benar2 terjadi,,,hanya sekedar teori saja,,,,,,,,ok gan,,,,,,

    ReplyDelete
  134. Sebelum manusia di bumi jin lebih dulu yg ada di bumi, kata guru q jin berbentuk seperti manusia apa mungkin manusia purba itu jin.,.,.,.,.,.,.,

    ReplyDelete
  135. assalamu'alaikum wr.wb. Saya sangat jelas,setuju dan senang membaca tulisan ini. namun ada pertanyaan selanjutnya yg muncul, mohon saya bisa dibantu penjelasnya. setelah periode manusia purba habis/terputus (karena punah atau gimana gitu) kemudian muncul nabi adam. nah pertanyaannya: bagaimana proses kemunculan nabi adam? yg di kitab suci di terangkan diturunkan dari surga. apakah dijatuhkan dari langit? seperti meteor? aduh...maaf...apa nabi adam tdk kesakitan jatuh dari langit? sampai disini saya masih berusaha mencari tafsir yg masuk akal saya.(bukan berarti saya menrendahkan kitab suci saya). prosesnya itu lho... atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.sekali lagi saya tandaskan bahwa Alquran adalah BENAR 1000%. wassalam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam mas Agung,
      Trims sudah berkunjung dan meninggalkan komentar/pertanyaannya. Karena jawabannya membutuhkan beberapa paragraf, maka telah saya jawab dalam sebuah postingan khusus. Silahkan mas Agung membaca jawabannya disini ya:
      http://www.alaikaabdullah.com/2012/11/alaika-menjawab.html

      Delete
  136. wow baru baca artikel keren ini mbak... selama ini saya juga bertanya2 hehe.. makasih mbak artikelnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak, tulisan ini mengilhami tulisan saya ini, http://monilando.blogspot.com/2012/11/kapal-nabi-nuh-terbuat-dari-kayu-apa-ya.html .. silahkan jika berkenan mampir ^^

      Delete
  137. Tau ada artikel ini dari Neng Monik di atas :D
    Setuju, Mbak.. sebenernya bagi para muslim.. sumber sejarah yang tepercaya itu Quran. bisa disimak di sini, penjelasan sejarah yang benar versi Quran. :)
    http://wake-up-project-indonesia.blogspot.com/p/dunia-akhir-zaman.html

    ReplyDelete
  138. asslamualaikum w.r w.b mbak. artikel yang mbak tulis bagus. saya hanya mau menambahkan saja mbak. saya banyak mencari artikel tentang ini semuua terutama di google karena ingin mencari informasi tentang sahabat, teman, sekaligus guru saya yang akhirnya terungkup & saling keterkaitan sampe sekrang. jadi indormasi yang saya dapat Bumi ini telah diciptakan oleh ALLAH SWT/TUHAN YME sejak milyard Tahun yang lalu termsuk Mahkluk yang mendiami bumi ini. Jadi Mahluk ciptaan ALLAH SWT/TUHAN YME yang mendiami bumi ini sdh ada kalau gak salah 14 & adam atau Nabi Adam yang menjadi cikal bakal manusia adalah yang ke ke 14. pertama kali mahluk yang di ciptaan Oleh ALLAH SWT/TUHAN YME pertama kali untuk mendiami Bumi ini ada 20 mahkluk di turunkan pertama kali di Tanah JAWA ketika daratan ini masih menyatu. wujud mereka semua sperti manusia tapi besar seperti Raksasa semua merupakan kakak beradik(tapi sebenarnya ada 21 yang 1 mahluk adik mereka mendiami surga yang disebut Malaikat Azazsil yang menjadi Raja di surga yang memimpin para malaikat karena kehebatan & kepintarannya) , mereka semua ada mahluk yang hebat yang sanggup menembus antar galaksi & planet. di bumi ini ke 20 mahluk tersebut memimpin kerajaaan & mempunyai rakyat, karena merka semua sanggup melakukan apa yang ALLAH SWT/TUHAN YME lakukan yaitu mencipta maka mereka dapat mempunyai turunan yang akhirnya rakyat. untuk mencoba kehebatan mereka. mereka semua akhirnya suka saling berperang, membunuh, menghancurkan alam seperti layaknya manusia sekarang (maka kenapa dalam surat al-baqaroh ketika ALLAH SWT/TUHAN YME ingin menciptakan manusia sebagai kalifah dibumi para Malaikat berbicara seperti itu). karena merasa mereka hebat ke 20 makhluk tersebut menanggap dirinya ALLAH SWT/TUHAN YME karena sebab itu akhirnya ALLAH SWT/TUHAN YME mengirim pasukan dari surga yaitu para malaikat untuk menghancurkan mereka yang di pimpin oleh Malaikat Azasil. akhirnya kerajaan mereka hancur lebur tapi ke 20 mahluk tersbut tetap hidup yang 13 mahluk tersbut ke galaksi/planet lain dan yang 7 Mahluk lainnya tetap dibumi ini. lalu seterus nya ALLAH SWT/TUHAN YME kembali menciptakan mahluk lain generasi selanjutnya dan perbuatan merka sama suka berperang & membunuh, merusa alam sehingga dimusnahkan lagi oleh ALLAH SWT/ TUHAN YME melalui alam. sampai akhirnya di ciptakan adam/ Nabi ADAM nenek moyang kita. yang kelakuannya pun sama suka berperang, membunuh, merusak alam/bumi yang kemungkin juga akan di hancurkan.Mungkin hanya akan di sisakan manusia yang Ingat ALLAH SWT/TUHAN YME yaitu manusai yang mempunyai budi perkerti, tingkah laku yang benar/lurus dan itu semua bukan dilihat dari agamanya.

    ReplyDelete
  139. Mba Al yang pinter, sungguh satu artikel yang menarik, baik dilihat dari segi materi maupun teknik penyajiannya.
    Allah Mahakuasa, tidak ada yang meragukan itu walaupun bagi mereka yang punya iman sedang2 saja (iman saya mungkin satu strip di bawah iman Mba yang sedang2 saja). Dengan kekuasaannya Allah bisa berbuat apa saja. Kun faya kun. Tapi, dengan kekuasaanNya juga, Allah juga menciptakan "rule of the game" dalam mewujudkan kuasaNya itu, yang dikenal dengan sebutan "sunatullah".
    Berkaitan dengan itu, dan juga memperhatikan penciptaan langit dan bumi dengan segala isinya serta banyak lagi hal2 yang lain, tampaknya semuanya terjadi dengan melalui suatu "proses" yang sangat panjang. Tidak "sim salabim" atau "abakadabra". Berdasarkan hal2 di atas, sudi kiranya Mba memberi pencerahan dalam hal keistimewaan (karena cepatnya) proses penciptaan manusia, dan juga "pemisahan" antara manusia purba dengan manusia setelah itu. Hatur nuhun, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bung Anonim yang baik hati dan penuh rasa ingin tau, :)

      Terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya, yang membuat kening saya berkerut :)
      Terlepas dari iman saya yang sedang-sedang saja, sebagai orang yang meyakini sepenuhnya akan KEKUASAAN ILAHI, saya tidak pernah berusaha menghubungkan antara rule of the game dan KEKUASAAN MUTLAK [Kun Fa Yakun].

      Bagi saya, itu biarlah menjadi rahasia Allah, yang saya tidak perlu memeras otak untuk mempertemukan antara logika dan keajaiban atas Kekuasaan Sang Pemilik Alam Semesta. Apalagi mencari jawabannya, karena saya tidak pernah meragukan KekuasaanNya.

      Jadi, mohon maaf karena saya tidak punya jawaban untuk meresponse pertanyaan bung Anonim. Thanks again for visiting.

      Saleum,

      Alaika

      Delete
  140. Assalamualaikum Wr Wb

    Terimakasih ya mba Alaika Abdullah berkat artikel ini saya dapat mengetahui lebih dalam lagi tentang sejarah manusia dan lebih tegasnya nabi Adam AS adalah manusia pertama yang diciptakan Allah SWT dan sebagai nenek moyang kita yang mutlak. Teori darwin yang mengatakan bahwa manusia kera atau Pithecanthropus Erectus adalah nenek moyang manusia itu jelas saya bilang salah kenapa begitu karena jika nenek moyang kita Pithecanthropus Erectus yang kaya monyet atau bisa dibilang monyet yang mirip manusia ini sangat lah bertentangan dengan Al - Qur'an bahwa manusia ini diciptakan dengan sesempurna mungkin dibanding dengan makhluk ciptaan Allah lainnya sebagai mana firman Allah dalam Qur'an surat Al - Isra' ayat 70 : (Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan) jadi menurut pendapat saya bahwa sanya kita adalah keturunan nabi Adam dan Pithecanthropus Erectus itu spesies monyet yang berjalan tegap yang tak mempunyai akal pikiran seperti manusia saat ini, jika menurut logika saja masa yang dibilang Pithecanthropus Erectus sebagai nenek moyang kita memiliki fisik yang berbeda dengan kita harusnya kan sama persis tak ada perbedaan fisik yang sangat jauh seperti itu gak masuk akal kan

    wassalam

    ReplyDelete
  141. Pas SMA dulu dalam sebuah pelajaran, dengan sedikit 'menentang' ku menyebutkan tentang darwin itu adalah rekayasa di depan bu guru. In memorian yg masih terngiang sampai sekarang (padahal itu sedang ujian lisan) :D

    ReplyDelete
  142. IZIN KOPAS, thank buat artikelnya

    ReplyDelete
  143. There are certain tips you should follow and easier ways to do things but,
    if you follow these tips, using a cell phone
    in Thailand should be as easy as picking the phone up and dialing it.
    The media went crazy when Gaga offered a mini cinematographic masterpiece with
    Paparazzi and continued on the trend with the release of Telephone where pop
    music videos suddenly became mini -films where there was
    a story represented with a graphic intensity that you could find in masterpieces like Quentin Tarantino's Kill Bill. The more comfortable we are in talking dirty to our partner the more intimate it becomes and with that your inhibitions will drop.

    Look at my web blog :: telefon sex

    ReplyDelete
  144. Before the days of the simulator, there was the full body suit.
    As for coping with temptation, this is where your commitment comes into play and the upcoming preparing that you do.
    Keeping a long distance relationship alive can be a real challenge.


    Here is my web site :: Telefonsex

    ReplyDelete
  145. Your ego just does not want to see the one and only reason
    – the low interest level. When you=re at the PX, pick
    up a few affectionate or amusing cards, and then send them at random moments.
    Generating a vow of that nature builds deep enjoy among two
    individuals.

    Feel free to visit my webpage :: Telefonsex
    my web site: Telefonsex

    ReplyDelete
  146. The following things as precautions should always
    be kept in mind while using these devices:. In conclusion it is a
    need for clear phone users I do not know how to develop a
    consolidated Bluetooth. Certain latex containing products
    such as gloves, balloons, or various types of sporting equipment may also be allergens that trigger asthma attacks.



    Also visit my web page vaporizer

    ReplyDelete
  147. This is called the crumb coat -- and for good reason, as much of the crumbs pull away and get mixed up in the frosting.
    With a click of the button the herbs heat up super fast,
    and the best part is that the external part of the vape is cool to the touch making
    the handling of the vape super easy. Other advantages of the Silver Surfer Vaporizers include the fact that it is well priced for all the features and
    functions that it offers.

    Look at my web blog :: volcano vaporizer

    ReplyDelete
  148. Not only is your physical body going to change, watching your belly
    get bigger as the baby grows, but you will also go through many other changes.
    It's possible so, but let's not neglect that witchcraft can function quite excellent way too at
    occasions. This system comes with a Capillary Force Vaporizer (CFV) technology that instantly vaporizes water in a self-contained area
    about the size of a quarter.

    Take a look at my web page: portable vaporizer

    ReplyDelete
  149. Also available in varying proportions of nicotine giving better control over the health
    hazards like cancer etc. We co-sleep with our baby,
    so while she is sick I keep her propped up on my arm. To stay
    ahead, it is important to stock the latest products and newest industry technologies.


    Here is my blog :: Vaporizer

    ReplyDelete
  150. Due to the ban of smoking in public areas, vaporizers are used by many smokers as an
    alternative for smoking. Excess water runs off into a drain, eliminating the collection of mineralized water and associated deposits and also the
    risk of airborne bacteria. In technical terms, the oscilloscope is used to
    describe the shape of the wave made by the current being
    examined.

    Feel free to visit my weblog :: portable Vaporizer

    ReplyDelete
  151. This hotel explained smoking in the hotel automatically
    meant a $150 cleaning fee and the county charges a $100 fine.
    Smoking cannabis also exposes others to your medicine through second-hand inhalation and while you might appreciate the skunky, pungent aroma, others may not.
    The thing is, if you had ever known my grandmother, who would
    be in her 90's were she still with us to this day, you would know her stand on this issue.

    Feel free to surf to my homepage :: Vaporizer

    ReplyDelete
  152. Another less extreme Nu-Rave look for the eyes is orange eyeshadow and violet
    eyeliner. Many people who have smoked weed have already experienced these negative effects.
    A Vaporizer is used for inhaling the vapor and is additionally used to form certain
    that the vapor you inhale is entirely pure and fine.
    Also see my webpage > Vaporizer

    ReplyDelete
  153. menurut penjabaran dari relief candi borobudur dan candi penataran nenek moyang nusantara ada 3 bangsa manusia kera,raksasa,dan manusia biasa mereka dulu hidup berdampingan silahakan baca artikel tentang misteri candi penataran ditu ditemukan banyak hal mengejutkan nusantara/indonesia awal dari peradaban

    ReplyDelete
  154. lupa menambahakan lagi kenapa para arkeolog sering menemukan fosil manusia kera dan manusia raksasa ketimbang manusia biasa keturunan nabi adam saw karena manusia biasa ketika sudah meninggal langusng jazadnya dibakar jadi abu jadi arkeolog jarang menemukan fosil manusia biasa logikanya yang memebangun borobudur dan prambanan g mungkin manusia biasa dan cerita rakyat bercerita saat candi prambanan belum dibangun memang ada kerjaan para raksasa (buto=bahasa jawa)

    ReplyDelete
  155. silahkan dicheck bahwa sanya teori darwin salah besar kalau kita manusia keturunan kera,nenek moyang perdaban bahkan berasal dari nusantara indonesia wallahuallam
    http://ahmadsamantho.files.wordpress.com/2011/04/cetho_penataran.pdf

    ReplyDelete
  156. Bagus 2 Sy suka INi.....
    Jng Lupa Follow Juga Ini Klo suka Editing Photo With Photoshop
    https://twitter.com/Yanuar_Holic
    @Yanuar_Holic

    ReplyDelete
  157. Safe mobile phone sex ensures that this fire maintains on burning.
    'Thanks' I mumble because I know this VP will be nowhere
    near my office when it's time to let the 250-pound brute Andy go. Sex addiction, of course, has nothing to do with sex.

    My page ... Telefonsex

    ReplyDelete
  158. But I devised a little cheat sheet that helps me now.

    Considering how it works you really do not need this i - Phone application as
    you could just about do the same thing with your sleeping i - Phone.
    That's why you must pay close attention to the legal implications of job interviews.

    Check out my site; Telefonsex

    ReplyDelete