Menu
/
Internet Sehat - Keep Your Fingers!

Yup, hari ini aku pengen ngedongeng cerita tentang event yang baru aja digelar oleh Relawan TIK Kota Bandung yang bekerjasama dengan Blogvaganza kemarin, nih. Acara kece bertajuk ROADSHOW EDUKATIF - Internet Sehat, Generasi Sehat ini, memang bertujuan untuk sosialiasasi internet sehat bagi kalangan pelajar di sekolah-sekolah. Targetnya sih untuk para siswa di jajaran sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas gitu, dari beberapa sekolah yang ada di kota Bandung. Bertempat di SMK Bahagia, Jalan Kliningan No. 11, Buah Batu - Bandung.

Acara yang diadakan pada hari Sabtu, 30 April 2016 ini mengangkat tiga topik utama yaitu 'Bijak Berinternet - Keep Before Posting' yang dipercayakan padaku, mewakili Relawan TIK Kota Bandung untuk menjadi narasumbernya. Kemudian 'Sekejap Ingatan Seabadi Tulisan' yang disampaikan oleh Mas Zulfan, dari buruan.co dan ada Mas Latif [Moch Latif Faidah] yang mengangkat tema 'Blog dan Jurnalisme Siswa'.

Tentang RoadShow Edukatif

Jadi ceritanya nih, adalah Blogvaganza, yang diinisiasi oleh Om Fajar Eri Dianto dan Mas Latif pengen diaktifkan lagi setelah lama vakum di dunia per-sharingan. *halah. Nah, gayung pun bersambut. Relawan TIK Kota Bandung pun antusias menyambut ide cemerlang ini, mengingat jumlah pengguna internet yang semakin meningkat dari hari ke hari, terutama pada kalangan siswa aka remaja baik dari usia SD hingga perguruan tinggi. Tentu ini sebuah kemajuan pesat dalam akses informasi dan penambahan wawasan plus aneka manfaat dari dunia virtual yang diakses tadi. Namun..., manfaat ini baru bisa dipetik adalah jika dan hanya jika pengguna internet itu sendiri telah menggunakan internet dengan bijak dan sehat, dalam artian telah paham dan peduli serta menerapkan cara bijak berinternet secara sehat. Namun..., seberapa banyakkah pengguna internet ini yang telah 'ngeh' atau paham atau familiar dengan internet sehat ini? Seberapa besarkah prosentase pengguna internet yang bijak dalam menggunakan internet?

Berdasarkan hal di atas, seiring pula dengan program dari Kementerian Informasi dan Komunikasi Republik Indonesia tentang Internet Sehat, Generasi Sehat, maka Relawan TIK Kota Bandung bekerjasama dengan Blogvaganza, disponsori oleh Qwords.com dan beberapa sponsor lainnya, maka Roadshow Edukatif, Internet Sehat - Generasi Sehat pun digelarlah. Dan sungguh sebuah apresiasi juga bagiku dipercayakan untuk menjadi salah satu narasumber dalam upaya sosialisasi ini. Alhamdulillah.

Bijak Berinternet - Think Before Posting.



Ini adalah tema yang dipercayakan padaku untuk disampaikan pada para pelajar yang hadir dan antusias mengikuti sesi sharing kece ini. Yup, sekitar 75 peserta hadir dan duduk di atas karpet merah yang digelar di bawah tenda yang biasanya dipakai untuk pesta yang dipasang di halaman sekolah SMK Bahagia. Tadinya mau pake ruang kelas, namun karena jumlah audience yang ditargetkan lebih dari 50an peserta, dan juga agar suasana sharing kece ini terasa santai dan asyik, maka disepakatilah untuk mengadakannya di bawah tenda biru merah ini.

Internet, kini tentu bukanlah lagi barang abstract yang aneh apalagi ekstrim. Semua orang, utamanya di perkotaan pasti sudah ngeh kala kita menyebut kata ini. Internet. Bayangan orang setidaknya pasti akan lari pada sebuah bayangan di kepala tentang jemari-jemari yang bergerak lincah di atas keyboard, mata fokus menatap layar gadget [smartphone, tablet], laptop, ataupun komputer, membaca informasi atau apapun yang diaksesnya pada sebuah sumber informasi dari dunia virtual.

Internet juga dipercaya sebagai bentuk canggih hasil kemajuan teknologi informasi yang tak hanya mendatangkan manfaat namun juga bisa hadirkan mudarat. Dengan berinternet kita bisa menambah ilmu pengetahuan [sumber informasi dan pembelajaran], menambah jalinan pertemanan [jejaring sosial], bahkan bisa menambah penghasilan [jualan online, blog monetize, buzzer, dan lain sebagainya].

Dengan berinternet, selain mendapatkan manfaat, pastinya jika kita kurang paham penggunaannya secara sehat, maka bahaya pun tak ketinggalan mengintai. Selain menjauhkan kita dari dunia nyata [asyik berjejaring sosial, ketagihan berchitchat atau gaming], internet juga bisa mengundang bahaya yang lebih ekstrim. Misalnya membuka pintu bagi pelaku human traficking atau penjahat dunia maya lainnya, karena tanpa sadar, dalam berjejaring sosial tadi, kita justru telah memberikan segala informasi spesifik kita yang membuat mereka bisa menjangkau kita dengan mudah. Sehingga tak heran jika banyak kita temui berita orang hilang setelah ketemuan [kopdar] dengan teman dari facebook, misalnya. Dan berbagai efek negatif lainnya.


Yup, internet itu ibarat pisau bermata dua, yang jika kita tak bijak dan ahli menggunakannya, maka mata pisaunya justru bisa melukai diri kita sendiri. Dan banyak fakta menghadirkan kesaksian bahwa banyak pengguna internet yang belum begitu paham akan fenomena ini, sehingga banyak sekali kita dengarkan berita atau saksikan informasi-informasi tentang penyalahgunaan internet oleh oknum-oknum tertentu [scammer, hacker, dan penjahat dunia maya lainnya] dalam bentuk pemerasan, human trafficking [perdagangan manusia utamanya wanita dan anak-anak], dan berbagai bentuk kejahatan lainnya.

Think Before Posting - Keep Your Fingers

Yup, jika dulu pepatah lama mengatakan bahwa 'mulutmu adalah harimaumu', maka kini pepatah lawas itu telah beralih ke kalimat baru yaitu 'jemarimu adalah harimaumu'. Karena kini, adalah jemari kita yang pegang peranan dalam menghasilkan kalimat demi kalimat yang akan meluncur cantik ke dunia maya, baik melalui akun media sosial yang kita miliki atau melalui blog [jika punya] yang kita kelola. Salah ketik, atau hasil rangkaian jemari yang asal jadi, asal bunyi, pastinya akan menghasilkan reaksi atau efek negatif yang tentunya akan memicu hasil yang negatif pula.

Karenanya, kelincahan tarian jemari di atas keypad atau keyboard ini haruslah bekerja apik dengan akal sehat dalam menghasilkan postingan yang akan kita share ke dunia maya. Think before posting! Keep your fingers!

Dalam sesi ini, aku memang tak bosan mengulang-ulang key message ini. 'Think before Posting, keep your fingers!'. Karena menurutku, tindakan ini memang megang peranan banget dalam berinternet secara aman dan sehat. Bener ga sih, Sobs?

Lalu, Al,  gimana sih agar kita bijak berinternet?
Hm, sebenarnya ada sih panduan general yang bisa kita terapkan, Sobs. Seperti yang aku rangkum di bawah ini, coba deh pantengin, yaaa.



Yup, berinternet secara sehat memang tidak mudah. Utamanya bagi anak-anak jelang remaja, yang begitu terlena dengan asyiknya berjejaring sosial, bermain game, atau lebih fatalnya lagi malah ketagihan mengakses situs-situs pornografi atau situs negatif lainnya. Tak ada yang bisa mencegah mereka untuk tetap melakukan ini, kecuali kalo, pemikiran mereka bahwa hal-hal yang mereka lakukan itu sesungguhnya mengandung bahaya yang mengintai setiap saat. Jadi satu-satunya cara paling efektif sebagai langkah awal adalah membangun kesadaran pada benak mereka bahwa internet dengan cara yang mereka lakukan itu adalah tidak sehat. Beri pemahaman bahwa untuk menjaga keamanan diri sendiri, juga masyarakat dan linkungan, bahkan dalam berinternet pun kita harus melakukannya dengan cara yang sehat. Internet sehat maka akan hasilkan generasi yang sehat.

Yup, sosialisasi tentang internet sehat, generasi sehat, sudah saatnya semakin digerakkan dan disebarluaskan. Yuk, kita bantu sosialisasinya dengan cara yang kita bisa, salah satunya dengan share informasi ini ke orang-orang terdekat dan lingkungan sekitar. Oya, Sobs, jika ingin mendapatkan materi topik Bijak Berinternet, Think Before Posting, bisa colek saya di telegram @alaikaabdullah atau email at alaikaabdul@gmail.com atau lihat-lihat slide capturenya di galeri instagram aku @alaikaabdullah, ok?

Semoga sharing ini bermanfaat, and see you in the next post and other topic, ya! Happy blogging keep posting!

catatan kecil tentang sosialiasi internet sehat
Al, Bandung, 4 May 2016

47 comments:

  1. Bener mbak al harus think before posting. Maka ya mbak Al pencerahan banget postingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, think before posting itu kudu pake banget agar aman berinternet secara sehat. :)

      Delete
  2. Internet memang banyak manfaatnya tetapi juga tak sedikit mudaratnya. Oleh karena itu kita harus bijak memanfaatkannya.
    Sangat tak elok jika internet dipakai untuk mencaci maki orang lain, menipu, atau mempertontonkan gambar yang tidak patut.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Pakdhe. Ibarat pisau bermata dua, maka kita harus ahli menggunakannya agar tidak melukai diri sendiri yaa. :)

      Delete
  3. Saya setuju, internet mewakili diri kita sendiri sesungguhnya
    Bedanya, yang satu langsung didengar se-dunia!

    ReplyDelete
  4. Betul banget, Mbak...Internet, bisa menjadi berkah, tpi bisa menjadi bencana jika tidak bijak dalam penggunaannya..

    ;)

    ReplyDelete
  5. Pengguna internet sekarang tidak hanya bagi orang dewasa, anak kecilpun sudah mulai menggunakan nnya memang internet ini pisau bermata dua memang. Hal itu tergantung bagi yg menggunakannya, apakah mau digunakan untuk yg baik atau buruk yg terpenting harus memiliki iman yg kuat agar tidak disalahgunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, justru anak kecil yang gampang terpengaruh dan tergoda oleh situs2 yang tidak mendidik, ketagihan game dan terlena di jejaring sosial. Makanya sudah saatnya edukasi ttg internet sehat disosialisasikan thd berbagai lapisan masyarakat, mulai dari anak kecil hingga dewasa, ya, Mas Opic?

      Delete
  6. Dan dengan mencanangkan internet sehat ke seluruh lapisan masyarakat, ini juga bisa meminimalisir tindak kejahatan ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba, selain itu, setelah sosialisasi adalah mengajak untuk menerapkannya. :)

      Delete
  7. makasih mbak sharingnya,sudah diingatkan lagi, harus berhati2 dalam berinternet^^

    ReplyDelete
  8. Internet sehat bagi seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak dan remaja. Sungguh, ini perlu dijaga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yuk kita mulai dari lingkungan terkecil kita. :)

      Delete
  9. Yups, ajakan untuk berinternet dengan benar, dengan sehat, musti sering diingatkan mba, tengkyuu yaa

    ReplyDelete
  10. penting banget memang mengedukasi remaja tentang internet sehat..
    banget banget...krn banyak kasus "menyesakkan" krn remaja salaha arh berinternet

    ReplyDelete
  11. pikir dulu sebelum ..nge share...

    ReplyDelete
  12. Aku ngikutin kemarin ini via instagramnya mba Al. Bermanfaat banget

    ReplyDelete
  13. Aku ngikutin kemarin ini via instagramnya mba Al. Bermanfaat banget

    ReplyDelete
  14. Setuju dengan mbak alaika. Internet memang sangat membantu kehidupan namun jika penggunaannya sembarangan justru lebih berbahaya

    ReplyDelete
  15. Wah ini post bermanfaat utk segala usia pengguna sosmed dan internet pd umumnya..

    ReplyDelete
  16. bermanfaat sekali, ma kasih infonya mba

    ReplyDelete
  17. Kapan di Cianjur relawan TIK nya ada kegiatan seperti ini ya... Di daerah apalagi, banyak "penyalahgunaan" internet oleh anak usia ABG

    ReplyDelete
  18. Bermanfaat sekali. Kapan ya di Malang ada kegiatan kayak gini? Generasi mudah adalah ujung tombak bangsa. Sayang kalau kepribadian bahkan masa depannya rusak karena tidak bijak menggunakan internet :-)

    ReplyDelete
  19. Waaah kayanya seru deh kalo bisa ikut seminar yang diisi sama mbak Al iniii. Hihii. Pasti menyenangkan juga ya Mbak, bisa berbagi ilmu sama para adik-adik peserta seminarnya. Makasi sharingnya ya Mbak Al :D

    ReplyDelete
  20. Artikel bagus yang sangat layak sharing...semoga masyarakat semakin aware...

    ReplyDelete
  21. Internet ada positif ada negatifnya yak, serem juga kalau baca yang negatifnya,

    ReplyDelete
  22. Sedang berusaha utk berinternet sehat, gak memicu permusuhan di dunia maya dll
    thx sharingnya Mbk Alaika :D

    ReplyDelete
  23. tulisannya sangat bermanfaat Mba Al :)
    makasih sudah menuliskan artikel ini :)

    ReplyDelete
  24. internet bisa bermanfaat tapi juga bisa tidak bermanfaat bagaimana kita ya mbak

    ReplyDelete
  25. semuanya ada sisi negatif dan positifnya

    ReplyDelete
  26. setuju banget saya mbak... pisau itu bisa berfungsi dengan baik asal cara menggunakannya benar..
    tapi di tahun ini juga kian banyak situs terkenal yang sudah di proteksi oleh berbagai provider internet..
    tapi entahlah kalau dari baloon google sendiri nantinya kyk gimana..
    yang jelas saya pun menanti kehadiran baloon google untuk internet lebih sehat lagi ..

    ReplyDelete
  27. Mbak ta colek, share materinya ya? Ta tunggu lhoh....

    ReplyDelete
  28. yuk mari berinternet sehat :)

    ReplyDelete
  29. 'coz it's all about fingering! :)

    ReplyDelete
  30. setuju, sering kali kita terpancing emosi di dumay, pdhl gak kenal, hehe.. ayo semangat internet sehat, sehat jiwa dan sehat pikiran

    ReplyDelete
  31. Kudu bener-bener berfikir sebelum posting sesuatu emang... artikel yang sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  32. penting nih buat remaja-remaja alay masa kini

    ReplyDelete
  33. Pentingnya internet sehat memang harus disosialisasikan. Soalnya saat ini banyak banget yang kebaperan. Ada pula yg sebar berita geje di sosmed

    ReplyDelete
  34. harus bikin kita hati-hati ya mah karena memang mengenakkan tapi juga melenakan...btw sosialisasinya gak lintas provisi nih?

    ReplyDelete
  35. Apakah Kalian Sudah Tau Tentang Internet Didalam Tanah atau disebut dengan ( DEEPWEB )

    ReplyDelete
  36. Thank you so much for sharing this great blog.Very inspiring and helpful too.Hope you continue to share more of your ideas.I will definitely love to read. Obat Tukak Usus

    ReplyDelete
  37. Materi Ini harusnya disampaikan lebih massif lagi mba. Duh, makin hari makin banyak aja penyebar hoax dan ujaran kebencian. Miris lihatnya.

    ReplyDelete