Pesan Hotel dengan Metode Direct dan Melalui Agen Online, Lebih Untungan Mana ya? | My Virtual Corner
Menu
/
Yang hobbi traveling atau sering bepergian ke luar kota atau bahkan ke luar negeri, baik karena keperluan pribadi, keluarga atau pun tugas, pasti sering donk mesan atau booking hotel? Jika dulu, secara klasik, opsi memesan hotel adalah dengan cara datang langsung ke hotel (direct booking), atau paling banter booking via telepon, maka kini, di era teknologi informasi yang kian pesat, di mana Agen Travel Online (OTA) mulai mengemuka, dengan berbagai kemudahan yang ditawarkannya pula, seperti penawaran diskon, voucher serta kepraktisan plus kenyamanannya, maka tak heran jika para travelerpun kini bermigrasi ke opsi pesan hotel yang satu ini (via OTA) dan saying good bye to direct booking method. Etapi, masih banyak juga sih yang suka cara klasik. :)

Discussing about direct booking, yang mana kita langsung go show ke hotel yang kita tuju untuk menginap, sebenarnya sih, sering nguntungin juga, lho. Misalnya aja, kita masih bisa nawar harga kamar lho ke resepsionisnya agar lebih murah. Kan terkadang kalo sedang sepi, kamar-kamar masih bisa dapat diskonan toh? 


Tapi sayangnya cara ini, yang dianggap sebagai cara kuno, memiliki terlalu banyak kelemahan. Seperti, kadangkala kita tidak bisa memilih kamar sesuai dengan yang kita inginkan. Misalnya saat kita memiliki beberapa hotel favorit di tujuan wisata yang sering kita gunakan sebagai tempat menginap dan hotel-hotel tersebut memiliki kamar-kamar spesial yang memiliki pemandangan menarik.
Karena jumlah kamar-kamar spesial tersebut sangat sedikit, seringkali kamar-kamar tersebut sudah diisi atau sudah diambil orang ketika kita datang. Misalnya, kita menginginkan kamar yang lokasinya dekat dengan kolam renang, atau kamar yang memiliki pemandangan langsung ke arah laut, atau pemandangan kearah alam terbuka.

Selain itu, pada saat-saat tertentu, misalnya pada saat musim liburan nasional, seringkali hotel penuh dan pilihan kamar menjadi semakin berkurang bahkan no more available. 

Sekedar tips bagi Sobats yang mungkin berencana untuk pergi travelling ke luar negeri, metode direct booking sangat tidak dianjurkan mengingat tujuan wisata seperti: Singapura, Jepang, Korea, dan beberapa negara terkenal yang memiliki obyek wisata menarik, baik di Asia maupun Eropa dan Amerika pada saat peak season akan sangat merepotkan. Apalagi jika kita tidak memiliki referensi tentang hotel lain yang bisa kita datangi apabila tidak mendapatkan kamar di hotel yang kita tuju.
Berbeda halnya dengan memesan hotel melalui agen online, metode modern ini terasa begitu menguntungkan terutama bagi pelanggan. Beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan misalnya:

Kita bisa hunting kamar hotel yang sesuai dengan budget, sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan selera bahkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Kita memiliki kesempatan yang besar untuk membandingkan harga karena tidak terburu-buru atau waktunya tidak mepet.

Kita memiliki kesempatan yang juga besar untuk mendapatkan kamar yang paling kita inginkan di sebuah hotel.

Kita tidak perlu khawatir tidak akan mendapatkan kamar pada saat tiba di tujuan wisata.

Terasa lebih nyaman dan tenang karena tidak harus memikirkan hotel ketika melakukan perjalanan.

Bukan sekali dua kali agen online menawarkan diskon atau voucher yang membuat harga hotel terasa sangat murah.

Memesan kamar melalui agen online tergolong aman dan tetap bisa di cancel serta mendapatkan refund jika sewaktu-waktu kita terpaksa harus membatalkan kunjungan setelah memesan hotel dan membayarnya.
Jadi, jika kita bandingkan untung-rugi memesan hotel dengan metode direct booking atau booking melalui agen online, rasa-rasanya, booking hotel melalui agen online jauh lebih menguntungkan, lebih praktis, dan lebih nyaman.
Apalagi metode pembayarannya juga cukup beragam mulai dari menggunakan internet banking, SMS banking, bisa juga melalui ATM, atau bahkan transfer melalui bank. Tidak hanya itu, jika Sobats memiliki kartu kredit juga ok banget lho untuk dijadikan alat pembayarannya. Eh, pake paypal juga bisa, tuh! Asyik ya jaman sekarang? Ga perlu ribet lagi. :) 

Aih, mau traveling lagi, ah! 
14 comments

jadi pengen travelling nih, cari waktu yang tepat ah biar bisa liburan. Sekarang mah semua serba mudah ya mbak Al.

Reply

kalo saya pribadi sih lebih sering make OTA untuk booking hotel...

Reply

Aku belum pernah booking online sendiri. Biasanya suami yang melakukannya

Reply

Iya terkadang saya heran sih Kak Al kalau sama agen harga tiket malah lebih murah dibanding direct.

Reply

Iya sih, kl pas musimnya rame trus go show aja, kita bs nyari2 hotel yg kosong yg mana ya. Repot deh jdnya.

Reply

Enakan online kalau aku heheh

Reply

Booking online emang juarak mba al..Sering kasi diskon n promo pula

Reply

kalau saya seringnya booking hotel secara online, lebih praktis

Reply

Ow betul mbak. Direct booking itu gak banget deh kalau kita mau traveling ke tempat baru. Pengalamanku selalu gak enak kalo cari hotel dgn cara ini. Skrg ada sistem online kita bisa lihat2 isi kamarnya sebelum booking

Reply

Saya online travel agent. Konsumen senang pesan hotel pada saya karena tidak ribet, bisa mendapatkan kamar sesuai selera, dan cepat.

Saya juga kasih pelayanan ekstra seperti memberi saran tentang hotel mana yang cocok dengan tujuan bepergian, biasanya untuk konsumen yang baru pertama kali bepergian ke suatu kota dan tidak tahu jalan.

Saya juga memberi nasehat tentang memilih jenis kamar yang murah tapi luas, biasanya untuk tamu yang datang dengan keluarga dan ingin mengumpulkan seluruh rombongan dalam sekamar.

Sayangnya tidak semua hotel di Indonesia bisa dipesan via online travel agent. Terutama hotel pada daerah-daerah tertentu yang miskin sinyal internet. Misalnya hotel di kepulauan Banda, Togean, Derawan, atau Karimunjawa. Padahal turis senang datang ke sana. Alhasil harus pesan langsung ke hotelnya deh.

Tapibyah, begitulah tantangannya. Karena setiap pelaku usaha butuh waktu untuk menyesuaikan dengan teknologi, termasuk pengusaha hotel. Saya yakin, semakin lama, hotel-hotel semakin banyak bergabung dengan online travel agent. Karena yang mau maju adalah mereka yang mau beradaptasi.

Reply

Bener mba Al, udah nyobain booking online jd lebih mudah dan biasanya malah lebih murah dr booking via telp/dtg langsung

Reply

Zaman skrg teknology sudah canggih2 nih, kalo biasa pake traveloka sis..

Reply

saya lebih suka booking online karena lebih mudah & lebih murah hihihi, tapi kalo online suka dapet kamar yang zonk juga sih.

Reply

Aku belum pernah sih liburan sampai nginap di hotel
soalnya sering liburan itu ke tempat saudara, lalu jalan-jalannya ya nggak jauh dari rumah saudara itu.

otomatis nginep di sana juga hihihi
#pelit

Reply