Pelecehan dan Kekerasan Seksual pada Anak | My Virtual Corner
Menu
/
Tak dapat dipungkiri bahwa isu tentang pelecehan dan kekerasan/kekejian seksual pada anak semakin merebak, aneka berita terkait hal ini menghiasi headline media, baik massa, online/sosial, layar kaca hingga ke obrolan dari mulut ke mulut di dalam lingkungan masyarakat. Topik ini pula yang telah dengan sukses membuat hati para orang tua ketar ketir, menguatirkan keselamatan putra putri tercinta, yang sedang berada di sekolah, di lingkungan bermain atau bahkan dalam pengasuhan para pengasuh. Isu dan kejadian-kejadian yang telah terjadi, sukses pula membuat hati orang tua tak lagi tentram, karena fakta telah memperlihatkan bahwa para pelaku pelecehan seksual ini bahkan bisa berasal dari lingkungan terdekat.  Seyeeem yak?

Beranjak dari kenyataan ini pula, berbagai yayasan atau kelompok sosial, baik yang berupa kumpulan para orang tua, yayasan sosial lainnya, bahkan perorangan yang peduli akan gentingnya isu ini, berusaha keras untuk menekan peningkatan tindakan pelecehan seksual terhadap anak. Berbagai upaya pun dilakukan, seperti upaya 'pembekalan' [capacity building] bagi anak agar memiliki kemampuan, ketrampilan dan keberanian untuk menolak perlakuan tidak menyenangkan yang dialaminya serta berani melaporkannya kepada pihak yang berwenang [orang tua, guru, atau pihak berwenang lainnya].

Capacity building bagi anak, agar si anak aware akan apa yang harus mereka lakukan dalam rangka melindungi diri mereka sendiri, serta tindakan apa yang harus mereka lakukan ketika tertimpa pelecehan/kekerasan seksual, adalah suatu keniscayaan yang tak dapat ditunda lagi. Sudah saatnya kita dengan lebih serius, melakukan gerakan bersama, bahu membahu dalam membekali ilmu pengetahuan bagi anak-anak kita, juga tentu saja bagi para orang tua, dalam rangka melawan terjadinya pelecehan/kekerasan seksual terhadap anak.

Kumpulan Emak Blogger, sebagai salah satu komunitas yang beranggotakan para ibu [emak] dan emak wannabe, saat ini, melalui unsur Srikandi Bloggernya, sedang meluncurkan sebuah program bertajuk #KEBAgentOfChange dengan tema Tolak Kekerasan Seksual Terhadap Anak melalui Pengetahuan, dalam rangka berpartisipasi menekan peningkatan grafik kekerasan seksual terhadap anak. Melalui ebook yang diluncurkan ini, diharapkan masyarakat luas pada umumnya dan para ibu/orang tua pada khususnya, akan mendapatkan tambahan pengetahuan dan wawasan tentang pelecehan/kekerasan seksual pada anak, bagaimana cara menghindarkan/melindungi si anak dari kemungkinan tertimpa musibah ini, bagaimana cara meminimalisir resiko/efek yang ditimbulkan pada anak yang tertimpa kejadian ini.

Di dalam buku ini, para penulis yang merupakan anggota Kumpulan Emak Blogger, berusaha memberikan masukan bagi para pembacanya, agar aware tentang bagaimana mengajarkan pendidikan seks pada anak-anak di usia dini, remaja hingga yang telah beranjak dewasa. Masukan-masukan ini dibahas dengan gamblang dan berbahasa sederhana, sehingga memudahkan para pembaca, yang bahkan berasal dari kaum awam sekali pun, untuk dapat memahaminya dengan mudah.

Melalui program #KEBAgenOfChange ini, KEB mengharapkan dapat turut berpartisipasi di dalam menyelamatkan anak-anak negeri ini dari pelecehan/kekerasan seksual, sehingga kelak kita berharap akan semakin banyak anak-anak brilliant sebagai penerus generasi bangsa. Ebook sederhana itu, tidak diperjual-belikan, melainkan dibagi secara gratis bagi para anggota Kumpulan Emak Blogger. Ebook ini juga dapat disebarluaskan kepada masyarakat luas, demi pembekalan pengetahuan dalam rangka melawan tindakan pelecehan/kekerasan seksual terhadap anak, tentunya dengan meminta ijin terlebih dahulu kepada Kumpulan Emak Blogger.

Berminat untuk mendapatkan ebook ini? Silahkan meninggalkan komentar pada kolom komentar untuk informasi download ebook 'Kekerasan Seksual Pada Anak, Lawan dengan Kekerasan', atau dapat menghubungi admin Kumpulan Emak Blogger pada web ini.


Mari selamatkan anak-anak kita dari tindak pelecehan dan kekerasan seksual, dengan membekali ilmu pengetahuan terkait sehingga mereka mampu bersikap asertif. Yuk bantu mereka untuk mampu dan berani mengungkapkan perasaannya dengan tepat lewat ungkapan maupun sikapnya. Ketika dia merasa tidak nyaman, dia akan berani menolak perlakuan yang diterimanya, atau tau persis kemana harus melaporkannya. Mari bekali anak-anak kita pengetahuan tentang informasi terkait dengan apa itu kekerasan [seksual], bagaimana bentuknya dan harus melapor ke siapa jika tindakan itu terjadi. Yuk, saling bahu membahu melawan tindak pelecehan/kekerasan seksual terhadap anak, dimulai dari lingkungan terdekat!

KEB Agent Of Change, Kumpulan Emak Blogger
Al, Bandung, 3 September 2014
19 comments

Sudah download Mak Alaika... :) semoga cita-cita mulia program ini tercapai....

Reply

But there are other types of trendy surfaces such as quartz,
Corian, slate and marble that is re-emerging into kitchen designs.

The trend in kitchens today is to decorate for your life; so your kitchen furniture should be no
exception. then the next thing to look at is hiding these appliances with clever cabinetry.


Also visit my web page: kitchen islandkitchen island cartkitchen island ideaskitchen island tablekitchen island designsportable kitchen islandkitchen island with seatingkitchen island lightingdiy kitchen islandisland kitchensmall kitchen islandrolling kitchen islandbutcher block kitchen islandkitchen island designhow to
build a kitchen islandkitchen island plansstainless steel kitchen islandmobile kitchen islandwhite kitchen islandkitchen island benchkitchen island unitskitchen island with stoolslarge
kitchen islandrustic kitchen islandoutdoor kitchen islandkitchen island stoolsblack kitchen islandmodern kitchen islandhow to make a kitchen islandkitchen cart islandkitchen with island (eksilver.godohosting.com)

Reply

Semoga segala niat dan langkah kita dimudahkan, dan mampu memberikan manfaat serta wawasan bagi yang lainnya ya, mak. Terima kasih sudah bergandengan untuk ini. Big hug

Reply

Jaman sekarang memang sangat sulit mempercayakan anak pada siapapun sekalipun orang terdekat. Harus bisa memberikan pelajaran yang bisa anak pahami dan orang tua juga harus melakuka pendekatan tersendiri terhadap anak ya mak Al... ah ebook nya keren bingit

Reply

mau dowmload donk mbak Al... semua ibu perlu baca niy kayaknya :)

Reply

ikut bangga bgt. keb emang juara. mantaplah. mo ah bukunya

Reply

ikut bangga mak, i m proud to be a blogger

Reply

Membacanya ikut deg-degan... kadang ketemu dengan anak-anak jalanan di bis dan ikutan mengamati. Miris...

Reply

Wow.....congrats mbak, semoga melalui ebook ini bs jd salah satu bahan edukasi bagi kita semua utk mengurangi kekerasan sexual pd anak.
Mbak, ikut dunlut dunk nti ta post di blogku boleh kan

Reply

Aku ikutan download ya kak ^-^

Reply

artikel yang bermanfaat,semoga dengan adanya postingan ini bisa mengurangi pelecehan dan kekerasan pada anak-anak.sukses terus kak

Reply

mau donk ebooknya :).. makasih..

Reply

asslm.. boleh minta link buat ebooknya teh? terima kasih:)

Reply

Assalamualaikum, boleh minta link buat ndownload ebboknya? makasih

Reply

Saya sedang penelitian ttg pencegahan kekerasan seksual pada anak. outputnya adalah menghasilkan modul pelatihan pencegahan kekerasan pada anak. Bolehkah minta link untuk mendownload ebook-nya? terimakasih

Reply

Hi Mba, boleh hub ke email alaikaabdul@gmail.com ya, nanti saya kirim. Trims.

Reply