Profile Blogger: Liza P Arjanto

Profile Blogger: Liza P Arjanto

Tulisan ini adalah tulisan kedua, dalam kategori profile, yang sengaja aku siapkan dalam rangka menyemarakkan 'Arisan Link', program kece yang digusung oleh Blogger Perempuan Network. Setelah putaran pertama dimenangkan oleh Mba Esti yang postingan tentangnya bisa dibaca di sini, maka kini, nama yang muncul pada putaran kedua untuk kelompok II adalah kakak kece yang fotonya nampang cantik di sebelah. :)

Namanya Liza P Arjanto.
Blogger imut kelahiran Riau dan menetap di Bekasi, yang ternyata adalah juga penulis buku [parenting, motivasi] dan juga pengisah fiksi. Ibu dari enam orang putra-putri ini berperawakan mungil, lembut dan santun. Mba Liza, bener ga sih dirimu imut atau malah tinggi? Hihi. Sok tau nih akunya. Memang sih, belum pernah ketemu secara langsung atau face to face, tapi cenayanganku ini lho, halah, mengatakan bahwa dirimu itu imut lagi mungil. Kudu kopdar nih kita.  Hehe.

Penasaran ini, semakin membimbing jemariku untuk kepoin akun sosmednya deh. Maka berlarilah aku ke facebook Mba Liza. Tuh kan, bener!

Alaika Abdullah

Mungil kan? Dan lihat deh buku-buku karyanya yang dijejer di cover facebooknya! Keren yaaa?

1. MomaLiza 

Kumpulan Kisah Inspiratif, Pengasuhan dan Karya Media menjadi tagline yang dipilih Mba Liza di dalam menggelar karya-karya di blognya, yang diberi judul MomaLiza (yang sayangnya kini blog ini tidak berhasil ditemukan lagi, euy). Menampung artikel-artikel berkategori parenting, kisah inspiratif, rekaman fiksi-fiksi yang sudah dimuat di media cetak, serta aneka resep masakan, menjadikan blog yang dikelola Mba Liza pantas banget kita sebut sebagai blog yang bertema lifestyle. 

2. Template



Menggunakan template bawaan blogger, 'awesome' yang simple, seharusnya memberi kesan MomaLiza sebagai blog bertemplate simple nan elegan. Namun sayangnya, menu bar yang hanya terdiri dari 'Beranda dan Tentang Penulis', justru membuat blog ini terlihat masih sangat sederhana dan akan sangat baik jika Mba Liza mau memberikan tambahan sentuhan lembut di beberapa bagian. Misalnya, dengan menambahkan kategori 'Parenting', 'Kisah Inspiratif'' dan 'Fiksi' pada menu bar, di samping 'Tentang Penulis'.

Selain mempermanis tampilan, menambahkan label/kategori pada menu bar akan sangat membantu visitor blog untuk memetakan kategori artikel dan memudahkan navigasi.

Untuk tingkat responsive, template yang digunakan Mba Liza juga sudah termasuk yang mobile friendly. Siplah!


Content/Artikel

Seperti halnya aku dan banyak blogger perempuan lainnya, Mba Liza juga tidak mengkhususkan blognya pada satu tema saja (niche), melainkan membiarkan inspirasi yang hadir di benak mengalir menjadi tulisan-tulisan variatif yang dikelompokkan ke dalam beberapa kategori, seperti parenting, resep masakan yang dikemas dengan nama serba-serbi dapur, kisah inspiratif bahkan fiksi. Kumplit, ya, Sobs?

Statistic/Blog Performance

1. Alexa.

Per tulisan ini aku buat, blognya Mba Liza berada pada lingkaran alexa 982 ribuan. Sederetan angka yang telah dimulai perhitungannya sejak tahun 2010, bisa dikatakan nilai alexanya termasuk belum kurus, soalnya sudah mulai sejak 2010 kan ya, Mba? Etapi, tunggu dulu, mulai dotcomnya sejak kapan yaa? Anyway, teteup, Mba Liza, diet yuk!

2. Loading Speed


Wew! Cepet banget. Keren, Mba!

3. Domain Authority dan Page Authority

Bicara tentang dua sejoli ini, DA dan PA, sudah bukan rahasia umum lagi, jika keduanya adalah merupakan tolok ukur atau parameter yang kini semakin sering dipakai oleh brands atau agency di dalam memilih blogger untuk bekerjasama. Semakin besar nilai DA dan PA, maka semakin tinggi pula popularitas si blogger di mata mesin pencari. Maka, tak heran, jika kini, blogger pun mulai memperhitungkan parameter yang satu ini.

Yuk, kita coba cek DA-PA blognya Mba Liza ini, yuk!


Hm, ayo Mba Liza, semangat yaaa! Baca-baca tips menaikkan DA-PA yuk!

4. Google Indexing


Hm, tampaknya si Mbah mulai pelupa, deh. Masak searching dengan kata kunci Liza Permasih hanya menghasilkan 994 results (o.61 seconds). Gimana, nih, Mba Liza? Kayaknya perlu minum cerebrovit deh si Mbah. Haha

Input for MomaLiza

Sepertiku pada awal artikel ini, bahwa sebenarnya blog Mba Liza ini udah kece, hanya saja menu navigasinya yang masih perlu ditambahkan. Yang sekarang baru ada adalah menu/label 'Beranda' dan 'Tentang Penulis'. Jika saja Mba Liza mau menambahkan kategori lainnya pada menu navigasi ini, aku yakin, pembaca setianya akan happy karena akan memudahkan mereka dalam mengeksplor tulisan-tulisan yang mereka inginkan.

Memang sih, pada sidebar kanan, tertera 'labels' di mana pembaca bisa melihat dan menentukan ingin membuka artikel yang mana. Tapi posisinya yang berada pada sidebar kanan, agak ke bawah pula, membuat informasi ini tersembunyi. Jadi saranku sih, jika Mba Liza mau menambahkannya pada menu navigasi di atas, it will be very good, dan juga akan bikin tampilan blog ini lebih oke.

Halaman Disclosure

Terkait dengan hadirnya himbauan si Mbah google per 17 Maret 2016 kemarin, yang ulasannya bisa dibaca di sini, maka sudah selayaknya jika kita mulai mencantumkan halaman disclosure pada blog kita. Untuk apa serta bagaimana sih halaman disclosure itu? Bisa dibaca pada link ini, ya, Sobs!
Bicara tentang disclosure, rasanya memang sudah saatnya kita memilikinya, apalagi jika blog kita sudah ber-custom domain alias tidak lagi numpang di platform gratisan. Terlebih lagi, jika kita memang berniat untuk menerima ajakan kerjasama dari brand atau agency, maka sudah selayaknya jika disclosure page juga dipersiapkan.

Masukan lainnya?
Hm..., udah ah, blog Mba Liza udah cukup ciamik, kok. Hanya perlu sedikit sentuhan tambahan agar tampil lebih kece ajah! Semoga Mba Liza berkenan dengan tulisan ini, yaaa!

Catatan review blog sahabat,
Al, Margonda Residence, 6 April 2016



28 comments

  1. Waduh, jadi jiper dikomenin mbak alaika kalo udah nyerempet alexa, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.... Biar lebih rajin bergerak agar ramping non alexanya, mba. :)

      Delete
  2. Aku ngiriii dgn kesuksesan mbak liza dlm nulis yg sdh sukses mendunia, ditayangkan di media cetak nasional kan bs dibilang mendunia kan? Sdh punya buku pula...top deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. You..., keren ya Mba Liza. Aq juga ngiriii juga salut! Hehe

      Delete
  3. nama Mba Liza, gak asing lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Blio keren ya? Kudu ditiru nih management waktunya.

      Delete
  4. Makasih banget masukannya mbak Al.
    Iyaaaa blogku memang unyu banget. Baru pasang domain jan 2016. Dan belum ngerti soal DA dsb xixixi
    (Emak lemot)

    Tapi insyaAllah saya mau belajar ah. Belajar sama mbak Al yaaa...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Liza, semoga berkenan yaaa. :)

      Yuk, sama2 belajar kita, Mba.

      Delete
  5. Lengkaaap, Mak, keren review Mb Alaika ;-)

    ReplyDelete
  6. Mbak Liza emang mom yg keren banget. Udad gak asing lagi dengan prestasi2 nulisnya :)
    Btw review Mbak Alaika komplittt ttg blognya MomaLiza. Jempol, deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, Mba Liza emang mami yang keren ya, management waktunya luar biasa deh. :)
      Thanks untuk pujiannya, Mba Diah. :)

      Delete
  7. Belajar cara review blog dr mba al, oooh gitu toh caranya, hihihi ..siap utk kocokan yg ketiga, nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, masing-masing orang punya cara sendiri, Mba. Mangga kalo ingin coba cara yang ini. :)

      Delete
  8. Ikutan jawab, dulu templatenya udah asik kok. Entah kenapa kok diganti-ganti. -,- Ini domain sejak 2016. :D

    ReplyDelete
  9. keren nih mba liza karyanya udah banyak yang dimuat di media cetak ternyata :)

    ReplyDelete
  10. Wow anak 6 tapi produktif banget, saya anak satu aja blog lumutan ga bisa ngatur waktu. :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, banyak anak tak menjadi penghambat kreatifitas lho!

      Delete
  11. Lengkap banget ulasan, Mbak Al. Saya jadi tau tentang disclosure :D

    ReplyDelete
  12. ulasan macam tulisan Mbak Alaika ini, bikin pemilik blog jadi tahu apa yang bisa dibenahi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, semoga pemilik blognya berkenan menerima masukan. :)

      Delete
  13. aahhh...emang yaa inspiratif banget emak satu niy..
    kereeen..

    ReplyDelete
  14. Wah... harus diet beneran nih Mbak Liza.
    Mbak Al... diet blog, aku sudah. Diet badan kok sulit ya? Seneng lihat body mbak Al yg ramping.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, aku justru kudu diet blog ini, Mba. :) Kalo diet body, jarang banget. :)

      Delete