Menu
/

Infeksi Saluran Kemih (ISK). Wanita, memang kerap sekali dikunjungi oleh penyakit yang satu ini. ISK adalah momok. Populer dengan nama anyang-anyangan dan selalu ditakuti karena kalo sudah menyerang maka sakitnya minta ampun. Pernah, dulu banget, saat masih duduk di bangku SMP kelas akhir, kalo ga salah, aku terkena penyakit ini. Rasanya? Duuuh, sakiiiiit. Trauma. Obatnya pun, belum secanggih yang sekarang ini. Puluhan tahun lalu itu, ibuku membeli ramuan kumis kucing yang dibeli dari toko shinshei (orang Tionghoa). Saking sakitnya, aku sampai sekarang masih ingat banget ini rasa sakitnya gimana.

Shinsheinya sih bilang, anyang-anyangan ini disebabkan oleh ketidakbersihan saat membilas, dan kebiasaan menahan pipis. Iya, sih, kalo urusan menahan pipis, aku emang jagonya. Apalagi jika kebelet pipis itu saat tengah malam, kala kantuk mendera. Males donk untuk bangun dan berjalan ke toilet, jadi aja aku menahannya hingga pagi hari. Dan ternyata, lama kelamaan kebiasaan ini membuat pipis jadi mampet, mandeg dan ga tuntas. Ujung-ujungnya, sakitnya minta ampun, deh! Sampe nangis bombay ala anak SMP (kan emang masih SMP kala itu).

Beranjak dari pengalaman itu, aku kapok! Ga pernah lagi berusaha untuk menahan pipis, walau kadang-kadang terpaksa juga, tapi was-wasku luar biasa jika harus melakukan aksi tahan pipis seperti ini. Parno kisah lama terulang kembali. Untungnya, enggak. Sungguh, aku benar-benar trauma.

Blogger Gathering di Harris Hotel Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Blogger Gathering & Talkshow
Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih pada Wanita
Bersama dr. Boy Abidin, SpOG (K)

Sengaja jauh-jauh berangkat dari Bandung, untuk mengikuti acara ini. Blogger Gathering & Talkshow yang digelar oleh Uricran pada hari Sabtu, 26 Mei 2018, bertempat di Harris Hotel Kelapa Gading, Jakarta Utara, dengan menghadirkan dr. Boy Abidin, SpOG (K), yang ternyata, ya ampun, tampannya melebihi dari yang terlihat di TV. Eits, beneran, loh! 😀😁

Tak hanya itu, pembawaannya juga luwes, dan sukses menarik minat untuk secara serius memperhatikan apa saja yang diinfokannya.

dr OZ

"Jangan anggap enteng penyakit anyang-anyangan, loh!"  dr. Boy memulai presentasinya dengan kalimat yang tegas setelah terlebih dahulu memperkenalkan diri. Lalu dengan santai si dokter tampan yang terlihat muda ini, meminta ke kami in case ada yang bisa sharing tentang pengalaman menderita serangan anyang-anyangan ini.

Ternyata, sobs! Banyak, loh, teman-teman yang hadir pernah mengalami serangan anyang-anyangan ini.

"See? Anyang-anyangan memang kebanyakan menyerang wanita," lanjutnya, "namun juga bisa terjadi pada anak-anak dan wanita menopouse. 50 hingga 60% dari penderita infeksi saluran kemih adalah wanita, anak-anak dan wanita menopouse, namun ini tak berarti bahwa kaum pria terhindar dari infeksi saluran kemih." Ulangnya lagi.

Hm, berarti, siapa pun, berpotensi donk untuk terkena serangan infeksi saluran kemih ini? Yes! Tak salah lagi, sobs!

Infeksi Saluran Kemih itu sendiri, adalah suatu infeksi yang disebabkan oleh KOLONI KUMAN di saluran kemih, yang masuk secara hematogen (aliran darah) dan ascending (menjalar ke atas). Hm..., ngeri juga, ya?

Lalu, kenapa kebanyakan sasarannya adalah para wanita? Menurut dr. Boy, hal ini terjadi karena saluran kemih kaum wanita lebih pendek dibanding kaum pria. Selain itu, dikarenakan wanita memiliki 3 saluran pembuangan yang saling berdekatan, sehingga bisa saling menebarkan kuman. Lihat foto di bawah ini, deh!

Urinary System
Penyebab utama anyang-anyangan ini adalah bakteri E.Coli. Infeksinya bisa dimulai dari ginjal (ISK bagian Atas) namun juga bisa dari bawah (melalui vagina). Anyang-anyangan ini, jika tidak segera ditangani dengan baik, akan menjurus ke penyakit infeksi saluran kemih, yang bisa menjadi penyakit yang berpotensi berulang.

Gejala Penyakit Anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih.

Gejala ISK bagian Bawah.

Pasti banyak yang sudah familiar dengan gejala serangan anyang-anyangan kan, sobs? Yup, ditandai dengan keinginan untuk pipis namun susah keluar dan bahkan tidak tuntas, menimbulkan rasa sakit pada ujung pipis terakhir yang tak tuntas itu. Selain itu, penderitanya juga merasa ga sanggup menahan kebelet pipisnya, sehingga keburu ngompol sebelum sempat sampai ke toilet. Gejala ini biasanya terjadi pada wanita yang sudah menopouse, sih.

Pada perut bagian bawah juga terasa nyeri. Terkadang disertai dengan demam ringan dan timbul rasa tak enak badang.

Gejala ISK bagian Atas.

Jika ISK telah menjalar hingga ke atas, maka penderita akan mengalami demam tinggi, menggigil, hilang nafsu makan, mual - muntah dan merasakan nyeri pada pinggang (lokasi ginjal).



Adapun penyebab timbulnya Anyang-anyangan dan ISK ini adalah:

1. Jenis Kelamin (Wanita lebih beresiko mengidap penyakit ini)

Seperti yang telah disinggung di atas, maka wanita memiliki persentase lebih tinggi terhadap serangan penyakit ini. Hal ini disebabkan karena letak bakteri E.Coli yang biasanya berada pad anus, lebih dekat ke saluran kandung kemih, sehingga resiko terinfeksi oleh bakteri ini pun menjadi jauh lebih besar.

2. Keputihan

Ini juga menjadi penyebab terjadinya anyang-anyangan. Keputihan adalah disebabkan oleh Bakteri Chlamydia, yang jika sampai masuk ke dalam saluran kemih akan dapat menimbulkan infeksi. Hikss. ngeri ya?

3. Kurang Minum

Nah, ini!
Fungsi air minum tak hanya mengeluarkan racun dari dalam tubuh, tapi juga membantu mengeliminasi bakteri dari saluran kemih. Jika tubuh kurang cairan, maka produksi urine semakin sedikit dan bakteri pun tak bisa terbuang sempurna dari saluran kemih.

4. Kebersihan Organ Intim yang tidak terjaga dengan baik.

Masih banyak wanita yang alpa atau lengah dalam menjaga kebersihan organ intimnya. Cukup dengan membilas sekedarnya, dengan arah belakang ke depan, sering menjadi penyebab utama terjadinya serangan anyang-anyangan. Hal ini tentu disebabkan oleh penyebaran bakteri E.Coli yang tersapukan dari anus ke kemaluan, sehingga menginfeksi saluran kemih.

Selain itu, penggunaan celana dalam hingga lama (tidak diganti), juga menjadi penyebab saluran kemih terinfeksi.

5. Menopouse

Kok bisa? Iya, bisa donk. Menopouse adalah suatu kondisi di mana terjadinya pengurangan hormon estrogen pada saat seorang wanita memasuki usia menopause. Kekurangan hormon estrogen ini, membuat sistem kekebalan pada saluran kemih juga menurun sehingga lebih rawan terkena infeksi.

6. Menahan Keinginan Buang Air Kecil

Ini juga gawat!
Kegiatan menahan urine ini akan menyebabkan urine tertahan lama dalam saluran kemih, dan ini berpotensi dalam melipatgandakan jumlah bakteri sehingga resiko terserang anyang-anyangan pun meningkat.

7. Penggunaan Produk Pembersih dan Pantyliner

Modernisasi dan kepraktisan telah menggoda para wanita untuk membersihkan organ intim dengan sabun yang bukan termasuk sabun khusus itupun. Selain itu, penggunaan pantyliner juga menjadi sebuah kebutuhan dalam kehidupan yang serba modern dan praktis.

Padahal praktek di atas, jelas mengandung sisi negatif. Penggunaan sabun pembersih yang kurang tepat, justru bisa berefek mematikan bakteri baik, yang justru diperlukan untuk menjaga kelembaban organ intim. Begitu juga dengan penggunaan pantyliners, justru akan membuat kelembaban organ intim terganggu, dan juga menghalangi sirkulasi udara karena terhalang oleh pantyliners.

8. Aktivitas Seksual.

Bakteri penyebab infeksi saluran kemih biasanya hidup pada perineum atau daerah yang berada di antara anus dan uretra. Aktivitas seksual dapat menyebabkan bakteri ini terangkut ke dalam kandung kemih apalagi jika malas untuk membersihkan organ intim setelah selesai berhubungan. Nah, kudu rajin bebersihan, after the show ya!

9. Kehamilan

Kondisi kandungan yang kian membesar membuat janin makin menekan kandung kemih sehingga keinginan buang air kecil pun semakin meningkat. Aktivitas berkemih yang semakin sering membuat kondisi kelembaban di sekitar organ intim juga semakin meningkat sehingga membuat bakteri mudah berkembang biak dan menginfeksi saluran kemih. Selain itu hormon kehamilan juga membuat perubahan pada kondisi saluran kemih sehingga lebih rentan terinfeksi.

Cara Mencegah Anyang-anyangan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari serangan anyang-anyangan, dan juga menghindari terjadinya ISK, di antaranya adalah:
  1. Mengkonsumsi air putih minimal 2-3 liter perhari. Usahakan sudah minum air putih ini sebelum haus, loh! Jadi si tubuh ga sempat merasakan kekurangan air.
  2. Jagalah kebersihan organ intim, jangan sering menggunakan larutan pembersih yang berupa sabun biasa, karena pHnya tidak sesuai, hindari juga penggunaan pantyliner.
  3. Jangan menahan pipis!
  4. Gunakanlah undies (pakaian dalam) yang berbahan katun.
  5. Konsumsilah buah cranberry.
Tentang Buah Cranberry dan Manfaatnya.

Sekilas, dr. Boy menjelaskan bahwa buah cranberry itu punya manfaat yang banyak sekali untuk menghindari bahkan menyembuhkan anyang-anyangan. Dia dapat mencegah menempelnya bakteri E.Coli pada dinding sel epitel saluran kemih kita, dan membuang si bakteri itu bersama urine. Adapun kandungan buah cranberry ini sungguh luar biasa, loh! Coba deh baca uraiannya di caption ini.

Prive Uricran
Gambar diambil dari website http://uricran.id.
Apalagi keberadaannya tuh di Eropa dan Amerika. Yaaa, walau pun banyak juga sih tumbuh di negara Asia. Namun buah yang biasanya tumbuh besar dan siap dipanen di bulan Oktober ini, kan ga selalu ada, dan mencarinya itu di manaaa? 

Uricran
Gambar diambil dari website http://uricran.id.
Cranberry dan Efeknya bagi Penyembuhan Penyakit Anyang-anyangan

Nah, kabarnya, nih, buah cranberry ini efektif banget dalam menyembuhkan penyakit anyang-anyangan, loh! Caranya cukup dijus dan diminum sebanyak 2 gelas per hari selama 10 hari. 

Etapi, di mana menemukan si buah cranberry ini, Al?

Tenang, sobs! Sekarang ini sudah ada yang siap saji (dalam bentuk sachetan), loh! Jadi tinggal minum. Praktis dan efektif kan?



Jadi tuh, seperti yang diuraikan pada websitenya Uricran, bahwa dari dulu tuh cranberry ini sudah digunakan untuk berbagai macam pengobatan penyakit. Ini dikarenakan kandungannya yang amat sangat beragam dan manfaatnya yang tinggi terhadap penyembuhan berbagai penyakit. Beberapa tahun terakhir ini, buah cranberry juga populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, cegah sariawan, dan sebagai antioksidan. Ektraknya pun kini mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih.

Lalu, pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Perancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kemih. Dibuktikan dengan 4 uji klinis acak sempurna yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi saluran kemih.

Nah. Jadilah kini si buah cranberry sebagai sang idola, penyembuh dan pencegah infeksi saluran kemih.

Bentuknya kini pun praktis. Kita ga perlu nyari buahnya yang entah di mana, lalu membuatnya sebagai jus. Kini tersedia dalam bentuk kapsul dan powder sachetan, loh! Tinggal pilih. Kalo aku, sih, senang yang sachetan, jadi kayak minum jus. Hehe.

Uricran dalam bentuk Kapsul

Uricran dalam bentuk Powder, tinggal seduh.

Warna merahnya itu menyegarkan banget, ya, sobs? Nah, sekarang udah ga takut lagi akan serangan penyakit anyang-anyangan kan? Sudah ada Prive Uricran yang siap untuk menghalaunya. Etapi, tetap loh, jaga kesehatan dengan menerapkan 6 poin Cegah Anyang-anyangan di atas!

Semoga informasi ini bermanfaat, ya! Thanks dr. Boy untuk pencerahannya! Selfie dulu ah sama si doktor tampan ini.

Catatan penting tentang serangan anyang-anyangan
Al, Bandung,  30 Mei 2018
2 comments

Penting banget menjaga saluran bagian ini ya Mbak Al. Apalagi untuk perempuan. Karena sangat riskan.

Reply

Ahhh ini andelanku banget mba, secara aku kalo capek dan jalan jauh kadang suka kena anyang2an...

Reply