Archive for July 2016
Menu
/ /
Membaca judulnya saja, kuyakin banyak dari Sobats tercinta sudah familiar akan siapa wanita cantik yang kali ini akan jadi tamu istimewa di My Virtual Corner ini khaaan? Yup, Liza Fathia, tentu bukan blogger yang asing di mata maupun telinga Sobats semua. Blogger Aceh yang utamanya berprofesi sebagai dokter ini, udah malang melintang di dunia perblogingan sejak tahun 2006, lho! Hayyah, bahkan lebih duluan dibanding eikeh, bo'. Hehe.

Sayangnya, aku sendiri baru mengenal Liza justru setelah say good bye to Aceh dan mandah ke Bekasi, sehingga jalinan pertemanan yang kian akrab itu tak gampang bermuara pada kopi darat, dikarenakan keberadaan kami yang begitu jauh antara satu sama lain. Ya iyalah, satu di Aceh dan satunya lagi saat itu di Bekasi. Etapi, itu tentu bukan menjadi penghalang bagi kami untuk saling terhubung, chitchat dan berdiskusi banyak hal tetap jalan berkat kecanggihan teknologi informasi yang kian membahana.

Liza Fathia, begitu wanita muda ini dipanggil, bernama lengkap Liza Fathiarini, kelahiran Tangse, sebuah daerah dingin di kabupaten Pidie, Aceh. Lagi lagi, kami memiliki kesamaan ternyata, selain sama-sama hobi menulis dan gemar berkomunitas (aku dan Liza sama-sama dinobatkan menjadi penasehat pada Komunitas Gam Inong Blogger/Komunitas Blogger Aceh), ternyata kami juga sama-sama berdarah Pidie, dan sama-sama ga pelit, ya, Za. Haha. Kayaknya kalo anekdot ini cukup kita-kita atau orang Aceh saja yang tau lah yaaa. *bikin kepo yang baca, ah!

Well, so far, ada yang belum familiar dengan bu dokter cantik, mama dari Naqiya dan istri dari Bang Martunis yang adalah juga seorang dokter ini?

Hm, jika masih ada dan pengen mengenalnya lebih jauh, yuk, keep your eyes on my paragraphs below karena kita akan kupas tuntas tentang bu dokter yang kini sedang menjalani masa baktinya di Kabupaten Abdya (Aceh Barat Daya) ini, yuk!

Seramoe Liza

Selaku orang Aceh, so pasti aku paham banget makna dari judul blognya Liza, donk! Seramoe means teras atau serambi, yang menjadi tempat bagi Liza untuk berbagi kisah inspiratifnya mau pun sekedar curcol melalui tulisan. Emang apaan aja yang ditulis bu dokter cantik ini di dalam blognya? Nulis tentang apaan aja sih, Mba Liza itu, Al? 

Hm, seperti terlihat pada tampilan blognya yang aku skrinsut di atas, terlihat aneka kategori yang dipilih Liza untuk memilah postingan-postingan di blognya. Ada tentang traveling, life story, health, opini, hingga ke job review yang dinamai 'advertorial' tuh di menu navigasinya. Keren yak?
Selain itu, tagline pada blognya Liza juga kece punya, lho! Lihat deh, tuh tagline 'a Lifestyle and Travel Blogger' terlihat kece menegaskan arah blogging yang dipilih Liza.

Bermain-main di blognya Liza memang mengasyikkan. Selain templatenya yang clean minimalis, dengan tampilan slidernya yang kece, menu navigasi yang lengkap dan jelas, maka daya tarik lainnya yang bikin betah adalah banyaknya artikel inspiratif dan informatif yang menggoda untuk diubek-ubek. Tak heran jika statistik blog dokter cantik ini juga menakjubkan, dan sering mengundang agency/brand untuk mengajaknya bermitra. Ga percaya? Yuk, kita lihat infografis dari Seramoe Liza berikut ini, yuk!


Input for Seramoe Liza

Hm. Susyeh, euy! As this blog is almost perfect, I didn't find any room for improvement that I have to mention, lho! Iya, beneran, deh, blognya Liza tuh udah kece banget. Menu navigasi udah komplit. DA/PA udah kece. Visitor banyak. Update rajin. Apalagi yaa? Oh iya, mungkin alexanya yang mulai melebar di atas angka 5 ribuan itu yang saat ini kudu jadi perhatian agar lebih sempurna, ya, Za. Sama seperti alexa My Virtual Corner nih, yang mulai melebar lagi, dari 250 ribuan kini malah udah di angka 350 ribuan. Hadeuh, bikin ngenes. Etapi, bener sih, akunya jarang BW akhir2 ini, jadi alexa mulai melebar deh. Yuk, Za, kita diet agar jeng alex apik maning, yuk! Hehe.

Kalo input lainnya, sepertinya ga ada euy. Penasaran akan blog dan blogger kece ini? Yuk, langsung ke tekapenya di sini, ya! Atau ingin cari informasi sekitar masalah kesehatan, bisa juga langsung melipir ke blog Liza yang bertajuk www.dokterliza.com ini, lho!

catatan review blog sahabat,
Al, Margonda Residence, 24 July 2016

,
Read More
/ /
Berbagi/sharing (hal-hal yang positif) pastinya akan sukses bikin hati happy. Merasa begitu juga kan, Sobs? Ada buncah bahagia manakala kita melihat sunggingan senyuman sebagai buah dari sesuatu yang kita bagikan pada seseorang? Yup, berbagi, selain bernilai ibadah yang pastinya beroleh pahala, efek langsungnya yang paling nyata kita rasakan adalah itu tadi, hadirnya bulir-bulir bahagia yang mengisi relung hati tatkala sesuatu yang kita bagikan itu bermanfaat bagi orang lain.

Dan..., bicara tentang berbagi, malam ini, sambil istirahat, aku ingin bercerita tentang seorang sahabat blogger, yang mendapat giliran untuk diulas sebagai buah dari Arisan Link yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network. Yup, pasti masih familiar kan, ya? Bahwa BP menyelenggarakan arisan link, yang terdiri dari 6 kelompok beranggotakan masing-masing kurang lebih 30 orang peserta. Setiap PIC masing-masing kelompok akan mengundi ke 30 nama peserta di kelompoknya setiap dua mingguan, dan nama yang muncul sebagai pemenang, akan mendapatkan satu atau lebih link menuju blognya dari peserta lainnya. Tak hanya link, namun peserta lainnya akan menuliskan tentang dirinya (si pemenang arisan) atau pun blognya sehingga akan menambah khasanah informasi tentang dirinya di dunia maya, yang tentunya akan memberi efek positif bagi blog yang dikelolanya maupun dirinya sendiri.

Well, back to the topic. Siang ini, aku ingin cerita tentang Mba Diah Kusumastuti, ibunya Faiq dan Fahima, yang hobi menulis dan mulai ngeblog sejak akhir 2012 yang lalu. Baginya, menulis adalah sebagai salah satu bentuk refreshing jiwa dan juga sebagai sarana untuk memacu otak agar tetap bekerja. Hm, cakep! Sepakat pake banget, Mba Diah. Saya juga meyakini hal yang sama, bahwa writing is a self-healing, juga sebagai sarana mencatat dan menuangkan apa yang terkandung di dalam pikiran, untuk bisa dilihat dengan jelas dan gamblang, dan membantu kita tetapkan langkah dalam mewujudkannya. *Hayyah, jadi panjang. Hihi.

Blogger perempuan yang berdomisili di Sidoarjo ini dengan low profile-nya bilang begini, Sobs, 'saya tuh masih belum pinter-pinter banget ngeblognya!'
Aku jelas ga percaya lah, ya! Bukan apa-apa, Sobs. Kalo belum pinter ngeblog masak bisa sering-sering gitu jadi juara blogging contest? Hehe. Lihat aja hasil screenshot di bawah ini, deh.
Diah Kusumastuti
Tuh khaaan? Gimana kita mau percaya bahwa dirinya newbie? Hehe.

Lalu, Mba Diah tuh suka nulis apa aja sih di blognya, Al? Sama seperti blog-blog lain ga? Atau blog ber-niche? 

Hm, baiklah. Bicara tentang blog content, yuk kita intips dan ulas blognya Mba Diah, yuk!

Diah Kusumastuti

Yup, seperti terlihat pada gambar di atas. Judul blognya Mba Diah, yang juga familiar dengan nama panggilan Deka ini adalah Berbagi Cerita. Jadi tanpa ditulis pun, sudah tersirat lah ya, jika Mba Diah menciptakan blog ini sebagai ajang baginya berbagi cerita, ya tentang apa saja, mulai dari pengalaman (kisah keseharian), kisah bersama ananda tercinta, mau pun topik-topik lain yang melintas di hati. Jadi bicara kategori, blog Berbagi Cerita masuk pada kategori Lifestyle lah, ya, Mba Diah? Campur-campur semua deh ada di sini, hehe. Sama atuh seperti blog saya www.alaikaabdullah.com yang adalah juga berkategori lifestyle. Hidup lifestyle!

Dan..., masuk ke statistic of the blog nih, Sobs. Yuk, kita lihat performa umum dari blognya Mba Diah ini, yuk!
Nah, based on the infographic above, secara keseluruhan bisa kita simpulkan bahwa blognya Mba Diah udah lumayan pake banget, ya, Sobs? Hanya kudu diet lagi agar Jeng Alexa meramping. Salah satu tips paling jitu adalah blogwalking ke blog/situs yang DA/PA nya sudah tinggi dan meninggalkan jejak di sana, deh, Mba. Katanya sih begitu. Dan salah satu blog yang udah tinggi DA/PA nya itu adalah blog saya, lho! Uhuk, langsung batuk-batuk. Hihi.

Masukan/Room for Improvement.

Hm, masukannya apa ya?
Ah iya, tadi waktu bicara template, aku tuh ingin ulas sedikit tentang pemilihan warna background baik outer background maupun main background-nya. Tentunya udah pada ngeh donk jika mata kita akan merasa nyaman untuk berlama-lama di sebuah web/blog yang menyajikan layout/template yang simple, dengan warna background secara umum adalah putih atau warna terang yang tidak mencolok, bentuk font yang ga neko-neko alias tidak alay, dan pernak-pernik/widget yang minimallis. Sepakat?

Nah, kalo aku yang jadi Mba Diah, agar visitor betah dan nyaman, aku akan pilih outer background berwarna broken white atau abu-abu muda banget, dan ga akan pakai image hutan dan pepohonan itu. Bukan apa-apa, suka sih go green, tapi entah karena mata tuaku yang gampang lelah, sehingga suka kurang nyaman kalo melirik ke outer background-nya yang menyajikan warna hijau tua dedaunan dan pepohonan ituh. Ini jika aku jadi Mba Diah, lho, ya. *angelsmile

Masukan lainnya...?
Hm, untuk menu navigasi, akan sangat membantu jika 'kategori' dari artikel di masukkan ke dalam tab menu, deh, Mba. Jadi visitor akan mudah untuk ngubek-ngubek content blognya Mba. Ini jika berkenan lho, ya. Take it easy, jangan dilakukan jika memberatkan. Hehe.

Masukan lainnya, kayaknya cukup dulu, deh! Semoga berkenan di hati ya, Mba Diah. Mohon maaf yang sebesar-besarnya jika terkesan sok keceh, sama sekali ga ada maksud menggurui, lho. Hanya sekedar ingin mengulasnya versi Alaika Abdullah ajah! :) Happy Blogging and keep blogwalking, Mba Diah! Semoga blognya makin keceh! 
See you on the next post, dear Fellows!

Tertarik untuk membaca profile blogger lainnya?
Yuk, intips di sini, deh!
Liza A Prijanto
Meriska PW
Windy Ghemary
Afifah Mazaya
tulisan spesial arisan link, Diah Kusumastuti,
Al, Margonda - Depok, 10 July 2016







Read More
/ /
Sejak bekerja di tempat yang baru ini, rasanya suka nyesek gimanaaaa gitu deh, Sobs! Eits, jangan salah dulu. Nyeseknya itu karena waktu yang tak lagi flexible seperti saat masih tinggal di Bandung. Kalo dulu tuh, ya, karena bosnya adalah sohib sendiri, jadi ijin untuk kabur beberapa jam atau setengah harian masih dengan gampang diakses lah! Ini..., NO More! Ya, namanya juga kerja, pasti Sobats juga merasakannya lah, ya, bahwa tak mudah bagi kita untuk 'lari' sejenak guna mengikuti agenda lain yang ga ada kaitannya dengan urusan kantor. Ya kalo mau, palingan sih ambil cuti. Nah, masalahnya adalah, since I just started to work here, belum setahun, jadi si cuti belum lahir deh.

Well, back to the topic, Ngabuburit Bareng Blogger Jakarta. Nah, ini apalagi. Kesempatan untuk bisa ngabuburit bareng teman-teman blogger tuh sejauh ini baru juga tiga kali, Sobs! Ngenes banget khaaan? Alasannya? Ya itu tadi, seringnya di Bandung dan pada hari kerja, ya jelas aja eikeh ga bisa ikotan dunk, ah! Aih, gemes banget deh lihat sohib-sohib blogger Bandung *lirik Nchie Hanie, Efi Fitriyah, Bang Aswi dan lainnya tuh yang pada happy-happy berbuka puasa bareng, sementara eikeh? Ora iso! Hiks...

Ngabuburit Blogger Jakarta
Namun akhirnya, kesempatan itu datang juga, Sobs! Tiga hari lalu dapat undangan dari BCA untuk ikutan gathering bertajuk Ngabuburit Bareng Blogger Jakarta. Sebelumnya acara yang sama juga sudah pernah diadakan di Bandung, dan tempat lainnya sih, dan akhirnyaaaa.... eikeh bisa ikotan, nih, Sobs! Happy rasanya ngebayangin bisa ketemuan dengan teman-teman blogger yang udah lama ga ketemu. Yah, yang namanya blogger, mau blogger Bandung or Jakarta or dari mana pun, tentu bikin happy lah kalo bisa gathering. So, mumpung pulang kerja jam 3 masih berlaku, maka aku pun ga melewatkan kesempatan ini, Asyiiik!

Hari H, at the TKP. 

Dengan mengandalkan waze, si navigator sejati, berhasil juga aku mencapai tekape, Cafe Ocha dan Bella, Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 10 Jakarta Pusat, tepat waktu. Beberapa teman blogger yang sudah duluan tiba, terlihat sedang take action (pepotoan di depan welcome board) yang dijaga oleh dua jin-jinan ala negeri seribu satu malam. Yang satu berwarna kuning berkilau dan yang satunya lagi berwarna biru gemerlap. Asyiknya lagi, beberapa properti disediakan untuk kita begayaan. Tak hanya itu, lho, penyelenggara juga menyediakan photographer untuk capturing sekaligus cetak langsung foto kece kita bersama kedua jin-jinan itu. Seru deh!
Gimana, Sobs? Lucu yaaa?


Serunya Ngabuburit Bareng Blogger

Bukan acara blogger donk namanya jika di dalam setiap ngumpul bareng ga ngadain yang namanya sharing? Makanya, dipandu duo MC kocak yang selalu mengundang tawa dan bikin semangat di jam-jam kritis (lagi lemes-lemesnya berpuasa) itu, dua agenda bagi-bagi ilmu pun digelar. Adalah Mas Reza Sadha yang didaulat untuk berbagi cerita setelah acara dibuka terlebih dahulu oleh Bapak Iwan, salah satu manager di Bank Central Asia (BCA), yang menjelaskan bahwa acara ini digelar dengan tujuan untuk mengajak para blogger turut serta mengedukasi masyarakat tentang layanan-layanan perbankan (BCA) era digital yang bisa diakses dan digunakan demi kenyamanan dan keamanan ber-banking. Beliau juga menjelaskan bahwa acara serupa juga sudah dilaksanakan di dua kota lain yaitu Bandung dan Medan, serta akan segera menyusul di Makasar nantinya.

Acara selanjutnya adalah cuap-cuap sharing dari Mas Reza Sadha, Vlogger ngehits yang berbagi kisah tentang perjalanan awalnya hingga sukses berjaya di dunia vlogging. Hayo, pada mupeng kan untuk tau lebih lanjut cuap-cuap Mas Reza?

Apa sih Vlog, Vlogging dan Vlogger itu? 

Vlog adalah sebuah video yang bercerita tentang kehidupan/lifestyle, opini, minat atau hal lain yang disajikan di dalam sebuah blog.

Vlogging adalah kegiatan membuat Vlog, sementara Vlogger adalah si pembuat Vlog atau orang yang membuat vlog.

Cukup jelas ya, Sobs?

Terus, cerita apa aja nih si Mas Reza, sang  Vlogger ngehits yang punye subscribers hampir 60 ribuan orang tu?  *Halah, kok nyelip Malay mode on nih. 

Yup, Mas Reza bercerita tentang trend Vlogging yang kini sedang ngehits di Indonesia. Banyak blogger bahkan artis yang sudah mulai aktif bikin vlogger dan juga mengelolanya di youtube. Dan ini tentu bukan perbuatan yang sia-sia tapi justru menuai 'cring-cring' yang sangat menggiurkan, lho! Hayya..., mupeng khaaan? Jadi, selaku blogger, alangkah baiknya jika kita juga mulai menyelipkan Vlog di blog kita. Jangan ragu untuk memulainya, jangan minder dengan minimnya equipment yang kita punya, karena Mas Reza sendiri pada awalnya bikin vlog juga pake kamera hape, lho! Baru lah setelah sekian lama, mulai nyicil beli equipment lain yang lebih mumpuni.

Blio juga berbagi tips gimana ngeboost vlog agar bisa mencapai banyak viewer/subscriber. Yaitu dengan sering-sering share vlog kita itu ke akun medsos teman-teman kita, dan minta mereka juga untuk subscribe. Hehe. Malu, atau takut bikin eneg teman-teman kita? Ya, ngeshare-nya pake etika lah, jangan keterlaluan atuh. Satu lagi tips jitu yang dibagikan oleh Mas Reza di dalam membuat vlog adalah, bikin dulu konsepnya, sehingga terarah dan fokus. Jangan lupa, judul dan caption yang menarik juga menjadi daya tarik utama dalam menarik viewer, lho!

Sakuku, aplikasi kece dari BCA

Usai presentasi dari Mas Reza, waktu dan kesempatan diberikan ke Mas Prima Utama, yang mewakili BCA memperkenalkan aplikasi baru yang tak kalah kece, luncuran dari BCA. Sebelumnya, sudah sering sih lihat opsi Sakuku di bagian menunya internet banking BCA, tapi aku ga begitu tertarik untuk mengeksplorenya, karena menurutku, ya, paling juga sebuah aplikasi semacam m-banking BCA gitu deh. Etapi, ternyata, Sobs! Setelah mendengar penjelasan dari Mas Prima yang rada kocak ini, aku langsung jadi mupeng. Ini aplikasi kece badai dan helpful banget, deh! Bayangin, Sobs, cukup dengan menginstallnya di HP kita, berbekalkan nomor HP kita pula, maka kita sudah memiliki akun sakuku, yang bisa kita isi rupiah untuk kita transaksikan di mana diperlukan. Misalnya nih, saat kita ketinggalan dompet, tapi kudu bayar transaksi. Ga perlu panik, cukup login ke Sakuku, dan pilih opsi bayar transaksi, maka barang-barang yang ingin kita beli itu tadi pun, resmi berpindah ke kita karena pembayaran telah dilakukan melalui Sakuku. Keren yaa? Itu baru satu contoh, Sobs! Untuk info lebih detail, ceki-ceki info grafis yang satu ini, deh! Dan jika mupeng sepertiku, langsung deh ke Apps store or Playstore untuk mengunduh dan menginstallnya, ya!
Sakuku

Nah, Sobs, bener khaaan? Sakuku tuh emang berguna banget. Dan karena kedua narsum telah usai cuap-cuap sharing his valuable information, maka reportase ala Alaika Abdullah ini aku akhiri dulu, ya. Semoga ada manfaat yang bisa dipetik dari kunjungan Sobats untuk baca-baca di halaman ini. See you in the next post, dear fellows!

sharing knowledge from the event of Ngabuburit bareng Blogger Jakarta,
Al, Margonda Residence, 30 Juni 2016
Read More