Cantik itu adalah Jika Kita Mampu Berlapang Dada

Cantik itu adalah jika kita mampu berlapang dada. Berlapang dada, tentu bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi mengingat kita adalah manusia yang juga memiliki unsur api. Yang memiliki ego yang tanpa disadari justru sering muncul ke permukaan untuk melindungi dan membela sang pemilik jiwa raga.

Yes. Pasti pernah donk mengalami situasi yang secara spontan membuat emosi jiwa menggelegak? Paling sering sih, jika apa yang sudah kita coba kerjakan dengan baik, justru diunder-estimate atau diremehkan, padahal kita sedang berupaya untuk menyelesaikannya dengan baik. Nah, saat-saat seperti itu, tentu tanpa kita mampu mengontrol, ada emosi jiwa yang mulai membara. Ya, setidaknya menghangat dan bikin darah mulai panas. Pernah alami hal seperti ini, donk?

Aku juga pernah, bahkan sering. Namun seiring dengan berjalannya sang waktu. Jiah.... #faktor U. Emosi jiwa itu mulai aku latih untuk bisa dikendalikan dengan baik. Walo terkadang juga sering gagal, sih. Namun kenapa sih kita harus dan harus terus mencoba mengendalikan si emosi jiwa ini, agar tak sembarang menggelegak apalagi muncul ke permukaan?

Yuk, kita kupas tuntas beberapa poin di bawah ini, sebagai alasan utama mengapa kita harus mampu berlapang dada.

1. Berlapang dada akan pancarkan aura cantikmu

Yup. Bener banget. Tak mudah memang. Tapi efeknya itu, lho! Langsung bikin hati adem, legowo, lapang. Beban berat, amarah yang menggelegak, pasti akan sirna jika tahapan berlapang dada sudah mampu kita raih. Dan, jika level ini sudah mampu kita capai, percaya deh sama aku, aura cantikmu akan bersemburat cahaya. Begitu juga sebaliknya, secantik apapun wajah kita, jika dikuasai oleh emosi yang meledak-ledak, pasti, orang akan takut karena wajah kita menjadi gahar, sangar. Iya kan, Sobs?

 2. Memudahkan akal sehat untuk mencerna dan merencana

Iya, donk. Hati yang lapang, tentu akan membuat pikiran tenang. Efeknya? Berfikirpun akan lancar. No doube akan hal ini, kan, ya? Apa yang tadinya terasa pelik, Insyaallah akan terlihat mudah karena kita sudah bisa berfikir dengan tenang, dan bisa memetakan persoalan dengan lebih jelas, sehingga solusinya pun akan lebih mudah dicari.

3. Berlapang dada akan lancarkan segala usaha yang sedang kita

Selanjutnya, dengan ketenangan yang hadir mengisi hati, akibat dari kemampuan kita berlapang dada tadi, tentunya akan lebih mudah bagi kita dalam melaksanakan segala langkah atau usaha yang telah kita susun. Lebih mudah pula bagi kita untuk mengevaluasinya, karena kita sudah berbekal dada yang lapang dalam menghadapi setiap rintangan yang menghadang.

Nah, Sobats, itu baru tiga poin dari keuntungan yang dapat kita peroleh dengan berlapang dada. Memang, tak mudah. Apalagi jika sedang disulut oleh emosi, namun dengan berusaha melatih diri, pasti deh, lambat laun kita akan mampu menguasainya. So, yuk, menjadi cantik dengan melatih diri berlapang dada. 
Emangnya kamu udah bisa berlapang dada, Al? Hm, belum selalu, sih. Kadang-kadang masih suka tandukan juga, euy! Etapi, aku sedang berlatih untuk mampu berlapang dada, lho! 

Kalo, kamu, Sobs?
tips cantik ala Alaika Abdullah,
Bandung, 7 December 2016

22 comments

  1. Setuju mba karena memang biasanya dari hati dan fikiran ngaruh ke fisik klo kita legowo ikhlas senyumanpun merekah nambahin hormon endorfin mengalir :)

    ReplyDelete
  2. Setuju. Cantik adalah ketika hati kita bersih. :)

    ReplyDelete
  3. Intinya, pancarkan senyum keikhlasan. ^_^

    ReplyDelete
  4. Bisa memancarkan inner beauty dan membuat aura kita nggak suram. Mengolah hati dan pikiran ternyata banyak manfaatnya, ya?

    ReplyDelete
  5. Lapang dada memang indah. Selain membuat tampak cantik juga menghindarkan dari stres

    ReplyDelete
  6. Semoga kita semua termasuk orang2 yang legowo. :D

    ReplyDelete
  7. iya, kesabaran mba Al itu lho...yg memancarkan aura keteduhan

    ReplyDelete
  8. berlatih utk lapang dada adalah latihan yg gak akan pernah kelar... :) Tapi harus dilakukan supaya kening gak berkerut dan tidak kebanyakan mikir yg sebenarnya gak perlu dipikirin :)

    ReplyDelete
  9. yang penting keep smile ya bun :D

    ReplyDelete
  10. ya mbak..ini pesan ibuku banget, berbesar hati dan berlapang dada

    ReplyDelete
  11. Setujuuu. Kalau dari dalamnya udah bagus dan hati cantik pasti akan memancarkan ke aura luarnya #tsahh
    Tapi mbak al memang cantik dan kekinian kok:D

    ReplyDelete
  12. Kalau hatinya enteng nggak ada,beban, ikhlas, kecantikan yang terpancar dari luar pun bakalan paripurnah yah kak al:D

    ReplyDelete
  13. Kliatan mudah mba buat berlapang dada, tapi susah dilakukan mba Al. Tapi aku percaya itu memang buat kita jadi makin cantik :)

    ReplyDelete
  14. SETUJU banget mba!
    cantik dengan berlapang dada :))

    ReplyDelete
  15. Berlapang dada kadang membutuhkan waktu. Itu lebih baik daripada sok berlapang dada tapi sebenarnya hati tidak pernah bisa menerima

    ReplyDelete
  16. Setuju.. Gak gampang ya Mbakk buat legowo.
    Tapi yang penting selalu positif thinking and pandai menempatkan diri.

    ReplyDelete
  17. Modis mba Al, bisa berlapang dada kemenangan bagi saya, tapi lebih sering ga bisa.

    ReplyDelete
  18. Well said, mba Alaikaaa!
    Makasi banget tips praktisnya yah :)

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  19. Kalau saya tergantung, mba, haha... Ada orang yang ketika dia ngomong lantas saya diam, dia langsung nyadar. Ada pula yang mulutnya makin menjadi, ya keluar deh dampratan saya, haha... Emang sulit banget kalau buat saya berlapang dada...

    ReplyDelete
  20. Berlapang dada emang susah, apalagi ikhlas huhuhu

    ReplyDelete
  21. iya mbak setuju, dengan berlapang dada kita jadi legawa dan bisa memunculkan aura positif kita sehingga kita lebih adem melihat sesuatu dari segala sudut pandang

    ReplyDelete