I am an Indonesian Blogger! | My Virtual Corner
Menu
/
Sebagai blogger sejati, yang di dalam jiwanya tergila-gila untuk menulis dan mencoba berbagi (informasi, inspirasi hingga ke curcol biasa), sebenarnya sudah sejak kemarin hati ini pengen banget menuliskan postingan khusus untuk menyambut dan menyemarakkan hari blogger nasional ini. Namun apa daya, terkadang harapan memang jauh dari kenyataan. *tsaaah.

Inginnya sih posting, etapi, pekerjaan kantor duduk manis untuk dilakoni satu persatu. Yo wes, azas profesionalitas harus banget dikedepankan. Maka, alih-alih bikin postingan ini, maka artikel inilah yang justru tayang cantik kemarin.

Dan, hari ini, walo telat satu hari, ga papa donk, hak sang blogger untuk publish the article in celebrating the Indonesian Blogger Day masih aku kantongi lah, ya? So, today, aku tuh pengen banget melihat ke belakang. Ke rentang waktu di mana mulai ngeblog secara otodidak, hanya mengikuti naluri dan sumringahnya rasa hati, karena menemukan sebuah media unik (buku digital) di mana aku bisa menuangkan isi hati dan buah pikiran, tanpa bayar alias gratis pula! *Haha, jiwa emak irit banget eikeh, ya, Sobs? Hihi. Pikiran bahwa dari blog sebenarnya kita bisa hasilkan income, masih jauh banget dari pengetahuanku. Taunya pengen nulis, bahkan bikin satu blog khusus untuk fiksi saking hobbynya aku menghayal menulis fiksi.

Selanjutnya, masa itu, belum booming akan banyaknya komunitas blogger atau memang akunya yang kudet? Entahlah, merasa seorang diri di Banda Aceh sana, dan ga ngerti yang namanya blogwalking. Aih, culun amat, ya, Alaika masa itu? Taunya, habis posting, ya sudah, diem. Sempat sedih, kok ga ada yang komen, sementara blog-blog orang lain kok pada banyak komennya. Haha. Hingga kemudian, aku ketemu blognya Kang Rahman, yang memberikan tutorial kece dan bikin aku melek utak atik template. Lalu ketemu blognya beberapa teman lainnya yang hingga kini menjadi sahabat maya dan nyata.

Tak terasa, blogging sejak 2009 itu memang membuatku terasah dan terlatih menyusun kata, merangkai kalimat, dan memiliki ciri khas tersendiri, yang Alhamdulillah membuat teman-teman cukup hapal akan tulisanku, sehingga sekali dua kali, ada teman yang langsung ngeh, jika tulisanku dicopas seseorang dan nongkrong cantik di web/portal berbayar, dan melaporkannya padaku untuk ditindaklanjuti. Atau bahkan ada yang hapal jika artikel yang sedang menjadi guest post di sebuah blog adalah milikku, tanpa mereka perlu melihat nama authornya. Aih, jadi terharu.

Dan, dalam rangka memperingati hari Blogger Nasional ini, aku juga mau ikutan perhelatan yang sedang diadakan oleh Blogger Perempuan Network ah. Udah pada tau donk jika BP lagi ngadain event My Favorite Blog Post, di mana kita diminta untuk memilih 5 buah blog yang kita sukai, mengulasnya kenapa kita menyukainya dan akhirnya memilih satu di antaranya untuk kita berikan award berupa banner kece persembahan BP? Yup. Dan..., berikut adalah 5 nama pemilik blog beserta alamat blognya dan ini alasan aku menyukainya.


1. Una Wibawa

Blog dan gaya Una bercerita di blognya ini khas anak muda banget, dengan judul yang aku suka heran kenapa Una menamainya demikian. Kepo akan judulnya? Silakan langsung klik link di atas dan lihat sendiri, deh!
Una, adalah blogger pertama yang kopdar denganku, setelah kami saling blogwalking. Rasanya excited banget, deh! Iya donk, blogger dari Aceh, yang di sana ga kenal blogger lainnya, akhirnya saat dinas yang ke sekian kalinya ke Jakarta, aku dan Una berhasil ketemuan. Dan rasanya sesuatu banget! *Una, walo kini kita udah jarang saling blog walking, you and your blog still nicely in my mind, lho!

2. Ririe Khayan

Ririe adalah orang kedua yang (sayangnya kopdarnya malah belakangan) langsung akrab melalui dunia blogging denganku. Kami sering berbalas kunjungan, saling berteman di FB, dan chit chat via yahoo messenger! What? Yahoo messenger? Yes, jadi bisa nebak2 donk jaman kapan ituh? Hihi.

Sama dengan Una, blognya Ririe juga bertema lifesytle. Dan jika kepo akan blognya, bisa baca-baca reviewku yang kece *uhuk di postingan ini, deh.
Berciri khas akan penggunaan kata 'Bismillahirrahmanirrahim' setelah paragraf intro. Unik.

Dan walo kini kami jarang sekali saling blogwalking, karena kesibukan masing-masing yang kian bikin semaput, namun, tetap, secara batin kita masih well connected, kan, Rie? *kedip2 cantik.

3. Stupid Monkey

Aku yakin, tak banyak yang tau persis nama asli Mas Stupid Monkey ini. Dan walo kami berempat (aku, Una, Ririe) mengetahuinya, kami telah komit untuk tetap merahasiakannya sesuai permintaan Mas A*** 'Ops, sensor!
Mas Stupid Monkey ini baik banget. Oh iya, kami membentuk sebuah grup chat di yahoo messenger dan berinteraksi aktif kala itu. *Kala itu, haha. Kopdar dengannya, kalo ga salah ingat sih, barengan Una, ya, Na? Baru kemudian saat Ririe ke Jakarta dan akunya sudah tinggal di Bekasi, kita kopdar berempat, dan, sumpah, itu seru banget! Hello, kalian masih ingat, enggak, tuh, Un, Rie dan Mas A***?

Blognya Mas Stupid Monkey itu, boleh kepoin langsung ke link di atas, tuh, Sobs. Oya, Mas Stupid monkey adalah designer cover novel Selingan Semusim milikku. Background gunung Rinjani dicaptured langsung oleh cameranya saat blio sedang berada di sana. *Indahnya persahabatan!

4. Pakdhe Abdul Cholik.

Siapa yang tak kenal blogger sepuh tapi penuh karya yang satu ini. Pensiunan dengan pangkat Brigadir Jenderal TNI ini, sungguh 'membumi'. A very awesome and humble blogger! Tak hanya itu, humoris dan 'ngayomin' menjadi ciri khasnya. Berkunjung ke blognya, selalu berhasil bikin kita senyam senyum oleh gaya penceritaannya yang humoris dan menggelitik.
Kopdar pertama dengannya saat aku sudah pindah ke Bekasi, dan blio mengundang para blogger Jakarta-Bekasi untuk kopdaran. Kesan pertama? Begitu menggoda asyik, ramah dan humble. Kopdar selanjutnya adalah di Bandung, kita bareng blogger Bandung ke Floating Market Lembang. Seru! As always jika ketemuan sama Pakdhe.

Kami saling mengendorse buku. Sayangnya aku baru menelorkan satu novel, si Pakdhe sudah menelorkan buku yang tak ingin aku hitung lagi saking banyaknya dan ituh bikin iri! Haha. Salut deh dengan semangat, Pakdhe. Blognya juga jangan ditanya, selalu ramai oleh pengunjung baik yang organik mau pun para sahabat yang bersilaturrahmi. Keren!

5. Lidya Fitrian 

Pasti tak asing dengannya, ya, Sobs? Ibu dari 2 putra ini terkenal rajin sekali blogwalking, walo sering banget komennya itu pendek banget, hehe. Suka gemes emang, karena aku berharap komen yang lebih panjang. Haha. Pernah aku cetuskan keinginan ini, sih, namun, kayaknya Mba Lidya memang senang dengan komentar yang netral dan aman ajah. :) Kesan yang tak terlupa adalah ketika mba Lidya menemaniku belanja di sebuah pasar, dan terjadi negosiasi yang lumayan alot antara aku dan penjual, yang akhirnya aku memutuskan ga jadi beli dan jutek. Haha. Masih ingat itu kah dikau, Mba Lyd?

Blog Mba Lidya bertema Lifestyle namun lebih ke parenting, deh, begitu kan, Mbak Lyd? Gaya penceritaannya juga khas, dan senang berbagi kisah tentang kedua putranya yang memang cerdas, lucu dan gemesin.

6. Nchie Hanie

Dan..., walo ketentuannya adalah memilih 5 blog, kayaknya aku terpaksa sedikit melanggar aturan ini, deh. Karena ada 7 bog dan pemiliknya yang begitu berkesan saat pertama kali aku hijrah dari Aceh ke kota besar ini. Baik ke Bekasi maupun ke Bandung.

Yup, bertemu Nchie pertama kalinya, juga via blog. Kami saling blogwalking. Kian intens dan saling mengenal karakter pribadi justru melalui tulisan-tulisan di blog juga. *the power of blogging

Dan kopdar untuk pertama kalinya sungguh unik. Nchie 'menemukan'ku dan tak percaya bahwa itu aku, suatu siang, di jalan raya (tepatnya jalan Rajawali Barat). Saat itu Nchie dan Olive sedang motoran ke suatu tujuan, dan percaya ga percaya saat melihat seseorang berjaket orange sedang main hape di jalan itu. Kok mirip Mba Al! Langsung deh dia menelpon untuk konfirmasi. Dan, YES! It was Me! Nchie surprised knowing that I moved to Bandung already. Dan, kami mengagendakan untuk kopdar setelahnya. Bertemulah aku dengan Nchie, plus teh Dey, Erry, dan Ima Dapur Hangus. Sungguh, pertemuan yang tak akan terlupakan. Again, *the beauty of blogging - minjem kalimatnya Om NH.

Blog Nchie bertema Lifestyle, dan sebagai orang yang akrab dengan dunia SEO, jangan heran jika blognya sangat famous dan trafficnya bejibun! Keren deh. Kepo? Langsung aja klik link di atas untuk bersilaturrahmi di sana, ya!

7. Al-Amry - the Man and the Moon

Mas yang satu ini, sudah lama hiatus (2014). Namun tetap hidup di ingatanku, karena Mas Amry adalah orang pertama yang menyelamatkan blogku saat terdeteksi 'the blog has been delated'. Siapa yang ga panik coba, saat login dan mau posting, eh malah muncul notif bahwa blog kita telah dihapus. Panik donk, dan karena Mas Amry lebih duluan aku kenal (via blog) daripada Mas Stupid Monkey, maka Mas Amry menjadi orang pertama yang aku called begitu notifikasi mengerikan itu muncul. Dan, oleh Mas Amry, blogku diselamatkan. My Virtual Corner pun terselamatkan dan mengudara hingga hari ini.

Walo lama hiatus, dan belum pernah kopdar sama sekali, bukan berarti Mas Amry yang kini kian sibuk ini tak bisa dijangkau. He is still reachable manakala aku membutuhkan. Jiah, jadi kalo ga butuh ga nyolek? Ho oh! Takut mengganggu, Mas!

Nah, Sobats, itulah ke tujuh blogger yang memberikan kesan mendalam di ingatanku. Dan bertepatan dengan hari Blogger Nasional ini, aku sih sebenarnya pengin ngasih My Favorite Blog Award banner untuk ke tujuhnya. Namun karena memang diharuskan memilih salah satunya, maka, dengan penuh hormat dan kerendahan hati, aku mempersembahkan Banner Award-nya untuk yang paling sepuh dan paling produktif deh, ya!

And..., the banner goes to.... Pakdhe Abdul Cholik. Pakdhe, please kindly to accept the banner and keep writing, productive and inspiring, ya! My best wishes are for you, Budhe, Emak and all of the family. Aamiin. 

Teruntuk Pakdhe Abdul Cholic, banner ini aku persembahkan. Monggo, Pakdhe... 

Well, Sobs, akhir kata, untuk Sobats semua, seluruh blogger Indonesia,
  HAPPY INDONESIAN BLOGGER DAY, ya! 
Let's keep writing and inspiring!

Alaika on the occasion of Indonesian Blogger Day
Bandung, 28 Oktober 2016



29 comments

Wow, terima kasih awardnya yang jempolan.
Dengan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya saya terima award prestisius ini dengan kepedean yang luar biasa.
Keep blogging
Good luck
Salam sayang dari Jombang

Reply

Iyaaapp Mbak,
Kita bertemu via blogging, saat komunitas belum banyak (atau kita yg mmg tdk tahu kala itu). Kita ngeblog yg penting nulis, posting dan bligwalking, dan interaktif tertinggi ya ke blog Una, Mbak Al, dan Mas stumon. Upss iya, sama mas Al Kahfi, demikian beliau nama akrabnya kala itu.

Reply

jadi ingat cerita kalian berempat bareng Idah ke Dieng
he..he... seru banget, ririe yang dari Banyuwangi sana, dari Bandung, dari Jakarta ketemunya di Dieng

Reply

Pakde memang TOPBGT mba Al, semangatnya patut di contoh :) Sebagian besar saya sdh tau blogger di atas, walaupun blm pernah tatap muka

Reply

Selamat ya, asyik-asyik... Selamat Hari Blogger Nasional 2016

Reply

ada kata " kala itu"<---- berarti memang sdh tenggelam nyata ya sy ini dengan hiatus nya :( oh iya mbak ririe saya masih al kahfi kok,,,:)

Reply

waah malah sdh lama yaa kenal Una sm mab Ririe... ternyata dunia blogging sempit yaa...dia dimana kita di mana bs ketemu di blog hehe

Reply

Pakdhe EEmang keren. Suka deh dengan semangatnya. Anak muda jangan mau kalah. Hihiii

Reply

Mbak Alaikaaaa... pas Justika pengen ngobrol-ngobrol cuma akunya buru-buru jugak T__T jadi ya udah deeeh. Kapan-kapan ketemu lagiiii :9

Reply

Wahhh Pakde dapat award lagi. Salut sama komitmen dan konsistensinya Pakde di jagad blog. =)

Reply

5 dari ketujuh blogger itu saya tau. Tinggal 2 lagi, nih. Berkunjung ah ke blognya :)

Reply

Sama Una kemarin ketemuan di Uangku - BP. Semoga saya nanti bisa ketemuan dg mba Alaika juga di event BP selanjutnya :)

Reply

Blog yang sangat familiar memang :)

Reply

Semangat Pakdhe emang keren, harus ditiru nih ya mbak
Bt2 dr ketujuh blog itu kyknya yg no 7 baru tau, ntr berkunjung ah TFS

Reply

selamat hari blogger untuk sobat blogger semua ... semoga semua makin sukses nulis blognya

Reply

kapan ya blog aku masuk ke dalam list ini ,,, hehehehe

Reply

haha makin bangga jadi blogger indonesia :D

Reply

makin semangat buat jadi bloger sperti kakak-kakak di atas, mudah-mudahan jdi blogger fropesional dan bisa berbagi ke semua orang...

Reply

Seneng banget emang ngeblog, bisa banyak teman meski di dumay...dan seneng tak terkira bila teman di dumay itu bisa ketemu di dunia nyata...woilaaa....

Reply

seneng ngliat persahabatan yg selalu terjaga, smoga sterusnya sperti itu.

Reply

dengan ngeblog kita bisa berbagi cerita dengan kawan-kawan yang lain, semoga kita bisa bisa menjadi orang yang bermanfaat ya

Reply

Yang lebih penting dari nge-blog adalah ... kita bisa bermanfaat untuk orang lain yang mungkin 'nyasar' ke blog kita karena butuh sesuatu. he he he

Reply

Yang penting ngeBlog itu bermanfaat.
Lebih penting lagi, jadi amal jariyah. :D

Reply

Ngeblog tuh bisa jadi lahan amal jariyah asal menulisnya dengan ikhlas

Reply

dan kesemunya itu ternyata kereeen

Reply

semuanya udah terkenal dan hasil karya mereka keren-keren dan menginspirasi.

Reply

i am lampung blogger, salama kenal

Reply