Solusi Cerdas di ujung Jemari

beli pulsa online
Solusi Cerdas di Ujung Jemari

Hari ini, pengen cerita tentang hal yang bener-bener bikin mati gaya. Mati gayanya gara-gara kehabisan pulsa, nih, Sobs! Pasti pernah donk ngalami momen tragis nyebelin seperti ini? Lagi di jalan, tiba-tiba kudu nelpon seseorang yang memang ga bisa dihubungi lewat koneksi data internet (whatsapp, telegram, atau messenger lainnya) karena si orang yang ingin kita hubungi itu memang cuma bisa dihubungi pake saluran telepon. Nah, kalo udah begini situasinya, rasanya emang bener-bener mati gaya, deh, yaaaaa!

Aku sendiri termasuk yang sudah jarang menggunakan pulsa telepon untuk berbicara dengan seseorang. Karena mostly the contact numbers on my phone tuh udah menggunakan WA, telegram atau setidaknya FB Messenger, deh, sehingga komunikasiku dengan orang-orang yang ada di kontak list itu, sudah lebih mudah dan irit. Ya melalui fasilitas salah satu messenger itu, deh. Namun, berkomunikasi dengan ibu atau ayah, terkadang, mereka itu ga selalu terhubung dengan paket data lah, ya. Sehingga ada masa di mana mereka tuh ga bisa dihubungi melalui telegram/WA. Yaaa, namanya juga orang yang udah sepuh, teteup aja lebih suka bicara melalui telepon daripada ketak ketik sampe jari keriting di atas layar hape yang luasnya tak seberapa ituh. Hehe.

Gawat, Setrikaanku di rumah masih terhubung ke listrik!

Kejadiannya baru tiga hari lalu, jadi masih fresh banget di ingatan dan bikin suasana gimanaaa, gituh. Baru saja turun dari komuter line, dan akan lanjut ke halte busway untuk perjalanan selanjutnya ke kantor. Dan ingatanku melayang ke setrika yang kabelnya masih tersambung cantik ke saklar listrik, karena aku lupa mencabutnya dan pastinya si setrikaan masih nyala donk hingga saat ini. Hadeuh, panik donk. Etapi..., ga boleh panik, Al. Keep calm..., tenang, batinku menenangkan diri, padahal hati udah dag dig dug juga sih. 

Duh, gimana ini? Masak harus pulang lagi ke apartemen, sih? Bisa telat donk eikeh. Pak Bos bisa manyun dan ga enak banget ntar mukanya. Etapi, sik..., sik, kan ada ibu dan ayah di apartemen. Sip. Tinggal telpon aja dan minta tolong ayah atau ibu untuk nyabut colokannya. Aman, dah! Problem solved, lah, yaaa. 

Namun, Sobs! Siapa coba yang ga kesel ketika nomor sudah di-dial, eh ternyata pulsa eikeh kagak cukup, bo'! Sebel kan? Huft. Tapi hari gini, apa sih yang ga mudah? Segala transaksi sudah bisa dilakukan dari ujung jemari khaaan? Maka, aku pun melipir ke pinggiran, cari tempat duduk biar aman bertransaksi. Biasanya sih, aku beli pulsa online tuh via internet banking ajah. Gampang dan mudah. Tinggal buka halaman net banking via hape, siapkan tokennya, masukkan data transaksi dan proses. 

Etapi, Sobs! Coba, deh. Token biru, si alat perang utama untuk transaksi net banking yang aku simpen di dalam pouch tempat aku menaruh alat tulis, kok malah ga kebawa! Pouchnya tertinggal di meja kerja, di rumah. Hadeuh, emang lah yaaa, kalo udah ada kendala yang satu, kendala yang lain pasti mengikuti, deh! Hiks.... sebeeeel! Setrikaan masih menyala...., token net banking ga kebawa, pulsa ga bisa diisi.... hayyah! Perfecto! Panik? Ga boleh, atuh lah! Harus tenang. Hehe.

Banyak jalan menuju Roma, toh? Dan beli pulsa kan ga hanya bisa melalui net banking, bisa juga di mart-mart terkemuka kan? Bisa juga ke teman yang jualan pulsa. Etapi, ada yang lebih praktis lagi sekarang, mah! Beli pulsa juga udah bisa di toko online yang menyediakan fasilitas ini, lho! Tapi bayarnya kudu piye? Kan masalahnya ga bawa token, gimana mau net banking, sementara aku ga aktifkan fasilitas m-banking?

Bisa lho, beli pulsa online di toko online dan bayarnya via mart terkemuka lainnya. 

Yup, kecanggihan teknologi memang diperuntukkan untuk memudahkan para penggunanya, lho! Dan toko online yang satu ini, termasuk salah satu yang memanjakan customernya dengan berbagai cara. Salah satunya ya ini, memberi keleluasaan bagi customernya dalam memilih metode pembayaran. Lupa bawa token? Masih bisa bayar via mart terkemuka. Asyik. Kalo beli pulsa di mart terkemuka kan bisa juga toh, Al? Ga perlu kerja dua kali, langsung aja beli di sana.  

Bisa, sih. Tapi terkadang kan kudu ngantri juga waktu masukin data transaksinya. Kalo kita ke martnya hanya untuk bayar aja, kan udah saving waktu, udah motong step entry data. Iya, toh? 
Nah, maka aku milih untuk beli pulsa via toko online ini, deh. Stepnya juga gampang banget, lho!
Beli pulsa online di tokopedia

Dan untuk kasusku, yang lupa bawa token sehingga ga bisa melakukan pembayaran via net banking, aku pilih metode pembayaran via indomaret deh, karena mart yang satu ini ada di stasiun di mana aku berada saat itu. Sip. Caranya gampang banget, lho! Seperti yang aku bikin di info grafis di atas, tuh, Sobs!

Alhamdulillah, kepanikan hari itu berakhir smoothly. No more tragedy and all of my activities conducted positively. Kalo kamu, pernah alami hal-hal yang bikin mati gaya? Share donk di kolom komentar....
catatan kecil,
Al, Bandung, 28 September 2016

37 comments

  1. alhamdulillah... Apa-apa skrg bisa lebih mudah slagi bisa dimanfaatin dg baik ya mbak. hhee

    Kira2 klo transfer dri M-banking juga bisa nggak mbak bayar pulsa onlinenya? hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, skrg ini jaman kemudahan. Kita dimanjakan oleh kecanggihan tekhnologi informasi yang begitu menyenangkan, ya, Rihmah. Asalkan kita bijak aja menggunakannya. :)

      Hm, bisa kok via m-banking, cuma aku ga aktifkan m-banking sih, lebih nyaman net banking.

      Delete
  2. Kl aku mati gayanya, mba Al.. langsung telp suami via wa lalu minta transfer pulsa.
    Hiihhii...

    *ga kreatif yaa mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, masalahnya kalo spt kasusku ini lho, pulsa ga cukup bahkan untuk sms doank. Gimana ga mati gaya? Hihi...

      Delete
  3. wah...keren emang jaman sekarang ya mbak, apa2 kok mudah banget gitu ya, tapi sayangnya aku lumayan gaptek, sering ketinggalan inpo, nah ini untungnya BW2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya. Aku suka bilang ini sebagai jaman kemudahan. Serba canggih, asalkan kita bijak aja memggunakannya, maka akan amanlah. :)
      Semoga bermanfaat sharingnya, ya!

      Delete
  4. Aku masih sering pakai pulsa telepon mba. Sering suka dengar suara orang tercinta via telpon
    Asyik ya sekarang tak perlu ribet lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalo sama suami dan intan malah suka oake voice chat, mba Alida. Jadi suara mereka bisa diulang2. Hehe.

      Delete
  5. Kalo aku, minta tolong suami ato ga k warung deket rumah :D next boleh dicoba nih, tfs mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, judulnya, teteup pake jasa orang tersayang, ya, Teh? Hehe. Asyiknya...

      Delete
  6. Saya semenjak punya token selalu ngisi via internet banking mbak, praktis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga, Mba Titis. Praktis banget emang pake net banking. Etapi, kalo kelupaan bawa token, net banking pun tak akan bisa digunakan kecuali untuk cek saldo rekening doank, kan? Hehe.

      Delete
  7. Beli pulsa online di toko online? Sekarang ini semua serba onlinw ya Mba..

    ReplyDelete
  8. kemudahan tekhnologi, sangat membantu buat yang mau belajar, btw, kenapa ndak pake Internet Banking aja mbak, kan lebih mudah, daripada harus bawa2 alat token? kan ribet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya saya memang pake net banking, Mas Yadi. Tapi kali ini, tokennya ketinggalan di rumah, dan kehabisan pulsa. Terpaksa deh cari cara lain yang lebih mudah, seperti di atas ituh. :)

      Delete
    2. Lha, internet banking kan pake token? Maksud mas Yudi pake m-banking kali, ya? Nah, kalo m-banking, saya kurang suka aja sih, takut kalo hp hilang atau apa, datanaya terserap orang. Jadi saya lebih memilih pake internet banking aja. :)

      Delete
  9. Terakhir kali beli pulsa di counter entah kapan taun, udah nggak pernah lagi. Soalnya selalu ada pengalaman buruk mas-mas penjual pulsanya malah sering iseng nge-smsin. Akhirnya lebih milih beli pulsa secara online. Praktis dan gampang banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, mas2 nya suka ambil kesempatan dalam kesempatan, yaaa. Bukan kesempitan. Hihi.
      Beli online juga lebih cepat prosesnya, ya, Mba?

      Delete
  10. Wah makin mudah aja nih ya beli pulsa mba Al

    ReplyDelete
  11. Pernah mbak, dan bingung karena nggak tahu ada pulsa online. Eh itu udah kejadian lima tahun yang lalu sih. Dan juga hal penting, lupa nancepin kabel magic com. Ntar bau dong nasinya, hiksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, kalo lima tahun lalu, mungkin juga belum secanggih sekarang ya, Mba Wati? Jadi kayaknya kemudahan beli pulsa scr online juga belum secanggih skrg kali, ya?
      Hehe, pulang2 nasi udah berubah baunya, donk? Dasar ya, kita ini, balada emak2. :D

      Delete
  12. Aku baru kemarin kejadian Mba Al. Tapi lebih paraah, karena hpku mati pas pulang dari Makassar ke Palopo. Akhirnya tebelin muka pinjem hp supir taksi buat ngabarin suami kalau aku baik-baik aja dan mau naik bis :v.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah.... itu emang parah banget, Mba Rotun. Haha. Ngebayangin Ekspressi Mba Rotun minjem hape ke supir taksi. Etapi, mau gimana lagi, yak? Untung supir taksinya punya pulsa. Hihi

      Delete
  13. Waah, ada toko online yang bisa untuk beli pulsa...semakin memudahkan ya, Mbak...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Nurul. Sekarang mah, apa2 udah gampang. Asalkan kita bijak dan paham aja menggunakannya, agar tak termanfaatkan oleh teknologi. Hehe.

      Delete
  14. wkwkwk jd keinget dri sendiri, aku tu punya kebiasaan buruk gak ngisi pulsa, abisnya klo di rumah cukup pakai wifi :))
    Begitu keluar rumah pas butuh telepon krn gak ada jaringan inet kelabakan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ituh! Aku pernah beberapa kali seperti ini, Mba April. Karena di rumah pake wifi, jadi nyantai aja. Sampai lupa beli kuota, kirain masih ada. Dan begitu keluar rumah, baru deh mati gaya. Hehe

      Delete
  15. Aku belom pernah beli pulsa online cyin, paling banter via internet banking aja.

    Ntar kapan2 aku coba aah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang paling asyik tuh beli pulsa pake net banking, sih, cyin. Tapi kalo dadakan dan lupa bawa token, drpd ngantri di mart, mending beli online dulu, baru bayarnya di mart, jadi lebih saving time. :)

      Delete
  16. Apa-apa serba online sekarang ya Mbak. Kalau saya seringnya pake e-banking aja, udah lama juga gak pernah dateng ke konter pulsa. Lalu Mbak, di sini gak ada mart, :(

    ReplyDelete
  17. tips-tips kaya gini harus dibaca berulang-ulang biar hapal... biar kalo kejadian bener bisa langsung ingat,karena biasanya panik duluan...

    ReplyDelete
  18. Memang enakan jaman sekarang ya mbak serba mudah dan praktis lagi dan cepat juga gak seperti dulu yang kalau ada perlu harus pakai surat (untuk orang jauh) dan nunggu balasannya juga harus nunggu berhari hari tapi kalau sekarang mah muantappp.

    ReplyDelete
  19. jaman sekarang makin mudah aja, mau apa-apa gak perlu keluar rumah, tinggal manfaatin fasilitas yang udah ada. tinggal pencet layar HP semua yg kita inginkan bisa cepat dan mudah.

    ReplyDelete
  20. Wuih bisa dicoba nih, Mba Al.
    Kadang suka gitu, pas mau pake mobile banking kan pulsa abis. Pake net banking, eh token ketinggalan. huhuhuu

    ReplyDelete