Ngabuburit Bareng Blogger Jakarta

Sejak bekerja di tempat yang baru ini, rasanya suka nyesek gimanaaaa gitu deh, Sobs! Eits, jangan salah dulu. Nyeseknya itu karena waktu yang tak lagi flexible seperti saat masih tinggal di Bandung. Kalo dulu tuh, ya, karena bosnya adalah sohib sendiri, jadi ijin untuk kabur beberapa jam atau setengah harian masih dengan gampang diakses lah! Ini..., NO More! Ya, namanya juga kerja, pasti Sobats juga merasakannya lah, ya, bahwa tak mudah bagi kita untuk 'lari' sejenak guna mengikuti agenda lain yang ga ada kaitannya dengan urusan kantor. Ya kalo mau, palingan sih ambil cuti. Nah, masalahnya adalah, since I just started to work here, belum setahun, jadi si cuti belum lahir deh.

Well, back to the topic, Ngabuburit Bareng Blogger Jakarta. Nah, ini apalagi. Kesempatan untuk bisa ngabuburit bareng teman-teman blogger tuh sejauh ini baru juga tiga kali, Sobs! Ngenes banget khaaan? Alasannya? Ya itu tadi, seringnya di Bandung dan pada hari kerja, ya jelas aja eikeh ga bisa ikotan dunk, ah! Aih, gemes banget deh lihat sohib-sohib blogger Bandung *lirik Nchie Hanie, Efi Fitriyah, Bang Aswi dan lainnya tuh yang pada happy-happy berbuka puasa bareng, sementara eikeh? Ora iso! Hiks...

Ngabuburit Blogger Jakarta
Namun akhirnya, kesempatan itu datang juga, Sobs! Tiga hari lalu dapat undangan dari BCA untuk ikutan gathering bertajuk Ngabuburit Bareng Blogger Jakarta. Sebelumnya acara yang sama juga sudah pernah diadakan di Bandung, dan tempat lainnya sih, dan akhirnyaaaa.... eikeh bisa ikotan, nih, Sobs! Happy rasanya ngebayangin bisa ketemuan dengan teman-teman blogger yang udah lama ga ketemu. Yah, yang namanya blogger, mau blogger Bandung or Jakarta or dari mana pun, tentu bikin happy lah kalo bisa gathering. So, mumpung pulang kerja jam 3 masih berlaku, maka aku pun ga melewatkan kesempatan ini, Asyiiik!

Hari H, at the TKP. 

Dengan mengandalkan waze, si navigator sejati, berhasil juga aku mencapai tekape, Cafe Ocha dan Bella, Jalan K.H. Wahid Hasyim No. 10 Jakarta Pusat, tepat waktu. Beberapa teman blogger yang sudah duluan tiba, terlihat sedang take action (pepotoan di depan welcome board) yang dijaga oleh dua jin-jinan ala negeri seribu satu malam. Yang satu berwarna kuning berkilau dan yang satunya lagi berwarna biru gemerlap. Asyiknya lagi, beberapa properti disediakan untuk kita begayaan. Tak hanya itu, lho, penyelenggara juga menyediakan photographer untuk capturing sekaligus cetak langsung foto kece kita bersama kedua jin-jinan itu. Seru deh!
Gimana, Sobs? Lucu yaaa?


Serunya Ngabuburit Bareng Blogger

Bukan acara blogger donk namanya jika di dalam setiap ngumpul bareng ga ngadain yang namanya sharing? Makanya, dipandu duo MC kocak yang selalu mengundang tawa dan bikin semangat di jam-jam kritis (lagi lemes-lemesnya berpuasa) itu, dua agenda bagi-bagi ilmu pun digelar. Adalah Mas Reza Sadha yang didaulat untuk berbagi cerita setelah acara dibuka terlebih dahulu oleh Bapak Iwan, salah satu manager di Bank Central Asia (BCA), yang menjelaskan bahwa acara ini digelar dengan tujuan untuk mengajak para blogger turut serta mengedukasi masyarakat tentang layanan-layanan perbankan (BCA) era digital yang bisa diakses dan digunakan demi kenyamanan dan keamanan ber-banking. Beliau juga menjelaskan bahwa acara serupa juga sudah dilaksanakan di dua kota lain yaitu Bandung dan Medan, serta akan segera menyusul di Makasar nantinya.

Acara selanjutnya adalah cuap-cuap sharing dari Mas Reza Sadha, Vlogger ngehits yang berbagi kisah tentang perjalanan awalnya hingga sukses berjaya di dunia vlogging. Hayo, pada mupeng kan untuk tau lebih lanjut cuap-cuap Mas Reza?

Apa sih Vlog, Vlogging dan Vlogger itu? 

Vlog adalah sebuah video yang bercerita tentang kehidupan/lifestyle, opini, minat atau hal lain yang disajikan di dalam sebuah blog.

Vlogging adalah kegiatan membuat Vlog, sementara Vlogger adalah si pembuat Vlog atau orang yang membuat vlog.

Cukup jelas ya, Sobs?

Terus, cerita apa aja nih si Mas Reza, sang  Vlogger ngehits yang punye subscribers hampir 60 ribuan orang tu?  *Halah, kok nyelip Malay mode on nih. 

Yup, Mas Reza bercerita tentang trend Vlogging yang kini sedang ngehits di Indonesia. Banyak blogger bahkan artis yang sudah mulai aktif bikin vlogger dan juga mengelolanya di youtube. Dan ini tentu bukan perbuatan yang sia-sia tapi justru menuai 'cring-cring' yang sangat menggiurkan, lho! Hayya..., mupeng khaaan? Jadi, selaku blogger, alangkah baiknya jika kita juga mulai menyelipkan Vlog di blog kita. Jangan ragu untuk memulainya, jangan minder dengan minimnya equipment yang kita punya, karena Mas Reza sendiri pada awalnya bikin vlog juga pake kamera hape, lho! Baru lah setelah sekian lama, mulai nyicil beli equipment lain yang lebih mumpuni.

Blio juga berbagi tips gimana ngeboost vlog agar bisa mencapai banyak viewer/subscriber. Yaitu dengan sering-sering share vlog kita itu ke akun medsos teman-teman kita, dan minta mereka juga untuk subscribe. Hehe. Malu, atau takut bikin eneg teman-teman kita? Ya, ngeshare-nya pake etika lah, jangan keterlaluan atuh. Satu lagi tips jitu yang dibagikan oleh Mas Reza di dalam membuat vlog adalah, bikin dulu konsepnya, sehingga terarah dan fokus. Jangan lupa, judul dan caption yang menarik juga menjadi daya tarik utama dalam menarik viewer, lho!

Sakuku, aplikasi kece dari BCA

Usai presentasi dari Mas Reza, waktu dan kesempatan diberikan ke Mas Prima Utama, yang mewakili BCA memperkenalkan aplikasi baru yang tak kalah kece, luncuran dari BCA. Sebelumnya, sudah sering sih lihat opsi Sakuku di bagian menunya internet banking BCA, tapi aku ga begitu tertarik untuk mengeksplorenya, karena menurutku, ya, paling juga sebuah aplikasi semacam m-banking BCA gitu deh. Etapi, ternyata, Sobs! Setelah mendengar penjelasan dari Mas Prima yang rada kocak ini, aku langsung jadi mupeng. Ini aplikasi kece badai dan helpful banget, deh! Bayangin, Sobs, cukup dengan menginstallnya di HP kita, berbekalkan nomor HP kita pula, maka kita sudah memiliki akun sakuku, yang bisa kita isi rupiah untuk kita transaksikan di mana diperlukan. Misalnya nih, saat kita ketinggalan dompet, tapi kudu bayar transaksi. Ga perlu panik, cukup login ke Sakuku, dan pilih opsi bayar transaksi, maka barang-barang yang ingin kita beli itu tadi pun, resmi berpindah ke kita karena pembayaran telah dilakukan melalui Sakuku. Keren yaa? Itu baru satu contoh, Sobs! Untuk info lebih detail, ceki-ceki info grafis yang satu ini, deh! Dan jika mupeng sepertiku, langsung deh ke Apps store or Playstore untuk mengunduh dan menginstallnya, ya!
Sakuku

Nah, Sobs, bener khaaan? Sakuku tuh emang berguna banget. Dan karena kedua narsum telah usai cuap-cuap sharing his valuable information, maka reportase ala Alaika Abdullah ini aku akhiri dulu, ya. Semoga ada manfaat yang bisa dipetik dari kunjungan Sobats untuk baca-baca di halaman ini. See you in the next post, dear fellows!

sharing knowledge from the event of Ngabuburit bareng Blogger Jakarta,
Al, Margonda Residence, 30 Juni 2016

21 comments

  1. Vlog memang mulai jadi Tren ya, Mbak. Saya sendiri lagi belajar bikin VLog meski masih sedikit-sedikit. Tapi, yang sedang dan masih jadi rencana, pengen bikin book trailer ala ala, masih rencana aja. Hehe

    ReplyDelete
  2. saya juga punya channel masak2 gitu di youtube mbak Al, cuman belum sempet nyoba bikin vlog juga jadi pengen coba bikin vlog nih

    ReplyDelete
  3. pengen bikin vlog, masih mentok mau bikin apa, hihihihi ...

    ReplyDelete
  4. wah download aplikasinya ah, saya kan nasabah setia bca

    ReplyDelete
  5. Pengen bisa vlog tp blm ada ilmunya nih mbak alaika ...

    ReplyDelete
  6. Wah, acaranya seru ya mbak sambil belajar vlog juga dan perkenalan sakuku :)

    ReplyDelete
  7. Aku pengen belajar membuat vlog, mba. Alhamdulillah ada materi dan info dari mba Al. makasih mba

    ReplyDelete
  8. Wah bisa nyelamatin muka malu dong,andai mau bayar di kasir tiba2 lupa dompet. Hahaha

    ReplyDelete
  9. Melihat penjelasan Kak Al tentang Vlog ...
    jadi pengen juga nyoba

    Terima kasih sharingnya Kak

    Salam saya

    ReplyDelete
  10. Langsung nyari info komplit dg install aplikasi Sakuku, apalagi aku udah jadi nasabah BCA, Mba Al

    ReplyDelete
  11. vlog udah menjadi kebutuhan kita kayaknya ya...
    saya jg lagi belajar nih mbak...

    ReplyDelete
  12. Seruuu banget acaranya ya. Aku kemaren sempet diajakin Mbak Shinta tapi nggak bisa karena udah janji bukber sama temen yang baru pulang dari Aussie. Cukup baca-baca reportasenya aja deh buat mengobati.

    ReplyDelete
  13. Sebenarnya, pengin bikin vlog tentang acara ini. Tapi tak apalah, yang penting saya DP niatnya dulu, kakak. Pelunasannya menyusul. Jangan ditagih ya,kak Al

    ReplyDelete
  14. kemarin nyoba bikin Vlog pas untuk review.. eh.. ternyata salah posisi ngambilnya, dan nggak bisa ngedit. yasalam.. semoga lain kali sukses bikin Vlog :D

    ReplyDelete
  15. Ak lagi belajar bikin video mba al, hufff ribet banget lho ternyata, hebat ya youtuber itu bisa subs nya sampe puluhan ribu :D, yukk ngevlog jg mba al hhe

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  16. waaah unyu2 Mas Reza *dooh gagal pokus

    serunyaa sesi sharing vlog yaa, ahh aku masih ora mudeng, pengen belajar banyak lagii ahh..

    Senengnya yang kopdar bareng blogger jkt, seruuu yaa cyiin!

    ReplyDelete
  17. Kalo soal Vlog, saya kalah dengan anak saya, Mbak..he..he.. Dia mah udah punya rencana ngembangin Vlognya :)

    Dengan sakuku, jadi lebih mudah bertansaksi ya mbak.

    ReplyDelete
  18. Ikut dongss...kalo ada acara-acara lagi...

    ReplyDelete
  19. DEeeeee........... i miss you !!!, ha ha ha...alhamdulillah akhiernya bisa ketemu lagi dengan mu, setelah 31-12-2013 lalu

    Alaika gitu lho...kalo ga rame di Acara Ngabuburit Blogger, ha ha ha
    Kangen denger cerita 2 mu DE

    kalo ada waktu luang, tolong liat bentar dari blog yang barusan semalem aku buat, di : https://oppasagoe.blogspot.co.id/ MINYAK KUTUS KUTUS HERBAL -BALI, ada informasi buatmu
    tak tunggu command mu, makasih

    Moga dirimu dimudahkan sama Allah pada tiap urusan mu, amin
    Salam...

    ReplyDelete
  20. Aku ngga ketemu mba Alaika hiksssss, mau nyamperin tapi taunya dah hilangggg ahh tidak ahahahahhaa. Klo ketemu di event berikutnya aku harus ketemu hihihihihi. Sakuku aku udah ada, tapi belum diisi *eh hahahahaa

    ReplyDelete
  21. whoaa mbak alaika kece bgt reportasenya. Ku suka banget gaya tulisan akak! Ku ngefans kak!:D

    ReplyDelete