Archive for August 2015
Menu
/ /
Daya Magis the Grand New Avanza dan Grand New Veloz  ini memang luar biasa. Langsung membuat mataku tak hendak beralih ke arah lain, begitu tatapanku bertemu dengan dua buah mobil keren yang terpajang mempesona di hall 10, arena ICE [Indonesian Convention Exhibition] - BSD Tangerang ini. Ckckckck.... Ajigile, Toyota gebrakannya aduhai pake bingits ini, mah!

Welcome to GIIAS 2015
Btw, sebelum nyerocos lebih lanjut tentang kekagumanku akan si tampan dan cantik besutan Toyota itu, let me tell you about the great event yang sedang berlangsung di sana, deh! Yup, di mulai pada tanggal 21 Agustus kemarin, sebuah pameran otomotif berskala international yang diklaim sebagai the biggest one in South East Asia [Asia Tenggara] ini mulai digelar. Bertajuk GAIKINDO Indonesia International Auto Show [GIIAS] 2015, dan akan berlangsung selama 10 hari yaitu sejak 21 Agustus 2015 hingga 30 Agustus 2015, bertempat di Indonesian Convention Exhibition [ICE] yang berdiri di atas lahan seluas 220 ribu meter persegi. Luas banget yaaa?

Eits, jangan kuatir, pameran ini berlangsung di dalam ruangan yang full AC lho, sehingga walau harus berjalan jauh untuk menyambangi setiap booth pameran, kita ga akan kepanasan, paling juga kehausan dikit lah. Hehe. Etapi, tenang, ada beberapa tempat penjualan makanan dan minuman yang siap mensupplai kala kita butuhkan, kok. So, no worries be happy, deh! Apalagi sepanjang arena pameran, kita akan disuguhkan dengan pemandangan keren berupa mobil-mobil cantik dan gagah juga elegant dari berbagai merek ternama, mulai dari yang harganya terjangkau hingga yang memukau. Tak hanya mobil sih yang dipamerin, kendaraan bermotor roda dua juga ada lho, tapi ga banyak sih, mungkin sekedar untuk pelengkap, kali ya? Dan untuk memanjakan mata kaum Adam nih, ada 'pajangan' tambahan yang menurut pantauanku sih, tak pernah luput disertakan di dalam setiap pameran atau pun event serupa. Apa itu? Hehe, wanita cantik, penjaga pameran alias SPG. Cantik-cantik banget lho! Dan...? Sekseh pulak! Ihiiir! *Oops, abaikan. Hehe

Daya Magis The Grand New Avanza dan Grand New Veloz

Kembali ke topik, yang langsung membuat kaki terpaku, mata tak mampu beralih. Lihat deh, Sobs! Bukankah si Biru ini begitu memukau?

Grand New Avanza
Si Biru tampan yang begitu mempesona, Grand New Avanza
Di-launching dengan nama 'Grand New Avanza', si Biru ini berdiri gagah menyapa para pengunjung. As I told you before, aku langsung terpesona oleh tampilan barunya yang memukau. Kucoba memperhatikan dengan seksama. Toyota Avanza, bukanlah pemandangan baru bagiku, karena hingga saat ini, kami sekeluarga tuh emang udah akrab dengan yang namanya Toyota Avanza. Milik Ayah, berwarna hitam, dan milikku [yang aku rentalkan, Toyota Avanza Veloz] berwarna Silver.

Etapi, melihat si Biru yang satu ini, kok sepertinya ada yang beda ya? Terus...., yang di sampingnya itu? Kenapa namanya dibedain?

Grand New Veloz
Si Merah cantik, Toyota Grand New Veloz
Bukankah selama ini yang namanya Toyota Avanza Veloz itu adalah sama? Seperti si Silverku yang saat ini sedang bertugas di perusahaan rental? Etapi, kini, ternyata, Sobs, Toyota membuat gebrakan baru, lho!

Toyota kini membagi Toyota Avanza Veloz menjadi dua mobil yang berbeda. Masing-masing dengan daya tarik tersendiri. Yang menurutku, kedua-duanya punya daya tarik yang bakal bikin 'dilema' calon pembeli, karena pembeli pasti pengen beli kedua-duanya, hehe. 

Yuk Kenali Toyota Grand New Veloz

sumber dari Website Toyota
Emang apa aja sih keunggulan dari si Toyota Grand New Veloz ini, Al, sampai membuat dirimu heboh berpromosi ke sanak family dan kerabat? 

Hihi, sepulang dari pameran ini, aku memang gencar berpromosi terutama ke Ayah dan adikku [yang memang sedang berfikir untuk ganti mobil] untuk upgrade mobil Toyota mereka ke the Grand New Veloz. Dan tentu saja, untuk memperkuat promosi, aku sudah membekali diri dengan berbagai keunggulan yang harus diketahui sehingga layak beli. Dan, ayah mau pun adikku, langsung 'hm, boleh juga nih untuk masuk pertimbangan' begitu aku selesai menjelaskan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh the Grand New Veloz.

Penasaran juga akan keunggulan si cantik stylish, the Grand New Veloz? Yuk, pantengin nih, point-point di bawah ini ye.. :)

1. Terlihat lebih stylish, sporty dan berkarakter [sisi exterior].

Perhatikan deh bagian depan dari si merah kinclong pada gambar di atas. Grile hitamnya itu berkesan mewah nan kokoh kan ya? Aksen futuristik tercipta dari adanya chrome garnish yang dipasang di atas ke dua foglamp. Sementara citra modern tercipta oleh adanya grille pada posisi bawah bumper depan yang dimodif.
Belum lagi velagnya yang kini telah diupgrade sedemikian rupa, sehingga terkesan more sporty dan gaya, gituh! Hm...

Untuk disain lampu utama dan foglampnya sendiri, terkesan minimalis dan manis! Pada sisi belakang, juga kita akan menemukan tampilan yang elegan pada tempat nomor polisi [plat nomor]. Kehadiran dua buah reflektor pada bagian bawah kiri dan kanan yang bisa memantulkan cahaya lampu di malam hari, menambah keindahan exterior si cantik merah ini.


2. Performance 

Dengan side-impact beam, key immobilizer, SRS Airbag dan fitur keselamatan lainnya, menjadikan Grand New Veloz terbukti lebih aman.

Selain itu, new engine performance yang sudah 'dual VVT-i' jelas menjadikan Grand New Veloz irit bahan bakar dan kian tangguh.

3. Safety

Dari segi keamanan, si cantik veloz didisain sedemikian rupa sehingga membuat kursi di dalam kabin terasa lebih nyaman. Tersedianya seatbelt with pretensioner G Force Limiter, memberi kemampuan cegah cidera fatal saat terjadinya benturan. Serta, adanya 3 point seatbelt for center passanger, memberikan perlindungan penuh bagi keselamatan penumpang tengah.

Selain kenyamanan di atas, Grand New Veloz kini dilengkapi dengan One Touch Tumble, di mana menjadikan semua kursi dapat dilipat dalam satu kali sentuh. Wew! Pada bagian pengemudinya, semua versi baik Grand New Veloz mau pun Grand New Avanza kini dilengkapi dengan air bag, lho! Tampilan dashboard dan speedometer yang bisa menampilkan berbagai info tentang kondisi kendaraan, tentunya juga akan menambah kenyamanan sang supir saat driving kan? Dan itu tersedia pada kedua versi terbaru ini, lho, Sobs!

4. Anti Banjir

Satu lagi keistimewaannya yang paling keren dan penting, nih! Versi terbaru dari kedua mobil ini adalah penempatan engine hoodnya yang terletak pada bagian atas, sehingga jika pun air sampai di atas grill, tetap aja anti banjir. Keren yaaa?


Terus, Grand New Avanza gimana?

Grand New Avanza? Sudah pasti jauh lebih keren dari versi Avanza sebelumnya donk, Sobs!
Jika Grand New Veloz lebih mengutamakan segi stylish, setelah tentu saja memastikan segi performa kendaraan dan safetynya terpenuhi, maka the Grand New Avanza, diciptakan untuk para penggunanya yang lebih mengedepankan segi fungsional dari sebuah kendaraan. Maksudnya piye toh, Al?

Hm, maksudnya gini, lho! Setiap kita kan punya aneka kebutuhan nih terhadap sebuah kendaraan. Misalnya, jika kita ingin beli mobil untuk dipergunakan sebagai wadah berjualan, ini misal, lho, ya! Maka, pilihan mobil yang tepat di antara opsi Grand New Veloz atau Grand New Avanza, maka yang paling tepat untuk fungsi ini adalah Grand New Avanza. Sementara jika kebutuhan kita beli mobil adalah untuk dipakai sebagai alat transportasi keluarga, baik itu ke kantor atau destinasi lainnya, maka pilihan yang layak untuk kebutuhan ini adalah Grand New Veloz. Begitu deh kira-kira. Etapi, semuanya terpulang kembali ke kebutuhan masing-masing dan budget, lah!

Terus, apakah Grand New Avanza tidak modis? Eits, kata siapa? Lihat donk foto eikeh yang lagi mejeng dengan the Grand New Avanza. Apa ini tidak modis? Cakep banget kan mobilnya? Plus orang yang disamping mobilnya juga donk, ah! Hehe

Grand New Avanza Modif
Grand New Avanza, cakep ya?
Keunggulan Grand New Avanza:

Tampil dalam 8 varian warna, dengan seri 1,5 G dan 1,3 G membuat Grand New Avanza semakin diminati oleh para penggemarnya. New radiator Grille disainnya dengan chrome garnish, membuat penampilannya tampak kokoh, percaya diri dan semakin mewah.

Tak hanya itu, tampilan head lamp design yang elegan membuat penerangan semakin optimal, side body molding yang memanjang di pintu samping, plus panel body belakang yang kian yahud, dilengkapi dengan Rear Lamp berpadu dengan Lens Garnish, ditambah pula oleh spoiler-nya yang kini telah ditambah dengan lampu rem belakang, sungguh membuat Grand New Avanza layak banget untuk segera dibawa pulang. Tak lupa, fitur entertainment pada dashboard seperti yang juga terpasang pada Grand New Veloz,  tampilan dan kelengkapan pada speedometer-nya, pasti akan membuat kita kesemsem, dan akhirnya menyetujui bahwa angka yang dibandrol senilai mulai dari seratus delapan puluh juta enam ratus ribu rupiah itu adalah layak untuk menebus si tangguh Grand New Avanza ini.

Dari segi keamanan dan kenyamanan, the Grand New Avanza juga memberikan jaminan kenyamanan dan keamanan dengan adanya fasilitas seatbelt untuk semua kursi, adanya perlindungan ala ISOFIX, dan beberapa fitur keselamatan lainnya seperti yang ada pada Grand New Veloz, seperti kunci mobil yang sudah bersistem immobilizer key, tentunya akan bikin hati jadi tentram dan menjadikan kendaraan yang satu ini sebagai salah satu opsi kendaraan fungsional terbaik dalam mendukung aktivitas kita sehari-hari.

Sobats masih penasaran dan ingin melihat langsung si cantik nan modis [the Grand New Veloz] atau si tangguh tampan [the Grand New Avanza]? Yuk, langsung melipir ke tekape, deh, mumpung pamerannya masih buka hingga 30 Agustus 2015 nanti! Catet lokasi hall Toyota agar bisa ketemu langsung dengan si cantik dan si tampan ini, ya, yaitu di Hall 10. Banyak penawaran menarik di sana, lho, Sobs! Diantaranya adalah kita bisa melakukan tukar tambah mobil Toyota lama kita dengan yang baru, atau pengin nyicil? Bisa banget! Atau mau cash? Apalagi, udah pasti bisa. Hehe.

Dan, ada satu lagi informasi super menarik nih bagi Sobats blogger sadayana. Jangan lewatkan kesempatan untuk memenangkan lomba blog competition yang digelar oleh Toyota Gand New Avanza dan Grand New Veloz, dengan total hadiah puluhan juta rupiah, lho! Catet tanggal perlombaannya, nih, Sobs! 20 Agustus hingga 20 Oktober 2015. Penasaran akan detil lomba dan hadiahnya? Yuk, langsung melipir ke tekapeh, yuk!

Read More
/ /
Ini masih berkisah tentang berburu properti, lanjutan dari postingan sebelumnya. Jika di postingan kemarin aku bercerita tentang asyiknya berburu dan beli rumah untuk Ayah-Ibu, yang akan menjadi rumah induk bagi kami [anak-anak dari Ayah-Ibu] untuk berkumpul di hari libur atau weekend, atau lebaran, maka kini, aku pengen share pengalaman seru berburu properti [apartemen] untuk menjadi tempat tinggalku di ibukota ini.

Diterima bekerja di Jakarta, tepatnya berkantor di Kuningan Barat, Jakarta Selatan, tentunya mengharuskan aku untuk pindah domisili, dari Bandung ke ibukota negara tercinta ini. Sehingga dengan berat hati, terpaksa deh eikeh say good bye sementara untuk kotanya Kang Emil, yang dari hari ke hari semakin cantik ajah. Kalo saja bukan karena urusan 'sesuap nasi dan semangkuk berlian' mah, aku ogah pindah dari Bandung sih. Namun apa daya, Kedutaan Besar Turki, Jakarta opens it's door and welcome me to join in. Alhamdullah, donk!

Dan sebagai konsekuensinya? I need a comfortable place to stay lah ya! Awalnya sih cari kosan, etapi, kosan dengan carport available di seputar Kuningan ituh, harganya mahal pake bingits, bo'! Belum lagi kalo ada tamu yang menginap, kita kudu nambahin biaya tambahan lho! Hadoh, kalo ada tamu dari luar kota, atau kalo Intan sedang liburan, kudu nambahin biaya ekstra untuk penginapan juga donk. Ga asyik ah!

Opsi lain adalah menyewa rumah, tapi setelah dipikir-pikir, untuk saat ini, yang paling kubutuhkan adalah sebuah kamar yang nyaman, dengan sedikit dapur, dan kamar mandi di dalam. Dan yang paling memenuhi kriteria ini palingan adalah apartemen. Dan, entah mengapa, sejak dulu tuh aku suka banget tinggal di apartemen. Pernah sih, dulu saat di Kuala Lumpur, tinggal dan enjoy banget menempati apartemen di sana, dan keinginan itu jadi berlanjut hingga kini deh!

Cuma sayangnya, waktu di Bandung aku memilih untuk ngekost di rumah ibu angkat yang memang sudah seperti ibu sendiri, karena pertimbangan hubungan kekerabatan dan persodaraan. Namun pindah ke Jakarta, dengan ritme kerja yang bakalan membuat aku akan lebih banyak di kantor dari pada di rumah, kayaknya opsi untuk tinggal di apartemen akan lebih yahud dan klik di hati deh!

Karenanya, berdasarkan pengalaman asyik saat hunting properti via urbanindo.com, maka aku ketagihan untuk tak lagi menggunakan jasa lainnya, melainkan langsung meluncur ke situs jual beli rumah dan sewa menyewa properti yang satu ini deh. Dan seperti pengalaman sebelumnya, aseli, aku kembali terlena di dalam simulasi Kalkulator KPR yang disediakan oleh urbanindo.com. Haha. Niat awal hanya menyewa, aku malah mulai tertarik untuk mengestimasi harga beli sebuah apartemen. Ya, walaupun ga langsung beli sekarang, setidaknya kan udah punya gambaran untuk menyiapkan keperluan awal. Ya DP-nyalah, kesanggupan cicilan-nya nanti lah, dan berbagai perhitungan lainnya yang bisa kita simulasikan via situs pintar yang satu ini. Asyiknya bermain di urbanindo.com itu ya begini. Ketagihan untuk memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di sana. Hehe.

urbanindo.com


Tak hanya mencari apartemen yang aku butuhkan, seorang kolega yang mampir ke meja kerjaku, akhirnya nimbrung dan kecantol untuk serius mencari rumah di seputaran Jakarta selatan. Dan, hayyah, malah kami berdua jadi asyik dan dengan serius browsing rumah di seputaran Jakarta Selatan, karena si kolega ku ini memang berencana untuk membeli rumah tinggal baginya dan keluarga kecilnya. Dan, seperti aku, kolegaku ini juga keasyikan bahkan langsung nelpon istrinya memberitahukan bahwa dirinya sudah menemukan beberapa calon rumah yang bisa mereka survey lokasi di akhir pekan nanti.

See? Teknologi Informasi yang berkembang pesat, disertai optimalisasi dan pemberdayaan penggunaannya, memang memberi kemudahan bagi kita untuk memangkas waktu, biaya dan tenaga. Pengen jual beli properti? Jangan dulu buang tenaga dan biaya, coba browsing dulu di urbanindo.com deh! Iyaaa, selain cari properti untuk disewa dan dibeli, kita juga bisa lho jual atau sewakan properti di urbanindo.com! Caranya? Registrasi aja dan ikuti panduan yang ada di urbanindo.com ajah!

sharing pengalaman asyik hunting properti via urbanindo.com
Al, Jakarta Raya, 10 Agustus 2015
Read More
/ /
Berburu rumah atau mencari rumah baik untuk dibeli atau sekedar disewa, jelas bukan perkara mudah. Orang bilang sih, beli atau sewa rumah itu jodoh-jodohan. Makanya kudu sabar dan perlu perhatian serta tenaga ekstra dalam menemukannya. Itu pula yang kurasakan setelah lebih kurang dua bulan ini secara serius berburu rumah. Iya sih, membeli rumah itu mudah, tinggal bayar secara cash jika kita punya budget yang cukup, atau melalui KPR jika kita ingin membelinya secara mencicil. Namun, proses menemukan rumah yang cocok dengan segala kriteria yang kita jadikan parameter kebutuhan, itulah yang paling sulit. Pasti Sobats juga pernah mengalami hal serupa kan?

Proses berburu rumah ini, sebenarnya sudah berlangsung sejak 6 bulan lalu, namun kami tidak melakukannya secara serius. Cuma dari sekedar bertanya pada kerabat dan kenalan, jika ada rumah yang hendak dijual, yang minimal tiga kamar, luas tanah di atas seratus meter bujursangkar, dan budgetnya sekian. Hanya sambil lalu.

Hingga kemudian, Ayah dan ibu mendadak pengen segera pindah. Jarak tempuh dan biaya perjalanan Banda Aceh - Jakarta atau pun Banda Aceh-Bandung itu semakin mahal saja. Belum lagi kesibukan aku dan adikku, yang tak memungkinkan kami untuk kabur dari pekerjaan untuk pulang kampung, membuat Ayah Ibu mengalah. Keduanya memutuskan untuk beli rumah dan hijrah, sebagai solusi terbaik. Untuk itu, sebuah rumah, yang cocok sebagai rumah induk, yang akan menjadi arena berkumpul kami di saat-saat wiken atau liburan, juga sebagai tempat tinggal di mana Ayah-ibu menghabiskan hari tua, haruslah dibuat senyaman mungkin. Kalo pun tidak sebesar rumah yang di Banda, tapi setidaknya haruslah memiliki tiga atau empat kamar tidur, berhalaman yang setidaknya bisalah untuk ditanami bebungaan, mengingat ibuku tuh paling senang bertaman. Terus, setidaknya punya carport yang memuat dua mobil, plus lingkungan yang dekat ke Mesjid.

Dan berdasarkan kriteria itu, kami pun mulailah berburu. Mulai dari melihat iklan-iklan jual beli rumah yang tertera di koran, hingga ke situs jual beli rumah yang dipajang di internet atau online promotion. Dari informasi-informasi tersebut, kami membuat list terhadap rumah-rumah yang menarik minat yang sepertinya cocok dengan kriteria kebutuhan kami, lalu membuat janji dengan pemilik rumah atau agen penjualan untuk bisa lakukan survey lokasi.

Dan kembali lagi pada pepatah, bahwa membeli rumah itu gampang-gampang susah, jodoh-jodohan. Ternyata emang bener banget, ya, Sobs! Walo secara iklan sepertinya, rumah-rumah itu cocok dengan kriteria yang kita harapkan, namun ternyata, saat berada di lokasi dan melihat secara langsung, hadoh, ada saja kendalanya. Yang jalanan di depan rumah terlalu sempit lah [hanya bisa dilalui oleh satu mobil dan satu motor], padahal rumahnya sudah cocok dan klik di hati, hingga ke rumah yang secara aksesnya bagus, letak strategis, eh ternyata layout ruangannya yang tak sesuai minat sang calon nyonya rumah. Bahkan ada, lho, rumah yang baru saja kita melangkah masuk, bulu kuduk sudah merinding semuanya. Hayyyah! Hiii, atuuut!

Jika sudah begini, kami terpaksa kembali ke nol lagi. Jadi seperti main ular tangga deh, ih! Saat sudah berada di atas, eh tiba-tiba dadunya malah memaksa kita untuk merosot turun. Haha.
Begitu rumah yang ditinjau ternyata tak sepaham dengan daftar kriteria kebutuhan, maka kami pun mundur untuk survey lokasi terhadap rumah lainnya yang sudah ada di list, sambil berdoa, 'ya Allah, semoga rumah yang akan kami lihat ini cocoklah, ya Allah. Baik dari segi lokasi, layout, bentuk maupun harganya. Kami sudah mulai lelah, ya Allah, tunjukin kami rumah yang pas donk, Allah'. J

Untungnya, kini sudah tersedia banyak sekali situs-situs promosi properti online, sehingga kita bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya. Salah satu situs online yang kurasakan sangat membantu menghemat waktu, serta memberi kemudahan informasi terhadap rumah yang kita cari adalah urbanindo.com. Sobats pasti sudah tak asing lagi deh dengan situs yang satu ini, kan?

situs property online

Yes, situs yang ber-tagline 'cara pintar cari properti' ini emang ajib, lho, Sobs! Sesuai dengan tagline-nya pula, situs urbanindo ini emang pintar!

situs properti urbanindo

Saking pintarnya dia, aku sampai terlena gara-gara keasyikan bersimulasi dengan kalkulator KPR yang tersedia sebagai salah satu fitur unggulan situs ini. Alih-alih mencari rumah yang sesuai minat Ayah-Bunda, aku malah terlena dalam bersimulasi terhadap beberapa rumah di daerah-daerah lain yang di luar target kami. Bayangin, Sobs, aku malah sibuk bersimulasi dengan beberapa rumah cantik yang berlokasi di Bali. Haha. Habis, urbanindo canggih dan helpful banget, sih!

Cukup dengan memasukkan lokasi daerah rumah yang kita inginkan, lalu mengisi kolom-kolom yang sudah tersedia, sesuai keinginan kita, lalu biarkan urbanindo membantu mencari rumah yang kita inginkan. Dan, taraaa! Tak pakai lama, beberapa listing rumah lengkap dengan gambar-gambarnya, akan dihamparkan ke hadapan kita. Jika kita berminat, kita tinggal hubungi contact person agent/pemilik rumah yang nomornya tercantum di situs, tanya-jawab seputar info yang ingin kita dapatkan, buat janji survey lokasi jika kita memang berminat setelah dia memberikan informasi yang kita perlukan, dan putuskan deal or no deal setelah survey lokasi.

Jika ternyata hasilnya belum juga memuaskan, istilahnya belum jodoh, balik ke urbanindo lagi deh, no worries, masih banyak banget rumah-rumah cantik listed di sana lho, dan semoga berjodoh sesuai keinginan kita. Masak seh dari sekian banyak rumah yang listed, ga satu pun yang sesuai dengan minat dan budget kita? Insyaallah, pasti bakalan dapat, deh!

sharing pengalaman berburu rumah idaman
Al, Margonda Raya, 9 Agustus 2015
Read More
/ /

Pasar tumpah? Hehe, kuyakin, sebagian besar teman-teman yang berada di luar pulau Jawa, pasti akan bertanya-tanya, apaan itu pasar tumpah? Hm, sebenarnya, aku sendiri juga awalnya kurang familiar sih dengan istilah ini, malah lebih familiar akan sebutan pasar kaget atau pasar dadakan.

Aniway, yuk kita samakan persepsi. Pasar tumpah, adalah pasar yang digelar di tempat umum [area publik], yang biasanya digunakan untuk tujuan lain. Misalnya, lapangan, jalanan di kompleks perumahan, atau yang seperti itu lah! Nah, pasar tumpah ini, hanya dan hanya saja, menggelar dagangannya secara temporary atau sementara waktu saja, jad tidak secara kontinue. Misalnya, hanya diadakan pada hari Minggu saja, mulai dari jam 6 pagi hingga ke tengah hari, alias jam 12 siang. Contoh?

Pasar tumpah Gasibu di Bandung. Pasar tumpah di komplek Metro di Bandung, dan pasar-pasar tumpah lainnya. Pasar tumpah, sebagian orang menyebutnya pasar kaget. 

So? Do we at the same perception now? Halah, kebanyakan gaya, deh, Al!

Nah, pada postingan kali ini, aku ga ingin bicara tentang pasar tumpah yang ada di tanah air. lho, Sobs! Melainkan pasar tumpah yang ada di salah satu wilayah, di Istanbul, Turkey. Oops! Jauh amat, Al? Emang di negara semaju Turkey juga ada pasar tumpah? 

Ada!  Malah lebih ciamik, lho!
Salah satunya adalah yang ada di dekat tempat tinggalnya adikku, yaitu di Gultepe. Kadinlar Denizi, Istanbul. Pasar tumpah ini digelar setiap hari Jumat, mulai dari jam 9 pagi sampai sore hari. Dan yang dijual apa saja? Macam-macam! Mulai dari buah, sayuran, hingga ke pakaian ada, lho! Dan yang membuatku takjub adalah, kebersihan dan estetika mereka dalam menata pasar ini lho!

Yuk inspeksi pasar belanja yuk!
Kiri - Kanan : Me - Ayahanda
Walo hanya pasar kagetan, yang durasinya hanya setengah harian, tapi mereka menatanya sedemikian rupa. Sobats lihat tenda yang menaungi di atas itu? Kayak mau pesta aja yaaa? Hihi. Apik yo? Dan lihat deh cara mereka menata sayuran, buahan dan aneka dagangan lainnya. Harus ditiru nih untuk di tanah air.

See? Kain biru yang dipakai untuk mengalasi meja tempat sayuran ditata? Dan cara mereka menata dan padu padan warna sehingga terlihat ciamik? Lihat deh buah tomat yang diletakkan di atas kol itu, dan daun yang berwarna purple [aku ga tau apa namanya itu, masak bayam merah? bukan deh!], diletakkan sedemikian rupa di antara dedaun berwarna hijau. Cantik dan serasi ya, Sobs?



Coba pasar kita [supermarket atau pun pasar tradisional, jangan dulu berharap pada pasar tumpah] ditata seindah ini, pasti betah yak?

Duh, bersihnya pasar orang. Coba kalo di kita pasar kagetnya luas, bersih dan teratur kayak gini, pasti kita bakalan rajin banget shopping mingguan yaaa. Hehe. Apalagi jika para pedagangnya kece-kece kayak yang di bawah ini, nih, Sobs!

Pasar tradisional di Turki
Buahnya dan sayurnya seger banget yak!
Pasar tumpah di gultepe
Ini cabe lho, Sobs! 



Kalo pedagangnya kayak gini, mah, ART bakalan disuruh jaga rumah sementara Nyonya yang belanja ke pasar, deh! Hehe.

catatan dan kenangan saat perjalanan tiga negara,
Al, Margonda Raya, 11 Agustus 2015
Read More
/ /
Yup, feeling like in Turkey menyeruak hati, ketika akhirnya kerja keras kami [the Turkish Embassy's team] dalam mempersiapkan kedatangan orang nomor satu dari negara 2 benua itu akhirnya sampai juga pada hari H. Rasa lelah akibat segala keriweuhan itu hilang seketika kala rombongan His Excellency, Mr. Recep Tayyip Erdogan [the President of Turkey] beserta delegasinya tiba di pelataran lobby hotel Ritz Carlton pada Kamis, 30 July 2011, dan melenggang gagah di atas red carpet yang membentang mewah, sekitaran pukul 11.30 malam itu. Sayangnya, kesibukanku dan Nabila, kolegaku di meja Hospitality for Turkish Delegation, membuat aku tak sempat jeprat jepret to capture the situation.


Hiks.... rasanya pengen nyakar-nyakar tembok deh ih. Serasa gimanaaaa gitu, di saat wajah-wajah keren dengan penampilan gagah elegant wara wiri di depan mata gitu, dan daku tak berkesempatan untuk jeprat jepret apalagi selfie-wefie, hadoooh, rugi bangeeeet! 

Jika saja paspampress ber-stelan jas hitam-hitam nan tampan rupawan itu tak wara wiri di sekitaran, aku pasti nekad deh untuk taking pictures. Tapi melihat kesibukan mereka mengamankan situasi, aku tentu harus menahan diri dan tak akan berani donk untuk membajak mereka ber-selfie ria. Hi hi. Mau tak mau, aku harus bersikap seprofesional mungkin donk dalam menyambut para anggota delegasi ini. Apalagi mereka baru saja melakukan perjalanan selama lebih dari lima belas jam, pastinya mereka lelah dan ingin segera mendapatkan kunci kamar masing-masing, yang telah dipersiapkan oleh pihak hotel dan diamanahkan kepada kami [the embassy team] untuk diserahkan kepada para delegasi. Dan, saking sibuk dan terus berinteraksi dengan para delegasi ini, akhirnya membuat aku dan Nabila bahkan melewatkan momen penting kedatangan sang presiden, saat pengalungan karangan bunga ituh! Huft!

Tapi, namanya juga tugas negara, tak boleh mengeluh donk, apalagi ini kali pertama aku terlibat dalam penyambutan kedatangan presiden sebuah negara, pengalaman ini tentu akan sangat berharga dalam memperkaya wawasan dan pengalamanku ke depan nanti. So, keep smiling and fire your spirit, Al! Semangka! 

Dan, walo tak sempat menyaksikan proses pengalungan bunga dalam penyambutan sang presiden bersama first lady-nya, baik aku maupun Nabila serta teman-teman satu team lainnya, teteup penuh semangat donk, bahkan tetap ceria hingga tengah malam tiba. Yup, kedatangan sang Presiden beserta delegasinya yang tiba di hotel sekitaran pukul 11 an malam itu, tentu membuat prosesi acara yang berlangsung juga menyita waktu hingga tengah malam, dan begitu segala urusan selesai untuk malam itu, barulah kami diperbolehkan untuk pamit undur dari meja panitia, dan beristirahat untuk esok harinya kembali bertugas.

Feeling like in Turkey

Tak dapat dipungkiri, kehadiran Presiden Turkey, His Excellency Recep Tayyip Erdogan beserta delegasinya yang berjumlah lebih dari 250 orang itu, dalam rangka kunjungan kenegaraan selama tiga hari ke Indonesia, membuat hotel Ritz Carlton dan JW Marriot penuh oleh orang-orang berwajah tampan rupawan dan wanita cantik menawan khas Timur Tengah campur Eropah. Yup, tiba-tiba saja, hotel yang memang biasa diinapi oleh para bisnisman dan wisatawan asing ini, membuatku serasa kembali berada di Turki. Wajah-wajah tampan pria Turkey disertai wajah cantik para wanita Turkey-nya, kini memenuhi lobby utama hotel Ritz Carlton. Made me feeling like in Turkey. Hehe. Sayangnya, lagi lagi, aku ga berani taking pictures, takut dipelototi oleh paspampress-nya Pak Erdogan. Hiiii, pengen nyakar tembok lagi dan lagiiii.....

Tapi, bukan aku donk namanya, jika patuh sepatuh-patuhnya... pada saat-saat tertentu, kesempatan untuk taking pictures harus dimanfaatin lah ya! Dan..., here are some pictures that I was able to shoot. Jadi ini bukan hoax lah ya, hahaha...

president of Turkey visit
Koleksi foto saat kedatangan Presiden Turkey, Recep Tayyip Erdogan

Terus, ngapain aja sih, Al, itu presiden Turki selama berada di Indonesia?

Yaaa, seperti kebanyakan kunjungan kenegaraan yang dilakukan oleh para pemimpin negara, kedatangan Presiden yang satu ini, Mr. Erdogan, kali ini, adalah untuk bertemu dengan Presiden Republik Indonesia, Bapak Jokowi, juga Bapak Jusuf Kalla, sang wakil Presiden serta bertemu juga dengan pejabat penting RI lainnya.

Adapun topik penting yang dibahas di dalam beberapa pertemuan yang dilakukan secara terpisah dalam waktu tiga hari itu adalah membicarakan tentang berbagai isu, baik isu politik dan hubungan bilateral antar kedua negara, hubungan dan kerjasama perdagangan, hingga ke isu pertahanan negara serta masalah ISIS, di mana banyak sekali imigran dari berbagai negara termasuk dari Indonesia yang menggunakan negara Turkey sebagai tempat transit untuk menyeberang ke Irak dan Suriah, dalam rangka bergabung dengan anggota militan ISIS.

Baik Turkey mau pun pemerintah Indonesia, merasakan kebutuhan untuk meningkatkan kerjasama dalam berbagai hal di atas. Terkhusus masalah pemberantasan teroris dan isu ISIS, serta dalam rangka meningkatkan ketahanan nasional kedua negara, baik Indonesia mau pun Turkey sepakat untuk mengadakan ikatan kerjasama dalam hal pengadaan senjata, dengan menyepakati sebuah joint industry. Untuk Indonesia, adalah PT. Pindad yang terpilih sebagai weapon manufacturer-nya, sementara dari pihak Turkey, masih akan ditentukan kemudian.

Selain itu, juga telah terjadi kesepakatan dalam bidang perdagangan, di mana sebuah MOU antara KADIN Indonesia dan DEIK [Kadin-nya Pemerintah Turkey] telah ditandatangani untuk segera diimplementasikan bagi kebaikan dan kemajuan kedua negara.

Masalah lain yang dibahas dan disepakati adalah masalah penanganan warga negara asing yang transit di Turkey untuk menyeberang ke Suriah. Turkey telah membangun pos-pos interogasi untuk menghandle masalah ini, dan mencegah bertambahnya orang-orang yang bergabung ke dalam gerakan ISIS. Indonesia sendiri, menyangkut masalah ini, berharap agar dapat menempatkan aparat [dari Indonesia] di wilayah perbatasan atau pun tempat-tempat yang dibutuhkan di Turkey, untuk mengantisipasi dan mencegah bertambahnya WNI yang hendak bergabung dan dukung ISIS.

Selain itu, telah pula disepakati kerjasama dalam hal peningkatan sistem informasi, technology dan intelijen, sehingga diharapkan bahwa kerjasama ini akan dapat membawa dampak positif bagi kedamaian bagi kedua negara.

Sementara pada waktu dan pertemuan lainnya dengan Jusuf Kalla, Pak Erdogen menyatakan bahwa Turkey harus bisa memetik hikmah pembelajaran dari proses penyelesaian konflik Aceh yang telah berhasil diselesaikan dengan baik oleh pemerintah Indonesia.

Oya, Sobs, selain melakukan pertemuan resmi dan diskusi tentang hal-hal di atas, Presiden Erdogan juga melaksanakan shalat Jumat di Mesjid Istiqlal bersama Bapak Jusuf Kalla serta para pejabat negara lainnya. Sayangnya, lagi dan lagi, aku tak berkesempatan untuk ikutan di dalam rombongan dan juga tak bisa taking pictures! Huft. Aih, emang siapa dikau, Alaika? Hihi

Well, Sobats, itulah sekilas reportase ala Alaika Abdullah, terkait kunjungan kenegaraan yang dilakukan oleh orang nomor satu negara Turkey, yang telah terlaksana dengan baik, mulai tanggal 30 Juli 2015 hingga 2 Agustus 2015. Dan Alhamdulillah, aku diberi kesempatan untuk bergabung di kedutaan besar Turki, Jakarta sebulan sebelumnya, sehingga memperoleh kesempatan untuk turut serta di dalam segala persiapan kedatangan sang presiden. Sungguh sebuah pengalaman berharga, yang membuka mata dan wawasanku, bahwa, dalam menyambut kedatangan presiden sebuah negara, maka kedutaan besar negara itu, akan disibukkan oleh berbagai langkah dalam mempersiapkan kedatangan sang presiden ke negara di mana kedubes itu ditempatkan. Ribet? Yup! Capek? Yes! But? We are happy and proud for our solid team! J

Sebuah catatan,
Al, Margonda Raya, 2 Agustus 2015
Read More