Yuk, Shopping online di JD Indonesia | My Virtual Corner
Menu
/
Met malam, Sobats tercinta! Malam ini, ingin nulis santai tentang shopping, ah! Ada yang tidak suka shopping? Hehe. Kalo aku sih, hobi pake bingits! Etapi, terkadang emang harus direm, sih. Habis, suka kalap kalo sedang lihat 'sale', promo, special discount dan semacamnya. Heuheuy! 

Apalagi sekarang ini, nih, Sobs! Di era generasi e-commerce seperti ini. Di mana sebuah transaksi belanja cukup dilakukan melalui tarian jemari di depan layar laptop, desktop, atau malah via gadget. Amboy, semakin sulit nih menahan godaan setan yang terkutuk. Tak hanya itu, kehadiran online shopping mal aka e-commerce yang kian beragam dan terpercaya semakin membuat netizen bingung memiliki banyak pilihan untuk menjelajah dari online shopping mal yang satu ke online shopping mal lainnya.

Beragamnya e-commerce alias online shopping mal ini, tak dapat dipungkiri adalah efek dari semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi, yang telah meretas jarak, menyingkat waktu, dan menjadikan kita tak lagi perlu berjibaku menembus kemacetan. Cukup dengan beberapa klik, pilah pilih barang yang hendak kita beli, lakukan transaksi, maka barang yang telah masuk ke keranjang belanja pun siap untuk dikirimkan ke alamat kita.

Etapi, jangan salah, tetap saja, ketelitian di dalam memilih e-commerce atau online shop, adalah faktor yang tidak boleh dianggap sepele. Iya, donk! Ketelitian itu KUDU. Ga mau donk duit melayang tapi barang yang dibeli malah tak sampai ke tujuan? Jadi, sebelum berbelanja, pastikan dulu bahwa e-commerce tempat kita akan berbelanja itu AMAN terPercaya. Ga Neko-neko.

Ternyata perusahaan internet no 3 di dunia, lho!

Bicara tentang e-commerce terpercaya, nih, Sobs! Pasti udah pada ngeh donk jika sekarang ini ada belasan bahkan mungkin puluhan e-commerce besar di Indonesia? Nama-nama besar seperti Elevenia, Blibli, Lazada, Zalora sampai OLX, bahkan Kaskus dan Mataharimall pasti sudah sangat familiar di telinga dan mata kita kan, ya? Etapi, tak hanya itu saja, lho, ada yang paling baru, nih, yang baru saja launchi minggu lalu, yaitu JD.

Aih, JD? Kok rasanya baru dengar? Yup, nama yang satu ini emang rada asing di telinga kita, sih. Tapi justru karena masih asing itulah, aku jadi penasaran dan ingin tau lebih jauh tentang perusahaan/e-commerce yang satu ini. Mana tau justru menghadirkan lebih banyak kemudahan dan keuntungan bagi kita, ya enggak? Dan hasilnya?

Hasilnya adalah..., kasih tau enggak, ya? Hehe.
Yup, ternyata JD bukanlah pemain baru dalam bidang e-commerce ini. Perusahan online store B2C ini adalah yang terbesar di Cina, lho! See? Melalui berita di Detik, aku baru tau bahwa JD adalah raksasa e-commerce Cina, yang kini mengembangkan sayapnya di Indonesia. Dan bukan cuma gertak sambal, perusahaan ini memang benar-benar gede pake bingits, lho! Simak, deh, data-data berikut ini:


-    Masih mengutip dari Kompas, JD di sepanjang tahun ini telah mencatat revenue senilai USD. 29,6 miliar, lho! Wow, kalo dikonversi ke rupiah, ituh duit bisa penuh segudang kali, ya? Mungkin angka ini yang membuatnya jadi perusahaan online store terbesar di Asia.


-   Tapi tak hanya itu, yang lebih menarik lagi adalah data yang tertulis di Wikipedia. Ini lebih amazing beijing, karena JD disebutkan sebagai perusahaan internet terbesar ketiga di dunia berdasarkan revenue. Mengalahkan Facebook, Yahoo, bahkan Alibaba yang lagi naik daun itu. Penasaran? Coba, deh liat disini.

Etapi, jika memang e-commerce yang satu ini adalah perusahaan raksasa, kok gaungnya ga begitu bunyi, yak? Setidaknya kok iso lepas dari pantauan eikeh, gitu, lho! Perasaan pengamat kawakan aja, nih, kamu, Al!


Hm..., jawabannya mungkin, ya, karena budaya mereka yang nggak terlalu suka publikasi, kali, ya? *tanya sendiri jawab sendiri. Atau mungkin mereka penganut “sedikit bicara banyak bekerja”?. Soalnya kehadiran mereka di Indonesia juga nggak banyak pengumuman kan? Yah, seenggaknya belum sekalipun, tuh, aku lihat ada iklan JD di tv, atau mungkin aku yang luput? Sobats sendiri pernah lihat? Padahal kalau dilihat dari kekuatan perusahaannya, ngiklan di tv mah harusnya gampil,yak? Hehe. Toh, mereka juga berani pake domain 2 karakter www.jd.id yang konon harga domainnya saja bisa ratusan juta. 



Sedikit meringkas, nih, Sobs! JD adalah perusahaan asal Tiongkok, dan resmi beroperasi di Indonesia mulai 30 oktober 2015. Masih muda banget, ya? Tapi karena sudah berpengalaman belasan tahun di Cina, layanannya memang terbukti berkelas. Sebut saja beberapa klaim di webnya; produk yang dijual semuanya asli 100%, program pengembalian uang, harga dijamin kompetitif, hingga jaminan pengiriman satu hari sampai khusus untuk wilayah Jabodetabek. Hadehh.. bikin pengen gesek-gesek aja, apalagi pas liat harga iPhone 6s yang cuma 9.5 juta, wow! Bener-bener godaan dan berpotensi bikin isi rekening berkurang, nih! Hihi.


Ada apa aja sih di JD.id?


Layaknya e-commerce kawakan kelas kakap, JD juga menyediakan berbagai metoda pembayaran dan seabrek program promo diskon. Hanya saja mereka tampaknya masih fokus menggusung produk elektronik dan gadget. Jadi kalau Sobats nyari barang mulai dari smartphone, tablet, komputer, laptop, kamera, televisi, hingga perangkat game semacam Sony PS4, bolehlah main ke JD. Harganya tuh, bersahabat banget, lho!  Coba, deh, ceki-ceki ke www.jd.id.  

Aku sendiri jadi mupeng untuk nyobain shopping di web ini, kebetulan Lenovo A2010 dengan harga bersahabat itu, melambai banget untuk dimiliki. Sekalian pengen ngebuktiin layanan COD dan pengirimannya yang diklaim sampai satu hari. Hmm.. bakalan bener, ga, ya?

Aman ga, sih, belanja di JD?

Nah ini pertanyaan paling penting dalam belanja online. Menurut logika dan rasionalku, nih, ya amanlah! Berkaca ke Tiongkok sana, JD memiliki lebih dari 100 juta pelanggan aktif dan menguasai 49% penjualan online ritel. Masak dengan kredibilitas setangguh ini, JD mau bersikap curang dan merugikan pelanggannya kan?

Nah, buat yang lagi cari gadget atau barang elektronik, ga ada salahnya untuk mampir ke JD, mumpung masih banyak digelar harga promo bin spesial. So? Hayuk atuh disikat, Sobs!! :D

Alaika,
Margonda Residence, 3 November 2015
28 comments

cobaaaa ahhh... sapa tahu dapat harga mureeeeeeeeee... baru ini ya mbak?

Reply

Waaaah, semakin banyak pilihan nih kalau harganya lebih murah pasti pada lari kesini nih #eaaaa

Reply

wiih harga domainnya ratusan juta mba? kereen lah...
aku baru denger nih JD, cusss kesana akh :D

Reply

semakin banyak aja online shop dan artinya bakalan semakin banyak uang saya yang keluar, wkwkwk. Cek ke JD dulu ah siapa tahu ada diskon, makasih mbak Al

Reply

Aku sudah belanja di JD, cuepeeet banget loh prosesnya

Reply

Boleh juga nih sarannya., Toko Online Indonesia yang patut di coba.

Reply

makin banyak aja nih toko online di Indonesia :D

Reply

belanja di JD? Waah baru denger tuh, nyobain aah :D

Reply

100 juta pelanggan? wow ... banyak sekali ya mbak.

Reply

intip-intip harganya ah, siapa tau aku kecantol juga kaya Mbak Al

Reply

Hay, pasti akan tartarik, deh! :)

Reply

Mereka memang baru launching di Indonesia, Niar. Hayuk atuh ditilik2 dulu, jangan lupa keukepin dompet, yaaa. haha

Reply

Semakin banyak godaan pula aaaa? Hihi.

Reply

Iya, domain dua karakter kan harganya mahal banget..., dan mereka ga sayang2 duh memakainya. keren yaaa?

Reply

Iya, makin banyak aja nih, makin banyak deh pilihan bagi kita. Kalo kita sih, kemana yang lebih murah tapi mutu berkualitas, hayuk ajah, ya, Tian? :)

Reply

Beneran ya, satu hari sampai?

Reply

Yup, hay dicoba, mumpung lagi banyak promo. :)

Reply

Yup, yuk atuh dicoba. :)

Reply

Yoi.... jadi bingung sekaligus mengasyikan juga ya? :)

Reply

Ho oh, Mbak Ely. Kabarnya begitu.... :D

Reply

Harganya masih bersahabat banget, Mbar Lidya. Yuk, diintip2. :)

Reply

Iyaaa, baru bangeet ya, Mbak. Makin ramai nih ol shop. :D

Reply

aku jga baru denger tuh jd. beli barang online harus yang bertanggung jawab dan profesional

Reply