The 11th UI Book Festival | My Virtual Corner
Menu
/

Bagi anak UI atau alumni UI, pasti sudah familiar lah, ya, dengan yang namanya UI Book Festival? Dari namanya pun, kita pasti akan langsung berfikir bahwa ini adalah ajang pamer untuk buku-buku keren hasil karya anak bangsa. Etapi, ternyata, festival yang secara rutin diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan (IMASIP) UI, dengan mengusung konsep edukasi dan entertainment dalam setiap pelaksanaannya, ternyata tak hanya memajang buku-buku, lho! Melainkan ada rangkaian acara keren yang disuguhkan, mulai dari talkshow, seminar,  bedah buku, roadshow film, perpustakaan keliling hingga ke wisata edukasi. 

UI Book Festival telah terselenggara sebanyak sepuluh kali dengan tema yang berbeda dan selalu mendapat tanggapan positif dari semua pengunjung. Untuk tahun ini, the 11th UI Book Festival hadir untuk kali ke sebelas dan menggusung tema "Cheers for Literacy." Diisi dengan serangkaian acara untuk mendukung gerakan literasi yang berbasis charity demi mendukung peningkatan angka minat baca dan melek informasi di masyarakat. Misi utama dari diadakannya acara-acara ini adalah untuk mendorong pendukung dan pengunjung acara agar mendukung gerakan literasi; mempromosikan dan meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi informasi; memotivasi peserta untuk meningkatkan kompetensi diri melalui kegiatan membaca dan mengenal informasi yang dibutuhkan; serta mengajak masyarakat untuk peka dan berpikiran terbuka dalam penyerapan informasi. 

Hm.... sounds interesting banget, yak? 




Dan dalam ajang pamerannya sendiri, UI Book Fair memberi kesempatan bagi sudut kuliner untuk juga ikutan di dalam Food Fair, sebagai upaya juga sih, agar para pengunjung tak perlu kuatir jika mendapatkan panggilan isi perut atau dahaga mengundang.  Tinggal lari ke arena Food Fair, maka problem solved, deh! Selain Food Fair, sudah pasti lah, ya, jika Book Fair juga membuka lapak sebagai ajang daya pikat para pecinta buku. Selain itu? Aneka talkshow dan seminar, juga digelar, lho! Plus roadshow film 'Negeri Van Oranje' yang sedang ngetop, lho!


UI Book Fair 11
Rangkaian agenda acara UI Book Fair ke sebelas

Beberapa Embassy juga berperan Serta

Yup, kali ini, panitia UI Book Fair memberi space khusus bagi kedutaan-kedutaan besar negara lain yang berkantor di Jakarta - Indonesia untuk turut serta di dalam agenda besar ini. Dan salah satu dari kedutaan yang turut berkontribusi ini adalah kedutaan di mana eikeh bekerja, lho, Sobs! 

Yes, the Turkish Embassy in Jakarta, took part in this event, lho! Dan daku ditugaskan untuk mengawal booth kedutaan selama acara berlangsung. Asyik, lah, yaaa! Apalagi aku tuh belum pernah masuk ke kampus UI. Rasanya senang banget, apalagi terlibat langsung di dalam event yang spanduknya terlihat di beberapa tempat setiap aku tiba di stasiun UI. 


Alaika Abdullah
Para pengunjung antusias bertanya jawab tentang beasiswa dari Pemerintah Turki, mau pun info pariwisatanya.

Acara tahunan ini memang berlangsung meriah, seperti tahun-tahun sebelumnya. Para pengunjung yang tak hanya mahasiswa universitas setempat, melainkan juga pengunjung dari masyarakat umum, terlihat antusias untuk berinteraksi di dalam acara ini, baik mendatangi booth-booth serta bertanya jawab di sana, mau pun di dalam acara-acara yang digelar lainnya, seperti bedah buku, talkshow komik Indonesia, road show film Negeri Van Orange dan seminar pra-nikah. 

Untuk kedutaan Turki sendiri, banyak sekali pengunjung yang antusias untuk mengetahui jenis-jenis beasiswa yang disediakan pemerintah Turki untuk calon-calon mahasiswa di luar Turki (International), bagaimana cara mengaksesnya, dan bagaimana selanjutnya setelah mendapatkan beasiswa tersebut. Pertanyaan-pertanyaan lain di luar masalah beasiswa, adalah ketertarikan pengunjung tentang informasi pariwisata yang ada di Turki. 

Melalui para pengunjung yang dengan santai bercerita, aku sempat terkejut juga, lho, bahwa mereka jadi semakin ingin mengenal Turki lebih dekat, setelah menonton sinetron-sinetron Turki yang ditayangkan di telivisi-telivisi nasional kita, lho! *Hayyah! Hehe. Bisa aja, yak? 

Kalo Sobats? Suka juga kah nonton Turkish Movies? Ingin ketemu Paman Selim dan Shehrazat juga kah? Hihi. 


catatan kecil,
Al, Margonda Residence, 19 November 2015



2 comments

waaah mbak kerja di the Turkish Embassy toooh. kereeeeeenn deh
Silakan mampir ke rumah penaku mbak http://giasittighaliyah.blogspot.co.id/2015/11/idvolunteeringhub-bukan-sekadar.html

Reply

Pengen ke turki caranya gmna

Reply