Yuk Ke Pasar 'Tumpah' Di Istanbul | My Virtual Corner
Menu
/

Pasar tumpah? Hehe, kuyakin, sebagian besar teman-teman yang berada di luar pulau Jawa, pasti akan bertanya-tanya, apaan itu pasar tumpah? Hm, sebenarnya, aku sendiri juga awalnya kurang familiar sih dengan istilah ini, malah lebih familiar akan sebutan pasar kaget atau pasar dadakan.

Aniway, yuk kita samakan persepsi. Pasar tumpah, adalah pasar yang digelar di tempat umum [area publik], yang biasanya digunakan untuk tujuan lain. Misalnya, lapangan, jalanan di kompleks perumahan, atau yang seperti itu lah! Nah, pasar tumpah ini, hanya dan hanya saja, menggelar dagangannya secara temporary atau sementara waktu saja, jad tidak secara kontinue. Misalnya, hanya diadakan pada hari Minggu saja, mulai dari jam 6 pagi hingga ke tengah hari, alias jam 12 siang. Contoh?

Pasar tumpah Gasibu di Bandung. Pasar tumpah di komplek Metro di Bandung, dan pasar-pasar tumpah lainnya. Pasar tumpah, sebagian orang menyebutnya pasar kaget. 

So? Do we at the same perception now? Halah, kebanyakan gaya, deh, Al!

Nah, pada postingan kali ini, aku ga ingin bicara tentang pasar tumpah yang ada di tanah air. lho, Sobs! Melainkan pasar tumpah yang ada di salah satu wilayah, di Istanbul, Turkey. Oops! Jauh amat, Al? Emang di negara semaju Turkey juga ada pasar tumpah? 

Ada!  Malah lebih ciamik, lho!
Salah satunya adalah yang ada di dekat tempat tinggalnya adikku, yaitu di Gultepe. Kadinlar Denizi, Istanbul. Pasar tumpah ini digelar setiap hari Jumat, mulai dari jam 9 pagi sampai sore hari. Dan yang dijual apa saja? Macam-macam! Mulai dari buah, sayuran, hingga ke pakaian ada, lho! Dan yang membuatku takjub adalah, kebersihan dan estetika mereka dalam menata pasar ini lho!

Yuk inspeksi pasar belanja yuk!
Kiri - Kanan : Me - Ayahanda
Walo hanya pasar kagetan, yang durasinya hanya setengah harian, tapi mereka menatanya sedemikian rupa. Sobats lihat tenda yang menaungi di atas itu? Kayak mau pesta aja yaaa? Hihi. Apik yo? Dan lihat deh cara mereka menata sayuran, buahan dan aneka dagangan lainnya. Harus ditiru nih untuk di tanah air.

See? Kain biru yang dipakai untuk mengalasi meja tempat sayuran ditata? Dan cara mereka menata dan padu padan warna sehingga terlihat ciamik? Lihat deh buah tomat yang diletakkan di atas kol itu, dan daun yang berwarna purple [aku ga tau apa namanya itu, masak bayam merah? bukan deh!], diletakkan sedemikian rupa di antara dedaun berwarna hijau. Cantik dan serasi ya, Sobs?



Coba pasar kita [supermarket atau pun pasar tradisional, jangan dulu berharap pada pasar tumpah] ditata seindah ini, pasti betah yak?

Duh, bersihnya pasar orang. Coba kalo di kita pasar kagetnya luas, bersih dan teratur kayak gini, pasti kita bakalan rajin banget shopping mingguan yaaa. Hehe. Apalagi jika para pedagangnya kece-kece kayak yang di bawah ini, nih, Sobs!

Pasar tradisional di Turki
Buahnya dan sayurnya seger banget yak!
Pasar tumpah di gultepe
Ini cabe lho, Sobs! 



Kalo pedagangnya kayak gini, mah, ART bakalan disuruh jaga rumah sementara Nyonya yang belanja ke pasar, deh! Hehe.

catatan dan kenangan saat perjalanan tiga negara,
Al, Margonda Raya, 11 Agustus 2015
17 comments

Sayurannya kok mekar n seger seger gitu y mb di sana

Reply

Iya, seger, mekar, hijau dan bikin mata sejuk ya, Mba? ^_^

Reply

Mbak Al enak banget udah sampai ke Turki ya. sekarnag lagi banyak telenovela Turki nih di TV mbak. Jadi inget mbak Al deh jadinya

Reply

wih..itu jalanan pasarnya bersih bener? o.O
berasa gak lagi pasar sepertinya ya mbak?

Reply

hahhaaa..kalo pedagangnya keceh gituh, mbayuku paling rajin deh ke pasar tumpah yaaa
*hayoo ngaku

jangan lupa ajaklah adekmu yg unyu2 ini :v

Reply

Saking kerennya si pasar tumpah ini saya sampai mikir, mba Al, ini mah enaknya dipandangin aja lah... sayur ama tukang2nya.. bhihi...

Reply

Wow sudah mampir ke Istanbul heiheie. Senangnya bisa jalan jalan ya. Hiehiehie. Saya juga sudah punya paspor sejak tahun lalu. Perpanjangan atau ganti baru,. Namun cuma punya doangan. Berangkat ke Luar Negerinya belum ada kesempatan hihiehiehe

Reply

waaahhh... ini mah pasar tumpahnya canggih... keren bingitsss... mana penjualnya cakep kayak bintang pelem.. hahahaaaa, pasti saya rajin main ke pasar tumpah kalo kayak begini kondisinya.. :P

Reply

Pasar tumpah aja seperti ini.. Jadi penasaran sam pasar benerannya seperti apa ya :)

Reply

Pasar tumpah aja seperti ini.. Jadi penasaran sam pasar benerannya seperti apa ya :)

Reply

mak... pasar tumpahnya keren gitu,kumaha emmoll na atuh ya?hi hi...

Reply

haduuuuh sayuran dan buah buahan di turki itu emang bikin ngiler semua ya mbak
apalagi delima nya yang luaaaaaaaaaaaarrr biasa

Reply

yg dagang kok gantengggg
jd inget adegan di drama turki pas sipemeran utama cowok diajak kencan di pasar

bersih n seger bgt sayurnyaaa

Reply

yg dagang kok gantengggg
jd inget adegan di drama turki pas sipemeran utama cowok diajak kencan di pasar

bersih n seger bgt sayurnyaaa

Reply

Pasarnya gak jauh beda dengan yang di Indo, ya? :D

BTW, penjualnya cucok. :p

Reply

pasar di istambul memang sebenarnya pasar. dan saya jadi ingat akan orhan pamuk, atau cerita nasrudin hoja :)

Reply

Saya jadi penasaran sama peraturan yang diterapkan Mak. Bisa ya bikin pasarnya tetep bersih. Kalau begini sih jalan-jalan ke pasar makin menyenangkan

Reply