Shopious, Media Iklan Toko Online | My Virtual Corner
Menu
/
Shopius, Media Iklan Toko Online. Bukan latah atau ikut-ikutan lho, ya, jika hari ini aku posting tentang Shopious. Eh, udah pada tau belum, sih, Sobs, tentang si Shopious ini? Pasti sering donk ya baca artikel-artikel tentangnya, yang juga banyak ditulis dan dipublis oleh teman-teman blogger lainnya? Aku sendiri, awalnya ga ngeh, sih, akan apa itu shopious, dan ga ingin mengetahui lebih lanjut walo beritanya sering terlihat di headline/judul maupun tulisan-tulisan di blog teman. Etapi, tadi malam, terlibat obrolan santai dengan seorang teman, yang sama-sama kuliah di Teknik Kimia, dua puluh tahun lalu. *Aih, dua puluh tahun lalu, bo'! Ketauan deh umur eikeh, haha.

Nah, si temanku ini, sekarang ini sedang getol-getolnya berbisnis online. Yang jadi produknya macem-macem, mulai dari handicraft, fashion hingga aksesoris imut for hijabers gituh. Nah, tertarik dunk aku untuk tanya-tanya lebih lanjut, ya, tentang media yang dia pakai untuk berjualanlah, omset dan peluang serta tantangan yang dihadapi dalam berjualan itu, juga tips dan triknya dalam berjualan.

Dan seperti kebanyakan pedagang online lainnya, temanku ini cukup memanfaatkan media sosial yang dia miliki saja sih, dan belum mengoptimalkannya via toko online [website] gituh. Katanya sih, via medsos aja udah cukuplah, karena dirinya belum mampu menggaji admin/pegawai kalo harus buka website segala.

Aku: Ha? Seriously? Dengan medsos saja cukup? 

Teman: Yup. Cukuplah, bagi aku lho, ya! Aku jualan di instagram.

Aku: Tapi kan enggak semua orang punya akun instagram, lagian ga semua orang senang belanja via smartphone atau gadget, lho! Masih banyak yang senang cuci mata lalu belanja via laptop. Tampilannya lebih gede, dan nyaman di mata. Nah, kalo instagram kan susah.

Teman: Iya sih, tapi sekarang kan udah ada Shopius, Al! Jadi ga masalah, aku tetap bisa jualan via instagram, dan pelangganku yang seneng mantengin via laptop pun tetap aja bisa cuci mata dan belanja online di aku, tanpa harus memiliki akun instagram.

Hayyah! Shopious lagih! Kali ini, aku bener-bener jadi penasaran deh akan Shopious ini. Gimana enggak, coba, Sobs? Temanku ini pun familiar akan Shopious, bahkan menggunakannya untuk berjualan. Masak eikeh kudet akan Shopious? Hihi, malyu dunk eikeh! Maka, sambil melanjutkan obrolan, mulailah jemariku menari lebih gesit lagi. Browsing info tentang Shopious. Iya, dunk, biar ga dibilang kudet, gituh. Haha. Kata kunci yang pertama aku pakai adalah 'apa itu shopious', dan langsung oleh Om Google dibawa kesini deh.



Dan aku pun langsung tercerahkan setelah menyaksikan video yang mempertemukan mba Shopi [si penjual] dengan Iyus [si pembeli, yang ternyata lebih betah cuci mata dan belanja online via laptop]. Hallo, Mbak Iyus, kok kita sama yaaa? Hehe.

Sobats juga penasaran akan Shopious? Coba deh pantengin video ini. Tapi untuk gamblangnya, mari aku ceritakan sedikit mengapa orang-orang kini mulai lari ke Shopious, yuk!

Apaan sih Shopious itu? 

Ternyata nih, Sobs, Shopious itu adalah Media Iklan Toko Online! Di mana dia menghubungkan penjual yang menggelar dagangannya di instagram, untuk dipajang di etalase yang tersedia di Shopious, sehingga netizen manapun yang berkunjung ke berandanya, bisa ngubek-cantik dan cuci mata serta berbelanja di sana, tanpa harus membuka instagram. Mudahnya lagi, penjual-penjual yang bergabung di shopious ini, tidak perlu repot-repot mengupload foto dagangan mereka kesana, karena shopius secara otomatis akan melakukannya. Wew! Mudah dan asyik ya? Jadi penjual dimudahkan, praktis dan tinggal nunggu orderan yang datang deh!

Apa aja sih yan dijual di sana?

Hm, sebenarnya, Shopious tuh tidak menggelar item per item dagangan si pedagang, tapi memberi space bagi setiap penjual yang tergabung di dalamnya, untuk menampilkan profil langsung toko mereka dan preview produk yang mereka gelar. Dan banyak sekali kategori dagangan yang tersedia di sana, sehingga ga heran jika kemudian kita jadi terlupa akan tujuan awal berkunjung ke Shopious, haha. So, biar ga tenggelam dalam keasyikan yang ujung-ujungnya bikin dompet menipis, stay tight pada niat awal, ya, Sobs, fokus dulu pada barang apa yang dicari dan ingin dibeli. Haha. Serius lho, banyak banget item menarik yang digelar di etalase Shopious tuh. Ampyuuun, ngiler!
shopius.com
Tampilan Beranda Website Shopious
Lalu kemudahan bagi pembelinya apa nih?

Ya seperti yang kita urai di atas tadi, Sobs, kan tidak semua orang punya akun instagram tuh, dan ga semua orang senang berbelanja via smartphone or gadget, ada yang senangnya cuci mata dulu di lappie, ubek sana ubek sini, baru beli. Nah, nyamannya tuh dilakukan di lappie. Dan berbekal website, maka shopious telah menghubungkan calon pembeli non instagram dengan pedagang instagram, dipertemukan di shopious! Begetoh, deh!

Terus, aman ga sih berbelanja di Shopious ini?

Dari info yang aku baca sih, bertransaksi di Shopious ini cukup aman, karena Shopious sendiri tidak sembarangan menerima pedagang yang mendaftarkan diri di mereka. Proses verifikasi tentu saja dilakukan untuk memastikan bahwa transaksi yang terjadi antara pembeli dan penjual nanti aman adanya.

Bagaimana cara mendaftar? Haruskah calon pembeli juga mendaftar di Shopious? 

Yup, enaknya sih kita mendaftarkan diri [bikin akun] agar bisa berselancar dan bebas mengubek-ngubek pajangan yang ada di beranda Shopious. Caranya juga gampang banget kok. Cukup sediakan sedikit waktu kita untuk mengisi form ini deh, ikuti langkah-langkah mudah yang diminta.

Masih bingung juga? Gampang, tinggal colek mas/mbak CS yang stand by di sudut kanan bawah halaman Shopious, tuh. Mereka siap sedia memberikan penjelasanan/bantuannya, lho!

Nah, Sobats, sekarang jadi lebih tau tentang Shopious kan? Dan ga heran jika temanku betah dan semangat semangat tuh berjualan di Instagram berkat dukungan Shopious. Jadi pengen jualan juga ih! Kalo kamu?

seputar dunia online shop
Al, Bandung, 20 April 2015

9 comments

Ho oh, Mbak. Makin harus kekeupin dompet nih. Haha

Reply

di instagram gie rame yg promo Shopious, ternyata ini toh..

Reply

Ho oh, ini dia, yang sedang rame ituh. :)

Reply

Udah seminggu terakhir ini tren shopius melanda, malah bikin deh jadinya.

Reply

keren! Jadi pengen jualan juga ... :)

Reply

saya belakangan ini sering belanja OL nya via instagram Mbak, tapi kapan2 pengen coba juga aahh si shopius ini :)

Reply

Eh, bisa konek ke IG ? Keren euy ...

Reply