Archive for March 2014
Menu
/ /

Pasti sudah pada tau donk kehebatan aplikasi camera 360? Sebuah aplikasi yang digemari oleh banyak penyuka tipu-tipu sulap wajah alias hasil foto? Hehe. Habis, melalui aplikasi camera yang satu ini, wajah yang tadinya biasa saja, bisa jadi smooth kinclong cantik menawan gitu dweh! Dan aku tentu saja menjadi salah satu dari penyuka aplikasi ini. Buka rahasia.

Well, bicara tentang camera 360, ada sebuah efek yang dimilikinya, yang sempat menimbulkan kehebohan tadi siang lho! Emang sih, bukan kehebohan di seantero jagad maya sih, hanya di kalangan beberapa emak yang biasa chitchat dan saling mensupport. Cie...cie.
Bermula dari sebuah foto selfie Mak Meti Medya, yang diupload via path. Seperti biasa, foto-foto selfie Mak Meti memang geulis, seperti orangnya. Hanya saja, kali ini nih, Sobs! Ada penampakan lain yang bikin kita-kita merinding saat pertama kali melihatnya.


Serem khaaan? Langsung deh kita konfirmasi ke pemilik foto, yang ngakunya ga tau apa-apa. Malah jadi ikutan merinding meneliti kembali foto yang tadi diuploadnya.

Tapi kita-kita nih, yang di bilik grup mungil kami, udah rada parno curiga jika si penampakan [wanita rambut panjang dengan bayangan darah dari hidungnya] itu adalah rekayasa sebuah aplikasi di hape. Jangan-jangan aplikasi efek tertentu di camera. Walau tetap merinding setiap melihat hasil foto itu, kita-kita tetap melanjutkan investigasi *halah*. Hehe. Dan Jreng...jreng! Ternyata beneran, Sobs! Ada sebuah aplikasi di camera 360 dengan efek ghost, yang menghasilkan efek penampakan persis seperti yang ada di fotonya Meti! Perhatikan deh foto di bawah ini, Sobs!


Persis khaaan? Sayangnya, aku hanya menemukan satu jenis penampakan saja, belum ada versi lainnya. Apakah Sobats pengguna camera 360 menemukan/memiliki penampakan jenis lain? Halah, berharap banget po penampakan Mr. Gendu, Miss Wowo, dan rekans mereka lainnya? Yang bener aja, lho, Al! 

Tak lama setelah aku upload foto di atas ke FB wall ku, eh Meti konfirmasi seraya tertawa-tawa. Walau sempat dibuat merinding melihat foto dirinya yang ada penampakannya, tapi kemudian, pengakuan sang fotografer yang menyatakan bahwa dirinyalah yang merekayasa foto itu, membuat Sobatku ini bisa bernapas lega. Oalah, kang fotografer! April Mop itu kan besok, 1 April, bukan hari ini, Kang! Huft.

Tapi teteup ada hikmahnya ternyata ya, Sobs! Jadinya eikeh kan jadi tau kelebihan lain dari camera 360, yaitu ada efek ghostnya, haha. Idih!

Well, Sobats, Maret telah berlalu, terima kasih untuk interaksi dan silaturrahmi kita selama ini, yuk kita say goodbye for March dan welcoming April dengan ceria dan penuh harapan dan semangat yuk!

Catatan asal,
Al, Bandung, 31 Maret 2014


Read More
/ /
Akhirnya, setelah mencoba bertahan selama satu hari satu malam, hati ini tetap saja tak nyaman. Kerinduan yang memang langsung membersit begitu si dia kulepaskan, kini semakin membahana, membuncah di dada. Berbagai upaya kucoba untuk bertahan pada si pendatang baru, namun kok ya, kerinduan terhadap si dia yang lama, semakin menjadi. Hadeuh, ga iya nih, bisa-bisa proposal yang sedang aku garap ga akan kelar-kelar nih, gegara konsentrasi pecah, mengingat si dia.

Apalagi komentar sebagian besar Sobats yang dengan sukarela urun pendapat, juga ternyata lebih menyukai si dia yang lama, dibanding si pendatang baru. Katanya sih, si pendatang baru ini terlalu kalem dan tidak mencerminkan jiwa seorang Alaika Abdullah, yang selalu aktif, dinamis dan bermobilitas tinggi. Halah Begitukah penilaian Mantemans terhadap diriku? Kedip-kedip tersipu, senyum sumringah. 

Well, terlalu lama tenggelam dalam perang batin akibat memendam kerinduan, dan agar konsentrasiku menggarap proposal ini menyatu kembali, baiklah, segenap cinta, kupanggil kembali dirimu wahai kekasih hati. gambar header ku yang lama. Sungguh, kumasih cinta kamu dan makin menyukaimu, yuk temani aku lagi... Maafkan jika kemarin malam, dengan sengaja kuganti dirimu ya sayang. Yuk, kembali bertengger hiasi kepala halaman My Virtual Corner.

Header Baru yang berumur teramat pendek

Selamat tinggal header baruku, maaf jika dirimu tak bisa kupertahankan terlalu lama. Trims sudah menghiasi My Virtual Corner walau hanya 24 jam. Sungguh bersamamu, mengajarkan aku akan sebuah kerinduan. Halah. Sobats tercinta, trims juga untuk inputnya yaaa.

coretan malam,
Al, Bandung, 30 Maret 2014


Read More
/ /
Hayyah.... Lagi menikmati long wiken nih pastinya? Kalo saya sih baru pulang dari Launching KOMIMBA nih, Sobs! KOMIMBA? Apa itu KOMIMBA?
Hm, KOMIMBA adalah Komunitas Internet Marketing Bandung, yang baru dibentuk dan diresmikan oleh pak Ketua, Kang Argun. Itu lho, si bosnya Dewa SEO! Pada kenal enggak? Nah, KOMIMBA ini adalah sebuah Komunitas Imers [Internet Marketing] berbasis premium membership, yang didirikan untuk memfasilitasi para peminat Imers Bandung meningkatkan wawasan dan pengetahuannya tentang Imers. Info detail tentang hal ini, ntar aja deh ya, karena tujuan utama postingan malam ini adalah untuk pamer chitchat tentang gambar header My Virtual Corner yang baru. Halah! Itu aja diposting, hihi. 

Ternyata, setelah bertahan sekian lama dengan header yangselfie banget, penuh dengan foto dan aktifitas diri, sampai juga pada rasa bosan/jenuh keinginan untuk memberi tampilan baru pada template si My Virtual Corner tercinta ini. Bukan, bukan tak setia lho. Tapi apa pun itu, tentu jika monoton terus, akan menimbulkan kebosanan alias jenuh, kan? Nah, begitu juga eikeh, nih, Sobs! Kok lama-lama, jenuh juga ingin ganti gaya yaaa. Jadinya browsing gambar yang agak-agak selow gitu deh, sambil mikir, asyiknya diapain biar mata eikeh mau pun Sobats yang berkunjung jadi soft gituh.

Header Lama
Akhirnya, setelah browsing dan utak atik, header berwarna biru lembut inilah yang menawan hati.

Gambar Header yang Baru
Tapi..., kok rasaanya ada yang kurang yaaa? Belum apa-apa udah kangen dengan gambar header yang lama yang baru saja di-removed. Hadeuh! 
Menurut Sobats, bagusan gambar header yang lama apa yang baru sih? Monggo, ditunggu masukannya yaaa, trims! :)

catatan malam,
Al, Bandung, 29 Maret 2014






Read More
/ /

~ Mendapati diri berhasil hamil setelah perjuangan panjang, ibarat menemukan
beberapa tetes air di gurun sahara ~
- Alaika Abdullah
Credit

Itulah yang sedang dirasakan oleh seorang kakak sepupu yang memang sudah lama sekali menantikan kehadiran si buah hati. Kebahagiaan terpancar nyata di dalam modulasi suaranya, yang menelefon di suatu pagi. Mengabarkan bahwa perjuangan panjangnya dan suami untuk beroleh keturunan akhirnya berbuah manis. Usia kandungan memasuki minggu ke empat, dan seluruh perhatian serta kasih sayangnya pun teralih sempurna ke janin yang sedang bertumbuh di dalam rahimnya. Alhamdulillah, tentu saja aku turut bahagia mendengar kabar baik ini.

Sayangnya, kehamilan yang datang setelah penantian delapan tahun itu, membuatnya teramat sangat hati-hati dalam menjaga kandungan. Belum lagi dengan aneka mitos yang turut menyumbang perubahan sikap yang membuat gerak langkahnya semakin dia batasi. Ini ga boleh, itu ga boleh. Makan ini ga bisa makan itu pun ga bisa. Semua serba diatur hingga membuat sang suami pun ikut ‘terganggu’ namun tak berani ambil sikap. Takut nanti istri tercinta yang sedang mengandung si buah hati terguncang hingga berefek tak baik pada kehamilannya. Masukan dari ibu mertua tak sepenuhnya mengena, input dari suami apalagi. Tak digubris sama sekali, malah ditimpali dengan kalimat ‘mas tau apa tentang kehamilan?’ ☺

Hingga akhirnya, aku berkesempatan untuk ngobrol panjang dengan si kakak, dan merekomendasikannya untuk bergabung dengan sebuah social network berbasis komunitas online bernama Bebeclub, ber-tagline ‘dari ibu, untuk ibu, untuk berbagi’ dan memang dibentuk untuk memberikan berbagai informasi dan tips seputar kehamilan, persalinan, tumbuh kembang si kecil (parenting) dan sejenisnya. Bebeclub juga menyediakan tim support [careline] yang terdiri dari ahli nutrisi, bidan dan ibu yang berpengalaman, sehingga kita bisa melakukan tanya jawab/live chat, berbagi aneka resep nikmat dan sehat untuk si kecil, mendapatkan tips seputar kalender ovulasi, kalender bayi, dan informasi bermanfaat lainnya.




Senang rasanya ketika pada percakapan selanjutnya, si kakak bercerita dengan penuh semangat bahwa dirinya telah memetik banyak sekali manfaat dari Bebeclub yang telah diikutinya. Aneka informasi dan tips seperti tahapan kehamilan, asupan gizi bagi ibu hamil dan menyusui, persiapan persalinan, ASI hingga ke tips parenting, tersedia lengkap pada komunitas ini, hingga membuatnya dengan senang hati merekomendasikan komunitas ini pada teman-temannya yang lain.

Tidaklah sulit untuk bergabung di Bebeclub. Cukup dengan mengunjungi http://www.bebeclub.co.id, mengisi data pada form yang telah tersedia atau malah bisa register dan log in menggunakan akun facebook lho! Setelah registered, maka kita pun akan memiliki page khusus yang bisa digunakan untuk mengunggah tulisan, foto, atau video. Tak hanya itu, tampilan situsnya juga interaktif sehingga mudah diakses dengan menggunakan smartphone dan tablet. Coba deh!


catatan pembelajaran,
Al, Bandung, 26 Maret 2014
Read More
/ /
Tak banyak yang ingin aku bicarakan pada postingan ini, just wanna show you a cute picture. Berjudul Tarian Senja. Menurutku sih, cukup indah, menurutmu?

sharing picture
Al, Bandung, 25 Maret 2014
Read More
/ /
Hai hai Sobats tercinta!
Pasti udah familiar banget dengan tamu keren di halaman My Virtual Corner kali ini khaaan? Nama dan wajahnya, ku tau pasti sudah sering banget wara wiri dan mejeng di hati social media juga di beberapa blog blogger ternama. Paling sering sih, se-hapal-ku hayyah, bahasa apa itu sehapalku nih, nama emak yang satu ini paling sering disebut dan mejeng di halaman rumahnya Pakdhe Cholik mau pun di status-status Pakdhe. Ya iyalah, kan emak bening ini merupakan top modelnya BlogCamp, ya kan, Dhe? *Lirik Pakdhe Cholik* hehe.

Dan, kali ini, si emak bening mendapat kesempatan untuk tampil di halaman My Virtual Corner deh. Rela kan, Mak? *Lirik Emak Bening*.

Ok, ngomong-ngomong nih, Al, siapa sih emak bening yang kamu maksud? Aih, kok malah masih bertanya sih? Dari judul postingan pun udah keliatan atuh!

Yup, tiada lain tiada bukan, emak bening ini dikenal luas dengan panggilan Nchie Hanie, dan penampakan aslinya adalah seperti ini nih, Sobs!


Gimana, Sobs? Bening khaaaan? Hehe. Terus yang di sebelahnya gimana? Bening juga dunk! *Maksa :D
Pertama kali mengenalnya, jelas via ranah virtual donk, namanya juga blogger! Saling berkunjung, saling meninggalkan jejak dengan sapaan manis dan bersahabat, membuat kami menjadi akrab. Hingga suatu hari, saat itu kalo ga salah, diriku baru dua mingguan pindah ke Bandung, nah critanya nih, si Bening sedang jalan-jalan sama misua dan buah hati tercinta. Terus.... eh dia ngeliat seorang wanita cantik berjaket orange yang wajahnya kok udah familiar banget di matanya. Dan kaget setengah mati ih emangnya eikeh hantu? saat ingatannya notify herself bahwa itu Alaika!

Lalu doi pun menelefon memastikan bahwa itu adalah diriku, dan gayung pun bersambut. Yeaaay!!! Atur skedul dan Taraaaaa ..., Nchie Hanie, Teh Dey serta Erry adalah teman blogger pertama yang aku temui secara nyata [KopDar] di Bandung ini. Indahnya persahabatan! Itulah yang aku rasakan saat pertama bertemu dengan mereka. Kalo minjem istilahnya Om NH sih, it will be 'the beauty of blogging' getoh! 

Keakraban yang terjalin di antara kami pun semakin erat, banyak agenda yang menempatkan kami untuk jalan bareng. Terutama pada agenda keren yang baru saja berlangsung kemarin itu tuh, Penganugerahan Award Srikandi Blogger 2014, di mana kami sama-sama menjadi anggota panitia event keren ini, kebersamaan yang tercipta membuat kami semakin dekat dan solid. Mudah-mudahan persahabatan ini langgeng hingga akhir dunia ya, Nchie!

Well, back to Nchie Hanie, siapa sih sebenarnya emak cantik ini? Dan mengapa disebut si bening?
Nah, kalo pertanyaan seperti itu, bisa butuh beberapa halaman deh untuk menjelaskan, secara emak bening ini sih udah terkenal banget di ranah virtual lho! Tapi, secara garis besar, emak bening bernama maya Nchie Hanie ini, adalah seorang emak cantik berputri yang mirip banget dengannya, bernama Olive. Bersuami seorang pria tampan yang baik hati dan tidak sombong halah dan beberapa tahun ini aktif bekerja di sebuah perusahaan/consultant internet marketing berlabel Dewaseo.com.

Penasaran ingin mengenalnya lebih jauh? Yuk lanjut ke rumah mayanya yang keren dan bening itu di halaman kisah si bening ini deh!

catatan tentang seorang sahabat,
Al, Bandung, 23 Maret 2014
Read More
/ /
Pasti banyak Sobats yang juga sudah mengenal sosok yang satu ini khaaan? Yes, ibu guru bernama Meti Medya, yang baru saja dinobatkan sebagai Srikandi Blogger Kategori Persahabatan 2014 ini, tentu saja semakin menggema dunk namanya. Ditambah lagi dengan jabatan yang di pangkunya di Relawan TIK Bandung, yaitu sebagai Ketua, tentu membuat popularitasnya semakin meningkat! Tapi, satu hal yang aku catat, bahwa meningkatnya popularitas itu, masih tetap membuatnya down to earth alias ga sombong kok, Sobs! Awas aja kalo kemudian jadi sombong, pasti kita keplak rame-rame khan, Sobs?



Pemilik rumah virtual bertajuk MetiMedya.com ini adalah ibu dari dua anak lelaki tampan, yang kesehariannya dipenuhi oleh seabrek aktivitas. Mengajar dan memberikan bimbingan [konseling] di sebuah SMK adalah menu utama kesehariannya, ditambah dengan aktivitas lainnya seperti mengurus komunitas Relawan TIK Bandung yang diketuainya, menjadi salah satu duta [2014-2015] pada Kumpulan Emak Blogger selaku Srikandi Blogger Kategori Persahabatan 2014, mengurus dan mengasuh anak-anak, menulis dan seabrek kegiatan lainnya, tentu saja membuat wanita cantik ini aktif luar biasa. Begitu kan Mak Meti? Hihi.

Perkenalan pertamaku dengannya adalah ketika seorang teman blogger dari luar daerah [dokter gigi gaul] berkunjung ke Bandung. Dan oleh Nchie Hanie diagendakan untuk KopDar bersama kita-kita [baca: Nchie, Alaika, Meti dan si dokter gigi]. Nah, di sebuah mall yang aku lupa namanya, kita pun bertemu. Jreng...jreng! Ini toh Meti Medya? Cantik! Sunda banget! Sama kayak Diajeng Geulis Nchie Hanie! Hehe. Terus eikeh cakep ga? Halah!

Orangnya ramah, walau sebenarnya intensitas kami [aku dan Meti] bertegur sapa di ranah virtual bisa dibilang tipis, namun bertemu di dunia nyata langsung membuat kami connect deh! Nyambung! Pertemuan-pertemuan berikutnya, baik di ranah virtual mau pun di offline, membuat kami semakin akrab satu sama lain. Hingga akhirnya, entah siapa yang memulai, akhirnya aku, Nchie dan Meti dipanggil sebagai trio ember cyiiin! Hayyyah, ga ada nama lain apa ya? Pokoknya, kalo udah ngumpul bertiga, rasanya belum klop kalo belum bikin foto bertiga deh!

Penasaran ingin mengenal Mak Cantik yang satu ini lebih dekat? Yuk main langsung ke halaman mayanya yuk!

catatan persahabatan,
Al, Bandung, 22 Maret 2014

Read More
/ /
Siapakah yang akan hadir mengisi halaman My Virtual Corner dalam edisi duo kali ini?
Dari judulnya udah jelas donk, namanya Irma Senja aka Irma Susanti. Gimana? Pasti anggota KEB udah sangat familiar donk dengan emak tjantek yang kalem dan santun ini? Ya iyalah, siapa sih yang ga kenal dengan MakJurBay [emak juru bayar/bendahara] KEB ini?
Namun bagi yang belum mengenalnya, jangan kuatir, kita akan mengenalnya lebih dekat sebentar lagi, ok, Sobs?


Pemilik rumah virtual bertajuk Dunia Senja ini memang pecinta dan pengagum berat waktu senja. Untaian kata hasil kolaborasi antara daya fikir dan kelincahan jemari lentiknya, telah banyak sekali menghasilkan puisi-puisi apik yang tersimpan aman di rumah puisinya. Tak hanya itu, hobby menulis, membuat Dunia Senja terisi dengan postingan-postingan penuh manfaat, baik berupa sharing kisah dan makna kehidupan yang dialaminya, mau pun pembelajaran yang diperolehnya dari dunia sekitar. Pendek kata, hobby menulis dan rajin meng-update entry, membuat rumah mayanya diikuti oleh lebih dari seribu orang lho! Wow banget yak! :)

Tak hanya itu, emak cantik yang terlihat kalem dan lemah lembut ini, ternyata adalah seorang pejuang tangguh lho! Yang buah perjuangannya telah berhasil menggentarkan musuh bernama kanker Usus Besar! Yup, Irma Senja, adalah survivor Kanker Usus Besar, yang kini dinyatakan telah sembuh dari terjangan penyakit yang sangat berbahaya itu. Kegigihan perjuangannya, telah membuat si penjajah mengibarkan bendera putih pertanda menyerah, yang tentu saja tetap harus diwaspadai agar tak lagi berkesempatan mengatur strategi untuk adakan agresi lanjutan. Begitu kan, Mak Irma?

Nah, Sobats? Makin penasaran khaaan dengan emak cantik yang satu ini? Ingin mengenalnya lebih lanjut? Monggo ubek-ubek rumah virtualnya di sini deh.

crita tentang sahabat,
Al, Bandung, 21 Maret 2014
Read More
/ /

Ga sengaja, Umi temukan foto ini, sayang...
Dan membuat Umi langsung kangen kamu, Nak. Buah hati dan intan permata Umi.

Alaika Abdullah
sent from my smart andro
Read More
/ /
Kalo emak narsis yang satu ini, pasti sudah banyak yang mengenalnya khan? Eksistensinya di fesbuk, baik fesbuk pribadi maupun di grup-grup yang beranggotakan para blogger Indonesia, tak perlu diragukan lagi! Foto emak yang satu ini, kuyakin sudah begitu familiar di mata Sahabats semua. Menyaksikan wara-wirinya di ranah virtual, pasti kita akan membayangkan bahwa selugas dan sesupel itulah dirinya di dunia nyata. Mimi [Arie Vitaranti, nama lengkapnya], pastilah wanita ceria-ceriwis-paling getol narsis dan berkicau! Itulah yang ada dibayanganku, dulu! Tetap saja aku tak percaya manakala dirinya di beberapa kesempatan chitchat, mengatakan bahwa dirinya, aslinya adalah pendiem dan pemalu. O ho! Noooo! Mana mungkin eikeh percaya? Hehe

Hingga kemudian, keakraban yang terjalin erat di ranah virtual, berkesempatan dipertemukan untuk pertama kalinya di ranah nyata, pada agenda Blogger Nusantara di Yogyakarta. Alhamdulillah, senang hati ini tak terkira, mengetahui si emak yang satu ini juga turut hadir di sana. Yes, bisa ketemu dengan Mimi, seorang sahabat dekat yang telah seperti adikku sendiri ini.

Gimana sensasinya bertemu langsung dengan orang yang secara virtual sudah begitu akrab dan terbuka, Al?
Nah, itu! Sensasi di setiap Kopdar, dengan subject yang berbeda, jelas berbeda pula sensasinya. Yang jelas, overall adalah happy! Bertemu Mimi? Ini lain ternyata sodara-sodara! Mimi yang begitu akrab kukenal di ranah virtual, yang secara batin sudah begitu dekat, ternyata masih malu-malu denganku. Segan dan merasa minter! Aih. Yang bener aje, Mi! Emang eikeh siapa sampai dirimu harus minder! *Pengen getokin pala Mimi deh. :D* Dan salah satu akibatnya adalah, kami hanya punya sebiji foto yang edisi duo! Halah, terlalu!

Satu-satunya foto berdua
Sebenarnya ingin banget berduaan terus dengannya, melanjutkan chitchat kami di ranah virtual secara langsung di ranah nyata. Ealah, baik aku mau pun mimi, ternyata malah disibukkan oleh urusan lain yang akhirnya hanya memberi kami beberapa kesempatan untuk bisa saling bersama. Tapi, masalah kualitas dari kebersamaan yang tidak terlalu lama itu, tetap optimal atuh, ya kan, Mimi sayang?
Dalam 'kesempitan' itu, ternyata banyak juga kesan istimewa yang tercipta khaaan? Hehe.

Mimi, bukan hanya sekedar sahabat bagiku, tapi adalah juga adik yang secara mendalam terasa dekat di hati. Entah karena dirinya sering mempercayakan aku sebagai tempat curhatnya buka rahasia entah karena hal lain, yang jelas, ada rasa nyaman dan sayang mengalir di dada setiap kami bercerita.

Pertemuan berikutnya adalah pada hari puncak penganugerahan Srikandi Blogger 2014 kemarin. Mimi berkesempatan datang dari Jambi khusus untuk hadiri hari H. Asyik! Tak hanya itu, Mimi juga menjadi salah satu MakMod [Emak Model] dalam event keren yang digelar oleh Kumpulan Emak Blogger itu lho!
Sayangnya lagi, saking akrabnya, kami sampai lupa untuk foto berdua! Lagi dan lagi! Padahal Mimi ikutan aku ke Bandung lho! Aih, sungguh terlalu kita ya, Mi? Hihi.
Tak apa, Insyaallah masih terbentang kesempatan-kesempatan lain pada pertemuan-pertemuan kita selanjutnya nanti, bukan begitu, Mimi sayang?

Well, Sobats, tentang Mimi, tentu Sobats pun sudah banyak mengenalnya, tapi bagi yang masih penasaran akannya, pemilik blog berjudul Godeks Family ini dapat ditemui pada rumah maya tercintanya ini atau via fesbuknya Arie Vitaranti. Jangan lupa tinggalkan jejak ya, Sobs! :)

catatan tentang sahabat,
Al, 20 Maret 2014
Read More
/ /
Nama yang singkat. Namun jangan disangka ide dan kreatifitasnya baik di dalam mengolah kata maupun prakarya, sesingkat namanya lho!
Pemilik beberapa rumah maya, dengan blog utama Langkah Kaki Kami ini adalah seorang wanita yang awalnya aku kira pendiem! Hehe. E enggak taunya..., sama seperti saya, Mantemans! Ramah dan banyak senyum seperti eikeh gituh :D.

Pertama mengenalnya tentu saja via ranah virtual. Saling bersilaturrahmi dan meninggalkan jejak pada postingan-postingan, berlanjut ke facebook, saling komen saling chat, hingga akhirnya, kepindahanku ke Bandung, membuka jalan bagi perluasan silaturrahmi. Bertemu di ranah nyata! Asyiiik...


Dan memang, pertemuan kami di ranah nyata ternyata jauh lebih mengasyikkan dan akrab dibandingkan pertemuan-pertemuan virtual kami selama ini lho! Bersama dengan teman blogger Bandung lainnya, yaitu Nchie Hanie, Erry si bibi teliti dan Ika Rahmah, Teh Dey turut hadir welcoming me in Bandung. Indahnya persahabatan blogger. This is the beauty of blogging. *Om NH, pinjem istilahnya yaaa.*

Sungguh, senang sekali rasanya pindah ke kota kembang ini. Disambut oleh teman-teman yang baik hati, tidak sombong dan rajin menabung dan ramah, membuatku langsung betah. Teh Dey adalah salah satu teman blogger yang membuatku betah itu, Sobs! Karakternya yang sabar, lemah lembut dan berhati bersih, adalah aset penting yang membuatku nyaman untuk berteman dengannya. Paling sering ditemani oleh Mas Fikri [sang suami] dan si buah hati [Aa Fauzan], membuatku juga ikut akrab dengan mereka.

Wanita yang sering bertugas sebagai fotografer kami juluki sebagai fotografer ini memang punya hobby memotret. Sebenarnya sih Teh Dey punya minat membidik produk-produk Sang Mahakuasa yang bertajuk alam dan sekitarnya, bukannya foto wajah/diri. Namun karena sahabat-sahabatnya ini punya bakat dan keinginan narsis yang luar biasa, maka keluasan hatinya membuahkan sabar untuk menyingkirkan terlebih dahulu object alam, dan beralih ke object dua wanita cantik  yang hobby banget narsis. Siapa lagi, Sobs, ya eikeh dan Nchie Hanie lah! Hehe.

Well, back to Teh Dey, ibunya Aa Ujan ini hobby banget memotong-motong kertas lho! Eits, bukan nyampah, tapi bikin prakarya. Banyak sudah kertas-kertas yang sudah diguntingnya hasil karya yang dibuatnya, dan banyak pula yang sudah menjadi souvenir sebagai cinderamata darinya bagi sahabat-sahabat blogger seantero nusantara.

Penasaran akan sosok dan prakaryanya, sok atuh melipir ke rumah mayanya yang ini atau ke rumah prakarya-nya ya, Sobs!

Catatan Al, edisi duo,
Al, Bandung, 
Read More
/ /
Aha! Pasti udah pada nunggu dan penasaran dengan janjiku kemarin khaaan? Tentang lanjutan postingan edisi duo. Jika kemarin di dalam edisi duo, aku menghadirkan Maketu Haya Aliya Zaki, maka siapakah yang akan tampil berikutnya pada halaman My Virtual Corner ini?
Hayuk, langsung kita sibak tabirnya yuk! Taraaaaaa.....

Klik show untuk melihat


Siapa dia? Pasti pada familiar dunk! :)
Jika Sobats adalah member dari Kumpulan Emak Blogger, pasti udah ga asing lagi deh dengan wanita charming and smart yang satu ini. Yang jemari lentiknya begitu lincah menari, mengutak atik kode html, men-design template ciamik yang membuat halaman rumah maya kliennya jadi cuantik dan nyaman untuk dikunjungi, yang dari ketak ketik dan pemikirannya lahir aneka tutorial serta tips mempercantik blog, membuat video and other related things.

Perkenalan pertama dengannya [di dunia maya] adalah ketika sama-sama masuk ke dalam jajaran 50 finalis SB2013, berlanjut ke dalam grup 10 finalis SB2013. Lalu KopDar dengannya tepat di hari H Penganugerahan Award Srikandi Blogger 2013. Orangnya baik, ramah dan ga neko-neko. Baru ketahuan rame dan usil saat sama-sama akrab di sebuah 'ruangan kecil' di ranah virtual, kala sama-sama menjadi anggota Panitia SB2014. Ternyata orangnya seru dan menyenangkan banget! Low profile dan senang berbagi ilmu. Ini nih yang eikeh demen!

Wanita charming and smart ini, selain sebagai ibu dari dua bocah, ternyata kesehariannya disibukkan oleh kiprahnya di dunia nyata, yaitu menjadi seorang engineer di sebuah perusahaan kontraktor skala nasional, sementara di ranah virtual, emak yang satu ini senantiasa berusaha menjadi diri sendiri, mengembangkan pengetahuan dan hobbynya di bidang IT, dengan mendirikan sebuah perusahaan bernama The Choco Company, yaitu sebuah bisnis bersegmen wanita yang menyediakan layanan jasa template design, utak atik blog, and other related things. Keren yaaa?

Untuk Acara Srikandi Blogger 2014 kemarin, tak dapat dipungkiri, bahwa berkat jemari lentiknya pada keyboard apple kroak andalannya, berkolaborasi dengan sound system yang apik, terciptalah satu demi satu acara yang mengundang decak kagum para audience yang hadir pada hari Penganugerahan Award Srikandi Blogger 2014 kemarin.

Ingin berkenalan lebih lanjut dengannya? Atau malah ingin pesan template ciamik menik-menik khas emak/wanita, sok atuh langsung ke rumah mayanya di sini yaaa.




Read More
/ /
Hai hai, Sobats tercinta!

Kali ini ga ingin menulis panjang kali lebar sama dengan luas, cuma pengen narsis doank! Dan..., narsisnya ga sembarang narsis lho! Tapi narsis versi duo. Penasaran duo dengan siapa? Yuk langsung ke foto dibawah ini yuk!


Haiyah! Pasti udah familiar dengan dua wajah menawan manis ini kan? Yup! Haya Aliya Zaki dan eikeh sendiri, Alaika Abdullah. Hehe. Awalnya aku sendiri tak mengenal dekat wanita yang satu ini sih. Yang ku tau, wanita ini adalah ibu dari 3 anak, alumnus Universitas Indonesia yang hobby banget menulis. Sekitar 22 buku telah lahir dari tangan dan buah fikirnya. Wow! Lebih dari 100 tulisan dimuat di media cetak ternama dan sering pula menjuarai lomba-lomba menulis. Wow lagih!

Tak hanya itu, wanita cantik ini juga seorang trainier dalam bidang kepenulisan dan editing. Berprofesi sebagai penulis lepas dan editor lepas Dar!Mizan dan Penerbit Pelangi Indonesia, juga seorang blogger [pastinya!] dan Buzzer.

Itu saja. Dan itu pun telah lebih dari cukup untuk membuatku kagum! Ditambah pula dengan sebuah kebersamaan yang terbentuk berkat menjadi panitia Srikandi Blogger 2014, yang telah dimulai sejak enam bulan lalu, merupakan kontribusi paling nyata dalam menambah kedekatan hubungan kami. Kalo orang Malaysie bilang, kebersamaan dalam tim Panitia Srikandi Blogger 2014, yang dikomandoi oleh ibu guru Haya ini, membuat hubungan kami semakin mesra. Hehe. Banyak pembelajaran dan pengayaan pengalaman yang kami petik dari kebersamaan tersebut. Kesolidan tim yang dikomandoi olehnya, sungguh membuat sebuah 'ruangan' kecil kami [aku, dan beberapa MakPan] di ranah virtual, tetap terbuka sebagai tempat kami berkumpul, berdiskusi dan saling mensupport, walau pun event Srikandi Blogger telah usai. Alhamdulillah. Selalu ada manfaat dari setiap niat positif kan? :)

Well, sesuai dengan janji di awal paragraf, untuk tidak berbicara banyak melainkan just narsis, so see you in the next post ya, Sobs! Tetap dalam koridor 'Edisi Narsis : Versi Duo'. See you soon!

Sepenggal catatan kebersamaan,
Al, Bandung, 16 Maret 2014
Read More
/ /
Siapa sajakah yang akan berdiri di jajaran Srikandi Blogger 2014? Udah pada tau donk! Tapi pasti penasarankan akan liputan acaranya? Keren sangat lho! Biar ga penasaran, yuk ikuti lanjutan dari postingan Gladi Resik #SB2014 kemarin yuk!

Jika pada hari GR kemarin, kita-kita [MakPan, MakMin, MakFin, MakMod dan pengisi acara lainnya] pada dibikin sibuk dan heboh oleh tahapan GRnya, maka pagi Minggunya, kesibukan lainnya pun terlihat nyata, Sobs! Bukan di ruang tempat berlangsungnya acara, melainkan di ruang VIP Gedung Museum Nasional/Gajah, Jakarta. Ruangan ini dipenuhi oleh para emak [Panitia, Finalis, Models, MakMin - MakBoard dan MC] yang secara bergilir mendapat kesempatan untuk di'sulap' habis-habisan oleh tim make up artist dari Sari Ayu Martatilaar. What? Sari Ayu Martatilaar? YES!

Selain menjadi sponsor utama dalam perhelatan akbar acara Penganugerahan Award Srikandi Blogger 2014, Sari Ayu Martatilaar juga mengirimkan make up artist-nya untuk mendandani para finalis, panitia, MakMin-MakBoard KEB serta pengisi acara lainnya, agar tampil kece maksimal dan sukses mempesona para undangan yang menghadiri acara keren ini.

'Memasrahkan' diri untuk disulap oleh Mba-mba dari Sari Ayu MT. 
MakPan + MakMin KEB #SB2014
Pada kece khaaan?
Photo taken by Bapak Dian Kelana
Sesuai dengan agenda yang telah dicanangkan, usai makan siang, maka acara Penganugerahan Award Srikandi Blogger 2014 pun dimulai. Didampingi oleh olahan jemari lentik Mak Shinta Ries pada keyboard si Apple kroak andalan, berkolaborasi dengan sound system yang apik, hentakan musik menggema, berpadu dengan alunan suara Mak Aprilda yang menebar aura positif dan sukses memancing gelora semangat audience untuk ikutan mengangguk-angguk, berdendang atau bahkan menggoyangkan pundak mengikuti hentakan irama lagu 'Ekpresi' yang dibawakannya secara apik, disertai aksi panggung yang bener-bener bikin audience terbakar semangat! Aksi panggung apik emak yang satu ini pun ditutup dengan applause audience yang membahana, dilanjutkan oleh paduan dua suara keren mempesona milik Mas Arie Goiq dan Mak Aulia Gurdy, yang muncul dari belakang audience! Audience pun berpaling ke belakang, menyaksikan duo MC langganan acara Srikandi Blogger yang tampil serasi dan mulai memandu jalannya acara. 

Photo taken by Maria Citinjaks
Lihat deh, make upnya Mak Aul keren khaan? Bikin Mak Aul manglingin!
Mas Arie? Juga keren atuh, apalagi udah langsing gituh! :)
Pembacaan doa, adalah acara selanjutnya yang dibacakan oleh Mak Tri Sapta, kusyuk dan penuh permohonan yang diaminkan oleh para audience pastinya. Kekusyukan perlahan beralih ke rasa haru, bangga dan bahagia mendengar kata-kata sambutan yang disampaikan oleh Maketu [Mak Ketua] Panitia #SB2014, senyum simpul pun tak tertahankan, mencuat dari bibir audience mendengar pantun keren yang disampaikan oleh Maketu menutup kata sambutannya. Penasaran akan kata sambutan yang disampaikan oleh Maketu? Silakan dibaca disini yaaa.

Pictures taken by Maria Citinjaks
Mak Mira Sahid, yang mendapat giliran selanjutnya pun tampil prima, memberikan kata sambutannya selaku MakPon [Mak Founder] KEB, lalu mengundang satu persatu MakBoard-Makmin KEB untuk turut bersamanya 'membuka' acara.

Jika pada event-event lainnya, kita begitu familiar dengan penabuhan gong sebagai tanda acara dibuka, maka kali ini, MakPan #SB2014 memilih cara lain. Indonesia adalah negeri yang tak hanya kaya akan sumber daya alamnya, tapi juga kaya akan budaya dan seni. Angklung, adalah salah satu alat musik tradisional yang tak hanya dikenal oleh masyarakat pemiliknya, namun juga telah dikenal luas baik secara domestik mau pun manca negara. Dan... MakPan pun memilih alat musik unik ini, diterima dengan penuh cinta oleh MakBoard-MakMin untuk secara serentak mereka mainkan, sebagai pertanda dibukanya acara. 

Dan Taraaaaaaa.... tepuk tangan pun menggema, kilatan blitz sambar menyambar, pertanda acara ini didokumentasikan dengan apik. :)


Acara Penganugerahan Award Srikandi Blogger 2014 telah resmi dibuka, dan acara selanjutnya adalah penyampaian kata sambutan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika [KemKominfo] Republik Indonesia, yang dilanjutkan dengan pemutaran video dari Sari Ayu Martatilaar berisi sosialisasi pengenalan produk teranyar mereka yaitu inspirasi Borneo color trend 2014.

Berikutnya, beberapa bocah cantik generasi penerus bangsa pun tampil menghibur audience dengan tariannya yang kompak dan dinamis. Apik!


Dilanjutkan oleh parade para emak yang tentu saja tak mau ketinggalan dalam menghibur para hadirin. KEB memang serba bisa lho! Dipenuhi oleh para emak dan emak wannabe yang multi talenta. Fashion show ini salah satu buktinya. Walau selama ini disibukkan oleh aneka peralatan dapur dan pekerjaan rumahan, atau berkutat di kantoran, jangan disangka para emak KEB tak mampu berlenggak lenggok di atas catwalk lho! Lihat saja wajah cantik hasil ketrampilan jemari lentik Mba-mba dari Sari Ayu, dan kepiawaian para MakMod melenggang lenggok ini. Tapi janji ya, ga pake terpana apalagi ngences! Hehe.


See? Ga keliatan lagi jika yang berbaris dengan anggun di atas adalah para emak yang kesehariannya disibukkan oleh rutinasnya masing-masing kan? Langsung berubah jadi satria baja hitam Models sehari yang keren banget khaaan? Member KEB gitu lho! :D

Usai fashion show, acara berlanjut ke sosialisasi event keren yang sedang diselenggarakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika, yaitu event Kartini Next Generation [KNG], dimana para emak mendapat undangan secara langsung dari Kemen-Kominfo untuk ikutan ajang bergengsi ini.

Selanjutnya, audience kembali terpana penuh haru oleh persembahan duo emak yang tampil memukau membawakan lagu satu rindu, sukses membuat suasana mengharu biru. Dilanjut pula dengan pembawaan sebuah puisi tentang ibu, yang dibawakan oleh Mak Wylviera dengan penuh penghayatan dan performa luar biasa, sungguh mampu memancing haru dan bikin merinding audience. Emak yang satu ini, selain piawai menyanyi juga ahli memancing tetesan air mata audience-nya.


Berikutnya, audience kembali dibuat kagum oleh penayangan video-video besutan tangan lentik para emak! Ada video yang dibesut oleh Mak Shinta Ries, memperkenalkan profil para MakJurs, dilanjutkan dengan pembacaan profil masing-masing finalis oleh MC. Setiap finalis yang dibacakan profilnya oleh MC, akan beranjak dari kursi kehormatan menuju ke stage seiring dengan pemutaran video hasil besutan sang finalis. Tepuk tangan pun membahana setiap video demi video tuntas ditayangkan, dan ke sepuluh finalis telah berada di atas stage.

Suasana semakin seru tapi bermuatan rasa tegang terutama bagi ke sepuluh finalis yang telah berbaris rapi di atas stage. Kok tegang, Al? Ya iyalah, kan deg-degan menebak siapa sih yang akan berdiri pada jajaran Srikandi Blogger 2014? Namun ketegangan ini, tentu tak akan dibiarkan berlama-lama dunk, makanya Mak Aul dan Mas Arie, secara bergantian mulai mengumumkan nama-nama para Srikandi 2014.

Dan satu persatu dari Srikandi Kategori yang disebutkan pun menuju ke stage, mendapat kecupan manis dan ucapan selamat serta pemasangan selempang serta pemberian hadiah, lalu berjejer manis ditaburi kilatan cahaya blitz camera yang mendokumentasikan momen bersejarah ini.

Tiga dari 10 finalis SB 2014 dan satu emak dari anggota KEB telah dianugerahi gelar keren bertajuk Srikandi Blogger 2014 untuk empat Kategori, yaitu;

1. Mak Meti Medya, dinobatkan sebagai Srikandi Blogger 2014 Kategori Persahabatan
2. Mak Murtiyarini, dinobatkan sebagai Srikandi Blogger 2014 Kategori Inspiratif
3. Mak Mugniar Marakarma, terpilih sebagai Srikandi Blogger 2014 Kategori Terfavorit
4. Bunda Lily, dinobatkan sebagai Srikandi Blogger 2014 Kategori Lifetime Achievement.

Wow! Acara semakin seru dan mendebarkan. Pertanyaan yang ada di hati setiap audience pun semakin seragam. Siapa kah sang Srikandi bermahkota untuk tahun 2014 ini? Kembali duo MC berceloteh, rasanya tak lengkap rasanya jika pengumuman sang Srikandi Blogger 2014 tidak menghadirkan terlebih dahulu Srikandi Blogger 2013, itu mah eikeh, Sobs! Hihi dan Ketua Dewan Juri, yaitu Mak Sary Melati.

Maka kami pun melangkah anggun sambil tepe menuju stage. Bersama gerak langkah kami, profil Srikandi Blogger 2013 dibacakan, berlanjut dengan pemutaran video keren bertajuk Alaika Abdullah, Srikandi Blogger 2013. Hasil besutanku lho ini, Sobs! :D


Tepuk tangan membahana selepas pemutaran videoku, daaaaaan.... saat yang dinantikan itu pun tiba. Sesuai dengan skenerio, maka aku pun melenggang lenggok sejenak on the stage, mengitari para finalis yang tentu berdiri deg-degan, menanti kemana mahkota berkilauan yang ada ditanganku itu akan bertahta. Jreng...jreng! Aku pun berhenti di hadapan seorang emak manis berkulit eksotis, muda belia tapi semangat menyala dan sarat karya. Emak Pungky Prayitno! Yup, di atas tatanan rambut cantiknya itu lah mahkota di tanganku bertahta dengan indahnya.

Congratulation, Pungky Prayitno! 
Selamat menjadi Srikandi Blogger 2014, mari bergandeng tangan 
mengharumkan dan membesarkan KEB! 



Dan inilah dia jajaran para Srikandi Blogger 2014 in picture, minus Bunda Lily yang telah terlebih dahulu kembali ke tempat duduknya, dikarenakan kesehatan yang tidak mendukung untuk berdiri lama on the stage.


Well, Sobs! Begitu deh reportase ala Alaika Abdullah seputar acara Penganugerahan Award Srikandi Blogger 2014 yang telah dilaksanakan pada hari Minggu, 9 Maret 2014 bertempat di Auditorium Museum Nasional, Jakarta. 

Eits, jangan kuatir dulu dunk, masih ada reportase lanjutannya lho, seputar related post! Cu you soon on the next post yach!

Catatan Penganugerahan Award SB2014,
Al, Bandung, 15 Maret 2014


Read More
/ /
Pasti pada semangat dunk menanti reportase ala Alaika Abdullah related to  perhelatan Penganugerahan Award Srikandi Blogger 2014? wuih, perasaan dinanti! Okey, baiklah, Sobats maya tercinta. Kita langsung aja deh ke topik pembicaraan seperti yang tertera pada judul di atas yak! I know lah jika Sobats udah ga sabar untuk membacanya. :D

Gladi Resik! Adalah proses simulasi terakhir yang dilakukan terhadap pelaksanaan sebuah event, untuk memastikan minute to minute event tersebut berlangsung sesuai dengan agenda yang telah disusun. Nah, Gladi Resik terhadap hari H event #SB2014 pun digelar pada hari Sabtu, 8 Februari 2014 kemarin. Dan, pastinya MakPan dari Bandung [baca: Nchie Hanie dan Alaika Abdullah] plus salah satu finalis geulis bernama Meti Medya, dan seorang Makmod [Makmodel] bernama Efi Fitriyah pun berangkatlah ke Jekardah untuk menghadiri Gladi Resik! Ga tanggung-tanggung, sekitar jam 5 subuh, kami sudah harus bergerak lho! Menggunakan dua kendaraan bernama Avi haiyah, emang penting untuk disebutin yak? dan si Ertiga milik Meti Medya, kami pun meluncur secara terpisah. 

Awalnya sih ingin berangkat bareng, namun apa daya, BBku error hingga alarm sukses tak berbunyi sama sekali. Akibatnya, berlanjutlah daku tidur lelap hingga tersentak tepat jam 1/2 5 subuh. Udah pasti gelagapan dunk, wong rencana berangkat jam 5, selesai shalat subuh, eh ini jam 1/2 5 kok baru bangun. Mana satu-satunya hape sedang hang pula, otomatis ga bisa call-calling dengan si Mak Nchie Hanie deh, yang pastinya udah siap-siap bersama rombongan Mak Meti. Lebih sedih lagi ngebayangin Mak Efi Fitriyah, yang belum pernah ke rumahku, sementara meeting point keberangkatan adalah rumah kosan tercinta ini. 

Namun, jika ada kemauan, pasti ada jalan toh? Akhirnya, Mak Efi pun sampai dengan selamat di kosan, dan kami pun berangkat. Perasaan, bakalan ketinggalan jauh dari rombongan si Ertiga deh! Eh, enggak taunya, begitu si BB berhasil aktif kembali dan terhubung ke Mak Nchie, ternyata mereka masih tertinggal di belakang! Asyik. Perjalanan Bandung-Jakarta bukanlah perjalanan panjang yang memakan waktu lama, cukup 1.5 jam untuk mencapai gerbang tol Halim, dan biasanya peningkatan grafik stress akan dimulai pada titik ini. Namun, lagi-lagi Alhamdulillah, tampaknya alam begitu mendukung kami untuk menyukseskan perhelatan akbar ini! Sama sekali tak terlihat kemacetan pada titik yang satu ini, dan walau salah keluar pintu tol [keluar dari tol slipi], kami berhasil sampai di tekape tepat waktu, jam 9 pagi. Yeay!!!!

Tekape masih sepi, hanya ada beberapa emak yang telah duluan hadir. Pertemuan pertama dengan emak-emak yang datang dari luar kota, kembali mengharu-biru. KopDar sesama blogger memang senantiasa membuahkan sensasi indah tak terlupakan. Keakraban langsung tercipta manakala keasyikan dan indahnya persahabatan di dunia maya menjejak di dunia nyata! Yup, setidaknya itulah sensasi yang selalu hadir di hatiku setiap kali bertemu di darat [KopDar] dengan sesama teman-2 blogger.

Suasana semakin seru manakala emak-emak panitia, finalis, makmin dan makmod telah hadir di tekape. Gladi resik pun terlaksana meriah, happy walau terkadang tertunda oleh satu dan lain hal. Yaaa, namanya juga emak-emak sudah ngumpul, tau sendiri deh kerempongannya. Hehe. Eniwei, GR berjalan baik dan kesibukan panitia dalam menyiapkan acara terlihat seru dan bahagia, walau harus nguli segala [Ngangkatin kardus air mineral, kardus-kardus hadiah, dan lain sebagainya]. Semua dilakukan tanpa keluh kesah dan tanpa bantuan berarti dari kaum bapak! Ya iyalah, wong panitianya para emak semua, jeh! Hehe. Dan untuk melihat keseruan Gladi Resik, yuk biarkan foto-foto dibawah ini bercerita lebih. :)

Pada jari-jari lentik emak yang satu inilah, kesuksesan kolaborasi musik, video dan gerak langkah serta tarian digantungkan. Mak Shinta Ries, dengan senjata apple kroaknya, terbukti sukses mengawal minute to minute acara, mengemasnya hingga menjadi acara yang semarak dan penuh semangat. 
Mak Nchie Hanie, Mak Fadhlun, Mak Dwina dan Mak Fitri sedang sibuk membungkus hadiah. Serius banget yak! Tapi Ma Nchie kok sedang senyum?
Dan Duo MC, Mas Arie dan Mak Aul pun tak ketinggalan dalam berlatih dan menyesuaikan diri untuk perhelatan acara di hari H. Pun, duo singer keren [Mak Waya dan Mak Echa Cucut] tampil memukau dengan suara beningnya yang mampu memancing luruhnya air mata oleh lagu yang dibawakannya. Lagu apa? Rahasia dunk, ntar di hari H, dengerin sendiri ye! :D


Nah, Sobs, begitu deh sekilas reportase ala Alaika Abdullah related to Gladi Resik acara keren bertajuk Penganugerahan Award Srikandi Blogger 2014. Seru, ceria dan bikin happy deh! Nantikan reportase lanjutan, related to Hari H, Penganugerahan Award Srikandi Blogger 2014 pada postingan berikutnya yaaa! :) Saleum.

Catatan Gladi Resik, Penganugerahan Award Srikandi Blogger 2014
Al, Bandung, 12 April 2014


Read More
/ /
Hm, ga nyangka tantangan #1Day1Post jadi terbengkalai beberapa hari, gegara kesibukan menyiapkan acara seru nan keren bertajuk penganugerahan Award Srikandi Blogger 2014. Nyesel? Ga banget! Justru happy banget ditunjuk menjadi bagian dari panitia merangkap salah satu juri event keren ini. Kebersamaan yang tercipta di balik layar acara ini, adalah nilai tambah bagi kami (para emak) yang bertugas sebagai panitia acara. Bikin kami semakin kompak dan akrab serta jadi lebih kenal dekat. Alhamdulillah. Sungguh sebuah pengalaman luar biasa lho, Sobs!

Ingin tau cerita seru persiapan hingga penggelaran hari Hnya? Siap! Nantikan edisi reportase ala Alaika Abdullah, pada postingan selanjutnya yaaa. :)

Saleum!
Alaika,
Posted in a Damri. Hehe
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Read More
/ /
Credit

Sayang, lihat betapa mungil dan menggemaskan kedua kakimu itu?
Cantik dan bikin umi selalu tersenyum lucu
Buat Umi tak sabar jelang sore hari, tuk segera kembali ke rumah dan peluk tubuh mungilmu

Sayang, kini engkau telah beranjak dewasa. Tujuh belas sudah usiamu, dan bikin Umi bangga juga cemas. Was-was oleh perkembangan zaman, yang tak lagi seaman zaman Umi dahulu. Namun sayang, Umi percaya bahwa anak Umi bisa diandalkan dalam menjaga diri, dan melindungi harga diri, juga dalam mengharumkan nama keluarga kita. 

Umi yakin sayang, broken home bukan harga mati. Broken home bukan momok yang akan ciptakan anak-anak berandalan. Sayang, Umi bangga padamu, Nak, dari keluarga yang berpisah, tapi masih tetap tegar dan tangguh hadapi ombak kehidupan. Terima kasih, Nak! Umi bangga dan selalu menyayangimu! Tiada akhir.... bahkan hingga penghujung jaman.

with all oceans of love,
Al, Bandung, 9 Maret 2014
Read More
/ /
Iseng nyari-nyari quote of the day. Eh nemu sebuah gambar berisi beberapa kata yang langsung disetujui oleh hati dan pikiran eikeh nih, Sobs! Halah


Credit
Harshness is always a sign of weakness

Aih, bener juga ini. Biasanya nih, seseorang melakukan tindak kekerasan terhadap seseorang lainnya adalah perwujudan ketidakmampuannya atau kelemahan yang ingin ditutupinya. Contohnya baru saja kejadian di kantor temanku. Di sebuah lembaga international ternama yang menjunjung tinggi azas prikemanusiaan, sehingga tidak ada secuil pun unsur harshness atau harassment yang boleh terjadi terhadap siapa pun di kantor itu, pada klien mereka atau pada siapa pun yang berhubungan dengan mereka. 

Nah, critanya nih, si teman, sebut saja namanya Ani, adalah seorang support assistance yang bertugas mensupport beberapa manager di kantor itu. Namanya support assistant, tentu tugasnya adalah dengan sigap melaksanakan dan membantu para manager yang membutuhkan bantuannya. Tapi seorang manager, sebutlah Pak Beni, merasa tidak senang melihat Ani disukai oleh manager-manager lainnya, karena selain supel, juga Ani adalah staff yang sigap dalam bekerja. Parahnya adalah, Pak Beni memiliki rasa suka terhadap Ani, dan cemburu melihat kedekatan Ani terhadap manager-manager lainnya. 

Sehingga terjadilah abuse of power dan sedikit harshness. Ani ditekan, dilaporkan membuat kesalahan yang sebenarnya telah disetting sedemikian rupa oleh Pak Beni sehingga pekerjaan Ani terlihat 'cacat'. Efeknya, Ani dipanggil oleh HRD dan dipertanyakan. Usut punya usut, argumen Ani pun kuat, didukung pula oleh history pekerjaannya selama ini yang baik, berhasil juga Ani dibuktikan tidak bersalah, malah berhasil membuktikan bahwa Pak Beni melakukan abuse of power terhadapnya. 

Kini, Pak Beni sedang menanti tindakan lanjutan terhadap apa yang telah dilakukannya. Jika sebelumnya kita begitu familiar dengan istilah sirik tanda tak mampu, maka kini kita pun mulai sering melihat Harshness is always a sign of weakness! :)

sebuah catatan malam,
Al, Bandung, 11 Maret 2014
Read More
/ /
Ga sengaja, di tengah galau yang melanda [wajar toh jika manusia itu disapa oleh kegalauan?], tak sengaja, aku menemukan foto ini, kala bongkar-bongkar album foto lama di folder. Dan, Huk! Tertohok jantung ini menatapnya! Serasa ditampar oleh sebuah kesadaran. Betapa kita ini begitu manja. Mengeluh dan mengeluh saja. Diberi 'teguran' sedikit saja, sudah mewek! Sudah komplain dan berani-beraninya bilang Tuhan itu tidak adil! Tuhan tidak sayang sama kita. Sadarkah kita bahwa nun di luar sana, banyak orang yang hidupnya tidak seberuntung kita?

Sadarkah kita? Bahwa nun di luar sana, banyak orang yang tubuhnya malah tak sempurna? Namun.... justru membuka mata kita, memberi kita pembelajaran kehidupan! Masihkah kita berani mengeluh panjang kali lebar sama dengan luas setelah melihat foto yang satu ini?

pria cacat
Gambar lama yang berasal dari kiriman di BB Group
Sebuah pembelajaran,
Al, Bandung, 7 Maret 2014
Read More
/ /

Amarah itu terkesan nyata
Di bola matamu yang memerah saga
Getarkan jiwa putuskan asa
Jingga Jelaga getarkan jiwa


Sungguh engkau berubah jauh
Makin lama semakin tak acuh
Tiada lagi mata yang teduh
Musnah sudah asa berlabuh

Taukah engkau wahai adinda
Di tengah senja semburat jingga
Ayah dan Bunda panjatkan doa
Usir jelaga pertahankan jingga

Walau,
Engkau kian tak acuh
Walau engkau kian tak butuh
Namun kami tetap utuh
Siapkan dermaga tempat kau berlabuh,
jika waktumu tiba....

sekedar menguntai kata, 
wakili rasa yang penuhi relung jiwa
Al, Bandung, 6 Maret 2014

Read More
/ /
Malam ini, hanya ingin menggoreskan beberapa huruf menjadi rangkaian kata, yang harapanku sih dapat memberi makna atau sedikiiiit hikmah pembelajaran dalam kehidupan.

Hidup ini indah jika kita piawai mewarnai kehidupan. Jadi, yuk mengukir dan mewarnai hidup ini dengan campuran warna yang serasi. 



Petuah malam,
Al, Bandung, 5 Maret 2014 
Read More
/ /
Hari ini lagi malas menulis karena ada beberapa agenda yang harus diselesaikan di ranah 'nyata'. So, agar Sobats ga kecewa, yuk tonton sebuah tradisi unik yang sampai saat ini masih bisa disaksikan, milik sebuah desa unik bernama Bawomataluo, di kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan. Hayo, pada tahu enggak dimana tuh Nias Selatan?
Adanya di pulau Nias, sebuah pulau yang masuk dalam wilayah naungan provinsi Sumatera Utara, tapi letaknya sendiri terpencil di luar diluar daratan. Nih dia petanya, Sobs!


Dah dapat gambarannya khaaan? Terus apalagi yang unik dari desa ini? Yuk kita lihat apa kata Mbah Wiki tentang desa yang sudah diclaim oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia ini yuk!

Bawomataluo adalah sebuah pemukiman yang berada di bawah naungan Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan. Daerah ini meliputi ± 5 Ha dengan ketinggian 270 meter di atas permukaan laut. Kampung ini terletak di ketinggian bukit-bukit dan relatif aman dari ancaman tsunami, meskipun memiliki jarak hanya 4 kilometer dari pantai. 
Untuk masuk komplek perumahan ini, seseorang harus melalui tangga beton yang menyerupai kuburan bertingkat dengan 7 langkah di bagian pertama dan 70 langkah di bagian kedua. Rumah-rumah saling berhadapan dengan jarak 4 meter terpisah dan di tengah-tengah kompleks, ada pengaturan batu yang ditempatkan di ruang terbuka yang digunakan untuk upacara adat dan ritual. Di dalam kompleks, terdapat 500 rumah dengan jumlah penduduk 7.000 yang terdiri dari 500 kepala keluarga. 
Kepala atau rumah Raja terletak di sisi Selatan Barat dan merupakan yang terbesar di kompleks. Berdasarkan pohon silsilah / keluarga masyarakat, dinyatakan bahwa desainer dari rumah adalah Raja Laowo sebagai pendiri Kerajaan wilayah ini dan merupakan keturunan dari keluarga Gomo. Kemudian, pembangunan rumah itu diselesaikan oleh Saonigeho (Siliwu Gere) yang juga generasi pertama dari keluarga Laowo. Saat ini, rumah tersebut ditempati oleh ahli waris dari generasi keempat dari keluarga Laowo. Rumah ini diperkirakan telah dibangun pada abad ke-18.



Selain dikenal sebagai desa tua yang peninggalan jaman megaliticum [batu besar] yang hingga kini masih terlihat jelas jejaknya, maka Bawomataluo juga terkenal dengan sebuah tradisi uniknya, yaitu tradisi lompat batu. Dahulu, pemuda-pemuda dari tano niha [tanah Nias] baru dianggap dewasa jika telah mampu melompati sebuah batu yang berketinggian lebih kurang 2 meter. Penasaran? Yuk intips video hasil rekaman kameraku yaaa. :)




tano niha [Tanah Nias], desa unik, Bawomataluo,
Al, Bandung, 4 Maret 2014
Read More
/ /
Tak perlu diragukan bahwa blogwalking selalu saja memberi hikmah. Selain informasi yang kita dapat, juga pastinya memberi kita inspirasi dan keinginan untuk lebih berbagi manfaat positif. Barusan main ke rumahnya Pakdhe Cholic  dan ternyata sedang menayangkan artikel tentang dua Sobat Blogger yaitu Mba Nique dan Mba Susindra, yang sedang menggelar program charity untuk para korban bencana erupsi Gunung Sinabung, Sumatera Utara bertajuk #Felt4Sinabung.

#Felt4Sinabung itu adalah progam kemanusiaan berupa pelatihan membuat kreasi kraft dan kain flanel bagi para korban dan pengungsi erupsi gunung Sinabung, dengan harapan agar kegiatan ini bisa memberi kesibukan baru bagi mereka sembari menanti dan membuka lahan usaha baru nantinya. Lalu bagaimana cara berpartisipasi dalam program ini?

Gampang banget kok. Berikut kutipan langsung dari tekape. 

Kami membuka kesempatan bagi para rekan-rekanita yang ingin membantu menyumbang kegiatan #Felt4Sinabung dengan membantu membelikan mereka paket belajar lengkap dengan harga Rp 30.000,-/paket. Jumlah paket yang dibelikan tidak dibatasi. Target awal kami 100 paket dan kami mengharap lebih.
Semua dana yang disumbangkan murni untuk membeli paket. Biaya lain-lain tidak akan diambilkan dari dana ini. Jadi setiap paket yang diberikan pasti sampai dan bermanfaat.
Silahkan mendonasikan ke Rekening Bersama BCA 4281808740 atas nama AZIS MUSLIM. Harap menambahkan angka 333 (Rp 333) agar kami tahu donasi tersebut untuk @Felt4Sinabung. 
Semua dana yang disumbangkan murni untuk membeli paket. Biaya lain-lain tidak akan diambilkan dari dana ini. Jadi setiap paket yang diberikan pasti sampai dan bermanfaat.
Silahkan mendonasikan ke Rekening Bersama BCA 4281808740 atas nama AZIS MUSLIM. Harap menambahkan angka 333 (Rp 333) agar kami tahu donasi tersebut untuk @Felt4Sinabung. 
So, yuk Sobs kita berpartisipasi, setidaknya dengan memperluas informasi ini. Yuks!

sharing,
Al, Bandung, 4 Maret 2014
Read More
/ /
Hari ini, ga sengaja lihat beberapa video di you tube, dan langsung terpana, judulnya 'tsunami en Banda Aceh', dari judul yang ditulis, pasti ini menggunakan bahasa yang bukan Bahasa Inggris donk? Pasti ini latino deh, dan melihat nama pemiliknya, Alfonso Malagueno, semakin jelas bahwa ini pasti orang Latino. Hm, makin tertarik deh untuk segera klik 'play', dan musik pengiringnya yang mendayu, sukses membawaku kembali ke masa silam. Masa di mana daerah kelahiran tercinta, diserbu bencana. Sebuah bencana dasyat bernama cantik tsunami. Walau menggunakan, lagu latino, tapi terpancar kesedihan tiada tara mengirikan video ini.  gracias, Alfonso!


dokumentasi penting, 
dari seorang tak dikenal tapi sangat berjasa
Al, Bandung, 2 Maret 2014
Read More
/ /
Hai Sobs, gimana hari-harimu di permulaan Maret 2014 ini? Semoga tetap ceria dan bersemangat mengisi kehidupan, dan mampu menerapkan langkah yang sudah direncanakan dan dapat mencapai output sesuai harapan yaaa. *Jiah..


Postingan hari ini akan singkat banget dalam permainan kata-katanya, Sobs, karena aku hanya ingin memperlihatkan 50 emak kece kaya prestasi yang berhasil menembus saringan 50 besar Srikandi Blogger 2014. Udah ngeh donk jika saat ini Kumpulan Emak Blogger sedang menggelar ajang bergengsi bertajuk Seleksi Srikandi Blogger 2014? Nah, masih ingat enggak siapa aja sih para Srikandi yang 50 orang itu? Yuk intips video keren besutan Mak Shinta Ries yang trampil dan handal urusan IT dan shut-shutan ini. :D


Gimana, Sobs? Pada keren dan kece kan emak-emak hebat ini?

Sharing,
Al, Bandung, 1 Maret 2014
Read More