Batik Cantik tak hanya di Hari Jumat | My Virtual Corner
Menu
/

Sudah familiar donk dengan 'kebijakan' berpakaian batik di hari Jumat? Kebijakan yang umumnya berlaku bagi para pegawai baik di instansi pemerintah maupun swasta. Aku sendiri, pada awalnya sih, kurang begitu suka dengan pakaian batik, selain dari disainnya yang masih sangat sederhana [dulu lho ya...], hingga ke image-nya yang lengket pada daster, sprei, kain sarung, kain panjang dan selendang. Itu dulu, pastinya.

Namun seiring dengan perkembangan jaman, dan upaya keren para designer yang berupaya mengangkat image batik, dengan menciptakan aneka disain pakaian nan chic and trendy dari berbagai ragam batik Nusantara, perlahan aku jadi suka, deh, mengenakan pakaian batik. Apalagi kini berburu pakaian batik nan cantik itu, tak lagi mengharuskan kita terjun langsung ke pasar-pasar atau mal, tapi cukup melalui ujung jemari alias belanja online. Jadi semakin memudahkan kita dalam melengkapi koleksi kita. Trimakasih internet, trimakasih online shop! Hehe.

Berbicara tentang pakaian batik, beberapa teman yang tahu bahwa dulunya aku tuh kurang suka berbatik, suka iseng nanyain kok kini aku berubah haluan? Kok kini aku rajin koleksi pakaian batik? Dan dari mana sih belinya? Kok cantik-cantik koleksinya, padahal mereka tuh tau bahwa aku paling males keluyuran apalagi masuk pasar or mal hanya untuk shopping.

Well, kan udah dibilang tadi, bahwa sekarang ini kemana-mana itu cukup dengan 'menarikan jemari'. Iya lah, memainkan jemari di atas keyboard laptop or smartphone, yang terhubung dengan internet! Itu syarat utamanya. Jika itu sudah terpenuhi, maka kita akan langsung terpana, saat mengunjungi online-shop online-shop yang terhampar di ranah maya. Salah satu favoritku adalah Elevania.co.id. Pernahkah Sobats mengunjungi toko yang satu ini? Coba deh, pasti Sobats akan dibuat kagum oleh aneka pakaian yang terpajang di etalasenya. Tak hanya itu, harganya juga terjangkau lho!

Tentang alasan berbatik? Nah, kalo yang ini sih, karena kini aku menyadari bahwa batik adalah warisan budaya khas Indonesia, yang juga telah diakui oleh dunia sebagai warisan budaya manusia milik Indonesia, yang sudah pasti harus kita cintai, lestarikan dan populerkan. Selain itu, mengenakan batik itu bikin adem, apalagi jika kita sedang berada di area atau ruangan non AC, sifat mendinginkan yang ditimbulkan oleh bahan batik, itu ngebantu banget! Kalo Sobats sendiri, gimana? Suka berpakaian batik juga kah? :)

Sekedar sharing,
Al, Bandung 22 November 2014
9 comments

kalau sudah ngomongin soal BATIK, saya jadi langsung ingat BATIK pemberian dari sahabat saya di Jogjakarta Batik yang bernuansa ETNIS katanya. Sampai sekarang masih dalam kondisi yang baik.

Reply

beberapa Koleksi BATIK lainnya yang saya punya adalah BATIK dari Kuching (Malaysia) , Batikdari BALI, dan MADURA. Dua yang terakhir yang saya sebut hanya KAIN BATIK saja yang sudah saya buat menjadi BATIK ke tukang jahit

Reply

suka banget pake batik..
apalagi jaman sekarang, banyak model, motif, coraknya bervariasi.
Ga kolot lagi, anak muda pun pada demen ma batik. warnanya nya pun cerah2..

Reply

Iya, saya skrg juga suka koleksi batik nih. Keren dan motifnya lucu dan unik ya?

Reply

saya kebanyakan hadiah dan hasil beli online, Kang Asep. Wah, lumayan jg koleksi batik akang ya?

Reply

Iya cyin, batik jaman sekarang banyak modelnya ya. Jadi ga takut ketinggalan mode karena udh up to date dan trendy. :)

Reply

Sukaaa banget ama batik.
Apalagi kalo kainnya katun adem.
Suroboyo kan puanaaaaasss mak.

Reply

zaman sekarang udah banyak yang mengoleksi batik apalagi motifnya bagus-bagus.setuju mengenakan batik tak hanya hari jum'at :)

Reply