#8: Silence is Golden | My Virtual Corner
Menu
/
Credit
Pasti sudah familiar dengan pepatah di ataskan?
"Silence is Golden" alias Diam adalah Emas.

Aku sendiri, beranggapan bahwa tidak selamanya 'silence is golden' sih, karena sometimes, justru berdiam diri itu, malah akan membuat perkara tambah runyam. Misalnya, jika sedang terjadi sebuah perselisihan, sementara kita tau persis duduk perkaranya, atau dapat memperkirakan dengan jelas akibat atau efek dari sikap diam, misalnya akan berujung kepada semakin blur dan kabur/muramnya persoalan, maka menurutku, 'angkat bicara' akan jauh lebih baik. Walau, mungkin, akibat dari 'angkat bicara' yang kita lakukan itu, justru akan menambah panas suasana dan menjadikan kita dibenci oleh salah satu pihak. :)

Aku sendiri, berulang kali menanamkan pada diri sendiri, untuk 'diam' dan mengontrol diri untuk tidak ikut campur pada suatu persoalan, namun, terkadang, tanpa disadari, aku kok malah telah larut di dalam persoalan itu, gara-gara tak tahan melihat salah satu pihak terzolimi. Dan pada tahap ini, terkadang, aku merasa 'silence is golden' lebih baik bagiku. Betapa aku tak akan terseret di dalam kancah pertikaian, andai saja aku mampu mengunci rapat lidahku untuk tidak ikut berkata-kata. Namun, terkadang, semuanya terjadi secara serta merta. Tak tahan melihat teman atau keluarga yang di-bully, dilecehkan atau malah difitnah, akhirnya aku kok jadi nekad ikut campur. *Jangan ditiru ya, Sobs! Ga asyik lho kalo udah begini. Mending kita menjadi penengah saja, tanpa harus turut serta di dalamnya.

Etapi, kok rasanya sulit banget menerapkan sikap 'silence is golden' ini ya? Kagak nahan gue! Tapi kalo udah keliatan efeknya, baru deh gue nyesel dan sepakat bahwa 'diam itu emas', diam itu jauh lebih baik! Kalo Sobats sendiri, gimana? Pernah mengalami situasi di mana akhirnya setuju bahwa 'silence is golden'? Share yuk di kolom komentar. :)

Sekedar sharing,
Al, Bandung, 8 Februari 2014
12 comments

sometimes, silence is golden doesn't works mak Al...

Reply

diam, apakah kita akan diam membiarkan suatu kezaliman. nice point views.

ada kalanya diam itu emas, ada saatnya juga bicara yang menjadi emas, teorinya sih begitu. toh dengan sikap saja sebenarnya kita juga bisa berbicara. demikian nasehat seorang ustaz.

untuk azhar pribadi, segala sesuatu ada keseimbangannya. diam untuk berusaha berbaik sangka lantaran kita belum mengenali karakter seseorang az rasa ada baiknya. in my humble opinion.

Reply

dari dulu sampai sekarang, peribahasa silence is gold dalam situasi tertentu memang masih berlaku ya gan..

Reply

Memang tak selamanya diam itu emas jauh lebih baik kok mbak.
Ada kalanya kita malah jangan cuma diam saja agar masalah tidak makin berlarut-larut.
BTW sekarang konsisten buat 1 post per hari ya?

Reply

Setuju dengan Azhar, bener banget. Trims humble opinionnya. :)

Reply

Iya, masih berlaku, walau terkadang juga tidak sesuai pada situasi tertentu. :)

Reply