Endorsement Untuk Sahabats | My Virtual Corner
Menu
/
Pasti banyak dari Sobats, yang pernah mendapatkan rikues dari teman-teman blogger untuk memberikan endorsement terhadap buku yang akan mereka terbitkan, bener kan, Sobs?

Aku juga beberapa bulan terakhir ini sering sekali mendapatkan rikues tersebut. Senang sih, happy pastinya, tapi yang pasti, kita kudu mengalokasikan waktu khusus untuk duduk manis, membaca dan mencermati isi tulisan yang akan diterbitkan tersebut kan? Agar endors yang kita ciptakan itu relevan dan pastinya memiliki nilai jual [selling power]. J

Btw nih, ada yang masih asing dengan arti/makna dari kata 'endorsement'? J
Kalo menurut Mbah Wiki [Wikipedia] sih, endorsement itu adalah;
Testimonial dalam bentuk advertise/iklan, tulisan mau pun berupa ucapan yang mempromosikan suatu produk, sementara endorsement terhadap buku adalah testimoni/komentar yang diberikan untuk memperkuat kualitas isi buku mau pun juga si penulisnya. Diharapkan dengan adanya endorsement ini, maka calon pembaca akan tertarik untuk membeli, mengoleksi dan membaca keseluruhan isi buku mau pun mengenal si penulisnya. Beberapa pengertian tambahan tentang endorsement bisa dilihat di rumahnya si mbah Wiki deh, Sobs.

Bicara tentang membuatkan endorsement, mungkin bagi yang sudah terbiasa, adalah perkara one click ya? Tapi bagiku, biasanya aku selalu berhati-hati dalam melakukannya sih, Sobs. Pasti akan butuh waktu untuk duduk manis seperti yang aku katakan di atas itu. Duduk manis, membaca dengan cermat, dan mulai merangkai kata demi kata yang 'bernilai jual' lah, agar endors yang kuhasilkan sesuai dengan harapan si sahabat.

Tak terasa, sudah beberapa buku sahabats yang memajang namaku sebagai pemberi endors, hehe. Happy donk. Ada nama kita di dalam buku seseorang itu, rasanya gimanaaaa gitu ya, Sobs! #Halah, maruk ih! Tapi beneran lho, aku merasa happy aja melihat tulisan/endors-ku tercetak cantik di halaman endorsement buku mereka. Wajar donk? J

Adalah Ririe Khayan, orang pertama yang memberiku kehormatan untuk memberikan endorsement pada buku 'Mozaik Kinanthi' garapannya. Disusul oleh Pakdhe Cholik untuk bukunya yang berjudul 'Manusia Kaya Arti', lalu Bunda Lily untuk bukunya 'Mom, please stay alive' dan buku 'Rahasia Terbesar Pramugari Udara'. Lalu saat sedang berada di Istanbul kemarin, seorang sahabat maya juga meng-inbox, minta diberikan endorsement untuk calon bukunya yang berjudul 'Saya Orang Kaya'. Tiga teman bloggers lainnya juga ternyata mengirimkan naskah mereka masing-masing untuk mendapatkan endorsement dariku. #Hadeuh, mendadak jadi seleb deh ini. Hihi.

Dan Alhamdulillah, satu persatu endors berhasil aku selesaikan dan diterima dengan senang hati oleh teman-teman. Sayangnya, endors-ku untuk buku 'Saya Orang Kaya' milik Mbak Triana, terlambat sehingga ga tekejar untuk ikut naik cetak. Dan Mbak Triananya sendiri juga merasa sayang banget endors-ku ga bisa ikut tercetak, padahal menurutnya, endors itu sangat bernilai jual. Hiks. Tak apa, masih ada lain waktu kok, Mbak. J

Dan karena gagal naik cetak, biarlah endorsnya aku pasang di sini aja ya, Mbak, hitung-hitung mempromosikan bukumu. Hehe.
“Saya Orang Kaya”, sebuah judul yang sukses menarik rasa penasaran di hati saya untuk membalikkan halaman demi halaman buku ini, menelusuri kalimat demi kalimat yang diurai oleh si penulis. Lyha, sang penulis, tak hanya piawai dalam membidik judul yang eye and ear catching, tapi juga sukses untuk memaku tatapan saya untuk turut serta hingga ke halaman terakhir buku ini.
Buku yang diangkat dari tulisan-tulisan Lyha di blog pribadinya, memang layak memperkaya khasanah buku-buku motivasi di tanah air. Penasaran dengan apa yang dibidik Lyha hingga saya tak rela melepaskan buku ini sebelum mengkhatamkannya? Coba deh baca sendiri, and you will agree with me. J 
Alaika Abdullah | Humanitarian Worker | Freelance Writer | Author Novel Selingan Semusim | Blogger

Sementara endors-ku untuk bukunya Bunda Lily 'Rahasia Terbesar Pramugari Udara' bisa dilihat di sini deh, Sobs.

Dan sore ini, sebuah endorsement dariku telah dinantikan oleh dua sahabat penduduk dunia virtual ini, yang berkolaborasi membentuk kumpulan cerpen berjudul "Pelangi Jingga untuk Anthonia". Hampir saja terlewat alias lupa akan janjiku membuatkan endorsement ini lho, kalo saja tadi pagi si Mbak Niken tidak menyapaku di BBM. Haha. Maaf ya, Mbak cantik, kesibukanku akhir-akhir ini bikin faktor U untuk variabel lupa makin meningkat deh. Maafken..., tapi Alhamdulillah, endorsement ini kuharapkan mampu mendampingi dan menambah 'nilai jual' bagi kumpulan cerpenmu dengan Mas Ridwan Purnomo, ok?

And Sobs, here is my endors for Mbak Niken and Mas Ridwan's book. 


Pelangi Jingga Untuk Anthonia. Eits, jangan dulu membiarkan pikiran anda berlari pada tuduhan bahwa buku ini adalah sebuah novel ABG  nan sedang dirundung suka duka romansa kehidupan bercinta, hanya karena melihat judul yang tertera pada sampulnya lho! Anda salah besar, karena kumpulan cerpen hasil kolaborasi dua penduduk dunia virtual [Niken Kusumowardhani dan M. Ridwan Purnomo] ini, bercerita tentang kisah fiktif yang mengandung banyak sekali makna pembelajaran bagi kehidupan.
Terkadang kita dibuat terhenyak, oleh kesederhanaan dan kepolosan sikap para tokoh, yang tanpa sadar telah menyematkan makna pembelajaran, dan kadang kala kita terseret dalam arus penasaran akan cerita ‘mistis’ yang dikemas apik, yang juga tak lupa menitipkan pesan moral, serta suatu ketika, kita dibuat tercengang oleh kisah mengharukan yang juga menyematkan a good lesson learned. – Jika anda adalah penyuka fiksi, masukkan kumpulan cerpen ini ke dalam list bacaan yang patut anda koleksi.  
Alaika Abdullah | Humanitarian Worker | Author | Blogger | Freelance Writer.

 Alhamdulillah, plong rasanya mana kala satu persatu 'hutang' kita telah terbayarkan. Dan kini, saatnya menyediakan waktu untuk dua draft buku lagi, bagi dua sahabat yang sedang menanti. Yang sabar ya, Jeung. J

Well, Sobats tercinta, adakah Sobats melakukan hal yang sama manakala diminta untuk memberikan endorsement bagi buku teman-teman yang akan terbit? Bagi tips nya dunk agar lebih gampang dan cepat dalam menyelesaikannya. Kira-kira Sobats membaca keseluruhan isi naskahnya enggak sih? 

Sekedar coretan,
Al, Bandung, 10 September 2013


17 comments

Wuih keren mak. Jadi namanya ada di maa-mana. Jadi endorment buka sekedar menulis dan membuat semacam testimoni. Lebih dari itu, betapa orang yang meminta kita menjadi endorment, mempercayakan kita menjadi bagian dari dirinya. Dan itu sebuah apresiasi yang tak bernilai. Iya kan?

Reply

Mak Alaika keren euy.. mau tanya Mak.. jika ternyata setelah dibaca, tulisan dalam buku itu menurut kita kurang menarik, trus gimana cara bikin endorsement nya? *penasaran

Reply

Saya pernah dimintai endorsement. Karena nggak mengerti apa itu endorsement, aku nanya ke beberapa temen blogger.

Nggak tahu punyaku bakalan dipasang apa nggak?

Reply

Waahhh...kerennn... jadi namamu muncul di banyak buku dong ya?

Reply

Hahahaha... aku nekat aja nyapa sambil nagish maksudnya. Mbak Al ternyata bener-bener sedang sibuk ya. Ihiik... Kesibukan yang mantap deh. Istirahat yang cukup mbak, jangan lupa suplementnya biar kondisi tetap fit.
^_^

Makasih buat endorsnya yang ca'em, mbak Al cantik. Maaf kemaren mengganggu kegiatanmu. Rupanya makin banyak buku yang ada endorsmu ya. Selamat ya.

Reply

Wuiiiih....kak Alaika kereeeen. namanya ada di banyak buku :D

Reply

Wah, baru tau itu namanya endorsement, terimakasih kak infonya, btw enak ya kak bisa banyak bantu orang dengan tulisan, *mupeng*

Reply

Saya tunggu endors-nya di bukunya yang akan terbit...

Reply

Setuju Kak ...
Memberikan endorsment itu sama sekali bukan tipe yang ... "Nice Artikel Gan ... kunjungi balik ya Sob ..."

Kita harus mengetahui (paling tidak) garis besar isi buku tersebut ...
sehingga kalimat yang kita berikan ... nyambung ...

Salam saya Kak Al

Reply

Mbak Alaika memang keren euy.. endorsment nya ada di buku-buku penulis berkelas

Reply

Tadi baru lihat bukunya Ami Osar di FB. . .

Kudu serius dan tidak boleh main2 kalau buat endors ya, Mba. Mba Al semakin lihai membuat endors nih. . .

Reply

beuh ternyata mbak alaika abdullah adalah salah satu edorsement kok kyaka konspirasi hati# aja bahasanya, (gaya bahasa gokil saat ini ), jadi tambh nilai jual tinggi nih jika ada endorsment dari mbak alaika

Reply

Bener, Mak. Kepercayaan yang diberikan si teman untuk menguatkan kualitas bukunya itu yang membuat kita harus bertanggung jawab dalam membuatkan endorsement itu. :). Yup, sebuah apresiasi yang sangat bernilai. :)

Reply

Mbak Alaika emang piawai dalam menulis sehingga tak heran kalau beliau dipercaya oleh para penulis buku lainnya untuk meng-endors karya mereka sebelum turun cetak

Reply

Makasih ya mbak AA suddah meluangkan waaktunya untuk kumcer PJUA....

Moga endors dari mbak AA bisa menambah nilai jualnya...

Reply

Mbak Alaika,, bagaimanapun, terimakasih banyak, udah meluangkan waktunya untuk mengendors bukuku, sekali lagi dari hati terdalam, maaf banget, gak sempat ketayang, ah sayang sekali.. :(

lain kali jangan bosan dan kapok kasih endors kerennya untuk bakal calon bukuku yaaaaaa... makasih banyak,, :) sukses selalu mbak.. :)

salam

Reply

Wadow liat antriannya cukup panjang dan harus sabar nih pdhl niat banget spy Dik Al ksh endorsment di buku saya

Reply