Cukup satu atau dua kali saja! | My Virtual Corner
Menu
/
Mungkin topik ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas, namun menemukan kembali berkas ini  di dalam folder, membuatku ingin mengabadikannya di halaman maya ini. Bagi yang sudah paham dan hapal benar, monggo diabaikan ya sobs. Bagi yang masih memerlukannya, semoga bermanfaat. Artikel ini pernah kami pergunakan dalam pelatihan untuk staff sosialisasi di Dinas Kebersihan 13 Kabupaten/Kota di Aceh dan Nias.

Masih ingat dengan iklan air mineral merk Aqua? Dimana para penggunanya, seorang ayah dengan dua anak, merusak [dengan cara memutar badan botol aqua tersebut], baru kemudian membuangnya? Herankah kita mengapa dia melakukan itu? Botol bagus-bagus gitu kok dirusak ya?

Itu adalah salah satu cara menghindarkan si botol dipergunakan kembali. Karena botol jenis ini, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakannya kembali, misalnya untuk mengisi air minum, jus, atau apapun bahan makanan cair lainnya. Botol sejenis ini, termasuk kedalam PETE atau PET [Polyethylene Terephthalate].

Botol yang bertanda seperti ini atau hanya bertuliskan angka di bawah botolnya bisa dijumpai dalam bentuk botol air mineral, botol jus dan hampir semua botol minuman lainnya. Umumnya terlihat jernih/transparant/tembus pandang.

Untuk diingat, biasakan menggunakan botol jenis ini hanya untuk satu atau dua kali pemakaian saja, dan yang paling harus diingat adalah bahwa penggunaan botol ini untuk mengisi air panas akan mengakibatkan terjadinya lapisan polimer pada botol tersebut meleleh, dan akan mengeluarkan zat karsinogen [dapat menyebabakan kanker] dalam jangka panjang. 

Ingat untuk tidak mengkonsumsi air mineral atau liquid lainnya dari dalam botol jenis 1 [PETE/PET] ini yang telah terpapar sinar matahari. Karena reaksi yang sama akan terjadi, yaitu pelepasan polimer menjadi monomer-monomer disertai timbulnya zat karsinogen yang akan membahayakan kesehatan.

Hal yang sama juga berlaku untuk wadah steoroform, jadi perhatikan untuk tidak menampung makanan panas di dalamnya.

Untuk jenis lainnya, dapat dilihat pada link berikut ini ya sobs....


Saleum,
Al, Bandung 25 Dec 2012


6 comments

Makasih diingatkan. Kadang kita terabas hal ini padahal infonya sudah sampai kepada kita.

Reply

Sudah seharusnya hal seperti ini dan sepele ini harus terus diingatkan dalam sebuah kapanye penyadaran diri Mba. Karena masih bayak masyarakat yang selalu menganggap masalah ini ringan.

Sukses selalu
Salam Wisata

Reply

Di botol Ades juga ada instruksi suru ngeremekin botol sebelum dibuang~
Tak kirain biar sekadar gak menuh2in tempat~

Reply

makasih infonya ya mbak, tau sih, tapi tetap aja dikerjain *bandel*

Reply

iya, betul sekali...
hal kayak gini seharusnya di ketahui oleh masyarakat luas..
pernah baca di salah satu forum sih, tapi gk papa deh, terimakasih dah share..

Reply