Flash Player for Jelly Bean | My Virtual Corner
Menu
/

Memiliki tablet tersohor sekelas Samsung Galaxy Tab adalah hal yang tak terfikirkan olehku sebelumnya. Kedatangannya sebagai hadiah dari kompetisi blog yang diadakan oleh Falcon Pictures kini menambah koleksi gadget canggih yang ada di galleryku. Halah, kayak udah banyak ajaaa? Padahal juga baru punya sebuah Macbook Air, sebuah Blackberry dan pocket camera! Haha… sok gaya deh Alaika ini.
Nah, kehadiran gadget canggih ini tentu membuat aku terbengong-bengong sobs! Maklum deh, aku belum pernah berkenalan dengan OS android sih. Kok rasanya begitu asing bagiku. Beda banget dari ipad. Apalagi kehadirannya di tanganku adalah saat-saat menjelang aku berangkat ke Bandung kemarin. Jadi jelas ga punya banyak waktu untuk belajar dari adikku yang memang masternya android.
Samsung Galaxy Tabs yang kuberi nama Laxy ini langsung berada di tangan si adik begitu Laxy sampai. Yup, malam itu, adalah malam terakhir aku di Banda, besok pagi udah harus berangkat. So ga ada waktu lagi deh, jadi langsung aja aku berikan pada adikku untuk diupgrade OSnya. Oya, OS bawaannya sih masih ber OS android 4.0 (Ice Cream Sandwich). Nah saran adikku adalah agar di upgrade aja ke OS android 4.1 alias Jelly Bean. OS terbaru.
Antara mengerti dan tidak akan konsekuensinya, aku langsung iyakan. Terlebih setelah dijelaskan oleh adikku bahwa dia akan nge – root tabletku terlebih dahulu, baru di Jelly Bean kan, kira-kira begitulah yang kutangkap. Aku yang gaptek ini sih nggih2 wae. Yang penting Laxy ku makin canggih. Itu saja. Haha.
Besok paginya, Laxy sudah terduduk manis di meja makan. Lho, emangnya Laxy makan nasi? Hihi. Ya ga lah sobs, si Laxy sengaja diletakkan disitu agar aku melihatnya dengan segera begitu aku bangun pagi. Kuambil dan kunyalakan Laxy, yang sudah berpenampilan layar yang keren! Berbeda dari kemarin. Sempat was-was juga tadi malam, soalnya melakukan rooting berarti mendobrak system, dan menggugurkan garansi. Tapi Alhamdulillah, adikku berhasil melakukannya dengan baik, soalnya udah ahlinya sih. J
Lalu siangnya, berangkatlah aku ke bandara, diantar ayah bunda dan Intan tercinta. Di pesawat aku ditemani oleh Laxy, membaca e-novel. Enjoy deh pokoknya. Aku belum menemukan keanehan pada Laxy.
Nah, sesampai di Bandung, dan terkoneksi dengan internet, barulah aku terbengong2…. Kok browsernya ga friendly banget. Ada beberapa blog teman yang aku kunjungi, tak mampu dibuka, baru kebuka, eh si browser langsung ketutup alias balik ke menu home screen.
Aneh. Ga enak banget pake android. Itulah kesanku saat itu. Tapi aku berfikir lagi, bukan androidnya yang ga enak, tapi akunya yang gaptek. Itu baru benar!
Aku telephone adikku dan utarakan kendalanya. Eh dia dengan santai menjawab. Take it easy, you will be able to handle it easily, after browsing and read the solution. Go to android group and find out the way there. Kakak pasti bisa.
Huuuuuuuuu!!!!!! Sebel.
Ga ada cara lain. Aku ke BEC, langsung ke Samsung nya, tanya tanya, dan kecewa. Begitu mereka lihat Laxy, langsung ketahuan deh kalo Laxy ku seharusnya masih pake ice cream sandwich, ini sdh ketinggian, udah Jelly Bean.
Iyalah, Laxy kan amandel-an, jadi ga bisa banyak2 makan ice cream mas! Hehe.
Karena garansinya sudah gugur, mereka menyarankan agar aku ke tempat service yang biasa melakukan jail break. Hm…. Susah juga kalo seperti ini. Aku jadi repot deh, karena jauh dari adikku. Coba dekat dia, pasti beres urusan ini. Tak berhasil menemukan tukang service, aku putuskan pulang saja. Dan keesokan harinya, aku habiskan setengah hari untuk browsing.
Kata kunci yang kupakai adalah ‘browser terbaik untuk Jelly Bean’. Aku yakin bahwa kesalahannya terletak pada browser bawaan si Jelly Bean ini deh. Lalu beberapa group yang diberikan oleh Mbah Google memberi pengetahuan baru bagiku. Aku mencari yang terbaik dan mencobanya. Manually.
Disarankan untuk menggunakan Dolphine Browser. Kucoba, dan it works! Keren. Kini aku tak bermasalah dalam berkunjung ke situs manapun. Browsernya tetap setia terbuka sampai aku bosan sendiri. Hehe.
Satu solusi teratasi. Berarti aku harus set Dolphine as my default browser! Done.
Hari ini, aku berkunjung balasan ke blognya mas Aditya  yang sedang menayangkan postingan tentang cara menonton tv online. Menarik banget. Aku langsung ikuti panduannya. Kan asyik tuh bisa nonton TV atau film dari Laxy. Namun sayang seribu kali sayang sobs! Muncul pesan agar aku menginstall flash player pada device ku
Gampang, fikirku. Tinggal go to Play store dan unduh dari sana. Ternyata oh ternyata sobs. Flash Player sudah pecah kongsi dari Play store. Flash Player no more supported android device.
Penasaran, aku googling cari info. Ternyata benar sobs. Kudapatkan informasi senada seperti ini;
"Sebagaimana dikabarkan oleh google beberapa waktu lalu, google telah memisahkan ikatan dengan adobe flash dan mulai menawarkan teknologi web pada versi terbaru android, Jelly Bean. Meskipun banyak pengguna yang mungkin tidak bermasalah dengan platform multimedia tersebut, pastilah ada beberapa situs yang masih didukung flash."
Intinya adalah untuk Jelly Bean terutama, there is no more Flash Player! Oh No!
Tapi aku yakin, pasti akan ada solusi di group-group pengguna android deh. Dan benar saja sobs. Ini dia dia solusinya…. Kucoba berbagi in case sobats juga se gaptek aku ya… haha.
Sumber info dari sini :
 Download:
Procedure:
  Download the two files above and copy them in your internal or external SD; or you can just download them directly on your mobile phone.
  Install the files using a file manager.
  Open Dolphin Browser,go to settings and choose an option for Flash Player – Always On or On demand.
NOTE: It will only work on Dolphin Browser. Never update Dolphin Browser in Play Store. Latest version will not support Flash Player on Jelly Bean.
Tried and tested working on my Samsung Galaxy S II – GT-I9100 running Custom ROM Paranoidandroid Jelly Bean 1.95 and CM10.
Aku pun mengikuti langkah ini… termasuk mengganti versi Dophine Browserku (yang baru aku install kemarin) ke yang lebih lama, yaitu yang direkomendasikan di atas. Karena Dolphine versi baru telah meng-off kan opsi Flash Player nya. Jadi sebagai catatan nih sobs, JANGAN PERNAH MENGUPDATE Dolphine Browser nya yaaaa… tetap aja bertahan di versi lama itu. J
Dan….. Taraaaa…. It really really works lho sobs! 
Alhamdulillah.

26 comments

Saleum,
Wuih... mantep banget tuh android jellybean kak. Multifungsi tu henpon

Reply

@Dav DmilanoHehe..... iya bang, walau pada awalnya begitu membingungkan bagiku yang gaptek ini... :)

Reply

Hahaha gak pake galtab, tapi kali nanti aku dapet galtab kayak Mbak Al bisa baca post ini lagi hihihi xD
HPku auk deh OS apaan tuh, kata temenku juga gak apdet, biariiinn xD

Reply

keren deh mbak al di upgrade, dan pake di root segala :D

niar belum pnya tablet :D

Reply

wahh...sm spt ku kmrn mba, wlw ga sekelas laxy mu, tp android ku ini tryt mmg bikin mimi mkn pinter (bohong) hahahahah. ngaku bs bhs inggris eh tiap ada yg nanya pk inggrisan kudu buka my dict on android wkwkwkwk

Reply

Wuaah, hebat mba bisa dapat tablet, kayak mba phie. . .
koleksi gadget juga, mba? Kereeen. . .

idah belum punya tablet, bagi2 sini mba. . .
kalau gak ya lempar satu untuk idah. . . ;)

Reply

@Tebak Ini Siapaaku jg tdnya ga peduli na-- yg penting bisa dipakai.. eh adikki sarankan utk diupgrade.
Makin gaptek deh aqnya. Bengong saat bermasalah spt itu, mana gurunya jauh pulak, terpaksa ke mbah goo deh... :)

Reply

@Niar Ci Luk Baahaha, aq mlh ndak paham tuh gmn mksdnya di root, hihi. Mknya kesulitan dan jd terpaksa deh belajar mengatasi sendiri tuh say... jd ngerti deh skrg....walau dikit, hehe

Reply

@mimi RaDiAlhehe... sssst... hrs pura2 pinter kita atuh mii.... hrs bs kita taklukkan nih gadget2 canggih... :)

Reply

@Idah Cerisalhamduillah Idah.... sedang rezeki... :)
Ingin sih bagi ke Idah, tp koleksinya msh dikit bgt nih... :)

Reply

udah di-root belom OS-nya?

Reply

hohooo...yg punya gadget canggih neh, android sekarang mainanya Mbak AL ya? Aku blm 'ngeh' dengan android...OSnya Ipad juga beum...lha gadgetnya blm punya sih...#cucian deh

Reply

he..he..nggak ngerti soal tablet

Reply

Mba Al. Kayak gini kok gaptek. Canggih bener tutorialnya. Mana bahasanya gampang banget dimegerti. Makasih Mba Al. :) etapi bisa dipake di galaxy Note gak ya Mba? Hehehehe.

Reply

waaah seru yah mbak punya mainan baru...

Reply

mb' aja belum knalan, apalagi aq?
Canggih juga ya tuh gadged

Reply

@eksak
Udah dunk, walau aku belum mengerti benar apaan sih itu di root? hehe

Reply

@Ririe Khayan
Aku juga tiba-2 ketiban rezeki kok Rie.... jadinya harus dipelajari dunk... :)

Reply

@monda
Saya juga sedang belajar kok mba... dari yang ga ngerti sama sekali jeh... :)

Reply

@danirachmat
hehe... Mas Dani.... kok nanya sama orang gaptek sih?
Btw, Galaxy Note sdh ber OS Jelly Bean kah? Jika sudah, bisa atuh mas.
Jadi memang skg ini, mba Google udah ga cs an lagi sama pemilik Flash Player, dan di android market tuh udah ga ada lagi yang namanya flash player. Makanya kemarin susah banget nyarinya, tp berkat mba Google juga sih, banyak petunjuk darinya hingga akhirnya aku menemui beberapa suhu. Ikuti petunjuk para suhu tsb, dan jadi deh nih Jelly Bean ku ber flash player. hehe

Reply

@Goiq
Hehehe... Jadi malu nih aku, soalnya beberapa kali email 'seseorang', nanyain kok hadiah ku lama banget sampai nya, wkwkwkwk...

Reply

@jiah
hehe, lumayan canggih kok Jiah... :)

Reply

aku juga pakai broswer doplhin mbak

Reply

wah ternyata ini toh masalahnya ice cream dan jelly. galaxy tab cuma megang saja, belum kepikiran beli tablet. Tapi kelihatannya ada baiknya mulai ngelirik ngelirik nih... hehehe

Reply

hadir lagi mbak ala. makasih atas doanya. akhirnya saya bisa blogwalking lagi walaupun kondisi masih belum fit banget.
untuk artikel mbak ini, saya gak bisa komen, soalnya belum punya barangnya. hehehhe..!

Reply