MENU BUKA PUASA PALING SEHAT | My Virtual Corner
Menu
/
Sobats, apa kabar? Hope that you all are in excellent health yaaa...
Maafken karena diriku masih belum berkesempatan untuk duduk manis di rumah maya tercinta ini, menyambut kedatangan para sahabat dan bersilaturrahmi kembali ke rumah sobats semua...
Kangen banget sebenarnya sobs, tapi apa daya, diriku masih sibuk wara wiri di dunia nyata, ditambah dengan poor connection di di tempatku berada saat ini... (Padahal ini Medan lho! Kok bisa ya di tengah kota begini koneksi jelek! Huft).

Oke deh sobs, menyapa sobats maya kali ini, aku ingin share sebuah tips bermanfaat yang aku peroleh dari Alaika's BB Group.. Yuk langsung cekidot yuk sobs!

Menu Berbuka Puasa yang Sehat:

Saat bedug -->
Segelas air hangat+Kurma

15-20 menit kemudian fresh juice atau buah-buahan segar yang "moderat" seperti pepaya, apel kupas, melon, pear dll tanpa kulit..hindari yang agak ekstrim seperti nanas, durian, mangga dan sejenisnya....
30 menit kemudian barulah makan agak besar..

Mengapa ?

Ada 3 alasan utama :

ALASAN 1:
Perut masih dlm keadaan kosong dan konsentrasi asam lambung agak tinggi ditandai dengan "aroma" mulut yang berbeda akibat hawa asam lambung yang naik.
Untuk itu perlu "diencerkan" dengan segelas air hangat-hangat kuku. Dan baik untuk sedikit menguras ginjal dan menambah persediaan air tubuh yang telah hilang selama hampir 14 jam

ALASAN 2:
Tubuh perlu asupan energi seketika (instant) yang biasanya didapat dari gula. Oleh karena itu asupan fruktosa (karbohidrat sederhana) dari juice atau buah segar akan langsung mengisi energi kita.
Mengapa bukan gula ?
Karena gula hanya berupa glukosa tanpa nutrisi.

ALASAN 3:
Juice atau buah segar akan 100% bermanfaat bagi tubuh saat diminum atau dimakan dengan perut kosong sama sekali. Karena life enzymenya akan bisa diserap semuanya oleh sistem pencernaan tubuh kita.
Namun tenggang minimal 30 menit tenggang waktu ke makan besarnya.
Jangan campur juice atau buah segar dengan gula, kopi, susu atau apa pun. Biarkan juice dan buah masuk secara independen.

Pola Buka Puasa ini sudah merupakan setengah detoksikasi karena lambung betul-betul dalam keadaan kosong dan saluran pencernaan dalam keadaan santai saat mencerna nutrisi dan life enzyme dari juice atau buah segar tersebut.

Semoga bermanfaat ya sobs...

Saleum,
Alaika
Powered by Telkomsel BlackBerry®

7 comments

@Chumhienk™owh jdi gtu yah mbak... baru tahu saya.. :D
saya klo buka paling cuma segelas air putih biasa + pisang ijo... hihihih ^_^

Reply

Wah kalau saya asal embat aja, air putih, teh, air jeruh dan kopi langsung sikat dalam waktu bersamaan. mungkin karena haus atau karena lagi maruk.

Reply

bentar lagi buka puasa, selamat berbuka puasa ya bunda :)

Reply

Gak ada kompor. Gak bisa minum air hangat deh.. Bukanya malah pake teh dingin sama kurma.

Reply

gak ada yg jualan kurma di kampung mbak! kirim donk! hehhee..

Reply

Kalau ditempat saya kebanyakan orang mikir "Saat Bedug" itu siang hari mbak. Puasa "Bedug", puasa setengah hari, buat anak2 kecil. hehe...

"Saat bedug -->
Segelas air hangat+Kurma"

Seneng banget kalau jam 12 bisa minum segelas air hangat. hahaha...

Reply