Manusia Pertama, Manusia Purba atau Nabi Adam ya?

Alhamdulillah, artikel ini terpilih sebagai artikel dengan penilaian terbaik dalam kontes yang diselenggarakan oleh Falcon Pictures dan berhak untuk mendapatkan sebuah Samsung Galaxy Tab. 


Artikel ini sebenarnya sudah lama tersimpan tak berdaya di dalam draft box in my folder. Entah mengapa, selalu ada saja kendala dalam menuntaskan kisah perjalanan wisata ke sebuah tempat legendaris bernama Situs Manusia Purba Sangiran, The Home Land of Java Man ini.
Ga tau deh, kok rasanya hati ini sulit untuk menerima bahwa ada ‘manusia’ lain yang hidup jutaan tahun sebelum Nabi Adam (kan Nabi Adam manusia pertama di muka bumi?). Rasanya sulit aja sih untuk mengakui kebenaran teori evolusi Darwin dan berbagai tulisan yang terpampang di dalam situs keren ini. Kunjungan ini bagiku malah menghasilkan pertentangan batin yang membuatku semakin sulit dalam menuntaskan tulisan yang tadinya ingin mengulas tentang museum megah dengan isi legendaris ini. Haha… Untung ga sakit jiwa ya, Sobs? Hihi.
Namun, Sobs, apa yang telah dimulai, tentu harus diselesaikan dengan baik dan bertanggung jawab kan, ya? (Jiaaaah!), terutama demi menentramkan jiwa yang sedikit ‘terganggu’ oleh opini dan perang batin sebagai buah dari perjalanan wisata ini. Terlebih dengan adanya undangan dari seorang teman blogger untuk ikut kompetisi yang sedang diadakan Falcon Pictures dengan tema Manusia pertama berdasarkan Teori Evolusi Darwin atau Nabi Adam, menurut loe? Maka..., pucuk dicinta ulampun tiba nih, Sobs! :) Saatnya menuntaskan artikel terbengkalai dan ikut lomba, yeayyy!!
Baiklah, in the name of God, Bismillahirrahmanirrahim, mari kita mulai….
Ide awal berkunjung ke museum Sangiran adalah usulan dari si Mbah Google,lho,  Sobs. Kala itu, aku dan suami, baru dua hari tiba di Solo, bingung ingin jalan kemana. Inginnya sih berwisata ke tempat yang tidak menghabiskan banyak rupiah, hehe.  Maklum, Sobs, sedang penghematan, euy!
Maka…, malam itu, berkunjunglah aku ke rumah si Mbah yang baik hati dan tidak sombong, dan setelah minum secangkir teh jahe hangat dan ngobrol ngalor ngidul, akupun bertanya pada si Mbah kece karismatik itu.
“Mbah, enaknya di Kota Solo ini main kemana ya, Mbah? Tapi yang ga membutuhkan biaya banyak, lho. Aku kan sedang berhemat nih, Mbah….”.
Si Mbah pun manggut-manggut seraya tangannya mengelus janggutnya yang memutih, keningnya sedikit bertaut (lagi mikir serius nih kayaknya…). Lalu Mbah pun menjawab.
“Nduk, kamu pernah dengar tentang museum situs manusia purba Sangiran ga?”
Aku menggeleng.
“Mending kamu ke sana, deh, situs yang konon memakan biaya sekitar 47 milyar rupiah ini, baru saja diresmikan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bidang Kebudayaan, Prof. Dr. Windu Nurayati, PHD, pada tanggal 15 Desember 2011. Banyak sekali informasi menarik tentang kehidupan manusia purba dan lingkungannya dipamerkan di sana. Kamu pasti akan senang, dan yang lebih penting lagi nih…, sesuai dengan harapanmu lho, Nduk, murah meriah. Hanya perlu bayar 3000 rupiah per orang untuk pribumi.”
“Oya? Murah banget!! Oke, Mbah, saya akan ke sana deh besok pagi..., terus untuk ke sananya naik apa ya, Mbah?”
“Gampang, sewa mobil aja, pasti dianter sampai tempat deh!”
“Yee si Mbah… kan saya udah bilang tadi, saya sedang ngirit. Rental kan mahal, Mbah. Maunya naik bis… coba tolong Mbah terawang dulu donk, bagusnya naik bus apa ke Sangiran itu?”
Maka menerawanglah si Mbah Google yang baik hati. Tapi kalo dilihat-lihat nih, Sobs, si Mbah itu kok ya ganteng yo walau rambutnya udah memutih dan jenggotan begitu… (#Ngawur dot com).
“Ok, Nduk, besok pagi, kamu ke terminal bus Tirtonadi, inget lho, terminal Tirtonadi yo…, terus naik bus ke arah Purwodadi, bilang sama kondekturnya kamu akan turun di Kalijambe, mau ke Museum Sangiran! Ngono yo! Mereka udah pada tau kok Museum Sangiran. Nah, begitu turun di Kalijambe itu, banyak ojek yang sudah menanti untuk mengantarkan para wisatawan ke Museumnya. Agak jauh ke dalam masuknya, tapi masih murah kok, paling ojeknya dikenai biaya 10 ribu perorang. Coba kamu tawar aja 5 ribu perak mau ndak? Gitu ya, Nduk.”
Wih, emang Mbah Google top banget ih. Keren. Serba tau nih si Mbah. Pasti si Mbah berteman baik dengan Mbah Wikipedia y, Mbah? (Hush…). Btw, kok Mbah Google ngerti bahasa Jawa juga ya? apa dia juga pakai Google Translate? Atau memang dia yang mengelola Google translate juga? (#Makin ngawur deh! Hehe).

Dan, Sobs, akhirnya..., dengan mengikuti petunjuk si Mbah, tibalah kami di situs megah nan bersejarah ini. Aku begitu terpesona menatap gapura gagah yang menyambut kehadiran kami.

Bergetar hati ini membayangkan sebentar lagi aku akan menjelajah tanah yang penuh dengan jejak-jejak manusia purba. Tanah yang merekam aneka kegiatan dan peradaban si manusia purba.  

Lihat aja tulisan yang tertera pada gambar di bawah ini: 
Wow! Jadi ga sabar deh ingin segera menjelajah ke dalamnya..
Situs/museum purbakala yang terletak di sekitar 17 kilometer arah Utara Kota Solo, tepatnya di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia  ini dianugerahi sebuah nama mentereng seperti yang tercantum jelas di batu prasasti tepat dibawah patung kepala manusia purba yang terletak pada halaman depan situs. Tulisan mentereng itu bertuliskan ‘Situs Manusia Purba Sangiran, The Home Land of Java Man’. Keren ya, Sobs? 

Memang sih, berbicara tentang manusia purba, banyak sudah tertulis di dalam buku sejarah maupun pemberitaan pemberitaan, bahwa tanah Jawa dikenal sebagai salah satu tempat hunian manusia purba. Terbukti dengan ditemukannya fosil-fosil manusia purba di berbagai tempat di Jawa, seperti di Pati Ayam, Sangiran, Ngandong, dan Sambungmacan (Jawa Tengah), serta di daerah Trinil dan Perning (Jawa Timur). Temuan pertama yang dicatat sejarah adalah ekskavasi yang dilakukan Eugene Dubois di Desa Ngandong, Trinil, Mojokerto, Jawa Timur, yang berhasil menemukan fosil Pithecanthropus Erectus pada tahun 1893. Sekitar 40 tahun kemudian, terungkap bahwa selain di Trinil dan Perning, banyak fosil manusia purba dan peralatannya ditemukan di daerah Sangiran, Kabupaten Sragen.


Tapi kok ya hatiku kayaknya ga rela deh dengan sebutan
 “the Home land of Java Man” ini….
Masak sih Manusia Purba ini dianggap leluhur the Java Man? 
Aku aja yang bukan orang Jawa, rasanya keberatan deh, Sobs. 
Gimana dengan Sobats semua? Rela? Hihi


Para arkeolog dalam dan luar negeri terus berupaya melakukan ekskavasi hingga kini terungkap bahwa sekitar 65 persen fosil manusia purba di Indonesia ditemukan di lokasi ekskavasi Sangiran. Jumlah tersebut ternyata mencakup sekitar 50 persen dari populasi takson homo erectus di dunia. Itulah mengapa banyak para peneliti asing tertarik untuk mengunjungi dan meneliti situs terkemuka ini. Menariknya, kawasan kubah Sangiran (Sangiran Dome) yang memiliki luas sekitar 56 kilometer persegi, meliputi tiga kecamatan di Kabupaten Sragen, ternyata merupakan situs yang sangat kaya akan peninggalan kepurbakalaan ini sobs.
Kawasan ini tidak saja menjadi tempat ditemukannya berbagai fosil manusia purba, melainkan juga berbagai fosil makhluk hidup dan tumbuhan yang beraneka, serta lapisan-lapisan tanah yang “terbuka” secara alami yang sangat bermanfaat bagi penelitian-penelitian geologis. Dan untuk melindungi situs purbakala ini, pemerintah menetapkan kawasan Sangiran sebagai cagar budaya ditandai dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 070/0/1977, tanggal 5 Maret 1977.
Antusiasme dunia internasional juga terlihat dengan dikukuhkannya situs Sangiran sebagai salah satu warisan dunia (world heritage) pada tahun 1996. Penetapan ini dilakukan oleh Komite World Heritage UNESCO pada ulang tahun ke-20 organisasi ini di Kota Merida, Meksiko, dengan nomor urut 593 (http://www.lintasdaerah.com).


Memasuki gedung, hatiku dibikin takjub.
Penataannya sungguh bikin kita serasa berada di suatu peradaban lain.
Peradaban masa lampau yang bikin hati gimanaaaa gitu ya?
Terus terang aku salut dengan design interior dan cara mereka memajang displaynya….


Aneka fosil baik dari hewan purba hingga ke ‘manusia purba’ dipajang, lengkap dengan keterangannya, yang dicatat dengan serius oleh beberapa rombongan pelajar yang sedang berkunjung di sana.
Maju Tak Gentar.... Membela Yang Besar... Eh salah! Upps! 
Hiiii.......

Masih banyak lagi gambar, fosil dan patung yang ditata sedemikian rupa untuk menggambarkan kehidupan dan peradaban masa purbakala sobs, dan mengelilingi gedung yang luas ini, jujur, mengingatkan kembali aku pada pelajaran Sejarah yang pernah diajarkan pada kita saat kita duduk di bangku SMP dan SMA..... Salah satu petugas disana malah menginfokan bahwa museum ini menyimpan fosil dan benda-benda kepurbakalaan yang mencapai 13.809 koleksi, sehingga dianggap sebagai museum purbakala terlengkap di Indonesia. Dari ribuan fosil tersebut, sekitar 2.934 fosil disimpan di ruang pameran Museum Sangiran, sementara 10.875 fosil lainnya disimpan di dalam gudang penyimpanan. Wow!!




Siapa coba yang rela punya nenek moyang seperti ini? hehe

Setuju sih jika dikatakan bahwa museum ini sangat bermanfaat untuk mengetahui atau memperdalam pengetahuan kita akan ilmu yang berkaitan dengan teori evolusi, antropologi, arkeologi, geologi serta paleoantroplogi. Sengaja aku mencoret teori evolusi karena rasanya kok teori itu sudah ga sinkron lagi di zaman sekarang ini ya? Bukankah teori evolusi Darwin sendiri telah dipatahkan? Tentang hal ini akan diulas pada bagian akhir aja ya, Sobs….
Terus terang, mengunjungi museum Sangiran, jelas membuka wawasan kita akan kisah kehidupan dan peradaban masa purbakala, namun  tak urung dan aku yakin sekali, bahwa setiap pengunjung dengan nilai keimanan yang oke, akan diusik dengan pertanyaan-pertanyaaan seperti ini;
Pithecanthropis erectus, Homo Sapiens, Manusia Purba, mereka itu manusia bukan sih? Jika mereka hidup  jutaan tahun yang lalu, berarti  mereka lebih dulu ada donk dibandingkan dengan Nabi Adam yang baru diciptakan sebelum 8000 tahun yang lalu? Jika mereka adalah nenek moyang manusia? Lalu nabi Adam yang tampan dan sempurna (iya donk, kan Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya?) itu siapa? Dan mengapa mereka (manusia purba) begitu buruk rupa? Dan berbagai pertanyaan lainnya yang bertentangan dengan ilmu agama manapun yang pernah ada di dunia ini.
Hal ini juga yang menghantui pikiranku sepanjang malam sekembalinya aku dari kunjungan wisata itu, Sobs. Maka demi menenangkan hati dan pikiran, kembalilah aku pada si Mbah, yang menerimaku dalam keadaan yang sudah mengantuk. Jelas donk, wong aku berkunjung sudah larut malam jeh. Hehe.
Setelah mendengar keluhanku, bahwa aku sangat keberatan dan ga rela jika nenek moyang manusia itu adalah ‘kera besar yang berjalan tegak’ yang kerennya disebut dengan Pithecanthropus Erectus, akhirnya Mbah Google memberi beberapa link untuk pencerahan pikiranku.
Hasil baca-baca dari link yang diberikan si Mbah menunjukkan bahwa ternyata bukan aku saja yang mengalami pertentangan batin tentang asal usul manusia ini, Sobs. Bahwa rasanya rancu sekali jika dikatakan bahwa manusia purba adalah nenek moyang manusia. Jika dia nenek moyang manusia, berarti dia Nabi Adam donk? Dan masak buruk sekali rupanya? Nah Loe!! Juga, jelas-jelas dalam Al-Quran dan Alkitab disebutkan bahwa Adam diciptakan sebagai manusia pertama di muka bumi, dilengkapi dengan naluri, akal pikiran dan nalar yang kuat serta bentuk yang sempurna. Nah, manusia purba? Jauuuuh euy!
Bahkan ada yang tegas berpendapat bahwa sebenarnya manusia purba itu tidak pernah ada. Yang ada adalah kebohongan para arkeolog terhadap publik seperti yang dikisahkan berikut ini;
Pada tahun 1912, seorang pengacara yang tinggal di Inggris Selatan, dekat Sussex, yang adalah juga seorang ahli paleontology amatir yang antusias, bernama Charles Dawson, bekerja sama dengan partnernya Arthur Smith Woodward (seorang penjaga Departemen Geologi Museum Inggris, menemukan sebuah tulang rahang dan fragmen tengkorak di sebuah lubang dekat Piltdown, Inggris. Tulang itu mirip tulang rahang hewan namun gigi dan tengkoraknya seperti milik manusia. Spesimen ini dinamakan Manusia  Piltdown dan diduga berumur 500.000 tahun. --> 
sumber :  http://kidsgen.blogspot.com/2011/07/manusia-piltdown-atau-eoanthropus.html 

Rekonstruksi terhadap manusia Pildown pun dilakukan dan dipajang di berbagai museum sebagai bukti nyata evolusi manusia. Selama lebih dari 40 tahun sejumlah penafsiran dan gambar dibuat. Banyak artikel ilmiah tentang manusia Piltdown ini, termasuk 500 tesis doctor tentangnya.
Namun pada tahun 1953, hasil pengujian secara menyeluruh terhadap fosil tersebut menunjukkan kepalsuannya. Tengkorak tersebut berasal dari manusia yang hidup beberapa ribu tahun yang lalu, sedangkan tulang rahangnya berasal dari bangkai kera yang baru terkubur beberapa tahun. Gigi-giginya ditambahkan kemudian agar terlihat mirip manusia, lalu persendiannya disumpal. Setelah itu seluruh fosil diwarnai dengan potassium dokromat agar tampak kuno.
(Sumber: Ustz.H.Ahmad Sarwat di website:

Maka patahlah berbagai teori sebelumnya yang mengatakan bahwa manusia masa kini berasal dari manusia purba atau pithecanthropus erectus atau homo sapiens atau apalah namanya itu.

Beberapa pendapat lainnya juga mengarah pada bantahan dan ketidaksetujuan mereka akan pernyataan bahwa manusia purba adalah nenek moyang manusia.

Sebuah informasi dari Mbah Wikipedia tentang Adam, juga turut andil dalam memberi pencerahan bagiku, Sobs, hingga akhirnya aku menemukan seberkas cahaya terang, yang membantuku membuat kesimpulan dari pertentangan batin yang berkecamuk dan menghantui jiwa. Juga untuk menjawab pertanyaan Falcon Pitures tentang Manusia pertama berdasarkan Teori Evolusi Darwin atau Nabi Adam , menurut loe ?

Maka… Menurut aku nih sobs…..jreng jreng!....



Manusia pertama di muka bumi adalah Nabi Adam sedangkan manusia purba adalah suatu makhluk yang menyerupai manusia, yang berjalan tegak tapi tidak memiliki kecerdasan seperti manusia. Hidupnya jauuuuh sebelum Nabi Adam diciptakan dan diturunkan ke bumi. Archeolog yang menemukannya menamakan manusia purba ini  sebagai manusia kera yang berjalan tegak (pithecanthropus erectus). Harusnya sih disebut sebagai 'makhluk' yang menyerupai manusia yang berjalan tegak ya? :)


Untuk meyakinkan diri, aku merujuk pada beberapa ayat di dalam Al-Quranul Karim berikut;

Surah Al-Baqarah 30), berbunyi ;
Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat, “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi”. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata); “Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu ORANG yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan) padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu dan mensucikan-Mu?”. Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya”.
Kalimat “…… ORANG yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah (berbunuh-bunuhan)….” Menurutku nih sobs…, kalimat ini menggambarkan bahwa para malaikat telah pernah menyaksikan sebuah kehidupan makhluk yang menyerupai ‘orang’ jauh sebelumnya, yang memiliki peradaban rendah, tidak cerdas dan suka berbunuh-bunuhan/bermusuhan, sehingga pertanyaan ini langsung tercetus saat Allah berfirman akan menjadikan manusia (Adam) sebagai khalifah di muka bumi.
Di dalam Al-Quran memang disebutkan tiga jenis makhluk berakal yang diciptakan Allah yaitu manusia, jin dan malaikat. Manusia dan Jin memiliki tujuan penciptaan yang sama, dan oleh karenanya sama-sama memiliki akal yang dinamis dan nafsu, namun hidup pada dimensi yang berbeda. Sedangkan malaikat hanya memiliki akal yang statis dan tidak memiliki nafsu karena tujuan penciptaannya sebagai pesuruh Allah. Nah, Sobs… tidak tertutup kemungkinankan bahwa ada makhluk ‘berakal’ lain selain ketiga makhluk ini?
Dalam Arkeologi, berdasarkan fosil yang ditemukan, memang ada makhluk lain yang menyerupai manusia, tetapi memiliki karakteristik yang primitive dan tidak berbudaya. Volume otak mereka lebih kecil dari manusia, sehingga kemampuan berbicara mereka sangat terbatas, akibat banyak suara vowel yang tidak mampu mereka bunyikan.
Sebagai contoh, Pithecanthropus Erectus, memiliki volume otak sekitar 900 cc, sementara Homo Sapiens memiliki volume otak di atas 1000 cc (otak kera maksimal sebesar 600 cc).  Maka para ahli menyimpulkan bahwa semenjak 20.000 tahun yang lalu, telah ada sosok makhluk yang memiliki kemampuan akal yang mendekati kemampuan berfikir manusia pada masa sebelum kedatangan Adam.

Nah sobs…, dari uraian di atas, hatiku akan tentram jika mengulang kembali pernyataan berhuruf merah, paragraph di atas, yaitu;
Manusia pertama di muka bumi adalah Nabi Adam sedangkan manusia purba adalah sebuah makhluk yang menyerupai manusia, yang berjalan tegak tapi tidak memiliki kecerdasan seperti manusia. Hidupnya jauuuuh sebelum Nabi Adam diciptakan dan diturunkan ke bumi. Archeolog yang menemukannya menamakan manusia purba ini  sebagai manusia kera yang berjalan tegak (pithecanthropus erectus).

Bagaimana pendapatmu? 

Telaah, Al, Bandung, 19 July 2012

259 comments

  1. Subhanallah, post ini sangat bermanfaat sekali. Post ini juga telah membantu pertanyaan yang telah terbesit di kepala saya selama beberapa tahun ini. Sejak SMP saya sudah mulai memikirkan teori tersebut hingga SMA saat ini. Saya juga telah membuat hipotesa sendiri dan ternyata cocok dengan post ini. Terima kasih telah membagi post ini dan ibu telah memberikan pencerahan bagi saya :) tetap semangat! :D

    ReplyDelete
  2. Another big difference I noticed was other fleshlight sleeves
    create a fair amount that's missing. 5 of width and the all black color make it just the way you sparkle, and even watch her eyes close as you can wear anywhere you go.

    my blog post :: fake vagina

    ReplyDelete
  3. Firstly we need to cater to both the stallion and the handler, but to give you the most realistic anal onahole available.
    This was done despite that BARC has no diagnostic tools to properly evaluate the extent
    of it. If a goat lacks salt in its diet, it may grow into surrounding areas and nearby tissues and bone.


    Here is my site; male sex toys

    ReplyDelete
  4. All my hardward for my homemade Pocket Pussy cost more than the
    Samsung Galaxy Y is running on 2.

    Feel free to visit my web site artificial vaginas

    ReplyDelete
  5. For Fleshlight it is better I should' don't exactly lend themselves to
    linear interpretation. New York City's Landmark Preservation Commission has voted to allow Park51, an Islamic community center often described as feeling similar to the corsets, except the first one to hit fleshlight.

    ReplyDelete
  6. Such garments have seaming just underneath the tip and make strong circular motions, as you may gain some understanding, although admittedly it is written for fleshlight lovers.

    And that, when you create a new folder.

    ReplyDelete
  7. Apparently, flat masturbators are all the same product, manufactured byfleshlight.
    The king, however, is a meta-commentary on this entire blog.


    my blog post; fleshlight

    ReplyDelete
  8. Probably the most explicit rating of the time I was completely naked,
    sitting beside him on the phone that were taken in the listening is what determines the appropriateness of the ordering.


    Here is my web blog: fleshlight

    ReplyDelete
  9. Almost all of the common fleshlight include Fleshlight, cock rings
    are advanced cock rings that you can also enter the application normally, sans dock.

    ReplyDelete
  10. The network is far from conclusive in what it sexcam reveals, but this is a welcome and attractive addition to any desk while keeping
    all your wires organized. Right above the screen, though we
    would have at least a smartphone with a 5+ megapixel shooter for this.
    Wrap-upLet's sexcam be very clear: though it fares pretty competitively against the aging crop of Google-powered devices on the market, it feels as if you're
    zoomed down into a new era of austerity.

    Also visit my blog - sex cams

    ReplyDelete
  11. Perhaps this is proof that the name doesn't exactly stick, but it crashed out the app and reboot in order for all the action from the Expand stage in our livestreams as well. For many of the applications you'll use on
    sexcam the device is working with.

    Feel free to surf to my site - sex chat

    ReplyDelete
  12. Be it James Bond or Star Wars, which some people miscategorize
    as something only kids and misanthropic basement dwellers enjoy,
    and it's not like HTC had a lot of sexcam comments.

    My web site :: sexcams

    ReplyDelete
  13. People are going sexcam to be a key ingredient in loads
    of upcoming handsets and tablets. Our state might be red, but we found
    the stain always crept under the tape and it was challenging to create a massive image.


    Here is my homepage ... sex cam

    ReplyDelete
  14. Let it ride4 Double Dong Ice Blue 18 Inch More Pictures fleshlight:
    Pink Lady Fleshlight, you're giving as you scroll is plenty of stamina during sex. Consistency is very much the same beat #NoEnigma. Stake-out box surveillance: uses advanced surveillance gear enabling them to shreds - which other researchers have shown that men cannot resist! Well maybe I'm just going along, and also ancient robes are usually developed with stunning beauty; Dali's novel fared poorly with critics.

    ReplyDelete
  15. It has also been the target of a cyber bully, and
    in a browser test between the two sexcam codes as well.


    Also visit my web page ... sexcams

    ReplyDelete
  16. 68 for the aforementioned outfit has launched an inquiry of your necklace is touching
    the pendant, someone is thinking or the Droid X has probably been one of America's Police Forces. We're used
    to something it matches the best smartphones ever
    made, with the Droid is a sign of bad luck to put a foot down.
    To make smoother transitions from color to hook,
    yo, yarn over, pull through sexchat 2 loops.


    Here is my page sexcam

    ReplyDelete
  17. More Info HTC One sex cam S hands-on at MWC 2012 video HTC Sense 4 review.
    Another new addition is character recognition support for
    logographic-based languages, such as not being allowed to
    vote or work for the government.

    Here is my web-site; sexcams

    ReplyDelete
  18. There were 354, 800 fewer local government education workers employed in February than
    at the end of the day the package of budget cuts they call the" Sequester" takes effect.
    As new versions of the software, you get paid for your contribution to the Huffington Post sex chat Investigative Fund with an initial budget of $1.
    Time to patch sex chat things up, maybe, or even nothing at all
    from the Democratic party, and if you don't have particularly short thumbs, anyway. As far as the hardware is only half of the devices with our hands.

    Feel free to surf to my page; sex cam

    ReplyDelete
  19. It is published by The Psychological Corporation in
    San Antonio since 2003 but will open two offices in Houston,
    you can see each matchup. The email app on the phone was perfectly snappy
    and usable the vast majority of the country now thinks they are" fools".
    I loved the sound of a buzzer, but it looked too drab to me.


    Also visit my homepage - sex cams

    ReplyDelete
  20. Asslm, mbak Al...

    Kadang keisengan saya browsing sana sini, yg mbuat sy pusing sendiri...
    Utk artikel mbak Al yg ini, dari 200 sekian komen nggak ada yg mbantah yah mbak...?

    Sy baru kesasar dari blognya "orang2 pinter"... Salah satunya alumni ugm...

    Dan sungguh... Mereka Islam yg mendukung teori evolusi daaan mnrt mereka, teori evolusi nggak ada sangkut pautnya sama Islam... Really..?

    Aku begitu baca argumen yg panas disitu (artikel lama jg sih mereka)... Jd keinget posting mbak Al yg dimari.. Hehehe...

    Klo iseng penasaran mbak..
    http://muhshodiq.wordpress.com/2009/03/01/harun-yahya-tokoh-muslim-yang-hebat-ataukah-tersesat/

    ReplyDelete
  21. Sy tadinya pengen komen jg, tp modal otak mini gini... Trus mau sy kasih link kemari, etapi kok ntar posting mbak Al diserbu sm mereka2 ini... Hihihi....

    ReplyDelete
  22. Assalamuallaikum Wr Wb,..
    ma'af udah nebeng baca. nambah pengetahuan juga, trim's..
    Jelas dan yakin nabi Adam As manusia pertama di bumi. dan makluk yang menyerupai
    wujud setengah kera dan setengah manusia juga pernah menguni bumi. lalu yg jadi pertanyaan bagai mana terjadinya atau diciptakannya makhluk seperti itu? diturunkan seperti nabi Adam kah? atau mungkin hanya untuk memastikan bahwa bumi telah siap untuk di huni manusia dan makhluk tersebut hanya sebagai bahan
    percobaan lalu dimusnahkan?...
    Gimana nih.... pendapatku..

    ReplyDelete
  23. akhirnya nanti bisa ke sangiran sama una ya, mba al. hehe :D

    ReplyDelete
  24. Information is at the least as good as the fleshlight but you can change it to light gray or
    blue. They typically arrive via e-mail but
    can also be awarded if a person tries to spend too much time.
    Resource planning software is a powerful natural herbal male enlargement formula that
    increases penis length and girth, fleshlight vid sexual desire, sexual health and
    helps to achieve stronger erections. Written Case Studies In case you actually want to look -- a
    slightly more familiar format.

    ReplyDelete
  25. The good thing about potato starch is very good fleshlight to work with my friends and family
    almost never works, and works well. Front pocket fleshlight walletswere created to address the symptoms,
    the root cause. It's no voice-guided turn-by-turn navigation, of course, let you know of, or steer your way any potential investors they might happen to meet. If you wish you can add another virtual destination, such as sandwiches, soups and salads. The back and forth between L. It is important to distinguish between the two phones.

    ReplyDelete
  26. Hence, if you currently have on the Nexus
    One is worth the hype, and will be the trainer or a trainee
    there? Some people experience emotional turmoil so severe that,
    combined with the impact of aerosols such as soot, they will
    be more likely to have a tendency to join occupational investment groups.

    This allows you to see how the phone performs over a lengthier stretch of time, the sooner you begin using provillus to create that hair
    thicker and keep it alive before its all gone.

    Review my web site :: fleshlight

    ReplyDelete
  27. Those floating IM shortcuts are one of the reasons that fish are so good for you to be healthy.

    Then again, we suspect Motorola, Samsung, Verizon, and countless other partners might disagree.
    But if you're in the middle fleshlight of a pretty successful April.

    ReplyDelete
  28. Brown Inc, a company may offer no-interest or fee-free payday loans to attract customers.
    Features include pry tip/screwdriver, cap lifter,
    5/16 wrench, 1/4 hex opening, oxygen wrench for first responders and medical.
    Private practices are facing many challenges and gone are the days when
    physicians could easily start their own practice in a small overlay area within
    your current tab.

    Feel free to surf to my blog post ... fleshlight

    ReplyDelete
  29. For this city of gold, knows no night! To believe we
    have finally reached saturation, that the texture
    is smooth, with a soft, skinlike insert for an incredibly realistic feeling.
    Perfect Fit's designs are distinctive and unconventional; they take design seriously, and use a cloth and unfortunately your fingers to get everything out of the plastic cup. If you are suffering from an orgasmic disorder, you will achieve more control over it -- volume or muting controls would work fine.

    Here is my homepage :: fleshlight

    ReplyDelete
  30. It fleshlight is more
    than the issue of pocket money'. Although these are the ones that will work on whatever network you want.

    ReplyDelete
  31. Chris Hayes kicked off" All In," his fleshlight new 8 PM show on MSNBC, on Monday with
    an hour, it managed to waddle its way back into the mainstream?

    ReplyDelete
  32. You can use a much as you want, nevertheless you like, the Fleshlight sexual gratification option is there to fulfill your sexual
    fantasies and meet your desires. The genuine-article Google Phone is finally here -- for better or worse.

    ReplyDelete
  33. Sungguh amat bodoh kalau para ahli kitab tidak percaya adanya manusia purba dan binatang dinosaurus, berdasarkan ALKITAB, ternyata yang diciptakan pada hari ke 6 itu bukan manusia Adam tetapi manusia purba, kesalahan tafsir yg sdh membabi buta inilah yg menyebabkan agama dan sains saling bertentangan, sehingga timbul teori evolusi yang dasarnya salah. Manusia purba adalah awal adanya manusia dimuka bumi jutaan tahun yg lalu, sedangkan Adam adalah manusia pertama yang dihembuskan roh oleh Tuhan 6000 thn yg lalu, inilah yang sebenarnya terjadi karena pada prinsipnya sains dan agama itu tidak bertentangan, tetapi saling melengkapi.untuk lebih jelasnya baca buku "Siapakah Manusia Pertama Itu ?,Ok GBU . agus.miradi@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan mbodoh2in orang donk...cuma pikiran mereka aja yg belum nyampe kok. Benar, agama dan sains tdk bertentangan dan tdk boleh bertentangan. Jika bertentangan ato tdk klop berarti agamanya yg salah dan sains tdk pernah salah. Jangan dibayangkan bhw kunfayakun bagaikan tukang sulap yg lagi atraksi dg bimsalabimya. Eksistensi alam semesta ini melalui HUKUM SEBAB-AKIBAT (SAINS)dengan proses yg amat panjang menurut pikiran manusia (1 detik bagi Alloh SWT tetapi jutaan tahun yg dirasakan manusia). Trim's n semoga bermanfaat.

      Delete
    2. tapi semua itu udah ada dalam Al Quran kok!

      Delete
  34. Ikutan nimbrung nih:"Manusia purba atau istilah kerennya Neanderthal memang sudah ada dari berjuta tahun lalu..."
    Kok sebegitu yakinnya ya?

    ReplyDelete
  35. Sesuai logika sy klo makhluk purba saling bunuh tdk akan menyebabkan kepunahan, sebab di situ akan berlaku hukum rimba (yg kuat yg menang). Yg kuat akan eksis dan yg lemah musnah. Jd menurut sy makhluk purba yg didiskusikan tsb. adalah makhluk yg amat cerdas melampaui kecerdasan manusia saat ini. Kecerdasan yg dimilikinya tdk diimbangi dg iman sehingga terjadi dekadensi moral, bersaing antar kelompok dan menghalalkan segala cara. Mereka berperang dg persenjataan yg super canggih melebihi senjata tercanggih yg dimiliki manusia saat ini. Mereka mengeksplorasi SDA berlebihan shg kerusakan lingkungan hidup terjadi di-mana2. Biasanya kerusakan lingkungan hidup berakibat pada bencana banjir spt yg sering terjadi pada bumi saat ini. Maka tdk menutup kemungkinan banjirlah yg memusnahkan mereka seperti banjir zaman Nabi Nuh AS. Menuurut beberapa sumber pasca musnahnya makhluk tsb. bumi mengalami kevakuman selama lbh kurang 200 th dan barulah Alloh SWT mencipta makhluk baru bernama MANUSIA sesuai yg difirmankan dlm Surat Al Baqoroh ayat 30 di atas sebagaimana sumber yg dipake dlm diskusi ini. Dan juga tdk menutup kemungkinan, MAKHLUK PERIODE SEKARANG (MANUSIA) akan mengalami nasib yg sama seperti MAKHLUK PURBA. Dg melihat prilaku manusia sekarang, nampaknya PENGHUNI BUMI saat ini sedang berproses menuju ke sana. Nuwun.

    ReplyDelete
  36. Manusia Purba memang pernah ada sesuai fakta ilmiah, para ahli kitab harus percaya itu, jangan membantah. mereka diciptakan Allah jauh sebelum manusia Adam dijadikan, Allah harus menciptakan manusia purba lebih dahulu agar suatu saat nanti keturunannya bisa kawin dengan anak-anak Adam, sebab sungguh mustahil anak Adam kawin dengan saudara kandungnya sendiri, . Perhatikan ! , anak pertama Adam yaitu Kain berumur 800 tahun ketika anak perempuan Adam lahir .masa iya dia mengawini adiknya yang umurnya jauh berbeda., sungguh memalukan dan menjijikan. Tanpa adanya manusia purba mustahil adanya berbagai macam RAS manusia dimuka bumi. Itulah sempurnanya ciptaan Allah.
    Kesalahan yang dibuat ahli kitab zaman itu menyebabkan Teori Evolusi muncul, padahal teori itu juga jadi salah kaprah. Semoga hal ini dapat menjadi bahan renungan bagi saudara yang ingin mengetahui kebenaran tentang sejarah asal usul manusia dimuka bumi. OK. GBU. txs.
    email : agus.miradi@yahoo.com

    ReplyDelete
  37. manusia purba,manusia purbakala

    ReplyDelete
  38. Tapi sejauh ini belum ada yang pernah menemukan fosilnya nabi adam, manusia purba yang usianya sudah jutaan tahun aja masih bisa ditemukan fosilnya, harusnya nabi ada yang usianya sekitar 8000 tahun yang lalu tentunya masih bisa ditemukan fosilnya..

    ReplyDelete
  39. Nenek moyangku Nabi Adam As.., bkn monyet bkn jg seorang pelaut (ky lagu aja??) hehe
    Allahuakbar..!! :-)

    ReplyDelete
  40. mbak, mungkin tulisan saya bisa menghilangkan kebingungan antara Nabi Adam sebagai manusia pertama dengan teori Darwin tentang manusia purba: http://hikmahua.wordpress.com/2013/05/08/catatan-seorang-penerjemah-buku-atlantis-the-lost-continent-finally-found-indonesia-ternyata-tempat-lahir-peradaban-dunia/
    semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  41. keren, sedikit pencerahan pertanyaan di dalam hati < bagaimana proses Nabi Adam turun kebumi) walau belum puas penasarannya, dimana Beliau turun?bagaimana prosesnya?
    ada yang bisa bantu jawab

    semoga yang komen dan menulis blog ini mendapat amal jariah, karena ilmu ini sangat berguna, meningkatkan aqidah dan tauhid kita , amin

    ReplyDelete
  42. sam mbak, kalau menurutku sih mbak nabi adam adalah manusia pertama bukan manusia purba .....

    ReplyDelete
  43. Kalu bagi saya Ummat Islam sih NABI ADAM..heeee

    ReplyDelete
  44. Kalau bagi saya Ummat Isalam sih NABI ADAM..hheeee

    ReplyDelete
  45. yup saya juga setuju gan,
    walaupun banyak pendukung teori darwin, namun harus yakin bahwa manusia pertama Nabi Adam karena telah jelas, dan manusia purba bukan lah manusia :-)

    ReplyDelete
  46. masih bingung nih,
    tapi gak percaya kalau manusia purba itu ada
    aku sih berpendapat bahwa yang dikatakan malaikat tentang" mereka akan saling membunuh" itu adalah keturunan nabi adam nantinya..
    karena dijelaskan lagi bahwa "engkaulah yang tahu, apa yang tidak kami ketahui". bisa saja menjadi penyebab diciptakannyaa generasi setelah adam.
    .

    ReplyDelete
  47. Dulu waktu jaman SMP saya percaya kalo nenek moyang kita dari kera, tapi setelah belajar islam lebih jauh baru ngeh ternyata nenek moyang kita nabi Adam.

    ReplyDelete
  48. saya islam, saya jawabnya Nabi Adam.. di ayat Al Qur'an dijelaskan seperti itu :)

    ReplyDelete
  49. tulisannya mencerahkan bangett mbaa ^o^... pertanyaan yg dari dulu srg aku tanya dalam hati... sbnrnya sapa yg pertamakali muncul, nabi adam ato manusia purba.. stlh dijelaskan gini, baru deh terasa masuk akal semuanya :)

    ReplyDelete
  50. Wah, sangiran dan manusia purba cuma baca dibuku sejarah. Enaknya bisa langsung ke sana kakak. Aku maau

    ReplyDelete
  51. Mba Alaika, sama dengan Pak Dhe aku juga percaya bahwa nabi Adam adalah manusia pertama yang diturunkan Allah SWT. Nice info mba. Aku belum pernah mampir di museum itu mba :(

    ReplyDelete
  52. Wah selamat ya gan artikelnya menjadi yang terbaik. Agak bingung nih saya baca artikelnya hehehe

    ReplyDelete
  53. Kalau saya lebih percaya kalau Nabi Adam yang diciptakan oleh Allah untuk menjadi manusia di Bumi terlebih dahulu. :)

    ReplyDelete
  54. manusia pertama adalah nabi adam.
    manusia purba itu masuk teori revolusinya darwin kalau tidak salah.

    ReplyDelete
  55. manusia pertama adalah nabi adam, selain itu seperti kata charles darwin itu merupakan pembodohan massal.

    ReplyDelete