Mempersiapkan Foto untuk Header Template | My Virtual Corner
Menu
/

Sebuah panggilan masuk berdering nyaring membangunkan tidur pulasku. Kuraih HP yang tak jauh dari tempat tidur dan dengan mata yang masih terpejam kujawab panggilan itu. Sebuah suara yang sudah begitu akrab di telingaku (ya iyalah, suara suami masak ga akrab di telinga...?) menyapa riang.

"Ayo bangun...bangun, mas sedang jogging nih... !" Duh... rasanya masih ngantuk banget, baruuu aja tidur kok udah pagi seh?

Dengan malas kujawab seruannya, 'Hm.... masih ngantuk mas.... kok cepat banget pagi sih.... masih gelap disini...." kutarik selimut semakin tinggi. Dinginnya suhu kamar membuat bulu kuduk ikut berdiri.

"Jam enam kok masih gelap, disini udah terang banget nih. Cerah banget udara hari ini lho, coba ada kamu, kan asyik nih kita jogging, mas ada yang temenin."

Suara riangnya tetap berlanjut, sementara mataku semakin berat. Sulit mengusir setan yang kuyakin sedang menduduki kelopak mataku agar tidak bangkit untuk shalat Shubuh.

"Ayo donk Vi, kamu pasti belum shalat shubuhkan? terus mau J-shaper-an....ayo bangun!"
Aku masih menggeliat, berat banget rasanya, masih sangat mengantuk. Tapi akhirnya tak tahan dibujuk2 terus, aku bangkit juga, diantar sampai ke kamar mandi oleh suara telephone suamiku, baru saat mau meciduk air di dalam bak, Hpku harus diistirahatkan dan telephonepun terputus.

Kuyakin suamiku langsung melanjutkan joggingnya dengan hati riang, sementara aku, tentu donk... shalat shubuh dan melanjutkan tidurku dibalik selimut tebal setelahnya. hehe....

Well, itulah sekilas aktifitas pagiku hari ini (malas banget yaaaaa??), dan jam 8.30 pagi aku tersentak oleh panggilan Intan, yang tumben sudah rapi jali, minta tolong aku anterin ke sekolahnya untuk sebuah agenda, latihan drama.

Tak lama, aku juga ikutan rapi, lengkap dengan alat perang (rencana mau ngenet di cafe setelah antar Intan nanti). Akhir-2 ini net di rumah semakin tidak menentu koneksinya, sementara hari Minggu seperti ini, ditambah dengan hujan yang tiba-tiba mengguyur kota ini, tentu enaknya adalah ngafe sambil ngenet. Sayangnya aku ga punya teman untuk kongkow... tapi tetap aja nekad seorang diri ngafe di sebuah cafetaria tak jauh dari sekolah Intan.

Well sobs, disinilah aku saat ini, duduk santai sambil menuliskan artikel ini. So this article is realesed from this cafetaria. Cocoknya apa ya judul postinganku kali ini? sebenarnya sih ingin bikin postingan tentang bagaimana membuat gambar/foto untuk header tempalate, seperti yang aku janjikan kemarin...

Tapi dari mana memulainya ya? aku kok jadi bingung ya....

Oke...oke, gini aja...

Lets start from here...
Sobats mungkin memperhatikan bahwa foto pada header template ini, My Virtual Corner, adalah berisi foto2ku yang berlokasi di beberapa tempat. Ya kan? Kalo diperhatikan, header itu terdiri dari 4 foto yang aku gabungkan menjadi satu. Hal yang sama juga aku lakukan untuk header template ku yang ini, Sea of Life.

Nah, gimana jika tahap awalnya kita mulai dengan mempersiapkan design gambar headernya dulu. Dan inilah langkah2 yang aku lakukan dalam mempersiapkan design gambar untuk headernya...

1. Mempersiapkan foto-2 untuk header template.

Mungkin sobats blogger punya cara tersendiri dlm melakukan design ini ya, so just ignore jika steps ini tidak dibutuhkan. Ok?

Setiap kita, tentu punya gambar/foto yang ingin kita jadikan header toh? Nah kalo aku sih, lebih suka dalam bentuk billboard, sehingga kesannya gimanaaa gitu...

Nah, untuk bikin foto menjadi sebuah billboard, aku biasanya ambil frame dari sini nih sobs.....
Website ini menyediakan banyak sekali pilihan2 frame cantik dan unik. Tidak hanya dalam thema billboard kok.. Coba aja deh main kesana dan lihat sendiri, kuyakin pasti dirimu akan jatuh hati.

Mari kita mulai dengan langkah berikut ini;

- Masuk ke halaman website ini,



- lalu pilih bahasanya. Halaman selanjutnya akan seperti ini nih sobs;



kita dapat memilih thema frame yang disediakan pada bagian bawahnya, lihat gambar diatas, ATAU... bisa juga dengan memilih pada menu (berdasarkan tanggal) yang tersedia pada bagian samping kirinya, lihat gambar.
Ayo dipilih...dipilih... (lho kok malah kayak orang jualan dipasar..)

- setelah memilih framenya, lalu upload gambar yang kita inginkan. Dan jadinya seperti ini nih sobs.....

Tadaaaaaaa....


Keren kan sobs?? :-)

- Sebenarnya sampai tahap ini, gambarnya udah jadi sih... tinggal kita copy kan kode html yang tercantum pada bagian bawahnya untuk kemudian di tempelkan pada website or blog kita, atau bisa juga share ke social network media such as fb, twitter, dll.

Tapi sobs.... bagiku itu belum selesai. Aku lebih suka meng-aman-kan foto cantik itu terlebih dahulu ke bentuk jpeg nya, sehingga kapanpun kita ingin melihatnya, kita tidak perlu tergantung pada koneksi internet.

So.. aku lakukan langkah berikut ; PRINT SCREEN

Pada ngeh kan ya bagaimana melakukan print screen? ok, bagi yang mungkin masih kurang familiar dengan apa itu dan bagaimana print screen, artikel lengkapnya ada disini ya sobs.

Setauku, cara melakukan print screen di komputer berbasis Windows tuh ada beberapa cara, antara lain seperti ini:


nah setelah mengedit, meng-crop, sehingga hanya si gambar yang kita maksud aja yang tinggal, maka simpanlah gambar itu, dan jadilah dia berbentuk jpg. Dan abadilah dia menjadi sebuah foto yang tidak akan hilang (kecuali terdelete, hilang disknya, atau apalah penyebab lainnya). Foto ini tidak terpengaruh oleh ada atau tidaknya koneksi internet. Ya iyalah, kan udh bentuk jpg atau format gambar.

Untuk komputer berbasis Machintosh lebih gampang lagi sobs, cukup menekan COMMAND + SHIFT + 4, sebuah tanda + akan muncul, lalu plot ranknya (sebatas mana gambar yang kita targetkan), lalu lepaskan. Jadi deh tuh gambar.
Nah, langkah2 mempersiapkan foto untuk header pun selesai sudah.

Berikut adalah beberapa hasil kreasiku hari ini, yang akan menjadi calon header untuk template blog healthy life ku yang templatenya masih suram.





Nah, untuk hari ini sekian dulu langkah2nya ya sobs... postingan berikut akan dilanjutkan dengan cara memasang-merangkai foto2 untuk dijadikan header. Mau jemput Intan dulu, udah selesai latihan dramanya....

Tulisan ini direlease dari sebuah cafe seputaran Lamnyong, Banda Aceh. Ternyata working at a cafetaria itu sungguh menyenangkan, walau sendirian.

Have a great Sunday. Banda Aceh masih hujan.


32 comments

Foto yang pake abu-abu itu keliatan gemuk ya mbak? *kabuurrr*
baru tahu ttg website yang bisa ngedit foto kayak di headernya mbak...

Reply

@Una: hehehe....gemuk ya? biarin deh, yg penting gaya Na.... hihi..

yup, coba deh main ke website itu, keren2 kok fotonya, ga perlu diedit.. cuma pake framenya doank tuh...

Reply

Salam kenal..mbak ..makasih info nya ...

Reply

hihi, lucu juga mbak seakan2 kita jadi kayak ertong ya, mejeng di billboard xD

Reply

mba.. aku sih kagum dengan tulisannya yang panjang lebar menjelaskan tiap detil.. ga kayak aku..kok rasanya malees buanget, jadi setengah-setengah ga jelas gitu kalo posting, hihi..

ga tau deh, mba ngerti ga kalo baca tulisanku :)

Reply

nah aku mau tau cara merangkainya mbak, kalua step ini sudah pernah pakai walaupun situsnya berbeda

Reply

Mbak, kalau langkah2 di atas sih aku udah tahu... hahaha #belagu
Aku dulu pernah buat header dg cara gabung2in gambar, tapi kemudian aku gak bisa menyesuaikan panjang dan lebar gambar utk headernya... :(
Waktu aku pasang headernya, berhasil sih.. tapi tak sempurna.
Makanya aku tunggu postingan berikutnya aja deh.

BTW, bener kata Una, foto dg baju abu2 emang kelihatan lebih gemuk kok hehehe... :p

Reply

saluuut, hari minggu tetap semangat. Kalu saya biasanya senam (kalau penyakit malesnya gak kambuh)...trs pulang di rumah deh seharian. Siipp Mbak, tau banget deh apa yg saya bathin. Dah dari kapan taon tuh pengen bikin tampilan header yg ada sentuhan personalnya...mesti alokasi waktu neh buat trial eror...tengkyu ya MBak...

Reply

wah mbak fotonya narsis bener ya di pojokan gedung ,,,hehe
oh iya maaf nih mas baru bisa hadir hari ini sdh hampir 2 minggu saya offline..

Reply

kereeeeeeeeen..., smoga ini bermanfaat bagi yang laennya seperti aku ini yang gaptek, hebat kamu VI...

Reply

@Info Meranti:thanks atas kunjungannya mba/mas...

salam kenal kembali yaa

Reply

@Clara: hihi... iyaaa.... seru ya?

Reply

saya udah lama sebenarnya pengen naya hehe, gmn caranya bikin header kaya mbak, tp belum2 juga kutanya udah ditampilin,,,hehhe...keren sih mbak.

Reply

@Hilsya: mbaa... tulisan2 mu juga bagus kok, sejauh yang aku baca ku dapat mengerti sepenuhnya kok....
so keep writing and be confidence dunk... :-)

Reply

@Mba Lydia: ok, ditunggu di postingan berikutnya yaa... hehe

Reply

@Mba Reni: udh tau ya? hehe... sabar donk, sebuah panduan kan harus dimulai dari dasar, jadi tetap harus mulai dari awal, jadi bagi yang udah tau harap sabar dunk ah... (hihi... kok seneng ya bikin teman penasaran...?)

Masak keliatan gemuk sih? coba dilihat lagi, perasaan cukup langsing kok...

coba lht sekali lg deh.... (Pede amat yaaaak??, hihi)

Reply

@Mba Ririe: biasanya jg malas mba... Minggu tuh biasanya ke spa, tapi karena hujan dan udah dibajak intan untuk anterin ke skulnya, jadi deh hang out di cafe, ngenet.

asyik juga...

ok, ditunggu postingan berikutnya ya mba....

Reply

@mas kahfi: halo maaas.... duh senang deh dirimu telah kembali...
welcome back ya mas..... segera meluncur ke tempatmu deh ini...

Reply

@Mas Satrio: ih bisa aja deh... bikin blushing dot com..

mudah2an berguna bagi yang belum mengetahuinya ya mas....

Reply

@Mba Putri: hehehe... pucuk dicinta ulampun tiba ya mba....

ditunggu postingan berikutnya yaa...

Reply

mba' aq pengen banget bisa nulis kayak mba'...piye carane..???

Reply

Cara mengisi kesendiriannya ya OKE banget lho Mbak ;)

Aku idem sama Mama Hilsya, salut lihat tulisan Mbak yang kupas tuntas.

Step yang ini sudah pernah, tapi lanjutannya belum, ditunggu ya Mbak...

Reply

Bagus2 fotonya mbak, cuma yg abu2 agak gemukan yah keliatannya :D

Reply

kerenn Mbak... tapi saya biasanya lebih senang ngedit via acd see, atau photoshop tapi sekarang lebih sering ngedit via photoscape aja yg simple :D

Reply

Mb maaf ya baru bisa kemari, untuk PR nya aku belum sempat kerjaken...tapi aku inget masih ada tugas dari mb Alaika.

Moga sehat selalu ya mb

Reply

hahaha...thanks ya mba, sungguh melebihi artis, gambarnya ada dimana mana....

Reply

Posting yang keren mbak.
mbak, blognya keren, padahal masih blogspot yah .. seperti yang sudah jadi 'dot com' ...

Saya paling gaptek deh kalo mo modifikasi blog. Selain itu takut terbongkar trus nggak bisa memperbaiki kembali ... :)

Salam kenal dari Makassar .. ^_^

Reply

Posting yang keren mbak.
mbak, blognya keren, padahal masih blogspot yah .. seperti yang sudah jadi 'dot com' ...

Saya paling gaptek deh kalo mo modifikasi blog. Selain itu takut terbongkar trus nggak bisa memperbaiki kembali ... :)

Salam kenal dari Makassar .. ^_^

Reply

Ujungnya jadi tutorialnih mbak hehe tapi bagus.

oh ia itu yg baju abu2 pake kacamata kece amat. ;d

Reply

bagus-bagus ya header templatenya...

salam kenal,

Reply