Print Screen, BERGUNA BANGET LHO!!. | My Virtual Corner
Menu
/


Dear sobats semua, hope that you all are in a very great health yach..
To the point aja yuuk…

Pasti banyak nih kita-2 yang awam ini belum awas tentang sebuah tuts di keyboard Laptop/PC bertuliskan PrtSc/SysRq kan?? Taukah sobats kegunaannya? Tadinya diriku yang awam ini juga ga tau lho. So let me share you this experience. Hope that it could be a nice input for you who are not aware yet about it.

Waktu itu, aq baru saja beli paket internet flash unlimited, dan belinya dari seorang teman di Palembang sana, via online. Ga pake lama, tiga hari kemudian aq sudah terima kiriman paket serta penjelasan cara penggunaannya. Dasar gaptek, dan takut salah setting, karena sobats tau sendirikan, telkomflash unlimited corporate, jika salah setting, maka bisa2 ditagih biaya bulanan berbasis volume base, yang gila2an, ga mau donk… so, aq sangat berhati-hati, walau sudah setting sesuai dengan arahan yang tertera dipetunjuk yang disertakan dalam paket, aq masih aja takut.
So, I need to show him tampilan hasil settingan yang saat itu sedang terpampang dilayar monitorku.
Aq belum pernah dan bahkan ga kenal tuts yang bernama print screen. Jadi bingung aja saat dia bilang, ‘mbak, coba kirimkan hasil print screen nya ke emailku, biar aq liat udah safe belum unlimited mu’.
Aq malah jadi bengong, print screen? How to do that?

Mending jujur deh dari pada bengong. So I replied.
‘loe kira gw secanggih itu? Gw ga ngeh yang mana tuh printscreen and how to do that’
Dibalas dengan icon ketawa ngakak oleh dia. Dan kemudian:
‘mbak, di deretan tuts paling atas, dari kanan ke kiri, cari tuts bertuliskan PrtSc, terus tekan, lalu mbak buka program paint’
Aq ikuti petunjuknya dan menunggu petunjuk berikutnya.
‘terus mbak cari di toolbar “edit”, lalu paste kan, dan kemudian akan terlihat hasil print screen tadi di dalam paint tadi, SAVE it, dan kirimkan ke saya”
Wow, so simple but I have never known about it. Alaika!! Where have u been so long? Hiding? Sleeping? Come on, you need to learn a lots!



Nah, sejak itu, aq jadi sering tuh pake Print Screen. Pengalaman unik lainnya adalah saat aq butuh pasphoto seorang teman yang minta dibuatkan CVnya dan perlu lampirin pasphotonya dia di CV itu. Kebetulan si teman sedang berada di warnet, dan kami sedang chat. Timbul ide dibenakku untuk memintanya mengaktifkan webcamnya sehingga aq dapat melihatnya, memintanya merapikan diri dan bergaya formal. Kemudian? Just do the Print Screen. Otomatis aq sudah mendapatkan photo dirinya. Tapi tentu saja hasil print screennya lengkap dengan semua window aktif di laptopku. Jadi selain webcamnya, juga terekam lembaran weekly report yang sedang aq kerjakan, beberapa jendela chat yang sedang aq lakukan. Sehingga harus dilakukan cropping dan polas poles lah. Dan ga sulitkan? Tinggal buka paint, pastekan hasil nya ke ‘paint’, lalu save.
Kemudian buka lagi filenya, dan edit. Untuk editing picture, aq sih seringnya pake picasa nya om google. So tuh file aq edit via picasa. Buang semua yang ga diperlukan hingga hanya tinggal photo dirinya doank, jadi deh tuh pasphoto. Hehe…
Kasus lain, pagi ini aq butuh memposting artikel baru di blogku. Namun semua gambar yang aq punya adanya dalam format pdf. Ga bisa di upload deh. Lagi-lagi minta tolong ke printscrint, hehe.
Langkahnya? Sama, buka file gambar berformat pdf itu, kalo kebesaran tampilannya dikecilkan lebih dahulu agar utuh tampil dilayarnya. Baru kemudian do print screen. Lalu paste kan di ‘paint’. Then open and edit it with picasa. Kenapa perlu diedit? Karena hasil print screen adalah semua yang ada dilayar, lengkap dengan toolbar-toolbarnya. Makanya harus diedit biar cantik dan tampilan yang ga diperlukan raib. Setelah diedit, barulah di save. Lalu gunakan sesuai keperluan.
So, disaat kita butuh merekam tampilan dilayar monitorku, lakukan langkah ringkas seperti ini:





Well sobats, sekian tipsnya, mudah2an bermanfaat yach.



3 comments

Kak, makasih banget tips nya, tadi kesulitan how to capture the screen, mau dipastekan di email. browsing dan menemukan tipsmu deh via om google. Thanks again ya kak.

cheers,
Dessy

Reply

bener kak berguna banget print screen soal nya kadang ada yg ga bisa kita save macam poto di web yah kita akalin aja dengan print screen.

Reply

Des and Repo:

Makasih kunjungannya ya, yup, berguna banget memang, hidup print screen! hehe..

Reply