Kolaborasi udang dan vitamin C, MATI? | My Virtual Corner
Menu
/
Dear sobats semua,
breaking a while from searching info regarding to the process of decentralization in Aceh, aq log in sejenak ke facebook (lagi semangat banget nih log in FB, soalnya jumat kemarin re-nemu teman2 lama di Teknik Kimia dulu/teman sekampus yg udah lama ilang bok)...., nah, nemu info sangat penting sob... yang sudah seharusnya diketahui oleh siapapun, apalagi para pecandu udang... HARUS BACA DEH POKOKNYA..., well, langsung aja deh klik read more..

Peristiwa ini terjadi di beberapa waktu lalu di Menado. Seorang wanita meninggal dunia secara mendadak dengan kelima panca inderanya mengeluarkan darah. Hasil penyelidikan jelas-jelas menunjukkan almarhumah bukanlah bunuh diri apalagi dibunuh, melainkan karena ketidaktahuan tentang racun akibat makanan.
Semasa hidupnya, wanita ini terbiasa mengkonsumsi Vit C setiap hari. Dan tentu saja ini adalah kebiasaan yang baik dan tidak menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah wanita ini mengkonsumsi udang dalam jumlah yang banyak pada malam kejadian itu. Dan lagi.....makan udang saja sebenarnya juga tidak menjadi masalah, karena orang lainnya di rumah itu juga melakukan hal yang sama (makan udang, tapi tidak vitamin V)dan tak ada yang meninggal..
Namun, karena udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5), dan berhubung habis makan udang wanita itu minum Vit C, terjadilah reaksi kimia di dalam perut yang membuat As2O5 berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun.
Ini mengakibatkan hati, jantung, ginjal, pembuluh darah rusak, usus keluar darah, pembuluh darah melebar hingga wanita itu meninggal mengenaskan dengan kelima panca indera yang mengeluarkan darah.

Jadi sobats, waspadalah, Jangan mengkonsumsi vitamin C dalam waktu bersamaan setelah mengkonsumi udang dalam jumlah yang banyak.

Catatan ini dikutip dari Ibu Imagaribaldi. (jgn tanya detail info beliau karena aq sendiri juga ga tau persis sob. :-))

Tingkat toxic dari Arsenic Pentoxide (As2O5) mirip dengan Arsenic Trioxide (As2O3)
Arsenic Pentoxide digunakan dalam bentuk solid atau cairan untuk membuat arsenat, pembasmi rumput2an, perekat metal, insektisida, fungisida, pengawet kayu, percetakan dan pewarna celup.
Hingga sekarang ini yang sangat menguatirkan dan salah satu alasan kenapa Uni Eropa menolak import udang & ikan laut beku Indonesia adalah adanya beberapa eksportir / produsen yang menggunakan bahan kimia berbahaya untuk mengawetkan udang / ikan yang di exsport tersebut.
Terus terang, kalo liat udang khususnya dari Indonesia Timur memang bikin ngiler... apalagi yang sudah dalam bentuk beku (frozen) untuk langsung dimasak... maka itu, dianjurkan untuk merebus terlebih dahulu udang darimanapun dengan air bercampur arang kayu, yang katanya dapat menurunkan kadar zat beracun...
walahualam. Anyway, semoga catatan ini bermanfaat adanya.

sumber:
notes nya salah satu teman di facebook...

7 comments

waduuh meicy penggemar udang dan sll minum vitamin C nih krn meicy ada sinusitis jadi banyak mengkonsumsi vitamin C untuk mengurangi sinus itu..alhamdulillah jadi tau sekarang bahaya-a kolaborasi udang n vit.C..sereeeeeeeeeeeeem..thanks ya sis 4 info-a..bene2 bermanfaat dan menambah ilmu nih..mmuuaahh..

Reply

Wah...wah....Thanks bnged atas infonya ya? Bagus saya dari kecil ga doyan yg namanya udang, jadi jauh deh dari kjadian trsbut d atas.

Reply

Hey there, You've done a fantastic job. I will definitely
digg it and personally recommend to my friends.
I'm confident they'll be benefited from this web site.

my web site; http://www.asksam.com/sms-tracker/

Reply

Berarti harus hati2 ya mbak saat ini mah

Reply

Iya pernah dengar juga sebelumnya untuk tidak makan udang dan vitamin C dalam waktu berdekatan, terima kasih infonya

Reply

Wah...wah....Thanks bnged atas infonya ya? Bagus saya dari kecil ga doyan yg namanya udang, jadi jauh deh dari kjadian trsbut d atas.

Reply

Infonya bermanfaat sekali saya baru tahu... serem juga kalo gitu

Reply